You Belong with Me

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"You Belong with Me"
Singel oleh Taylor Swift
dari album Fearless
Sisi-B "Love Story
Dirilis 18 April 2009 (2009-4-18)
Format CD single, music download
Genre Country pop
Panjang 3:51
Label Big Machine
Pencipta Taylor Swift, Liz Rose
Produser Taylor Swift, Nathan Chapman
Kronologi singel Taylor Swift
"White Horse"
(2008)
"You Belong with Me"
(2009)
"Fifteen"
(2009)

"You Belong With Me" adalah lagu pop country karya penyanyi-penulis lagu kebangsaan Amerika Serikat Taylor Swift. Lagu ini ditulis oleh Swift dan Liz Rose dan diproduksi oleh Nathan Chapman dengan bantuan Swift. Singel ini dirilis pada tanggal 18 April 2009 dibawah label Big Machine Records sebagai singel ketiga dari album studio kedua Swift, Fearless (2008). Swift terinspirasi untuk menulis "You Belong with Me" setelah sengaja mendengar teman laki-lakinya berdebat dengan kekasihnya melalui telepon; dia terus mengembangkan alur cerita sesudahnya. Lagu ini berisi berbagai elemen musik pop dan lirik lagunya menceritakan tentang teman laki-laki yang disukai Swift yang sebenarnya telah memiliki seorang kekasih.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Swift menjadi terinspirasi untuk menulis "You Belong with Me" setelah ia sengaja mendengar seorang teman laki-lakinya berbicara dengan kekasih temannya itu melalui telepon. Laki-laki tersebut bertingkah membela dirinya saat kekasihnya meneriakinya, dan laki-laki itu berkata pada kekasihnya, "Tidak Sayang... aku harus segera menutup telepon... aku akan meneleponmu kembali nanti... tentu saja aku mencintaimu lebih dari apapun! Sayang, aku sangat menyesal (karena harus menutup telepon).". Karena simpati terhadap keadaan temannya, Swift mengembangkan sebuah konsep untuk sebuah lagu. Pada sesi penulisan lagu "You Belong with Me" bersama Liz Rose, Swift menjelaskan keadaan temannya bersamaan dengan idenya dan kemudian terletak pada kalimat utama lagu tersebut, "You're on the phone with your girlfriend/ she's upset/ she's going off about something that you said.". Swift dan Rose bersama-sama merangkai sebuah kalimat cerita, yang mana menggambarkan Swift jatuh cinta pada laki-laki tersebut dan keinginan Swift untuk melihat laki-laki tersebut memutuskan hubungannya dengan kekasih lamanya demi Swift. Swift menggambarkan konsep lagu "You Belong with Me" sebagai "Pada dasarnya tentang seseorang yang sedang jatuh cinta (pada seseorang) yang mana (orang tersebut telah) bersama dengan kekasihnya yang tidak menghargainya sama sekali. Pada dasarnya seperti 'jatuh cinta pada tetangga perempuan yang manis dan jujur'. Kau menyukai seorang pria yang kau miliki untuk selamanya, dan kau mengenalnya lebih baik daripada kekasihnya dan entah bagaimana gadis populer mendapatkan kekasih setiap saat.". Swift mengenang kembali sesi menulis lagu "You Belong with Me" sembari berujar, "Benar-benar menyenangkan bagi kita (Swift dan Rose) saat menulis kalimat, 'She wear short skirts/ I wear T-shirts'.". "You Belong with Me" pertama kali dirilis sebagai sebuah singel promosional dari album studionya, Fearless, pada tanggal 4 November 2008 sebagai bagian dari "Countdown lagu" album Fearless dan untuk sebuah kampanye eksklusif oleh iTunes Store; lagu ini kemudian rilis sebagai singel ketiga dari Fearless pada tanggal 18 April 2009.

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Video musik "You Belong with Me" disutradarai oleh Roman White dan diambil selama dua hari di Gallatin dan Hendersonville, Tennessee. Pada hari pertama pengambilan video, Swift menggunakan body double dalam rangka menjadikan Swift sebagai dua tokoh di waktu yang sama, sebagai tokoh protagonis (Swift sendiri) dan tokoh antagonis (kekasih teman laki-laki Swift).

