Feret

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ferret)
Feret
Mustela putorius furo

A pet ferret
Status konservasi
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoCarnivora
FamiliMustelidae
GenusMustela
SpesiesMustela putorius
SubspesiesMustela putorius furo
Linnaeus, 1758
Tata nama
Sinonim taksonMustela putorius furo Linnaeus, 1758
ProtonimMustela furo

Feret (Mustela furo) atau cerpelai hitam rumah adalah sejenis cerpelai berukuran kecil , spesies yang dijinakkan yang termasuk dalam famili Mustelidae. Ferret kemungkinan besar adalah hewan penjinakan dari cerpelai hitam Eropa (Mustela putorius), dibuktikan dengan interfertilitas. Secara fisik, ferret mirip dengan mustelida lainnya karena tubuhnya yang panjang dan ramping. Termasuk ekor mereka, panjang rata-rata ferret adalah sekitar 50 cm (20 inci); beratnya antara 0,7 dan 2,0 kg (1,5 dan 4,4 lb); dan bulunya bisa berwarna hitam, coklat, putih, atau campuran dari warna-warna tersebut. Spesies ini dimorfik seksual, dengan ukuran jantan jauh lebih besar dibandingkan betina.

Ferret mungkin telah didomestikasi sejak zaman kuno, namun terdapat perselisihan yang meluas karena jarangnya catatan tertulis dan ketidakkonsistenan catatan yang masih ada. Para ahli kontemporer sepakat bahwa ferret dibiakkan untuk olahraga, berburu kelinci dalam praktik yang dikenal sebagai "pengelincian". Di Amerika Utara, ferret telah menjadi pilihan hewan peliharaan rumah tangga yang semakin menonjol, dengan jumlah lebih dari lima juta ekor di Amerika Serikat saja. Legalitas kepemilikan ferret berbeda-beda di setiap lokasi. Di Selandia Baru dan beberapa negara lain, pembatasan berlaku karena kerusakan yang dilakukan terhadap fauna asli oleh koloni liar hibrida cerpelai hitam × ferret. Ferret juga berperan sebagai hewan penelitian yang bermanfaat, berkontribusi pada penelitian di bidang ilmu saraf dan penyakit menular, terutama influenza.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Thomson" yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang belum ada di teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]