Tim McGraw (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Tim McGraw"
Singel oleh Taylor Swift
dari album Taylor Swift
Dirilis19 Juni 2006
Format
Direkam2004–2006; Quad Studios-A, Sound Cottage
(Nashville, Tennessee)
GenreCountry
Panjang3:54 (versi album)
LabelBig Machine
Pencipta
ProduserNathan Chapman
Kronologi singel Taylor Swift
"Tim McGraw"
(2006)
"Teardrops on My Guitar"
(2007)
Video musik
"Tim McGraw" di YouTube

Tim McGraw adalah lagu debut dan lagu pertama yang pernah dipublikasikan oleh penyanyi-penulis lagu asal Amerika Serikat Taylor Swift sebagai singel utama dari album studio eponimnya pada tahun 2006, yang juga merupakan album debutnya. Lagu "Tim McGraw" ditulis oleh Swift dan Liz Rose, serta diproduksi oleh Nathan Chapman. Lagu ini dirilis pada tanggal 19 Juni 2006. Swift menulis lagu debutnya ini pada tahun pertama Swift di SMA-nya, di Hendersonville High School. Tepatnya ketika Swift berusia enam belas tahun. Swift menulis lagu ini saat pelajaran matematika berlangsung. Swift menulis lagu "Tim McGraw" karena ia tahu bahwa ia dan pacarnya yang merupakan kakak kelasnya, Drew Dunlap, akan putus di akhir tahun karena Dunlap/Borello akan pindah untuk kuliah. Lagu "Tim McGraw" bercerita tentang semua hal yang berbeda yang akan mengingatkan Dunlap tentang Swift dan waktu-waktu yang mereka habiskan bersama, setelah Dunlap pindah. Lagu ini memiliki hubungan musik antara musik country tradisional dan musik country modern. Dilihat dari liriknya, lagu debut Swift ini berisikan hal-hal yang mengaitkan hubungan masa lalu Swift dan Dunlap, salah satunya adalah lagu "Can't Tell Me Nothin'" milik penyanyi country Tim McGraw.

Latar Belakang, Penulisan, dan Perilisan[sunting | sunting sumber]

Swift dan Rose menulis lagu "Tim McGraw" pada tahun pertama Swift di SMA-nya, di Hendersonville High School. Swift menemukan ide ini di tengah-tengah pelajaran matematika yang sedang berlangsung. "Saya hanya duduk di sana (di kelas), dan saya mulai menyenandungkan melodi dari lagu ini." Ujar Swift. Lalu Swift menghubungkan melodi tersebut dengan keadaan sulit yang Swift temui saat itu.[1] Swift tahu bahwa ia dan pacarnya yang merupakan kakak kelasnya, Drew Dunlap, akan putus di akhir tahun karena Dunlap harus pindah untuk kuliah.[2] Maka Swift menulis lagu "Tim McGraw" untuk dan tentang Dunlap. Agar Swift dapat mengatasi masalahnya, Swift menulis lagu ini. "Swift datang pada saya setelah pekerjaan seusai sekolah selesai, (yaitu) menulis lagu untuk Sony/ATV Music Publishing. Dengan ide (tersebut) dan melodi (itu), (saya) tahu betul apa yang dia (Swift) inginkan." Kata Rose. Swift ingin lagu "Tim McGraw" menggambarkan manis dan sedihnya mencintai dan kehilangan seseorang. Lagu "Tim McGraw" bercerita tentang semua hal yang berbeda yang akan mengingatkan Dunlap tentang Swift dan waktu-waktu yang mereka habiskan bersama, setelah Dunlap pindah.[2] "Untuk mengejutkannya (Swift), hal pertama yang kupikirkan adalah kecintaan Swift pada lagu-lagu Tim McGraw." Sambung Rose.[3] Beberapa rincian pribadi Swift dan Dunlap disebutkan Swift dalam lagu itu. McGraw berkata bahwa referensi dari lagu "Tim McGraw" adalah lagu kesukaan Swift, "Can't Tell Me Nothin'" dari album studio McGraw pada tahun 2004, Live Like You Were Dying.[4] Bahkan Swift lebih menyukai lagu itu daripada McGraw sendiri.[5] Lagu "Tim McGraw" ditulis selama dua puluh menit, sama seperti lagu "Our Song",[6] dan diiringi alat musik piano.[7]

