All Too Well

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"All Too Well (Taylor's Version)"
Lagu oleh Taylor Swift
dari album Red
FormatDigital download
Direkam2011
Genre
Durasi5:29
LabelBig Machine
Pencipta
Produser

"All Too Well (Taylor's Version)" adalah lagu karya penyanyi-penulis lagu asal Amerika Serikat Taylor Swift untuk album studio keempatnya, Red (Taylor's Version) Lagu ini ditulis oleh Swift dan Liz Rose. Diproduksi oleh Swift dan Nathan Chapman, lagu ini adalah sebuah power ballad yang menggabungkan gaya country rock, rock balada, soft rock, folk, dan arena rock. Liriknya menceritakan tentang perjalanan hubungan romantis hingga patah hati dengan menggunakan gaya pencitraan yang jelas.

Setelah Red dirilis, "All Too Well" masuk ke tangga lagu nomor 80 di US Billboard Hot 100 dan 59 di Canadian Hot 100, dan telah disertifikasi emas oleh Recording Industry Association of America (RIAA). Swift pertama kali menampilkan "All Too Well" di Penghargaan Grammy Tahunan ke-56 pada 26 Januari 2014, dan memasukkan lagu tersebut ke dalam daftar set acaranya untuk Red Tour (2013–14) dan Reputation Stadium Tour (2018).

Kritikus musik memuji "All Too Well" sebagai lagu terbaik dalam diskografi Swift, menyoroti penulisan lagu katarsisnya yang menawarkan keterlibatan emosional dengan detail ekspositori yang spesifik. Mereka juga memuji produksi lagu yang slow-burning yang mengiringi klimaks emosional. "All Too Well" tampil di banyak daftar publikasi lagu-lagu terbaik dekade 2010-an, dan menempati peringkat ke-69 pada 500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa versi Rolling Stone tahun 2021. Ini telah mendapatkan pengikut kultus, dengan gambar "syal" dalam liriknya menjadi fenomena budaya populer.

Swift merekam ulang dua versi "All Too Well"—versi asli dan versi lengkap berdurasi 10 menit—untuk album rekaman ulang keduanya, Red (Taylor's Version), yang dirilis pada 12 November 2021. "All Too Well ( 10 Minute Version)" disertai dengan film pendek, yang tayang perdana pada 12 November, dibintangi oleh Swift, Sadie Sink, dan Dylan O'Brien. Versi 10 menit dirilis sebagai singel promosi pada 15 November. Lagu ini meraih kesuksesan komersial di berbagai negara, menduduki puncak tangga lagu di Australia, Irlandia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Memulai debutnya di nomor satu di Billboard Hot 100, "All Too Well" memberi Swift singel nomor satu kedelapannyanya di AS, menjadikannya artis pertama dalam sejarah yang debut album dan single di nomor satu secara bersamaan pada tiga kesempatan, sebelumnya ia mencapainya dengan Folklore dan "Cardigan" (2020), serta Evermore dan "Willow" (2020).

Latar Belakang dan Perilisan[sunting | sunting sumber]

Lagu "All Too Well" adalah lagu pertama yang Swift tulis untuk album Red.[1] Sementara Swift menulis lagu-lagu untuk album Red bersama penulis lain, Swift menulis lagu "All Too Well" bersama Liz Rose. Lagu ini terinspirasi oleh mantan pacar Swift, Jake Gllyenhaal.[2] Lagu ini diproduseri oleh Nathan Chapman dan Swift.

Swift pernah mengatakan bahwa lagu "All Too Well" adalah lagu tersulit untuk ditulis dari album Red. Swift dan Rose bahkan berkali-kali menulis ulang lagu ini.[3]

Warisan[sunting | sunting sumber]

Billboard menyatakan "All Too Well" adalah lagu yang "terbukti kepada orang-orang skeptis yang mungkin telah mengabaikan Swift sebagai bintang pop yang sembrono—pada era ketika artis-artis seperti itu masih tidak diberi banyak pujian atau perhatian oleh kritikus dan musik lama. penggemar seperti mereka sekarang—bahwa dia sebenarnya adalah penyanyi-penulis lagu yang benar-benar tangguh." Bruce Warren, asisten manajer umum untuk pemrograman untuk stasiun radio publik Philadelphia WXPN, menyatakan bahwa "All Too Well" meramalkan arah musik Swift untuk tahun 2020. Dia berkata, "Pada tahun 2014 atau 2015, Anda tidak akan bisa mengatakan, '[Taylor Swift] bekerja dengan Justin Vernon,' kan? ['All Too Well'] menggambarkan tempat dia sekarang… 'All Too Well' menunjukkan potensi betapa hebatnya dia sebagai penulis lagu, dan bagaimana dia akan berkembang sebagai penulis lagu . Dan [Folklore and Evermore] membawanya ke level lain."

Seiring waktu, "All Too Well" mencapai pengikut kultus dalam basis penggemar Swift, kritikus dan artis lainnya, dan meskipun tidak menjadi single, itu adalah salah satu lagu Swift yang paling dikenal, diminta, dan diliput. Swift sendiri mengatakan popularitas tak terduga ini selama Reputation Stadium Tour:

Aneh karena saya merasa lagu ini memiliki dua kehidupan di otak saya. Di otak saya, ada kehidupan lagu ini, di mana lagu ini lahir dari katarsis dan ventilasi dan mencoba untuk melupakan sesuatu dan mencoba memahaminya dan memprosesnya. Dan kemudian ada kehidupan di mana ia keluar ke dunia dan Anda mengubah lagu ini menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda bagi saya. Anda mengubah lagu ini menjadi kolase kenangan melihat Anda meneriakkan kata-kata untuk lagu ini, atau melihat gambar yang Anda posting kepada saya tentang Anda telah menulis kata-kata untuk lagu ini di buku harian Anda, atau Anda menunjukkan pergelangan tangan Anda, dan Anda memiliki tato lirik lagu ini di bawah kulitmu. Dan begitulah cara Anda mengubah lagu "All Too Well" untuk saya. — Swift, Taylor Swift: Tur Stadion Reputasi di Netflix

Setelah pengumuman rilis versi asli, 10 menit dari "All Too Well" sebagai bagian dari album kedua Swift yang direkam ulang, Red (Taylor's Version), versi diperpanjang menjadi lagu yang paling dinanti dari album tersebut. Sebuah film pendek berdasarkan lagu tersebut, juga berjudul All Too Well, dirilis pada 12 November 2021, bersama Red (Taylor's Version). Film pendek ini ditulis dan disutradarai oleh Swift, yang juga dibintangi oleh aktor Amerika Dylan O'Brien dan Sadie Sink.

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu "All Too Well" tidak sesukses lagu-lagu dari album Red yang lain seperti "22", "Red", "I Knew You Were Trouble", "Everything Has Changed", dan "We Are Never Ever Getting Back Together". Lagu ini justru berada di urutan ke-80 pada tangga lagu Billboard Hot 100, berada di urutan ke-59 pada tangga lagu Canadian Hot 100, dan berada di urutan ke-17 pada tangga lagu Hot Country Songs.

Tangga Lagu Mingguan[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (2012–2013) Posisi
tertinggi
Kanada (Canadian Hot 100)[4] 59
US Billboard Hot 100[5] 80
US Hot Country Songs (Billboard)[6] 17

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]