Violet Evergarden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Violet Evergarden
Violet Evergarden light novel volume 1 cover.jpg
Gambar sampul novel ringan volume pertama
ヴァイオレット・エヴァーガーデン
(Vaioretto Evāgāden)
GenreBildungsroman[1]
Novel ringan
PengarangKana Akatsuki
IlustratorAkiko Takase
PenerbitKyoto Animation
ImprintKA Esuma Bunko
Terbit25 Desember 201523 Maret 2018
Volume3 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraTaichi Ishidate
ProduserShinichiro Hatta
Shinichi Nakamura
Kazusa Umeda
Shigeru Saito
SkenarioReiko Yoshida
MusikEvan Call
StudioKyoto Animation
PelisensiNetflix Originals (hak streaming)
Saluran
asli
Tokyo MX, TVA, ABC, BS11, HTB
Tayang 11 Januari 2018 5 April 2018
Episode13 + OVA (Daftar episode)
Film anime
Violet Evergarden: Eternity and the Auto Memory Doll
SutradaraHaruka Fujita
SkenarioReiko Yoshida
Takaaki Suzuki
Tatsuhiko Urahata
MusikEvan Call
StudioKyoto Animation
Pelisensi
Madman Entertainment
Anime Limited
Tayang6 September 2019 (2019-09-06)
Durasi93 menit
Film anime
Violet Evergarden the Movie
SutradaraTaichi Ishidate
SkenarioReiko Yoshida
MusikEvan Call
StudioKyoto Animation
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Violet Evergarden (bahasa Jepang: ヴァイオレット・エヴァーガーデン, Hepburn: Vaioretto Evāgāden) adalah sebuah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Kana Akatsuki dan diilustrasikan oleh Akiko Takase. Seri ini memenangkan penghargaan utama untuk kategori novel dalam Penghargaan Kyoto Animation kelima pada tahun 2014, menjadikannya karya pertama yang berhasil memenangkan penghargaan utama dalam salah satu dari tiga kategori (novel, skenario, dan manga).[2] Kyoto Animation menerbitkan novel ringan volume pertama pada tanggal 25 Desember 2015, di bawah subdivisi penerbitan KA Esuma Bunko milik mereka.[3] Sebuah adaptasi serial anime berjumlah 13 episode yang diproduksi oleh Kyoto Animation ditayangkan sejak bulan Januari hingga April 2018 dengan beberapa pemutaran perdana yang dimajukan pada tahun 2017. Sebuah episode animasi video asli dirilis pada bulan Juli 2018, sedangkan film animenya dijadwalkan untuk tayang perdana pada bulan Januari 2020.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ceritanya berpusat di sekitar para Boneka Memoar Otomatis (自動手記人形 Jidō Shuki Ningyō), yaitu orang-orang yang pada awalnya dipekerjakan oleh seorang ilmuwan bernama Dr. Orland demi membantu istrinya yang buta bernama Mollie untuk menulis novelnya, dan kemudian disewa oleh orang lain yang membutuhkan jasa mereka. Pada masa sekarang, istilah tersebut merujuk kepada pekerjaan menulis untuk orang lain. Cerita ini mengisahkan perjalanan Violet Evergarden yang mencoba untuk membaur di tengah kehidupan masyarakat setelah perang usai sekaligus mencari jati diri serta tujuan hidupnya setelah tidak lagi menjadi prajurit.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

No.Tanggal rilis ISBN
1 25 Desember 2015[4]ISBN 978-4-907064-43-3
2 26 Desember 2016[5]ISBN 978-4-907064-44-0
Gaiden 23 Maret 2018[6]ISBN 978-4-907064-81-5

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi anime untuk seri ini pertama kali diumumkan melalui iklan tentang novel ringan volume pertama pada bulan Mei 2016.[7] Pada bulan Juni 2017, Kyoto Animation mengumumkan bahwa Anime Expo, AnimagiC, dan C3 AFA Singapore 2017 akan menyelenggarakan pemutaran perdana episode pertama di seluruh dunia.[8] Episode kedua ditayangkan pada ajang KyoAni and Do Fan Days 2017 pada tanggal 21 Oktober 2017,[9] sementara episode ketiganya tayang di lima bioskop di seluruh Jepang pada tanggal 10 Desember 2017.[10] Seri anime berjumlah 13 episode tayang sejak tanggal 11 Januari hingga 5 April 2018 di Jepang.[11] Sebuah episode animasi video asli dirilis pada tanggal 4 Juli 2018, bersama dengan volume Blu-ray dan DVD terakhir.[12] Seri ini disutradarai oleh Taichi Ishidate di Kyoto Animation dengan skenario yang ditulis oleh Reiko Yoshida. Akiko Takase mendesain karakternya sementara Yota Tsuruoka menangani musiknya. Lagu tema pembukanya adalah "Sincerely" yang dibawakan oleh True[13] sedangkan lagu tema penutupnya bertajuk "Michishirube" (みちしるべ, terj. har. "Pos Petunjuk") oleh Minori Chihara.[14] Netflix mulai menayangkan seri ini secara streaming di seluruh dunia pada tanggal 11 Januari 2018, kecuali di Amerika Serikat dan Australia—tempat di mana seri ini baru ditayangkan secara streaming pada tanggal 5 April 2018.[15][16] Anime Limited memperoleh seri ini untuk distribusi video rumahan di Britania Raya dan Irlandia, dan menayangkan episode pertamanya di ajang MCM London Comic Con pada tanggal 28 Oktober 2017.[17]

