Walter Isaacson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Walter Isaacson
WalterIsaacsonStateDeptUSPPImage1.JPG
Isaacson di rapat taklimat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat
Lahir 20 Mei 1952 (umur 65)
New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat
Tempat tinggal Washington, DC
Pekerjaan Penulis
Suami/istri Cathy Wright Isaacson[1]

Walter Isaacson (lahir 20 Mei 1952) adalah penulis dan biografer Amerika Serikat. Saat ini ia menjabat sebagai Presiden dan CEO Aspen Institute, organisasi pendidikan dan studi kebijakan independen yang berpusat di Washington, D.C. Ia pernah menjadi Ketua dan CEO CNN dan Redaktur Pelaksana Time. Ia merupakan penulis biografi Steve Jobs, Benjamin Franklin, Albert Einstein, dan Henry Kissinger.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Walter Isaacson lahir di New Orleans, Louisiana. Setelah lulus dari Isidore Newman School, New Orleans, dan pendidikan musim panas di Deep Springs College sebagai peserta Telluride Association Summer Program (TASP), Isaacson kuliah di Harvard College dan mendapatkan gelar B. A. dalam bidang sejarah dan sastra pada tahun 1974. Di Harvard, Isaacson menjabat sebagai presiden Signet Society, anggota Harvard Lampoon dan penghuni asrama Lowell House. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Pembroke College, University of Oxford, sebagai penerima Rhodes Scholar di jurusan Filsafat, Politik, dan Ekonomi (PPE).

Karier[sunting | sunting sumber]

Walter Isaacson mengawali karier jurnalisnya di The Sunday Times di London, kemudian di New Orleans Times-Picayune/States-Item. Ia bergabung dengan TIME tahun 1978 dan menjabat sebagai koresponden politik, redaktur nasional, dan redaktur media baru sebelum menjadi pemimpin redaksi TIME ke-14 tahun 1996. Ia menjadi Ketua dan CEO CNN tahun 2001, lalu presiden dan CEO Aspen Institute tahun 2003.

Ia adalah penulis American Sketches (2009), Einstein: His Life and Universe (2007), Benjamin Franklin: An American Life (2003), dan Kissinger: A Biography (1992). Isaacson dan Evan Thomas juga menulis The Wise Men: Six Friends and the World They Made (1986). Ia merupakan penyunting Profiles in Leadership: Historians on the Elusive Quality of Greatness (2010) karya W. W. Norton.

Pada tanggal 24 Oktober 2011, biografi resmi pendiri Apple Computer, Steve Jobs, yang ditulis Isaacson diterbitkan oleh Simon & Schuster. Buku ini menjadi buku laris internasional yang memecahkan semua rekor penjualan biografi. Buku ini adalah rangkuman lebih dari 40 wawancara bersama Jobs selama dua tahun sampai sesaat sebelum kematiannya. Isaacson juga mewawancarai teman, anggota keluarga, dan pesaing bisnis sang pengusaha yang visinya berhasil merevolusi komputer, musik, telepon, film animasi, dan penerbitan.[2][3][4][5]

Ia adalah ketua emeritus dewan Teach for America dan anggota dewan United Airlines, Universitas Tulane, Universitas Harvard, Bloomberg Family Foundation, dan Society of American Historians. Pada tahun 2012, ia terpilih sebagai salah satu tokoh berpengaruh di dunia versi majalah Time.[6]

Dinas pemerintah[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2005, Gubernur Louisiana Kathleen Blanco menunjuk Isaacson sebagai wakil ketua Louisiana Recovery Authority, dewan pengawas anggaran pemulihan Badai Katrina. Bulan Desember 2007, ia ditunjuk Presiden George W. Bush sebagai ketua U.S.-Palestinian Partnership, kemitraan yang berupaya menciptakan kesempatan ekonomi dan pendidikan di teritori Palestina.[7] Menteri Luar Negeri Hillary Clinton menunjuknya sebagai wakil ketua Partners for a New Beginning, lembaga yang mendorong investasi swasta dan kemitraan di dunia Islam.[8] Ia juga menjabat sebagai ketua bersama U.S.-Vietnamese Dialogue on Agent Orange yang pada Januari 2008 merampungkan proyek pemusnahan dioksin yang ditinggalkan pasukan Amerika Serikat di pangkalan udara Da Nang dan berencana membangun pusat kesehatan dan laboratorium dioksin di daerah yang terkena dampaknya.[9] Pada tahun 2009, ia ditunjuk Presiden Obama sebagai Ketua Broadcasting Board of Governors yang mengoperasikan Voice of America, Radio Free Europe, dan saluran-saluran internasional lain milik pemerintah A.S.[10] Ia memegang jabatan tersebut sampai Januari 2012.

Karya[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]