Hewan timangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hewan peliharaan)
Jump to navigation Jump to search

Hewan peliharaan atau hewan timangan adalah hewan yang dipelihara sebagai teman sehari-hari manusia. Hewan timangan berbeda dari hewan ternak, hewan percobaan, hewan pekerja, atau hewan tunggangan yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau untuk melakukan tugas tertentu. Hewan peliharaan yang populer biasanya adalah hewan yang memiliki karakter setia pada majikannya atau memiliki penampilan yang menarik, atau kemampuan menarik tertentu seperti mengeluarkan suara yang indah. Walaupun secara teori seseorang dapat memelihara hewan apa pun sebagai hewan peliharaan, dalam praktiknya hanya spesies-spesies tertentu saja yang sering dijumpai, terutama hewan kecil (anjing, kucing, dan kelinci), burung, dan ikan.

Cara merawat[sunting | sunting sumber]

Jika memiliki hewan peliharaan ada hal-hal yang secara khusus harus diperhatikan. Karena hewan yang peliharaan juga memerlukan perawatan yang baik agar bisa tumbuh, sehat dan tidak terjangkit penyakit.

1. Buatkan kandang[sunting | sunting sumber]

Idealnya kandang yang baik untuk hewan peliharaan adalah yang jauh dari keramaian. Permudah hewan untuk membuang kotoran, kandang bisa diberi lubang atau tempat khusus membuang kotoran.

2. Kondisi[sunting | sunting sumber]

Pastikan kondisi hewan selalu dalam keadaan sehat dan tidak terlihat janggal. Bawa ke dokter 3 bulan sekali untuk mengecek kesehatannya. Berikan vaksinasi untuk hewan yang kamu pelihara, untuk mencegah penyakit.

3. Kebersihan[sunting | sunting sumber]

Luangkan waktu untuk membersihkan kandang hewan secara berkala. Membersihkan kandang tergantung dengan hewan yang dipelihara. Sesuaikan dan pastikan setiap hari untuk mengecek keadaan kandang. Jika kotor dan bau segera bersihkan saat itu juga.

4. Makan dan minum[sunting | sunting sumber]

Pemberian makan tidak perlu berlebih, secukupnya saja. Pemberian makan haruslah teratur jangan terlalu sering dan pula sebaliknya, perhatikan kandungan gizi dari makanan yang diberikan, layaknya manusia mereka juga membutuhkan makanan sehat.

5. Perawatan[sunting | sunting sumber]

Perawatan pada hewan peliharaan juga perlu dilakukan terutama bagian bulu dan kuku.Periksalah anggota tubuh binatang peliharaan, mata, telinga, mulut, hidung dan juga lubang pembuangan. Pastikan selalu dalam kondisi bersih dan tidak terlihat kusam. Sesekali mandikan hewan peliharaan, agar binatang peliharaan selalu terjaga kebersihannya. Gunakan sabun mandi khusus untuk hewan demi menjaga keindahan bulunya. Berikan multivitamin khusus pada hewan tertentu dengan teratur agar tidak mudah jatuh sakit.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]