Wildest Dreams

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Wildest Dreams"
Singel oleh Taylor Swift
dari album 1989
Dirilis25 Agustus 2015 (2015-08-25)
Genre
Panjang3:40 (Versi Album)
3:32 (Editan Radio)
LabelBig Machine
Pencipta
Produser
  • Max Martin
  • Shellback
Kronologi Singel Taylor Swift
"Bad Blood"
(2015)
"Wildest Dreams"
(2015)
"Out of the Woods"
(2015)
Video musik
"Wildest Dreams" Video di YouTube

"Wildest Dreams" adalah lagu karya penyanyi-penulis lagu asal Amerika Serikat Taylor Swift untuk album studio kelimanya, 1989 (2014). Lagu "Wildest Dreams" ditulis oleh Swift dengan kerja sama bersama Max Martin dan Shellback. Lagu "Wildest Dreams" diperdengarkan di radio di bawah label Big Machine Records pada tanggal 25 Agustus 2015 sebagai singel kelima dari album 1989 setelah singel "Bad Blood", sedangkan lagu ini berada di urutan kesembilan pada album 1989.[1] Ditinjau dari musiknya, lagu "Wildest Dreams" merupakan sebuah lagu bergenre balada dengan pengaruh musik dream pop. Sedangkan ditinjau dari liriknya, lagu "Wildest Dreams" menyiratkan bahwa Swift meminta mantan kekasihnya untuk selalu mengingatnya meskipun mereka tidak bersama lagi.[2]

Penulisan dan Komposisi Lagu[sunting | sunting sumber]

Swift menulis lagu "Wildest Dreams " bersama produser lagu ini yaitu Max Martin dan Shellback. Dalam sebuah wawancara bersama NPR, Swift berujar, "Itu sebenarnya contoh yang sangat baik dari cara saya memasuki sebuah hubungan saat ini. Jika saya bertemu seseorang yang saya rasa saya memiliki sebuah kecocokan dengannya, hal pertama yang saya pikirkan adalah, 'Ketika hubungan ini berakhir, kuharap hubungan ini berakhir dengan baik. Kuharap kau benar-benar mengingatku.' Yang mana itu sama sekali tidak cocok dengan cara saya biasanya dalam memikirkan sebuah hubungan. Itu adalah realisasi bahwa itulah anomali jika sesuatu bekerja; itu bukanlah sesuatu yang datang tiba-tiba."[3] Lagu "Wildest Dreams" adalah sebuah lagu balada [4] yang dikaitkan oleh para pengamat musik dengan lagu "Without You" milik Lana Del Rey.[5][6] Lagu "Wildest Dreams" ditulis dengan kunci Ab mayor, sedangkan tempo lagu ini terhitung sebanyak 69 ketukan per menit.[7] Vokal Swift menjangkau Eb3 ke Eb5.[8] Di latar lagu "Wildest Dreams" dapat kita dengar suara rekaman detak jantung Swift yang merupakan ketukan dalam lagu ini.

Sambutan dari Para Pengamat Musik[sunting | sunting sumber]

"Wildest Dreams" umumnya menerima ulasan positif dari para pengamat musik. Mereka memuji sudut baru yang Swift ambil untuk lagu "Wildest Dreams". Sputnikmusic menyebut lagu "Wildest Dreams" sebagai "lagu yang setiap potongan kecilnya penuh semangat" dan meskipun lagu ini serupa dengan lagu Lana Del Rey, Sputnikmusic berujar, "semua itu benar-benar membuktikan bahwa Swift mampu mengambil pengaruh kontemporer di sekelilingnya dan mengubahnya menjadi sesuatu yang mengesankan (seperti) aslinya.".[9] Corey Bealsey dari PopMatters mendeskripsikan lagu "Wildest Dreams" sebagai "Swift melakukan lebih kurang kesan harfiah Lana Del Rey dan mengaturnya dengan penguasaan pengubahan suara untuk menyulap lagu-lagu Del Rey (yang berkesan) sedih, (dan dengan sedikit) efek suasana sensual.".[10] Marah Eakin dari The A.V. Club berkata bahwa, "Swift bahkan menurunkan suaranya di beberapa cekok, terdengar sedikit lebih kasar (suaranya) seperti Del Rey, tidak seperti Swift yang periang.".[11] Alexis Peridis dari The Guardian memuji pengaruh Lana Del Rey dalam lagu "Wildest Dreams", ia berkata, "Ada sesuatu yang sangat menggembirakan dengan cara Swift mengubah personanya menjadi gadis menyedihkan (gadis malang) yang tersedu-sedu karena ia terus memikirkan pacarnya yang nakal. (Swift) merampingkan melodrama tersebut dengan cara 'Jadilah dentuman kecil bagiku!'. "Wildest Dreams" menggambarkan laki-laki sebagai korbannya, (laki-laki tersebut) ditakdirkan untuk menghabiskan seluruh sisa hidupnya dihantui oleh apa yang dia (laki-laki tersebut) hilangkan secara sembarangan (gadisnya).".[12] Pada sebuah ulasan oleh The New York Times, ia mencatat bahwa lagu "Wildest Dreams" mengandung "vokal tajam Swift yang jelas 'di album Swift (1989) dan bagaimana (caranya)' saat sampai di bagian bridge, suara Swift meningkat satu oktaf, menggerutu seperti embikan yang penuh kegembiraan sebelum kembali ke suara stabil (seperti sebelumnya).".[13]