Segera setelahnya, Scott Borchetta, pejabat tertinggi eksekutif dari label rekaman Big Machine Records mengontrak Swift ke label rekaman yang baru dibentuknya itu.[3] Sebelum album Taylor Swift diproduksi, Borchetta dan Swift bertemu. Mereka mendiskusikan lagu-lagu potensial untuk album debut Swift itu. Swift menampilkan lagu "Tim McGraw" di depan Borchetta menggunakan alat musik ukulele. Swift berkata, seusai Borchetta mendengarkan lagu "Tim McGraw", Borchetta berdiri menghadap Swift dan mengatakan, "(Lagu) itu adalah singel pertamamu.". Swift menjawab, "Yah, itulah cara kerjanya kemudian.".[3] Sebelum Swift mengadakan pertemuan dengan Borchetta, Swift tidak percaya bahwa lagu "Tim McGraw" termasuk sebuah singel. Namun, Swift menanyakan kepastian hal itu pada Borchetta dan Borchetta bilang bahwa hal itu benar adanya.[8] Swift menempatkan lagu debutnya itu di urutan pertama dalam album Taylor Swift karena lagu itu sangat berarti untuknya.[7] Singel pertama Swift itu dirilis dalam format CD single pada tanggal 19 Juni 2006.[9]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Lagu "Tim McGraw" adalah lagu bergenre country yang berdurasi selama tiga menit dan lima puluh dua detik.[10] Lagu ini menggabungkan musik country tradisional dan musik country modern, dimainkan menggunakan gitar dua belas senar.[11] Lagu tersebut memiliki tempo yang terhitung sebanyak 72 ketukan per menit,[12] dan dikategorikan sebagai musik balada. Singel ini ditulis pada kunci C mayor dan vokal Swift menjangkau satu oktaf, mulai dari F3 hingga G4.[12] Vokal Swift sangat menonjol di setiap dentingan gitarnya. Lagu "Tim McGraw" mengikuti progresi kord C5–Am–F–Gsus–G.[12]

Lirik lagu "Tim McGraw" menceritakan tentang kisah cinta di musim panas yang berhenti mendadak.[11] Lagu ini mengenangkan seorang mantan pacar, dan lirik lagunya mengarah kepada seorang mantan pacar, daripada tentang penyanyi country Tim McGraw. Singel tersebut menggunakan objeknya yaitu musik Tim McGraw sebagai kenangan sewaktu hubungan Swift dan Dunlap berlangsung. Hal itu dibuktikan dalam lirik, ".../When you think Tim McGraw / I hope you think my favorite song/..." "Musik memiliki kekuatan untuk membangkitkan memori-memori, dan itu adalah lagu lama karya Tim McGraw yang memicu memori bahagianya (Swift)." Ucap Sean Dooley dari About.com. Referensi dari lagu ini salah satunya adalah beberapa hal yang berkaitan dengan kegagalan sbeuah hubungan, termasuk benda dan tempat-tempat lainnya, termasuk sebuah gaun hitam.

Video Klip[sunting | sunting sumber]

Pembuatan dan Perilisan[sunting | sunting sumber]