Ketika novel ringan Violet Evergarden Gaiden diterbitkan, pihak terkait mengumumkan bahwa sebuah "proyek baru" sedang dalam proses dan bahwa proyek tersebut akan menjadi karya baru untuk anime.[18] Pada bulan Juli 2018, diumumkan di sebuah ajang khusus untuk seri ini bahwa proyek tersebut adalah film anime baru yang dijadwalkan untuk tayang pada bulan Januari 2020.[19]

No. Judul[a] Tanggal tayang asli
1""I Love You" and Auto Memory Dolls"
""Aishiteru" to Jidō Shuki Ningyō" (「愛してる」と自動手記人形)
11 Januari 2018 (2018-01-11)
Violet adalah seorang prajurit dari Tentara Leidenschaftlich yang bertugas di bawah Mayor Gilbert Bougainvillea, orang yang sangat dipatuhinya. Namun, Violet terluka setelah sebuah misi yang mengakibatkan lengannya hilang, dan harus diganti dengan lengan buatan. Kolonel Hodgins, seorang kenalan lama Gilbert, datang menjemput Violet. Ia menjelaskan kepada Violet bahwa perang yang mereka hadapi telah berakhir dan perdamaian telah datang, meskipun dia tidak mau memberi tahu Violet mengenai apa yang terjadi pada Gilbert. Mereka pergi ke ibu kota Leiden, tempat Gilbert sudah mengatur agar Violet diadopsi oleh keluarga Evergarden. Namun, Violet tidak dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan sipil karena doktrin militernya yang sudah mengakar. Hodgins kemudian memutuskan untuk menunjukkan bisnisnya kepada Violet, perusahaan pos CH yang berperan sebagai layanan surat pribadi dan pengetik anonim untuk orang lain dan mempekerjakannya sebagai pekerja pos. Ia kemudian menyaksikan para Boneka Kenangan Otomatis dari bagian penulis surat yang sedang menulis surat untuk seorang pria yang buta huruf yang ingin menyatakan cintanya kepada seseorang. Violet kemudian ingat bahwa "Aku mencintaimu" adalah kata-kata terakhir yang dikatakan Gilbert padanya. Ingin tahu arti dari kata-kata itu, Violet meminta Hodgins agar dia dapat bergabung dengan bagian penulis surat untuk orang lain. Terkesan bahwa Violet akhirnya mulai menunjukkan tanda-tanda bertindak atas kehendaknya sendiri dan bukan atas perintah orang lain, Hodgins menerima permintaan Violet meskipun dia bukan seorang Boneka Kenangan Otomatis.
2"Never Coming Back"
"Modotte Konai" (「戻って来ない」)
18 Januari 2018 (2018-01-18)
Violet bergabung dengan bagian penulis surat dan bertemu para anggotanya: Cattelya si veteran, dan dua pemula bernama Erica dan Iris. Di bawah arahan Cattelya, Violet memulai latihannya sebagai Boneka Kenangan Otomatis, dan dengan cepat belajar cara menggunakan mesin tik. Namun, terlepas dari kemampuan teknisnya, Violet masih tidak mampu memahami emosi. Fakta ini menyeruak ke permukaan ketika dia menawarkan untuk menulis surat romantis yang akhirnya membuat marah sang penerima dan kliennya. Erica kemudian bertanya secara langsung kepada Violet tentang motivasinya untuk menjadi Boneka, tetapi dia mengalah ketika Violet bercerita tentang keinginannya untuk mempelajari arti dari kata "Aku cinta kamu". Iris menyarankan Hodgins untuk memecat Violet, tetapi Erica datang untuk membelanya dan termotivasi karena rasa tidak amannya sendiri perihal menjadi Boneka yang baik. Hodgins memutuskan untuk tidak memecat Violet dan memberinya seragam baru, bersama dengan bros yang awalnya diberikan Gilbert kepada Violet, yang berhasil didapatkan ulang oleh Hodgins. Violet sangat senang dengan ditemukannya bros tersebut, dan setuju untuk menghadiri kursus pelatihan Boneka. Malam itu, Hodgins mengaku kepada Cattleya bahwa dia dulu berteman dengan Gilbert, dan bahwa Gilbert "tidak akan pernah kembali".
