Air Force One (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Air Force One
Air Force One-film.jpg
Poster film
Sutradara Wolfgang Petersen
Produser Armyan Bernstein
Gail Katz
Jonathan Shestack
Wolfgang Petersen
Penulis Andrew W. Marlowe
Pemeran Harrison Ford
Musik Jerry Goldsmith
Penyunting Richard Francis-Bruce
Distributor Columbia Pictures (Amerika Serikat)
Buena Vista International (seluruh dunia)
Tanggal rilis 25 Juli 1997
Durasi 124 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $85,000,000 (perkiraaan)
Pendapatan kotor $315,156,409

Air Force One adalah film aksi Amerika Serikat tahun 1997 yang ditulis oleh Andrew W. Marlowe dan disutradarai oleh Wolfgang Petersen. Film ini dibintangi oleh Harrison Ford, Gary Oldman, Glenn Close, Wendy Crewson, Xander Berkeley, William H. Macy dan Paul Guilfoyle.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Presiden Amerika Serikat James "Jim" Marshall (Harrison Ford) baru saja berangkat pulang ke negaranya setelah berpidato dalam sebuah acara perayaan penangkapan Jenderal Ivan Radek (Jurgen Prochnow), pemimpin pemberontak Kazakhstan di Moskow, Rusia. Tanpa disadari pesawat kepresidenan Air Force One disusupi oleh sekelompok teroris yang menyamar sebagai awak televisi Rusia. Pimpinan teroris Egor Korshunov (Gary Oldman) dan anak buahnya secara tiba-tiba menyerang dan berhasil menguasai pesawat tersebut.

Seluruh penumpang pesawat Air Force One disandera termasuk istri Presiden, Grace Marshall (Wendy Crewson) dan putri mereka, Alice (Liesel Matthews). Namun Presiden Marshall berhasil lolos dari tangkapan para teroris dan bersembunyi di dalam pesawat. Egor langsung menghubungi Gedung Putih di Washington untuk menuntut pembebasan pemimpin mereka, Jenderal Radek dari penjara. Jika tidak dipenuhi, para teroris akan mengeksekusi seorang penumpang setiap setengah jam sampai permintaan mereka dipenuhi.

Presiden Marshall yang disangka para teroris telah meloloskan diri dari pesawat dengan menggunakan sekoci penyelamat, ternyata diam-diam berusaha mengambil alih kendali pesawat. Para teroris yang akhirnya tahu usaha Marshall, berusaha menangkapnya hidup-hidup. Tetapi mereka terlalu meremehkan kemampuan sang presiden yang merupakan mantan prajurit pemenang penghargaan tertinggi negara "Medal of Honor" di medan perang Vietnam. Dengan fisiknya yang masih kuat dan kemampuan bela dirinya, Marshall mencoba mengalahkan para teroris satu persatu di samping berusaha membebaskan istri, putrinya dan para penumpang lainnya.

Wakil Presiden Kathryn Bennett (Glenn Close) langsung mengadakan pertemuan darurat untuk menyelesaikan pembajakan tersebut. Sesuai kebijakan pemerintah Amerika Serikat, mereka tidak boleh memenuhi tuntutan teroris walau harus membahayakan pemimpin mereka. Selagi Kathryn masih bingung mengambil keputusan, ia didesak oleh Menteri Pertahanan Walter Dean (Dean Stockwell) untuk mengambil alih kekuasaan karena sang presiden dapat dianggap berhalangan secara tetap secara teknis. Wakil Presiden menjadi ragu-ragu juga walau permintaan Walter Dean didukung oleh Jaksa Agung Amerika (Philip Baker Hall).

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]