White House Down

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
White House Down
SutradaraRoland Emmerich
ProduserRoland Emmerich
Bradley J. Fischer
Harald Kloser
James Vanderbilt
Larry Franco
Laeta Kalogridis
Ditulis olehJames Vanderbilt
PemeranChanning Tatum
Jamie Foxx
Maggie Gyllenhaal
Jason Clarke
Richard Jenkins
James Woods
Michael Murphy
Penata musikHarald Kloser
Thomas Wanker
SinematograferAnna Foerster
PenyuntingAdam Wolfe
Perusahaan
produksi
Centropolis Entertainment
Mythology Entertainment
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
  • 26 Juni 2013 (2013-06-26) (Indonesia)
  • 28 Juni 2013 (2013-06-28) (Amerika Serikat)
Durasi137 menit[1]
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
AnggaranAS$150.000.000
Pendapatan
kotor
AS$205.400.000[2]

White House Down adalah sebuah film thriller aksi politik Amerika tahun 2013 yang disutradarai oleh Roland Emmerich dan ditulis oleh James Vanderbilt. Dalam film tersebut, seorang petugas Polisi Capitol AS yang telah bercerai berupaya menyelamatkan putrinya dan Presiden Amerika Serikat ketika serangan teroris yang merusak terjadi di Gedung Putih. Film ini dibintangi oleh Channing Tatum, Jamie Foxx, Maggie Gyllenhaal, Jason Clarke, Richard Jenkins, dan James Woods.

Dirilis di tanggal 28 Juni 2013, oleh Sony Pictures Releasing, White House Down menerima tinjauan beragam dari para kritikus terhadap penulisan skenario, dan alur cerita klise, meskipun penampilan dan rangkaian aksinya dipuji. Film ini meraup lebih dari $205 juta di seluruh dunia di box office, dengan anggaran $150 juta. White House Down adalah salah satu dari dua film yang dirilis di tahun 2013 yang berkisah tentang serangan teroris di Gedung Putih; yang lainnya yaitu film Olympus Has Fallen, dirilis tiga bulan sebelumnya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Presiden AS James Sawyer membuat proposal kontroversial untuk menandatangani perjanjian damai dengan negara lain guna menghapus kekuatan militer dari Timur Tengah. John Cale yang bercerai bekerja sebagai petugas Polisi Capitol yang ditugaskan kepada Ketua DPR Eli Raphelson, yang keponakannya dia selamatkan saat bertugas di Afghanistan. Cale berharap untuk mengesankan putrinya Emily dengan wawancara untuk Dinas Rahasia, mendapatkan tiket bagi mereka untuk berkeliling Gedung Putih. Pewawancaranya, Wakil Agen Khusus yang Bertanggung Jawab Carol Finnerty, seorang kenalan kampus, menganggapnya tidak memenuhi syarat untuk pekerjaan itu.

Sebuah bom diledakkan di Gedung Kongres Amerika Serikat, menyebabkan Washington, D.C. dikunci. Finnerty mengawal Raphelson ke pusat komando bawah tanah di Pentagon, sementara Wakil Presiden Alvin Hammond dibawa ke Air Force One. Sebuah tim paramiliter yang dipimpin oleh mantan agen Pasukan Delta Emil Stenz menyusup ke Gedung Putih, membunuh Dinas Rahasia, dan menyita gedung tersebut. Kelompok tur tersebut disandera di Ruang Biru oleh nasionalis kulit putih Carl Killick, namun Cale melarikan diri untuk mencari Emily, yang terpisah selama tur. Pensiunan Kepala Detail Kepresidenan Martin Walker membawa Sawyer ke PEOC dibawah Perpustakaan Gedung Putih. Didalam, Walker membunuh detail Sawyer, mengungkapkan dirinya sebagai pemimpin serangan, tampaknya berusaha membalas dendam terhadap Sawyer atas misi yang gagal di Iran yang membunuh putra Marinirnya tahun sebelumnya. Cale membunuh tentara bayaran, mengambil senjata dan radionya, dan menyelamatkan Sawyer setelah mendengar Walker.

Walker membawa mantan analis NSA Skip Tyler untuk meretas sistem pertahanan PEOC tetapi mengharuskan Sawyer untuk mengaktifkan sepak bola nuklir. Killick menangkap Emily yang merekam para penyusup di teleponnya dan menyanderanya. Cale dan Sawyer menghubungi struktur komando melalui telepon satelit acak di kediaman dan mencoba melarikan diri melalui terowongan rahasia tetapi menemukan pintu keluar dilengkapi dengan bahan peledak. Mereka melarikan diri dengan limusin kepresidenan tetapi dikejar oleh Stenz dan menabrak kolam Gedung Putih. Dengan Sawyer dan Cale dianggap tewas dalam ledakan di cabana, Amandemen ke-25 diberlakukan; Hammond dilantik sebagai presiden. Cale dan Sawyer, masih hidup, mengetahui bahwa Hammond telah memerintahkan serangan udara untuk merebut kembali Gedung Putih, namun tentara bayaran menembak jatuh helikopter dengan FGM-148 Javelin.

Mengetahui identitas Emily dari video tersebut, Stenz membawanya ke Walker di Ruang Oval. Meretas NORAD, Tyler meluncurkan rudal berpemandu laser ke Air Force One dari Piketon, Ohio, membunuh Hammond dan semua orang didalamnya. Raphelson kemudian dilantik sebagai presiden dan memerintahkan serangan udara ke Gedung Putih.