Video klip lagu "Tim McGraw" disutradarai oleh Trey Fanjoy.[13][14] Drew Dunlap diperankan oleh Clayton Collins. Collins dipilih karena kemiripan fisiknya dengan Dunlap. Collins tinggi dan berambut hitam, seperti Dunlap.[15] Video klip ini tayang perdana tanggal 22 Juli 2006 di Great American Country.[14] Hingga saat ini, video klip tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 26 juta penonton di YouTube.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Video klip lagu "Tim McGraw" dimulai ketika Swift berbaring di atas rerumputan di pinggir danau dan memegang sebuah radio transistor. Tiba-tiba, latar video klip tersebut beralih ke sebuah jalan raya, dimana Collins mengendarai mobil Chevrolet CST-10 tahun 70-an berwarna putih dan jingga. Saat mimik wajah Collins berubah menjadi lebih serius, Collins teringat akan kenagan-kenangannya bersama Swift. Swift dan Collins terlihat sedang bercanda-canda di sebuah padang rumput. Lalu ada adegan dimana mereka berbaring bersama di atas pikap mobil Chevrolet CST-10 milik Collins, mereka memandangi bintang-bintang. Mereka bergandengan tangan saat berjalan dan menari bersama. Kemudian, Collins tiba di sebuah kabin kayu menggunakan mobil pikapnya. Collins berlari menaiki tangga untuk mencari sebuah surat beramplop di sebelah pintu. Lalu, ia duduk di anak tangga, membuka amplop surat itu, dan membaca suratnya. Video klip itu lompat menuju adegan dimana Swift memainkan gitar akustik saat ia bersandar kabin kayu. Ada pula adegan lainnya dalam video klip "Tim McGraw", seperti saat Swift berbaring di pinggir danau dan adegan dimana Swift tampil dengan gitar sebelah kabin kayu. Video ini diakhiri sewaktu Swift, sekali lagi, berbaring di pinggir danau.

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

  • US Maxi-CD Single[9]
  1. "Tim McGraw" - 3:54
  2. "Tim McGraw" (editan radio) - 3:41
  3. "Tim McGraw" (instrumental) - 3:54
  4. "Tim McGraw" (penyempurnaan video) - 4:02

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (2006–2007) Posisi
tertinggi
US Billboard Hot 100[16] 40
US Hot Country Songs (Billboard)[17] 6

Tangga lagu akhir tahun[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (2007) Posisi
US Hot Country Songs[18] 59

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Morris, Edward (1 Desember 2006). "When She Thinks "Tim McGraw," Taylor Swift Savors Payoff: Hardworking Teen to Open for George Strait Next Year". CMT News. Viacom. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  2. ^ a b Dunlap
  3. ^ a b c Parvis, Sarah. Taylor Swift. Andrews McMeel Publishing. ISBN 978-0-7407-8596-2. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  4. ^ "20 Questions With Taylor Swift". CMT News. Viacom. 12 November 2007. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  5. ^ Swift, Taylor (18 Februari 2007). "Tim McGraw — the Song". Great American Country. Scripps Networks Interactive. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  6. ^ "Taylor Swift Proves Her Staying Power". Great American Country. Scripps Networks Interactive. 23 Agustus 2007. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  7. ^ a b Swift, Taylor. "My Albums - Taylor Swift - Tim McGraw". Taylorswift.com. Big Machine Records. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  8. ^ Kawashima, Dale. "Special Interview (2007): Taylor Swift Discusses Her Debut Album, Early Hits, And How She Got Started". Songwritinguniverse.com. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  9. ^ a b [(Inggris) Tim McGraw (lagu) di Allmusic "Tim McGraw - Taylor Swift"] Periksa nilai |url= (bantuan). Allmusic. Rovi Corporation. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  10. ^ [(Inggris) Tim McGraw (lagu) di Allmusic "Taylor Swift > Overview"] Periksa nilai |url= (bantuan). Allmusic. Rovi Corporation. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  11. ^ a b Fabian, Shelly. "Taylor Swift - 'Taylor Swift'". About.com. The New York Times Company. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  12. ^ a b c "Digital sheet music – Taylor Swift – Tim McGraw". Musicnotes.com. Alfred Publishing. 
  13. ^ "Taylor Swift - "Tim McGraw"". CMT. Viacom. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  14. ^ a b "GAC gets exclusive premiere of new Taylor Swift music video". Great American Country. Scripps Networks Interactive. 20 Juli 2006. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  15. ^ Swift, Taylor (10 Februari 2007). "Anti-Boyfriend Stage". Great American Country. Scripps Networks Interactive. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  16. ^ "Taylor Swift – Chart history" Billboard Hot 100 for Taylor Swift.
  17. ^ "Taylor Swift – Chart history" Billboard Hot Country Songs for Taylor Swift.
  18. ^ "Year End Charts - Hot Country Songs - Issue Date: 2007". Billboard. Prometheus Global Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Juli 2011. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]