Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/11/23

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Timbal murni dengan kadar 99,989%

Timbal adalah unsur kimia dengan lambang Pb dan nomor atom 82. Unsur ini merupakan logam berat dengan massa jenis yang lebih tinggi daripada banyak bahan yang ditemui sehari-hari. Sifat-sifat timbal yang berguna di antaranya adalah kepadatan tinggi, titik leleh rendah, kemudahan ditempa, dan tahan korosi. Selain itu, logam ini relatif murah dan banyak ditemukan sumbernya, sehingga sering digunakan manusia, termasuk untuk bangunan, pipa air, baterai, peluru, pemberat, solder, cat, zat aditif bahan bakar, dan tameng radiasi. Namun, sejak abad ke-19, sifat racun timbal mulai ditemukan dan penggunaannya mulai dikurangi. Timbal dapat masuk tubuh manusia melalui makanan, minuman, serta udara atau debu yang tercemar. Unsur ini merusak sistem saraf dan mengganggu fungsi enzim dalam tubuh. Timbal sangat berbahaya terutama untuk anak-anak karena dapat mengganggu pertumbuhan otak. (Selengkapnya...)

Tahukah Anda

{{{title}}}
Batang kenaf kering
  • "... bahwa kenaf memiliki kandungan lignin yang rendah, sehingga energi yang digunakan untuk mengolah kenaf menjadi pulp juga lebih rendah dibandingkan dengan pembuatan pulp dari kayu biasa?"
  • "... bahwa pareidolia adalah fenomena psikologis ketika seseorang menganggap stimulus yang acak sebagai sesuatu yang penting? Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan."
  • "... bahwa Jagatara Oharu, tokoh Jepang yang menetap di Batavia, pernah menulis Jagatara-bumi kepada kawannya di Nagasaki, pertama kali diperkenalkan kepada orang Jepang pada tahun 1720 oleh Nishikawa Joken dalam jilid pertama buku Nagasaki Yobanashigusa?"
  • "... bahwa setelah menjadi markah tanah nasional pada tahun 1976, Louis Armstrong House menjadi markah tanah kota New York pada tahun 1988?"

Tantangan kolaborasi

Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut. Mari bersama-sama merintisnya pada November 2023.

Tantangan kolaborasi
Hasil kolaborasi terbaru
Panduan menerjemahkan artikel · Arsip halaman yang telah dibuat

Hari ini dalam sejarah

23 November: Hari Santo Georgius di Georgia; Hari Thanksgiving Buruh di Jepang; Hari Peringatan Holodomor di Ukraina (2013)

{{{title}}}
Putri Wilhelmina dan ibunya

Tanggal lain: 22 November 23 November 24 November

Hari ini tanggal 23 November 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Bagian dalam Masjid Nasional Baitul Mukarram, Dhaka, Bangladesh. Masjid ini memiliki beberapa fitur arsitektur modern. Pada saat yang sama, ia mempertahankan prinsip-prinsip tradisional arsitektur Mughal yang untuk beberapa waktu dominan di anak benua India.
Bagian dalam Masjid Nasional Baitul Mukarram, Dhaka, Bangladesh. Masjid ini memiliki beberapa fitur arsitektur modern. Pada saat yang sama, ia mempertahankan prinsip-prinsip tradisional arsitektur Mughal yang untuk beberapa waktu dominan di anak benua India.
(ukuran asli: 3.938 × 2.625 piksel, 3,36 MB)

Oleh: Jubair1985
Lisensi: CC BY-SA 4.0