Hewan peliharaan eksotik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hewan peliharaan eksotis)
Kura-kura brazil merupakan salah satu reptil yang sering dijadikan hewan peliharaan eksotik

Hewan peliharaan eksotik atau hewan kesayangan eksotik adalah hewan kesayangan yang tak lazim dipelihara untuk hidup di rumah manusia, misalnya hewan-hewan liar yang belum terdomestikasi. Definisi hewan eksotik bervariasi di antara banyak budaya dan lokasi. Saat hewan-hewan yang pada awalnya kurang lazim dipelihara, tetapi seiring waktu mulai populer dan digemari masyarakat, sebagian orang tidak lagi menganggap hewan-hewan tersebut sebagai hewan eksotik.

Definisi[sunting | sunting sumber]

"Eksotik" sering kali mengacu pada spesies yang bukan merupakan spesies asli di suatu lokasi; dalam hal ini di lokasi pemilik hewan. Sementara itu "hewan kesayangan" merujuk pada hewan yang hidup bersama dengan manusia dan umumnya manusia memelihara mereka untuk mendapatkan manfaat emosional.

Definisi hewan eksotik terus berkembang. Ikan, burung, kelinci, dan beberapa hewan pengerat pada awalnya dianggap sebagai hewan eksotik. Namun, mereka kemudian dipelihara oleh banyak orang sehingga tidak lagi dianggap eksotik. Hewan-hewan yang unik atau tampak liar (misalnya hewan domestik seperti feret) dianggap sebagai hewan peliharaan eksotik. Definisi hewan eksotik biasanya mengacu pada hukum yang berlaku di suatu negara, termasuk legalitas pemeliharaannya.

Jenis hewan[sunting | sunting sumber]

Ada sangat banyak jenis hewan yang telah dipelihara sebagai hewan kesayangan atau sebagai hewan ternak. Di bawah ini adalah daftar beberapa hewan yang dipelihara di rumah dan dalam kadar tertentu dianggap "eksotik".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]