Video musik "You Belong with Me" dimulai dengan adegan Lucas Till (yang berperan sebagai teman laki-laki Swift) berdebat dengan kekasihnya melalui telepon. Segera setelah Swift, sebagai si protagonis, bertanya pada Till, mereka mulai berkomunikasi dengan mengangkat kertas yang ditulisi kalimat satu sama lain melalui jendela kamar mereka. Till menutup tirai kamarnya, dan Swift mengangkat kertas yang bertuliskan "I love you". Pada saat mendekati chorus, Swift mulai bernyanyi dan menari di depan sebuah cermin, mengubah-ubah pakaian yang berbeda-beda beberapa kali. Setelah itu, Swift, si protagonis, terlihat sedang duduk di sebuah bangku taman sembari membaca buku. Till datang ke arah Swift dan mereka berbincang-bincang. Lalu, Swift, sebagai si antagonis, datang dalam sebuah mobil terbuka berwarna merah dan Till masuk ke dalam mobil tersebut; Swift, si antagonis mencium Till dan memandang dengan perasaan benci pada si protagonis. Tiba-tiba, si antagonis terlihat sedang menjadi pemandu sorak pada sebuah pertandingan futbol sementara si protagonis sedang berada di tempat duduk terbuka, tampil sebagai band sekolah. Setelah mencetak touchdown kemenangan, Till berjalan ke arah kekasihnya dan melihat kekasihnya sedang bermain mata dengan teman satu timnya, mengakibatkan pertengkaran yang mana menyebabkan mereka putus. Sementara itu, Swift, si protagonis memandang takjub pada pertengkaran Till dan si antagonis. Kembali ke jendela kamar mereka, mereka berkomunikasi kembali melalui kertas. Till bertanya pada Swift, si protagonis, apakah si protagonis akan datang ke pesta prom dan si protagonis menjawab, "Tidak, aku sedang belajar." Namun, Swift yang melihat Till pergi ke pesta prom dengan sedih mengubah pikirannya. Tak lama setelahnya, Swift terlihat memasuki ruangan pesta prom dengan gaun putih, ia tidak lagi terlihat seperti seorang kutu buku, sementara semua teman-temannya memandang Swift dengan takjub. Ketika Till menemukan Swift, Till berjalan ke arah Swift dan Swift yang lain, si antagonis yang bergaun merah, mencoba untuk menghalangi Till, tapi Till mengabaikan si antagonis. Di akhir video, Till dan Swift menunjukkan kertas yang terlipat bertuliskan, "I love you" pada satu sama lain dan berciuman.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Chart dan Sertifikat[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Australian-charts.com - Taylor Swift - You Belong with Me". ARIA Top 50 Singles. Hung Medien.
  2. ^ "Ultratop.be - Taylor Swift - You Belong with Me" (in Dutch). Ultratip. ULTRATOP & Hung Medien / hitparade.ch.
  3. ^ "Ultratop.be - Taylor Swift - You Belong with Me" (in French). Ultratip. ULTRATOP & Hung Medien / hitparade.ch.
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama billboard
  5. ^ "Danishcharts.com - Taylor Swift - You Belong with Me". Tracklisten. Hung Medien.
  6. ^ "Dutchcharts.nl - Taylor Swift - You Belong with Me" (in Dutch). Mega Single Top 100. Hung Medien / hitparade.ch.
  7. ^ "Top 40 album- és válogatáslemez- lista - 200952". Mahasz (dalam bahasa Hungarian). Magyar Hanglemezkiadók Szövetsége. Diakses June 18, 2010. 
  8. ^ "Chart Track". Irish Singles Chart. GfK. Retrieved January 12, 2012.
  9. ^ "Charts.org.nz - Taylor Swift - You Belong with Me". Top 40 Singles. Hung Medien.
  10. ^ "Swedishcharts.com Taylor Swift - You Belong with Me". Singles Top 60. Hung Medien.
  11. ^ "Chart Stats - Taylor Swift - You Belong with Me" UK Singles Chart. Chart Stats.
  12. ^ "ARIA Charts - End Of Year Charts - Top 100 Singles 2009". ARIA.com.au. Australian Recording Industry Association. Diakses March 13, 2010. 
  13. ^ "Best of 2009 - Canadian Hot 100 Songs". Billboard. Nielsen Business Media, Inc. Diarsipkan dari aslinya tanggal March 12, 2010. Diakses March 12, 2010. 
  14. ^ "RIANZ Annual Top 50 Singles Chart 2008 (see "2009 – Singles")". RIANZ.org.nz. Recording Industry Association of New Zealand. Diakses March 13, 2010. 
  15. ^ "UK Year-end Songs 2009" (PDF). ChartsPlus. The Official Charts Company. hlm. 4. Diakses June 14, 2010. 
  16. ^ "Best of 2009 - Hot 100 Songs". Billboard. Nielsen Business Media, Inc. Diarsipkan dari aslinya tanggal March 12, 2010. Diakses March 12, 2010. 
  17. ^ "Year End Charts - Hot Country Songs - Issue Date: 2009". Billboard. Prometheus Global Media. Diarsipkan dari aslinya tanggal July 12, 2011. Diakses August 15, 2011. 
  18. ^ McCabe, Kathy (January 7, 2010). "Delta Goodrem's talents top the charts". The Daily Telegraph (News Limited). Diakses July 29, 2010. 
  19. ^ "ARIA Charts – Accreditations – 2010 Singles". ARIA.com.au. Australian Recording Industry Association. Diakses March 13, 2010. 
  20. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama musicanada
  21. ^ "New Zealand Gold/Platinum Singles". Radioscope. Recording Industry Association of New Zealand. Diarsipkan dari aslinya tanggal October 14, 2008. Diakses March 12, 2010. 
  22. ^ Belong with Me&perPage=25 "RIAA - Gold & Platinum". RIAA.com. Recording Industry Association of America. Diakses January 2, 2010.