Di sisi lain, Craig Manning dari AbsolutePunk membantah semua ulasan positif untuk lagu "Wildest Dreams" dan berkata bahwa lagu "Wildest Dreams" hanya akan terkenal sekali kemudian kehilangan ketenarannya.[14] Jem Aswad dari Billboard Magazine memiliki sambutan yang bercampur aduk mengenai kemiripan lagu "Wildest Dreams" dengan lagu-lagu Lana Del Rey, ia berujar, "Sulit untuk mengatakan apakah lagu ini (lagu "Wildest Dreams") adalah sebuah lagu penghormatan (untuk mantan Swift) atau sebuah lagu ejekan (untuk mantan Swift).".[15]

Video Klip[sunting | sunting sumber]

Video klip lagu "Wildest Dreams" disutradarai oleh Joseph Kahn, yang sebelumnya juga menyutradarai video klip "Blank Space" dan video klip "Bad Blood". Video klip lagu "Wildest Dreams" diputar secara perdana di layar kaca selama pra-acara 2015 MTV Video Music Awards pada tanggal 30 Agustus 2015.[16] Scott Eastwood membintangi video klip lagu "Wildest Dreams".[17] Semua keuntungan dari video klip ini akan didonasikan ke African Parks Foundation of America.[18] Dalam wawancara bersama E!News, Kahn berujar bahwa kisah roman Elizabeth Taylor dan Richard Burton telah menginspirasi Kahn untuk membuat video klip "Wildest Dreams". Kahn juga berkata bahwa video klip "Wildest Dreams" juga terinspirasi dari film-film klasik seperti The African Queen, Out of Africa, The English Patient, dan film-film klasik lainnya.

Dalam video klip lagu "Wildest Dreams", Swift berperan sebagai seorang aktris yang mirip seperti Elizabeth Taylor. Sedangkan lawan mainnya, Scott Eastwood, berperan sebagai seorang aktor yang mirip seperti Richard Burton. Video klip "Wildest Dreams" menceritakan tentang seorang aktris (Taylor Swift) yang sedang syuting film "Wildest Dreams" di Serengeti, Tanzania yang disutradarai oleh G. Musterhausen (nama samaran Joseph Kahn) bersama seorang aktor (Scott Eastwood) pada tanggal 2 Agustus 1950 (berdasarkan keterangan pada clapperboard dalam video klip "Wildest Dreams").[19] Dapat dilihat dalam video klip tersebut rambut Swift berwarna hitam dan ditata ala tahun 50-an. Selama proses syuting film tersebut, si aktris diam-diam menyukai si aktor. Tampak adegan si aktris dan si aktor bertengkar saat syuting, setelahnya adegan pun dilompat ke adegan di Hollywood. Disana mereka akan menyaksikan pemutaran perdana film mereka. Namun, tanpa disangka, si aktor telah menikahi perempuan lain. Si aktris yang sudah terlalu mencintai si aktor sangat terkejut dan bersikap acuh tak acuh, dan akhirnya si aktris melarikan diri dari pemutaran perdana film tersebut menaiki limosin dan melihat si aktor berlari menyusulnya ke jalan dari kaca spion limosin yang dinaiki oleh si aktris. Dalam video klip "Wildest Dreams", kita dapat melihat keindahan kehidupan liar hewan-hewan di savana Afrika.