Sawyer menyerahkan dirinya untuk menyelamatkan Emily. Walker, lebih menyalahkan Iran daripada Sawyer atas kematian putranya, menuntut Sawyer menggunakan sepak bola untuk meluncurkan rudal nuklir ke berbagai kota di Iran. Cale membakar beberapa ruangan sebagai pengalih perhatian. Tyler secara tidak sengaja memicu bahan peledak terowongan dan menguap. Cale membunuh sebagian besar tentara bayaran dan membebaskan para sandera, salah satunya membunuh Killick. Dia melawan Stenz dan meledakkannya dengan sabuk granat. Sawyer menyerang Walker, namun dalam pertarungan tersebut, Walker menggunakan sidik jari Sawyer untuk mengaktifkan sepak bola dan menembak Sawyer. Sebelum Walker akhirnya dapat meluncurkan rudal, Cale menabrakkan Chevrolet Suburban yang diperkuat ke Ruang Oval dan membunuhnya dengan pistol mini mobil. Emily berlari keluar dan melambai pada pesawat tempur yang datang dengan bendera presiden, membatalkan serangan udara. Sawyer selamat berkat arloji saku milik Abraham Lincoln yang menghentikan peluru Walker.

Dengan bantuan Finnerty, Cale menyadari bahwa Raphelson adalah orang yang memberikan kode peluncuran kepada Walker, bertindak atas perintah kompleks industri militer yang korup. Percaya Sawyer tewas dan Cale tidak akan pernah dipercaya, Raphelson ditipu untuk mengaku dan ditangkap karena pengkhianatan. Sawyer menunjuk Cale sebagai agen khusus barunya dan membawanya serta Emily dalam tur udara ke DC di Marine One, dimana ia menerima kabar bahwa negara-negara lain telah menyetujui perjanjian perdamaiannya setelah mengetahui kejadian di Gedung Putih, menyerukan diakhirinya untuk semua perang untuk menjamin perdamaian.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

White House Down disutradarai oleh Roland Emmerich dan ditulis oleh James Vanderbilt, yang juga merupakan salah satu produser film tersebut. Sony Pictures membeli skrip spesifikasi Vanderbilt di bulan Maret 2012 seharga $3 juta, yang oleh The Hollywood Reporter disebut sebagai "salah satu penjualan spesifikasi terbesar dalam beberapa waktu". Jurnal tersebut mengatakan naskahnya mirip "secara nada dan tematis" dengan film Die Hard ( 1988 ) dan Air Force One (1997). Di bulan April berikutnya, Sony mempekerjakan Roland Emmerich sebagai direktur. Emmerich mulai syuting di bulan Juli 2012 di La Cité Du Cinéma di Montreal, Quebec, Kanada. Sinematografer Anna Foerster merekam film tersebut dengan kamera digital Arri Alexa Plus.

Di tahun 2012, Sony bersaing dengan Millennium Films, yang memproduksi Olympus Has Fallen ( juga tentang pengambilalihan Gedung Putih ) untuk menyelesaikan casting dan mulai syuting.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

White House Down awalnya dijadwalkan untuk rilis 1 November 2013, namun dipindahkan ke rilis 28 Juni 2013. Film ini dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray di tanggal 5 November 2013.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Di agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating persetujuan sebesar 51% berdasarkan 204 ulasan, dengan rating rata-rata 5,40/10. Konsensus yang dibaca secara kritis di situs web tersebut : "White House Down mendapatkan keuntungan dari chemistry para pemeran utama, namun sutradara Roland Emmerich menutupi film tersebut dengan narasi klise dan tindakan yang diedit dengan tidak hati-hati." Di Metacritic, film tersebut memiliki skor rata-rata tertimbang 52 dari 100 , berdasarkan 43 kritik, menunjukkan "ulasan yang beragam atau rata-rata". Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film tersebut nilai rata-rata "A−" pada skala A+ hingga F.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WHITE HOUSE DOWN (12A)". British Board of Film Classification. 18 Juni 2013. Diakses tanggal 22 Juli 2013. 
  2. ^ "White House Down (2013)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 22 Juli 2013. 
  3. ^ Kit, Borys (14 Mei 2012). "Channing Tatum in Talks to Star in 'White House Down'". Variety. 
  4. ^ Sneider, Jeff; Kroll, Justin (6 Juni 2012). "Foxx nominated for 'White House Down'". Variety. 
  5. ^ Sneider, Jeff; Kroll, Justin (7 Juni 2012). "Maggie Gyllenhaal joins 'White House' staff". Variety. 
  6. ^ Patten, Dominic (2 Agustus 2012). "Roland Emmerich's 'White House Down' Adds Jason Clarke To Cast". Deadline.com. 
  7. ^ Sneider, Jeff; Kroll, Justin (16 Juli 2012). "Richard Jenkins joins 'White House Down'". Variety. 
  8. ^ Sneider, Jeff (24 Juli 2012). "Joey King 'Down' to play Tatum's daughter". Variety. 
  9. ^ Kroll, Justin (9 Juli 2012). "James Woods in talks for 'White House Down'". Variety. 
  10. ^ Patten, Dominic (9 Agustus 2012). ""White House Down" Adds Michael Murphy". Deadline.com. Diakses tanggal 3 Oktober 2012. 
  11. ^ Kit, Borys (24 September 2012). "Twilight Actress Joins 'White House Down,' 'Homefront'". The Hollywood Reporter. 
  12. ^ Sneider, Jeff (3 Agustus 2012). "'White House Down' elects Lance Reddick". Variety. 
  13. ^ Kit, Borys (10 Agustus 2012). "Garcelle Beauvais Joins 'White House Down'". The Hollywood Reporter. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]