3"May You Be an Exemplary Auto Memory Doll"
"Anata ga Yoki Jido Shuki Ningyō ni Narimasu Yō ni" (「あなたが、良き自動手記人形になりますように」)
25 Januari 2018 (2018-01-25)
Violet datang ke Sekolah Pelatihan Boneka Kenangan Otomatis demi menjadi boneka yang sebenarnya. Di sana, dia bertemu dan berteman dengan seorang gadis bernama Luculia Marlborough. Pada hari berikutnya, Violet dan Luculia ditugaskan untuk mempraktikkan keterampilan menulis anonim mereka satu sama lain. Namun, Instruktur Rhodanthe tidak terkesan dengan cara Violet menulis surat anonim kepada Luculia, memberitahunya bahwa surat adalah alat untuk mengomunikasikan perasaan seseorang, dan bahwa surat yang ditulisnya tadi tidak dapat diterima. Luculia memutuskan untuk membawa Violet ke tempat favoritnya di atas menara lonceng untuk menunjukkan pemandangan kota, dan terungkap bahwa saudara laki-laki Luculia lumpuh akibat perang dan sekarang menjadi pemabuk. Namun, Violet gagal lulus dari kelas sementara Luculia lulus dengan nilai tertinggi. Luculia bertemu Violet lagi dan menawarkan diri untuk menulis surat anonim kepada Gilbert, tetapi Violet tidak dapat menemukan kata-kata yang pas untuk diucapkan. Luculia kemudian memberi tahu Violet bagaimana orangtuanya meninggal dalam perang dan saudara lelakinya merasa bersalah karena gagal melindungi mereka. Luculia ingin memberi tahu kakaknya bahwa dia senang kakaknya masih hidup dan ada di rumah, tetapi juga tidak dapat menemukan kata-kata yang tepat untuk diucapkan. Tersentuh oleh kata-kata Luculia, Violet berhasil menulis surat pendek dan ringkas yang secara efektif menyampaikan perasaan Luculia kepada kakaknya. Setelah dia melihat surat tersebut, Instruktur Rhodanthe mengizinkan Violet untuk lulus dan Luculia memapah kakaknya ke puncak menara lonceng untuk menikmati pemandangan kota seperti dulu.
4"You Won't be a Tool, but a Person Worthy of that Name"
"Kimi wa Dōgudenaku, Sono Na ga Niau Hito ni Narunda" (君は道具でなく、その名が似合う人になるんだ)
1 Februari 2018 (2018-02-01)
Iris menerima permintaan menulis anonim pribadi dari kota asalnya, tetapi secara tidak sengaja mencederai tangannya. Akibatnya, Violet dikirim bersamanya untuk membantunya menulis. Setelah tiba, Iris bertemu dengan orang tuanya, dan ibunya mengungkapkan bahwa ialah yang mengirim permintaan tersebut demi membuat Iris kembali untuk merayakan ulang tahunnya. Namun, Iris frustrasi ketika ibunya mengakui bahwa dia ingin memanfaatkan pesta tersebut sebagai cara untuk menemukan pria yang cocok untuknya. Ketika Violet menulis undangan pesta, Iris secara pribadi memintanya untuk tidak mengirim undangan kepada seorang pria bernama Emonn Snow, tetapi Violet tetap mengirim undangan itu. Ketika Emonn muncul di pesta itu, Iris mulai marah dan masuk ke kamarnya. Violet kemudian berbicara dengan Iris untuk mencari tahu apa yang salah, dan Iris mengatakan kepadanya bahwa Emonn adalah cinta masa kecilnya, tetapi dia menolak pengakuan cintanya. Rasa sakit emosional yang disebabkan oleh penolakan Emonn adalah apa yang menyebabkannya meninggalkan kampung halamannya untuk menjadi boneka. Ini menyebabkan Violet menyadari bahwa pengakuan cinta seperti yang dilakukan Gilbert menuntut keberanian untuk mengatakannya. Violet kemudian membantu Iris menulis surat permintaan maaf kepada semua tamu pesta, serta untuk orang tuanya. Tergerak oleh surat itu, orang tua Iris mengizinkannya untuk terus bekerja sebagai boneka. Dalam perjalanan kembali ke Leiden, Iris memberi tahu Violet bahwa orangtuanya menamainya dengan nama bunga yang sama, karena dia lahir ketika bunga-bunga tersebut sedang mekar penuh. Percakapan ini memicu kenangan bagi Violet, yang ingat bahwa Gilbert menamainya sesuai bunga dengan nama yang sama.
