Speak Now (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Speak Now"
Singel promosional oleh Taylor Swift
dari album Speak Now
Dirilis05 Oktober 2010 (2010-10-05)
FormatDigital download
GenreCountry pop
Durasi4:02
LabelBig Machine
PenciptaTaylor Swift
Produser

"Speak Now" adalah lagu karya penyanyi-penulis asal Amerika Serikat Taylor Swift untuk album studio dengan nama yang sama. Lagu "Speak Now" ditulis oleh Swift serta diproduksi oleh Nathan Chapman dengan bantuan Swift. Lagu "Speak Now" dirilis pada tanggal 5 Oktober 2010 di bawah label Big Machine Records sebagai singel promosional dari album Speak Now (2010). Swift menulis lagu ini tentang menyela sebuah pesta pernikahan, setelah Swift berbincang-bincang dengan temannya, yang mana mantan pacarnya akan menikahi gadis lain. Lalu Swift bermimpi apabila salah satu mantan pacarnya menikahi gadis lain. Lagu "Speak Now" diiringi oleh gitar akustik dan lirik lagunya menceritakan tentang narasi perspektif dari seseorang yang menyela pesta pernikahan mantan pacarnya agar ia dapat kembali bersama dengan mantan pacarnya itu.

Latar Belakang, Penulisan, dan Perilisan[sunting | sunting sumber]

Lagu "Speak Now" ditulis sendiri oleh Swift, sebagaimana lagu-lagu lainnya dalam album "Speak Now".[1] Lagu ini terinspirasi oleh cerita temannya dan pacar teman Swift semasa SMA. Mereka berdua berpisah setelah lulus SMA - dengan ide bahwa mereka akan kembali bersama. Suatu hari, teman Swift menginformasikan Swift bahwa pacar semasa SMA teman Swift itu akan menikah. "Ia bertemu dengan seorang gadis yang sangat mengerikan ini, orang jahat yang membuatnya benar-benar berhenti berbicara kepada semua teman-temannya, memutuskan (tali hubungan lelaki itu dengan) keluarganya. Gadis itu benar-benar membuat lelaki itu begitu terisolasi," kata Swift.[2] Swift membujuk temannya itu jika ia bersedia untuk "bicara sekarang" (mengatakan yang sesungguhnya sekarang juga). Karena kebingungan, teman Swift meminta penjelasan dari Swift, dan Swift menjawab. "Kau tahu, kacaukan seisi gerejanya. 'Bicaralah sekarang atau diam selamanya.' Aku akan mendukungmu. Aku akan bermain gitar. Hal itu akan menjadi suatu hal yang sangat hebat."[2] Teman Swift mengira jawaban Swift adalah sebuah lelucon, dan ia menertawakan jawaban Swift.[2]

Setelah berbincang-bincang dengan temannya, Swift menjadi sangat terobsesi dengan jawabannya tadi, tentang bagaimana tragisnya apabila seorang pacar yang sangat disayangi akan menikahi orang lain. Malam itu, Swift bermimpi dimana salah seorang mantan pacarnya menikahi gadis lain. Bagi Swift, mimpi itu mengisyaratkan bahwa dia harus membuat sebuah lagu tentang menyela sebuah pesta pernikahan. "Untuk saya, saya berpikir bahwa hal ini seperti kebaikan melawan kejahatan. Dan gadis ini benar-benar - benar-benar si jahat." Ujar Swift menyimpulkan.[2] Lagu tersebut dirilis sebagai singel promosional pada tanggal 5 Oktober 2010 sebagai bagian dari hitungan mundur album Speak Now, sebuah kampanye eksklusif yang diluncurkan oleh iTunes Store.[3][4]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Lagu "Speak Now" adalah sebuah lagu bergenre country pop dengan durasi empat menit dan dua detik.[5] Lagu ini memiliki dominasi komposisi pop, terjalin dengan elemen musik country yang beragam.[6] Lagu tersebut memiliki tempo sedang dan terhitung memiliki 120 ketukan per menit. Lagu "Speak Now" ditulis pada kunci G mayor. Vokal Swift menjangkau dua oktaf, dari A3 hingga D5.[7] Lagu dengan nama yang sama dengan judul album studio ketiga Swift ini mirip seperti lagu "You Belong with Me".[6] Lagu "Speak Now" mengikuti progresi kord G–D–Am–C.[7] Alat musik dasar dari lagu ini adalah gitar akustik dengan dentingan yang lembut.[8] Lirik lagu "Speak Now" bercerita tentang menyela pesta pernikahan mantan pacarnya agar ia dapat kembali bersama dengan mantan pacarnya itu.[8]

