Wikipedia:Akun vandal semata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:HANYAVANDAL)

Akun vandal semata adalah akun terdaftar yang hanya dirancang untuk melakukan vandalisme di Wikipedia.

Latar belakang[sunting sumber]

Kebanyakan vandalisme dilakukan oleh pengguna anonim. Biasanya akan diidentifikasi melalui alamat IP di riwayat penyuntingan. Berulang-ulang vandal di Wikipedia dapat diblokir. Pengurus dapat menggunakan WHOIS dan geolokasi untuk melacaknya dan melakukan range block. Umumnya, vandal di artikel sekolah atau organisasi bermasalah dapat diblokir dalam jangka panjang (lihat § Alamat IP).

Karena alamat IP pengguna terdaftar tidak muncul dalam riwayat suntingannya, banyak vandal membuat akun lalu memvandal Wikipedia. Bahkan mengizinkan alamat IP atau rentangannya yang sudah diblokir untuk anonim sekali pun.

Vandal dapat juga mendaftar akun untuk memvandal halaman yang dilindungi dari anon maupun pemindahan. Hal inilah yang menyebabkan mengapa hanya pengguna terkonfirmasi otomatis saja yang dapat melakukan suntingan. Begitu pelindungan dapat menjadi perisai terhadap vandalisme, vandalisme sering terjadi pada pendatang baru sehingga menghasilkan konsensus bahwa mereka perlu segera diblok (lihat di bawah).

Identifikasi akun vandal semata[sunting sumber]

Jika Anda mencurigai sebuah suntingan dari seorang pengguna (terutama yang masih baru), akun ini kemungkinan melakukan vandalisme saja. Halaman pembicaraan pengguna mungkin tak muncul (sebagai sebuah pranala merah), hanya berisi tag peringatan, atau kadang dikosongkan oleh si vandal. Nama pengguna yang bersifat mengganggu[1] juga melanggar kebijakan nama pengguna.

Harap pantau perilakunya, balikkan suntingannya, lalu periksa kontribusinya apakah memenuhi syarat sebagai vandal. Jika iya, laporkan melalui Wikipedia:Intervensi pengurus terhadap vandalisme sebagai "akun vandal semata".

Menangani akun vandal semata[sunting sumber]

Akun-akun vandal semata dapat diblokir selama-lamanya, kadang tanpa peringatan. Biasanya terjadi bila kasus ini juga melanggar kebijakan nama pengguna.

Seringkali, pemblokiran pertama dapat bersifat sementara, tergantung keparahan vandalismenya. Jika vandalisme diulangi lagi, pemblokiran kedua dapat terjadi untuk selama-lamanya.

Vandalisme lintas wiki harus dilaporkan ke meta:Steward requests/Global‎‎ #Requests for global (un)lock and (un)hiding, khususnya para penyalah guna jangka panjang (LTA).

Alamat IP[sunting sumber]

Alamat IP bukan akun vandal, mengingat alamat IP dapat dipakai siapa pun juga (contohnya lewat penafsiran alamat jaringan atau peladen proksi), dan dapat dipasang ke komputer lain setelah beberapa waktu. Namun, jika alamat IP digunakan paling banyak untuk vandal selama jangka waktu yang sangat panjang, pemblokirannya dapat panjang atau bahkan sangat, sangat panjang, tetapi bukan selama-lamanya.

Lihat pula[sunting sumber]

Catatan kaki[sunting sumber]

  1. ^ Belum tentu akun vandal. Penghindaran blok, pembiasan sudut pandang, dapat juga.