5"You Write Letters That Bring People Together?"
"Hito o Musubu Tegami o Kaku no ka?" (人を結ぶ手紙を書くのか?)
8 Februari 2018 (2018-02-08)
Atas permintaan militer, Violet dikirim ke Kerajaan Drossel untuk menulis surat cinta publik untuk putri kerajaan tersebut, Charlotte, kepada Damian yang merupakan pangeran kerajaan tetangga, Flugel. Misi Violet sangat penting karena Drossel dan Flugel sebelumnya adalah musuh dalam perang dan mengatur pernikahan ini untuk memperkuat persyaratan perjanjian damai. Meskipun Charlotte cemas tentang pernikahannya, Violet menulis surat cinta, dan Damian menulis surat balasan sebagai tanggapan, tetapi Charlotte tampaknya tidak puas dengan pernikahan tersebut. Charlotte kemudian menceritakan pada Violet bahwa dirinya pernah bertemu dan tergila-gila dengan Damian ketika dia pertama kali bertemu dengannya, karena dirinya memperlakukannya sebagai seorang pribadi dan bukan sebagai calon istri. Namun, Charlotte tidak yakin apakah Damian membalas perasaannya atau tidak, karena dia bisa menyadari bahwa surat balasannya tidak mengandung emosi di dalamnya. Violet kemudian mendapat ide dan mengatur rencana dengan boneka yang disewa Damian demi membuat keduanya menulis surat mereka sendiri satu sama lain. Ini memulai hubungan yang panas namun penuh gairah antara keduanya yang memukau semua orang di kedua kerajaan. Pernikahan mereka berjalan sesuai rencana sementara Violet dan Cattleya—yang rupanya menjadi boneka Damian—kembali ke Leiden, meskipun Cattleya menyadari bahwa Violet tersenyum. Sekembalinya mereka di Leiden, Violet bertemu saudara laki-laki Gilbert, Dietfried, yang mengungkapkan rasa tidak percaya mengenai bagaimana bisa dia menjadi boneka dan mengingatkan Violet bahwa dia telah membunuh banyak orang, termasuk banyak anak buahnya.
6"Somewhere, Under a Starry Sky"
"Doko ka no Hoshizora no Shita de" (どこかの星空の下で)
15 Februari 2018 (2018-02-15)
Violet, bersama dengan para boneka lainnya, tiba di Observatorium Shaher untuk membantu para cendekiawan membuat salinan dari sejumlah buku langka. Violet dipasangkan dengan seorang cendekiawan muda bernama Leon, yang awalnya tidak suka padanya dan para boneka pada umumnya. Namun, ia terkesan dengan seberapa cepat Violet bekerja, dan mulai melunak ketika dirinya melihat Violet tidak peduli dengan latar belakangnya atau dibesarkan sebagai anak yatim. Ia mengajak Violet untuk melihat Komet Alley bersama-sama, yang hanya muncul sekali setiap dua ratus tahun, dan Violet menerima ajakan ini. Ketika keduanya melihat bintang, Leon menjelaskan bahwa ayahnya juga seorang cendekiawan di observatorium tersebut tetapi menghilang dalam ekspedisi. Ibunya kemudian meninggalkan rumah untuk mencarinya dan tidak pernah kembali, menyebabkan Leon membenci mereka dan konsep tentang cinta. Violet kemudian memberi tahu Leon bahwa dia tidak memiliki kerabat sedarah yang dikenalnya, tetapi sepenuhnya membaktikan diri untuk Gilbert. Saat itulah Leon menyadari Violet jatuh cinta dengan Gilbert. Pagi berikutnya, Violet bersiap untuk pergi karena pekerjaannya sudah selesai. Leon mengantarkan kepergiannya, dan mengatakan kepadanya bahwa alih-alih berdiam diri di observatorium demi menunggu orang tuanya kembali, ia akan mulai berkeliling dunia seperti Violet untuk pergi mencari mereka. Ketika Violet pergi, Leon bertanya-tanya apakah dia bisa bertemu lagi dengannya.
