Wikipedia:Arsip halaman utama/2022/02/01

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Peta perluasan wilayah Dinasti Han pada abad ke-2 SM

Perluasan wilayah Dinasti Han ke Kawasan Selatan adalah serangkaian ekspedisi dan kampanye militer yang dilancarkan di kawasan yang kini menjadi bagian dari Tiongkok Selatan. Perluasan wilayah ke selatan sudah dimulai oleh Dinasti Qin dan berlanjut pada masa Dinasti Han. Dinasti Han melancarkan berbagai kampanye militer untuk menaklukkan suku-suku Yue, dan hasilnya adalah penguasaan wilayah Minyue pada tahun 135 SM dan 111 SM, wilayah Nanyue pada tahun 111 SM, dan Kerajaan Dian pada tahun 109 SM. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: The Age of ReasonPenyatuan JermanTruth in Numbers?

Tahukah Anda

  • "... bahwa ilmuwan komputer Donald Knuth (gambar) menawarkan hadiah senilai $2,56 untuk siapa saja yang menemukan kesalahan di buku-bukunya?"
  • "... bahwa selain bisa digunakan untuk mencuci pakaian karena kandungan senyawa saponin, turi bisa pula digunakan untuk obat karena tidak berbahaya?"
  • "... bahwa bahasa-bahasa di Kekaisaran Romawi yang dominan adalah bahasa Latin dan bahasa Yunani, tetapi bahasa-bahasa lain juga dituturkan di tingkat regional?"
  • "... bahwa pengembara digital adalah seseorang yang bekerja dari jarak jauh, umumnya secara lepas, dan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi, khususnya internet?"

Hari ini dalam sejarah

1 Februari: Hari perayaan St. Brigida dari Kildare (Kristen Barat); Bulan Sejarah Hitam dimulai di Kanada dan Amerika Serikat; Hari Kebebasan Nasional di Amerika Serikat; Bulan Sejarah LGBT dimulai di Britania Raya

{{{title}}}
Tugu peringatan Columbia

Tanggal lain: 31 Januari 1 Februari 2 Februari

Hari ini tanggal 1 Februari 2022 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Gambar mosaik Galaksi Sombrero dari hasil pengamatan melalui Teleskop Luar Angkasa Hubble pada Mei dan Juni 2003.
Gambar mosaik Galaksi Sombrero dari hasil pengamatan melalui Teleskop Luar Angkasa Hubble pada Mei dan Juni 2003.
(ukuran asli: 11.472 × 6.429 piksel, 34,22 MB)

Oleh: NASA/ESA, The Hubble Heritage Team (STScI/AURA), diunggah oleh Bricktop dan Tryphon
Lisensi: Domain umum