Geolokasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ikon sinyal pada sistem Geolokasi

Geolokasi adalah sistem identifikasi lokasi geografis dunia nyata atas suatu objek, seperti sumber radar, ponsel atau terminal komputer yang tersambung ke Internet. Geolokasi bisa merujuk pada praktik pencarian lokasi yang bisa diakses langsung. Geolokasi berkaitan erat dengan penggunaan sistem penentuan posisi yang lebih spesifik dan bermakna, dan bukan hanya satu set koordinat saja (misalnya alamat jalan, lokasi desa terpencil, dll).

Dalam hal mengidentifikasi lokasi tersebut, mesin identifikasi lokasi sering menggunakan metode frekuensi radio, seperti penentuan waktu kedatangan. Model penentuan seperti ini menggunakan sistem tampilan peta dan sistem informasi geografis lainnya. Ketika sinyal GPS tidak tersambung, aplikasi geolokasi dapat menggunakan informasi dari menara seluler untuk melakukan pelacakan posisi perkiraan, sebuah metode yang tidak seakurat GPS, namun sistem ini telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir.[1]

Geolokasi dan Internet[sunting | sunting sumber]

Alat pelacakan hewan di Fiji

Internet dan geolokasi komputer dapat dilakukan dengan mengasosiasikan lokasi geografis pada alamat IP, alamat Mac, RFID (Radio Frequency Identifier/Sistem Pengenal Frekuensi Radio), kode produksi perangkat keras, dan kode perangkat lunak, seperti UUID (Universally Unique Identifier/Sistem Pengenal Universal), Exif (Exchangeable Image File Format/Format file gambar yang bisa diubah), IPTC (International Press Telecomunication Council/Dewan Telekomunikasi Mediamassa Internasional), XMP (Extensible Metadata Platform/Platform Metadata Ekstensibel), steganografi modern, faktur, sistem wi-fi, perangkat sidik jari, sidik jari kanvas atau perangkat GPS koordinat, atau lainnya.[2]

Data IP alamat lokasi dapat mencakup informasi seperti negara, wilayah, kota, kode pos,[3] lintang, bujur dan zona waktu.[4] Set data yang lebih dalam dapat menentukan parameter lain seperti nama domain, kecepatan koneksi, ISP, bahasa, proxy, nama perusahaan, US DMA / MSA, kode NAICS, dan rumah/usaha bisnis.

Kata geolokasi juga digunakan dalam konteks lain yang merujuk pada proses pelacakan hewan, seperti riwayat kecerahan sinar matahari atau suhu air dan kedalaman air yang diukur dengan instrumen yang melekat pada hewan. Instrumen tersebut biasa disebut log data.

Saat ini, geolokasi telah dapat dilakukan secara lebih deduktif, seperti upaya untuk menentukan posisi video dari kamp pelatihan, peperangan di Suriah dengan membandingkan fitur terdeteksi dalam video dengan database peta seperti Google Earth, seperti yang dilakukan oleh situs-situs seperti Bellingcat.[5][6]

Kata geolokasi juga bisa berarti koordinat lintang dan bujur dari lokasi tertentu. Istilah dan definisi telah distandardisasi oleh ISO / IEC 19762-5: 2008.

Standar[sunting | sunting sumber]

Kode Standar ISO 3166

Beberapa nama server standar meliputi: ISO 3166, FIPS, INSEE, GeoNames, IATA dan ICAO.[7] Untuk lokasi geografis di Amerika Serikat, Kode ANSI (American National Standards Institute/Institut Standar Nasional Amerika) sering digunakan. Standar ANSI INCITS 446-2008 berarti "Mengidentifikasi Atribut untuk Fitur Geografis Fisik dan Budaya (kecuali untuk nama jalan raya) di Amerika Serikat, termasuk daerah teritorial, daerah bagian luar AS, dan Perairan Bersama dengan Batas Dua Belas Mil menurut undang-undang zona perairan.[8]

Contoh Situs/Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah beberapa contoh situs ataupun aplikasi yang menggunakan sistem Geolokasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ionescu, Daniel. "Geolocation 101: How It Works, the Apps, and Your Privacy". PCWorld. Retrieved March 29, 2010.
  2. ^ Kevin F. King (2009-10-14). "Geolocation and Federalism on the Internet: Cutting Internet Gambling's Gordian Knot". Retrieved 2010-01-02.
  3. ^ "Digital Element Finding Demand for Granular IP Targeting". 2009-08-20. Retrieved 2011-12-11.
  4. ^ IPInfoDB (2009-07-10). "IP Geolocation database". IPInfoDB. Retrieved 2009-07-18.
  5. ^ David Leveille (2014-08-29). "This hobbyist-turned-journalist is a one-man digital detective agency". PRI.
  6. ^ "Crowd-Funded Journalists Geo-Locate ISIS Training Camp Using the Militants’ Own Photos". PetaPixel. 2014-08-25.
  7. ^ "Yahoo's New Geo Concordance: a Geographic Rosetta Stone?". ProgrammableWeb.
  8. ^ "American National Standards Institute (ANSI) Codes". U.S. Census Bureau. 17 January 2014. Archived from the original on 26 June 2014.