7TBA22 Februari 2018 (2018-02-22)
Violet pergi untuk membantu seorang penulis terkenal bernama Oscar Webster, untuk menulis naskah drama berikutnya. Namun ketika dirinya tiba, ia menemukan Oscar sedang mabuk. Violet berhasil meyakinkan Oscar untuk menunda minumnya saat mereka bekerja, dan mereka mulai menulis naskah drama. Drama ini bercerita tentang seorang gadis bernama Olive yang menggunakan kekuatannya untuk memanggil peri ajaib demi mengalahkan seekor binatang buas, tetapi melakukan itu akan mengorbankan kemampuannya dan membuatnya terlantar jauh dari rumah dan ayahnya. Violet menjadi penasaran tentang bagaimana cerita ini akan berakhir, yang belum diputuskan oleh Oscar. Violet kemudian menemukan payung, memicu kemarahan dari Oscar. Ia kemudian mengakui kepada Violet bahwa dirinya mendasarkan karakter Olive dari putrinya bernama Olivia—yang telah meninggal karena sakit, dan dia mencoba untuk menulis drama sebagai cara untuk mengatasi kesedihan atas kehilangannya. Violet kemudian mencoba menginspirasi Oscar dengan gagasan Olive menggunakan payung ajaibnya untuk terbang pulang ke rumah. Oscar akhirnya menerima kematian putrinya dan berterima kasih kepada Violet. Dalam perjalanan pulang, Violet mulai menyesali orang-orang yang telah dibunuhnya selama perang, dan bertanya-tanya seberapa banyak akhir bahagia yang mungkin telah dihalanginya. Setelah kembali ke Leiden, Violet mengetahui dari Nyonya Evergarden bahwa Gilbert sudah mati dan ini membuatnya menemui Hodgins. Hodgins mengakui bahwa setelah misi terakhir mereka, baik Gilbert maupun tubuhnya tidak dapat ditemukan, tetapi tanda pengenalnya ditemukan, yang membuat tentara menganggap bahwa dia sudah mati. Violet tetap menyangkal kematian Gilbert dan melarikan diri dari kantor pos dengan sedih.
8TBA1 Maret 2018 (2018-03-01)
Violet menuju ke markas militer untuk menemui Dietfried tentang kebenaran nasib Gilbert, dan dia mengonfirmasi bahwa Gilbert sudah mati. Masih dalam penyangkalan, Violet melakukan perjalanan ke rumah Gilbert, dan ia menemukan makamnya di sana. Kembali di kantor pos, Hodgins pergi mencari Violet. Violet kemudian mulai mengingat masa lalunya dengan Gilbert, yang dimulai ketika Dietfried menjadikannya bawahan sebagai seorang prajurit anak-anak. Meskipun keinginannya untuk membesarkan Violet sebagai gadis normal, Gilbert dipaksa oleh atasannya untuk menempatkannya di garis depan karena kemampuan tempurnya. Violet terbukti berperan dalam memenangkan banyak pertempuran penting. Selama masa ini, Gilbert memberikan nama Violet kepadanya dan mengajarinya cara membaca dan menulis, dan dia akhirnya membelikannya bros sebagai hadiah. Beberapa waktu kemudian, satuan Gilbert ditugaskan untuk melakukan serangan terhadap markas musuh, yang apabila sukses dijalankan berarti menandai berakhirnya perang. Satuan Gilbert menderita banyak korban dalam serangan itu, tetapi mereka mampu merebut markas besar dan memberi sinyal pada pasukan utama untuk menyerang. Namun, tepat ketika Gilbert mengirimkan sinyal, dia ditembak oleh tentara musuh, dan ini mengejutkan Violet.
9"Violet Evergarden"
"Vuaioretto Evāgāden" (ヴァイオレット・エヴァーガーデン)
8 Maret 2018 (2018-03-08)
Violet berusaha membawa Gilbert yang terluka ke tempat yang aman, tetapi tertembak dan terkena granat, membuat kedua lengannya putus. Gilbert menyuruh Violet pergi tanpanya dan akhirnya mengatakan padanya bahwa dia mencintainya, tetapi Violet tidak mengerti kata-kata ini. Karena kalah, pasukan musuh membom markas mereka sendiri, dan Gilbert mengorbankan hidupnya dan mendorong tubuh Violet agar selamat. Kembali ke masa ini, Violet kembali ke lokasi pertempuran untuk mencari Gilbert. Hodgins kemudian datang dan mengatakan bahwa Gilbert telah memercayakan dirinya kepadanya jika terjadi sesuatu. Violet kembali ke kantor pos dengan Hodgins, tetapi menolak untuk melakukan pekerjaan mengetik untuk orang lain, membuat para rekan kerjanya khawatir. Dalam kesedihannya, Violet mencoba bunuh diri tetapi tidak bisa melakukannya. Setelah membantu Benedict mengirimkan surat dan membaca surat yang dikirimkan kepadanya oleh Erica dan Iris, Violet menyadari bahwa tindakan menerima surat dapat membawa kegembiraan bagi seseorang. Ia kembali bekerja, dan mengawalinya dengan mengetik surat untuk Spencer, kakak Luculia. Violet kembali ke kantor pos dan bertanya pada Hodgins apakah tidak apa-apa orang sepertinya terus hidup. Hodgins menjawab bahwa apa yang telah dia lakukan dalam perang tidak pernah bisa dihapus, tetapi pernyataan tersebut juga berlaku untuk semua perbuatan baik yang telah dilakukannya sebagai Boneka Kenangan Otomatis.
