Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip (Ags-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pemungutan suara kelayakan artikel

Selamat pagi komunitas Wikipedia! Setelah diskusi komunitas selama kurang lebih satu bulan, ada dua kebijakan baru yang siap untuk pemungutan suara, yaitu:

dragunovadiscuss 18:08, 9 Agustus 2007 (UTC)

Saya mau tanya apakah sebenarnya sudah ditaruh di halaman pemungutan suara atau belum. Sepertinya belum ya ... Meursault2004ngobrol 15:55, 10 Agustus 2007 (UTC)
Maksudnya disini ya? Belum sih, tapi sekarang sudah. dragunovadiscuss 12:55, 11 Agustus 2007 (UTC)
Bukan, biasanya jadi kelihatan di halaman perubahan terbaru. Ditaruh di MediaWiki:Recentchangestext. Meursault2004ngobrol 14:35, 11 Agustus 2007 (UTC)
Oh. Ya, sudah ada di Templat:Daftardiskusi yang muncul di MediaWiki:Recentchangestext. dragunovadiscuss 05:19, 13 Agustus 2007 (UTC)
Tapi cuma diskusi dan bukan pemungutan suara. Meursault2004ngobrol 05:21, 13 Agustus 2007 (UTC)
Sudah ditambahkan. Tapi penempatannya agak maksa :D dragunovadiscuss 05:31, 13 Agustus 2007 (UTC)
OK, thanks. Yang penting sekarang kelihatan secara eksplisit. Meursault2004ngobrol 05:33, 13 Agustus 2007 (UTC)

Tentang pengembalian ke versi sebelumnya

Salam Sejahtera

Saya masih baru dengan wikipedia. Oleh karena itu selalu berusaha mempelajari kebijakan-kebijakan wikipedia.

Saya berprofesi sebagai pustakawan, saya sangat gembira dengan keberadaan wikipedia berbahasa Indonesia, sebagai sarana memperoleh informasi. Selain itu juga, wikipedia dapat menjadi sarana untuk menyebarkan informasi bermanfaat bagi banyak orang. Dengan begitu saya berupaya menyunting beberapa artikel sebisa saya, baik menambahkan informasi dalam artikelnya maupun menambahkan pranala luar supaya pembaca artikel dapat menelusur lebih jauh tentang topik yang dibaca.

Saya ingin diberi petunjuk terkait kebijakan penyuntingan. Saya pernah menyunting artikel tentang Desa dan artikel Demokrasi dengan cara menambahkan pranala luar. Tetapi kemudian, pranala luar dibatalkan atau tepatnya dikembalikan ke versi sebelumnya. Kemudian saya membaca kebijakan tentang penghapusan serta tentang pengembalian ke versi sebelumnya yang berketentuan apabila dikembalikan ke versi sebelumnya sebanyak tiga kali maka artikel tersebut akan dilindungi. Saya juga mengklik pembicaraan pada artikel Desa, agar bisa memperoleh keterangan lebih jauh, tetapi sayangnya tertulis keterangan Wikipedia tidak memiliki halaman dengan judul "Pembicaraan:Desa"

Saya minta petunjuk/keterangan kebijakan tentang apakah ada tips khusus dan rambu-rambu dalam hal penambahan pranala luar, sehingga apabila tidak sesuai dengan ketentuan, maka pranala luar yang ditambahkan memang mesti dibatalkan.

Mohon maaf juga kalau tulisan saya ini ternyata keliru penempatannya. Demikian pembicaraan ini saya tulis, dengan harapan memperoleh petunjuk.


