Sumi Yang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sumi Yang
Lahir25 Januari 1984 (umur 35)
Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau
Kebangsaan Indonesia
PekerjaanPembawa acara berita
Tahun aktif2002
Suami/istriTimothy Marbun
Anak3

Sumi Yang (lahir di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau) adalah seorang pembawa acara berita di stasiun televisi Metro TV. Dia membawakan program berita berbahasa Mandarin Metro Xinwen juga acara Wide Shot. Sumi fasih berbicara dalam Bahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin. Saat ini, Sumi menjadi presenter Selamat Pagi Indonesia, Metro Siang, dan Headline News. Sumi merupakan alumni Universitas Bina Nusantara jurusan Sistem Informasi.

Sumi bergabung dengan Metro TV pada tahun 2002.

Masa Kecil[sunting | sunting sumber]

Sejak kecil, Sumi sudah mempunyai kesukaan terhadap buku dan koran baik dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk mengasah kemampuan berbahasa Mandarin, Sumi suka menonton berita dalam bahasa tersebut. Dia selalu mencatat kata demi kata di kertas kosong, lalu menerjemahkannya dengan kamus Mandarin-Indonesia. Lingkungan masa kecil Sumi juga banyak diwarnai dengan budaya Tiongkok. Dengan lingkungan yang mendukung, Sumi berhasil menguasai bahasa Mandarin. [1][2]

Semasa kuliah di Universitas Bina Nusantara, Jakarta, dia bahkan dipercaya menjadi guru kursus Bahasa Mandarin. [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Post, The Jakarta. "Sumi Yang: Branching out in career and life". The Jakarta Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-03. 
  2. ^ a b developer, medcom id (2018-11-26). "Sumi Yang dan Perjuangan Menguasai Bahasa Mandarin". medcom.id. Diakses tanggal 2019-09-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]