10"A Loved One Will Always Watch Over You"
"Aisuru Hito wa Zutto Mimamotteiru" (愛する人はずっと見守っている)
15 Maret 2018 (2018-03-15)
Violet tiba di sebuah rumah mewah tempat seorang gadis muda bernama Anne tinggal bersama ibunya yang kaya tetapi sakit-sakitan. Ibu Anne telah menyewa Violet selama tujuh hari untuk menulis surat, tetapi Anne tidak diberi tahu tentang apa atau untuk siapa surat-surat itu. Selain itu, Anne tidak percaya—dan pada saat yang sama terpesona—oleh Violet, karena dia mengira bahwa Violet adalah boneka hidup asli setelah melihat lengan buatannya. Sepanjang minggu berikutnya, Anne mulai menerima kehadiran Violet tetapi tidak mau dipisahkan dari ibunya ketika surat-surat itu ditulis. Setelah kemarahan Anne meledak, Violet berhasil menenangkan dan meyakinkannya untuk tidak menyalahkan dirinya sendiri atas penyakit ibunya. Setelah surat-surat tersebut ditulis, Violet pergi dan akhirnya sang ibu meninggal. Setelah itu, Anne mulai menerima surat-surat dari ibunya yang ditulis oleh Violet dan akhirnya tumbuh dan memiliki keluarga sendiri. Kembali di kantor pos, Violet mengungkapkan kepada rekan kerjanya bahwa surat-surat itu akan dikirimkan kepada Anne pada hari ulang tahunnya selama lima puluh tahun ke depan dan diliputi oleh perasaan sedih karena Anne harus hidup sendiri setelah ibunya meninggal.
11"I Don't Want Anybody Else to Die"
"Mō, Dare mo Shinasetakunai" (もう、誰も死なせたくない)
22 Maret 2018 (2018-03-22)
Perusahaan Pos CH menerima permintaan boneka dari negara tetangga Ctrigal, namun negara itu dalam keadaan perang saudara antara kaum penghasut perang dan kubu moderat. Permintaan itu berasal dari seorang prajurit yang bertarung di garis depan, tetapi Hodgins menolak permintaan itu karena bahaya. Violet tak sengaja mendengar dan pergi ke Ctrigal untuk mencari kliennya, Aidan Field. Aidan bertempur untuk kubu moderat, tetapi pasukannya dimusnahkan oleh musuh dan dia sendiri terluka parah. Violet tiba dengan parasut dan menyelamatkannya. Percaya bahwa dirinya terluka parah, Aidan menyuruh Violet menulis surat perpisahan kepada orang tuanya dan teman masa kecilnya, Maria, sambil mengakui cintanya kepadanya. Dengan surat-surat yang lengkap, Violet menghibur Aidan di saat-saat terakhirnya ketika ia membayangkan dirinya bersatu kembali dengan Maria. Violet mengirimkan surat kepada orang tua Aidan dan Maria. Meskipun sedih dengan kematian Aidan, mereka berterima kasih kepada Violet karena mengirimkan surat terakhirnya kepada mereka. Violet kemudian menangis, meminta maaf karena tidak dapat melindungi Aidan.