Penampilan Live[sunting | sunting sumber]

Selama minggu pembukaan album Speak Now, Swift menampilkan lagu "Speak Now" dalam acara Late Show with David Letterman.[9] Swift juga menampilkan lagu ini dalam rangkaian tur konser Speak Now World Tour.[10][11][12] Video klip lagu "Speak Now" tidak dibuat dan tidak dirilis, namun salah satu penampilan teatrikalnya dapat dilihat dalam video klip lagu "Sparks Fly". Dalam klip tersebut kita dapat melihat seorang pengantin wanita mengenakan "sebuah gaun yang berbentuk seperti sebuah roti" (gaun yang mengembang) saat pengantin wanita itu menaiki tangga ke arah si pengantin lelaki dan sang Pendeta. Swift terlihat di latar belakang sembari menyanyi. Klip lainnya menunjukkan para pendamping pengantin wanita melambai-lambai saat si pengantin lelaki bertepuk tangan dan kabur bersama Swift.[13]

Versi Cover[sunting | sunting sumber]

Lagu "Speak Now" di-cover secara solo oleh Seohyun, salah satu anggota girlband Girls' Generation di atas panggung konser Romantic Fantasy pada tanggal 1 Januari 2013. Sebelumnya, ia juga memainkan salah satu bagian dari lagu ini dalam episode acara TV Big Brother yang mengudara tanggal 21 September 2011 sebagai contoh dari sebuah lagu yang ia dengarkan ketika mempraktikkan permainan gitar-nya dan mempraktikkan bahasa Inggris.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. "Speak Now" – 4:02

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (2010) Posisi
tertinggi
Australian Singles Chart[15] 20
Kanada (Canadian Hot 100)[16] 8
New Zealand Singles Chart[17] 34
US Billboard Hot 100[18] 8
US Hot Country Songs (Billboard)[19] 58

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kreps, Daniel (21 Juli 2010). "Taylor Swift Announces Third Album, 'Speak Now'". Rolling Stone. Jann Wenner. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-03. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  2. ^ a b c d "Songs of Speak Now: Speak Now". Xfnitytv.com. Comcast. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-11-05. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  3. ^ "Speak Now – Single by Taylor Swift". iTunes Store. Apple, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-12. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  4. ^ "Countdown to Speak Now". iTunes Store. Apple, Inc. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  5. ^ "allmusic - Speak Now Overview". Rovi Corporation. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  6. ^ a b Vozick-Levinson, Simon (5 Oktober 2010). "Taylor Swift releases 'Speak Now' single: Like it?". Entertainment Weekly. Time Warner. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-08. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  7. ^ a b "Digital sheet music – Taylor Swift – Speak Now". Musicnotes.com. Alfred Publishing. 
  8. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama billboardrelease
  9. ^ "Late Show with David Letterman". Late Show with David Letterman. 26 Oktober 2010. CBS. 
  10. ^ "Taylor Swift shimmers in Omaha". Coffey, Kevin. Omaha World-Herald. 28 Mei 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-05. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  11. ^ Herrero, Javier (19 Maret 2011). "Taylor Swift encandila a unos 4.000 madrileños con su country edulcorado". La Rioja (dalam bahasa Spanish). Grupo Vocento. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-28. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  12. ^ Sträter, Andreas (13 Maret 2011). "Blaue Augen, süße Songs: Taylor Swift in Oberhausen". Soester Anzeiger (dalam bahasa German). Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  13. ^ "Taylor Swift – Sparks Fly". Youtube. 11 Agustus 2011. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  14. ^ "Speak Now – Single". iTunes Store. Apple, Inc. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  15. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama aus
  16. ^ "Taylor Swift Chart History (Canadian Hot 100)". Billboard.
  17. ^ "Taylor Swift – Speak Now (Song)". Charts.org.nz. Recording Industry Association of New Zealand. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-14. Diakses tanggal 18 Oktober 2015. 
  18. ^ "Taylor Swift Chart History (Hot 100)". Billboard.
  19. ^ "Taylor Swift Chart History (Hot Country Songs)". Billboard.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]