Beberapa hari setelah pemutaran perdana video klip "Wildest Dreams", video klip ini dikritik oleh warga Afrika. Mereka menuduh video klip ini rasis karena menggambarkan pandangan era kolonial warga kulit putih kepada warga kulit hitam. Kritik ini berawal dari video klip "Wildest Dreams" yang tidak menampilkan seorangpun kru atau pemain berkulit hitam, padahal mereka sedang syuting di Afrika.

Kredit dan Personil[sunting | sunting sumber]

Kredit lagu "Wildest Dreams" diadaptasi dari liner album "1989".[20]

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (2014–2015) Posisi
tertinggi
Australia (ARIA)[21] 6
Kanada (Canadian Hot 100) 56
New Zealand (Recorded Music NZ)[22] 32
Amerika Serikat (Billboard Hot 100) 76

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wildest Dreams". Taylor Swift Wiki. Diakses tanggal 31 Agustus 2015. 
  2. ^ "TAYLOR SWIFT - WILDEST DREAMS LYRICS". www.directlyrics.com. Diakses tanggal 31 Agustus 2015. 
  3. ^ Maggie Malach (25 Agustus 2015). "Who Is Taylor Swift's "Wildest Dreams" About? Let's Piece Together The Clues". Diakses tanggal 31 Agustus 2015. 
  4. ^ "Review: Taylor Swift channels Lana Del Rey in new single 'Wildest Dreams'". Diakses tanggal 31 Agustus 2015. 
  5. ^ "Review: Taylor Swift - 1989". Sputnikmusic. 28 Oktober 2014. Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  6. ^ Eakin, Marah (28 Oktober 2014). "With 1989, Taylor Swift finally grows up". The A.V. Club. Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  7. ^ "Wildest Dreams By Taylor Swift - Digital Sheet Music". Diakses tanggal 30 Agustus 2015.  line feed character di |title= pada posisi 15 (bantuan)
  8. ^ "Wildest Dreams By Taylor Swift - Digital Sheet Music". Diakses tanggal 30 Agustus 2015.  line feed character di |title= pada posisi 15 (bantuan)
  9. ^ "Review: Taylor Swift - 1989". Sputnikmusic. 28 Oktober 2014. Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  10. ^ Bealsey, Corey (31 Oktober 2014). "Taylor Swift: 1989". PopMatters. Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  11. ^ Eakin, Marah (28 Oktober 2014). "With 1989, Taylor Swift finally grows up". The A.V. Club. Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  12. ^ Petridis, Alexis (24 Oktober 2014). "Taylor Swift: 1989 review – leagues ahead of the teen-pop competition". The Guardian. Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  13. ^ Caramanica, Jon (23 Oktober 2014). "A Farewell to Twang". The New York Times. Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  14. ^ Manning, Craig (31 Oktober 2014). "Taylor Swift - 1989 - Album Review". AbsolutePunk. Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  15. ^ Aswad, Jem (24 Oktober 2014). "Album Review: Taylor Swift's Pop Curveball Pays Off With '1989'". Billboard (magazine). Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  16. ^ "Taylor Swift's 'Wildest Dreams' Will Premiere During the VMA Pre-Show". MTV.com. 
  17. ^ Christopher Rosen (29 Agustus 2015). "Taylor Swift teases 'Wildest Dreams' video with pic of Scott Eastwood". Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  18. ^ "Taylor Swift - Wildest Dreams". 
  19. ^ Jordan Miller (23 Agustus 2015). "Taylor Swift Previews "Wildest Dreams" Music Video". Diakses tanggal 31 Agustus 2015. 
  20. ^ 1989 (Compact disc liner notes). Taylor Swift. Big Machine Records. 2014. BMRBD0500A. 
  21. ^ "ARIA Australian Top 50 Singles". Australian Recording Industry Association. 31 Agustus 2015. Diakses tanggal 29 Agustus 2015. 
  22. ^ "NZ Top 40 Singles Chart". Recorded Music NZ. 31 Agustus 2015. Diakses tanggal 28 Agustus 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]