12TBA29 Maret 2018 (2018-03-29)
Dietfried diperintahkan untuk melindungi utusan khusus yang akan melakukan perjalanan ke sebuah konferensi dalam rangka menandatangani perjanjian perdamaian yang secara resmi akan mengakhiri perang. Sementara itu, sebuah faksi pemberontak anti-perdamaian yang dipimpin oleh Jenderal Merkulov berencana menyergap utusan tersebut demi menghentikan pembicaraan damai. Cattleya dan Benedict menemani utusan itu sambil naik kereta api untuk melakukan perjalanan ke kota Distery. Sementara itu, Violet, yang kembali dari Ctrigal, memperhatikan sejumlah bekas kebakaran di dekat rel kereta api. Setelah mengetahui bahwa Cattleya ada di kereta, Violet memutuskan untuk menemani mereka untuk perlindungan. Namun, pemberontak anti-perdamaian telah menyusup ke kereta, dan mereka melakukan serangan setelah kereta meninggalkan stasiun. Violet berusaha melawan, tetapi akhirnya ditahan karena dia menolak untuk membunuh siapa pun. Dietfried menyelamatkan Violet, meskipun dia menyalahkannya atas kematian Gilbert dan mengatakan kepada Violet bahwa dia tidak punya alasan untuk hidup. Violet membantahnya, dan menyebut bahwa perintah terakhir Gilbert adalah agar ia tetap hidup, dan bahwa dirinya menyesal karena tidak mampu melindungi Gilbert. Pada saat itu, seorang pemberontak menembakkan granat senapan ke Dietfried, tetapi Violet membelokkan granat itu dengan lengan buatannya.
13"Auto Memory Doll and "I Love You""
"Jidō Shuki Ningyō to "Aishiteru"" (自動手記人形と「愛してる」)
5 April 2018 (2018-04-05)
Violet terus melindungi Dietfried, membuatnya kehilangan salah satu lengannya. Namun, kereta telah mendekati jembatan, dan Jenderal Merkulov mengungkapkan rencana cadangan bahwa jembatan itu telah dimanipulasi untuk meledak sebelum dia sendiri melompat dari kereta. Violet dan Benedict pergi untuk melepas bom, dan Violet mengorbankan lengannya yang lain dalam prosesnya. Karena utusan tersebut selamat, para pihak terlibat melanjutkan pembicaraan damai, dan Leidenschaftlich dan Gadariki secara resmi menandatangani perjanjian damai untuk mengakhiri perang. Sekembalinya ke Leiden, sebuah acara populer yang disebut Air Show—peristiwa ketika pesawat-pesawat dipenuhi dengan banyak surat yang kemudian dibuang dari atas langit dan menghujani seluruh negeri—dihidupkan kembali karena masa damai. Di saat rekan kerja Violet menulis surat untuk dikirimkan, Cattleya menyarankannya untuk menulis surat kepada Gilbert. Namun, Violet tidak dapat menemukan kata-kata yang tepat untuk dituliskan. Ia kemudian diundang oleh Dietfried untuk mengunjungi ibunya dan Gilbert. Ia meyakinkan Violet bahwa dirinya tidak menyalahkannya atas kematian Gilbert, dan bahwa dia masih hidup di dalam hatinya, bahkan jika kenangannya menyakitkan. Ketika Violet pergi, Dietfried menyadari bahwa dia menjadi mandiri sepenuhnya berkat ajaran Gilbert. Merasa terinspirasi, Violet menulis surat kepada Gilbert untuk ajang Air Show. Di dalamnya, ia memberi tahu Gilbert mengenai bagaimana dirinya bisa belajar banyak sebagai seorang Boneka Kenangan Otomatis, dan bahwa dia berencana untuk terus hidup dengan harapan agar dia bisa bertemu dengannya lagi, sehingga dia bisa mengatakan kepadanya bahwa dirinya sekarang bisa sedikit mengerti makna kata-kata "Aku cinta kamu". Melalui surat ini, ia akhirnya mampu menerima kematian Gilbert. Hari berikutnya, Violet menerima permintaan pengetik anonim baru dan kembali bekerja, memperkenalkan dirinya kepada kliennya.
14 (OVA)"Surely, Someday You Will Understand "Love""
"Kitto "Ai" o Shiru Hi ga Kuru no Darou" (きっと"愛"を知る日が来るのだろう)
4 Juli 2018 (2018-07-04)
Berlatar di antara peristiwa dari episode 4 dan 5,[20] Violet disewa oleh Irma, seorang penyanyi opera terkenal, untuk menulis beratasnamakan dirinya kepada seorang prajurit yang hilang dalam perang. Namun, keinginan Irma untuk surat tersebut terkesan samar dan kompleks, dan membuat Violet kesulitan dalam menulis surat yang bisa memuaskannya meskipun sudah ditulis berulang kali. Konduktor Irma yang bernama Ardu, kemudian mengungkapkan bahwa Irma pada faktanya mencoba menggunakan Violet untuk menulis lirik lagu yang direncanakan untuk digunakannya pada penampilan opera yang berikutnya. Bertekad untuk menyelesaikan tugas tersebut, Violet memutuskan untuk mengikuti Irma agar dapat mengerti keinginan hatinya dengan lebih baik. Irma mengatakan kepada Violet bahwa kekasihnya yang bernama Fugo—yang juga putra Ardu, berangkat untuk bertempur dalam perang tetapi tidak pernah kembali. Meskipun dia mulai mengerti tentang Irma dengan lebih baik, Violet masih belum percaya diri mengenai apakah dia bisa menulis surat yang diinginkan Irma. Roland kemudian membawa Violet ke sebuah gudang militer tua berisi banyak surat yang tidak pernah bisa dikirim kepada para prajurit yang hilang atau terbunuh dalam perang. Violet mendapatkan inspirasi setelah membaca surat-surat ini dan membuat surat baru yang bisa menyentuh hati Irma dan Ardu. Irma kemudian menggunakan surat ini sebagai dasar lagu untuk penampilan operanya yang berikutnya. Ketika Irma mulai bernyanyi, lagu tersebut mampu menolong dirinya dan Ardu untuk dapat menerima kepergian Fugo. Lagu tersebut sukses besar, mendapatkan pujian dari penonton, dan Ardu yakin bahwa Violet pada akhirnya akan mengetahui makna dari kata "cinta".