Salam

Ahmad Subhan 07:02, 13 Agustus 2007 (UTC)

Artinya halaman pembicaraan artikel yang bersangkutan belum ada. Tidak apa-apa. Klik saja tab sunting dan masukkan komentar anda. Saya juga sudah melihat bahwa suntingan anda dikembalikan karena pranala-pranala yang anda masukkan itu ada forum. Sebab harus relevan pranala luar yang dimasukkan. Salam juga. Meursault2004ngobrol 10:16, 13 Agustus 2007 (UTC)


Salam kenal Bung Ahmad Subhan. Tentang penambahan pranala luar, anda juga dapat melihatnya di halaman Wikipedia:Pranala luar ini. Salam, Naval Scene 02:08, 14 Agustus 2007 (UTC)

Terima kasih atas petunjuk teman-teman Ahmad Subhan 04:06, 14 Agustus 2007 (UTC)


muatan topik

Dear all, tadi pagi saya nonton metro tv, di segmen VOA diberitakan ada informasi - informasi yang disunting oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab. karena mereka secara tidak langsung mempropagandakan tempat mereka bekerja. nah untuk kasus seperti itu bagaimana tindakan para kucen id.wikipedia.org? karena yang diberitakan di VOA kan untuk nyang amrik punya.

thanks


Kan ada pahlawan tanpa tanda jasa dan tanda terima *melirik ke pengurus*. FYI, di en. sana microsoft is actually paying people to make them look good on wikipedia *LoL* as per Florence opening remark. Serenity 08:33, 21 Agustus 2007 (UTC)
Agak susah ya membedakan mana yang menulis artikel dengan tujuan hanya untuk menulis artikel atau mempromosikan tempat mereka bekerja. Yang pasti kita punya konsep Vanity sebagai acuan, jadi kalau memang ketemu yang seperti ini bisanya oleh para kuncen akan langsung dihapus. --Andri.h 08:32, 21 Agustus 2007 (UTC)

Segmen diatas pasti tentang efek yang dihasilkan WikiScanner yah. Dengan Wiki Scanner, IP-IP anon perusahaan dan instansi bisa ketauan dan bisa di-expose. Banyak banget beritanya, antara lain: [1], [2], dll. Well, yang kaya gini gak bisa dihindari kayanya, yang bisa dilakukan cuman berusaha memastikan kalo semua artikel di Wikipedia netral dan memiliki sumber yang jelas dan tepercaya. Harus saling membantu juga, soalnya saking banyaknya artikel, pasti ada yang kelewatan. Kalau ada yang menemukan artikel yang mirip iklan atau tidak netral, bisa diberi templat {{iklan}} atau {{Taknetral}}. dragunovadiscuss 09:41, 21 Agustus 2007 (UTC)

I like this one
biar yg vaniti ati2 :D --N/A(bicara) 10:56, 21 Agustus 2007 (UTC)

Lisensi

Di wikipedia bahasa inggris ada templat seperti ini:


Copyright undetermined

The copyright status of this work is undetermined and may be difficult or impossible to determine. The work may still be copyrighted, the copyright may have expired, or the work may be ineligible for copyright. However, if this work is indeed copyrighted, it is believed that the use of this work:

  • To illustrate the object in question
  • On the English-language Wikipedia ([3]), hosted on servers in the United States by the non-profit Wikimedia Foundation ([4]),

qualifies as fair use under United States copyright law. Any other uses of this image, on Wikipedia or elsewhere, may be copyright infringement. See Wikipedia:Non-free content and Wikipedia:Copyrights.

To the uploader: Please add as much information on the source of this work as possible, and also include a fair use rationale as detailed on Wikipedia:Image description page.


This tag should not be used. Instead, use either one of the more specific tags listed at Wikipedia:Image copyright tags/Non-free content or .


Apa maksudnya? Fairuse atau tidak? apakah di wikipedia Indonesia ada jenis lisensi seperti ini? kalau tidak, tolong dibuatkan.

-- Adiputra ? वचनसय -- 10:10, 22 Agustus 2007 (UTC)

Fair use kalau memenuhi syarat diatas. Penggunaan lain bisa menjadi pelanggaran hak cipta. Arkwatem 13:30, 23 Agustus 2007 (UTC)