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Netflix.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Morrisey, Kim (13 November 2017). "Violet Evergarden, Saekano, Gundam 00, Shine at C3 Anime Festival Asia Singapore 2017". Anime News Network. Diakses tanggal 28 Juli 2018. 
  2. ^ "第5回受賞作品発表". Kyoto Animation (dalam bahasa Jepang). 20 Maret 2014. Diakses tanggal 1 Maret 2018. 
  3. ^ "KyoAni Award-Winning Novel Violet Evergarden to Ship on December 25". Anime News Network. 1 Oktober 2015. Diakses tanggal 27 Mei 2016. 
  4. ^ "ヴァイオレット・エヴァーガーデン 上巻". Kyoto Animation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 16 Maret 2017. 
  5. ^ "ヴァイオレット・エヴァーガーデン 下巻". Kyoto Animation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 16 Maret 2017. 
  6. ^ "ヴァイオレット・エヴァーガーデン 外伝". Kyoto Animation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 15 Agustus 2018. 
  7. ^ "KyoAni Award-Winning Novel Violet Evergarden Gets Anime Project". Anime News Network. 27 Mei 2016. Diakses tanggal 17 Juni 2017. 
  8. ^ "Anime Expo Hosts Kyoto Animation's Violet Evergarden World Premiere". Anime News Network. 14 Juni 2017. Diakses tanggal 14 Juni 2017. 
  9. ^ "Premiere Report: Violet Evergarden Episodes 1-2". Anime News Network. 23 Oktober 2017. Diakses tanggal 13 Februari 2018. 
  10. ^ "アニメ『ヴァイオレット・エヴァーガーデン』ジャ..." Kyoto Animation (dalam bahasa Jepang). 11 November 2017. Diakses tanggal 13 Februari 2018. 
  11. ^ "OnAir 『ヴァイオレット・エヴァーガーデン』公式サイト". Kyoto Animation (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-14. Diakses tanggal 7 Oktober 2018. 
  12. ^ "BD&DVD Vol. 4". Kyoto Animation (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-12. Diakses tanggal 5 April 2018. 
  13. ^ "Anime Expo Hosts Kyoto Animation's Violet Evergarden World Premiere". Anime News Network. 14 Juni 2017. Diakses tanggal 17 Juni 2017. 
  14. ^ "Minori Chihara Performs Ending Theme For Violet Evergarden Anime". Anime News Network. 22 Oktober 2017. Diakses tanggal 22 Oktober 2017. 
  15. ^ "Netflix to Stream Violet Evergarden Anime Worldwide". Anime News Network. 6 Agustus 2017. Diakses tanggal 6 Agustus 2017. 
  16. ^ "Netflix Lists Violet Evergarden Anime in Some Countries on January 11, But Anime's Site Still Lists Spring". Anime News Network. 31 Desember 2017. Diakses tanggal 1 Januari 2018. 
  17. ^ "UK Premiere of Violet Evergarden at MCM London Comic Con". Anime Limited. Diakses tanggal 28 Agustus 2018. 
  18. ^ "Violet Evergarden Anime Confirms 'Completely New' Project is Green-Lit". Anime News Network. 4 April 2018. Diakses tanggal 5 April 2018. 
  19. ^ "Violet Evergarden's New Project Is Anime Film Opening in January 2020". Anime News Network. 1 Juli 2018. Diakses tanggal 1 Juli 2018. 
  20. ^ Frye, Patrick (6 Juni 2018). "Violet Evergarden Season 2 release date on Netflix". Monsters and Critics. Diakses tanggal 6 Desember 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]