Hibike! Euphonium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hibike! Euphonium
Hibike! Euphonium novel cover.jpg
Sampul novel pertama Hibike! Euphonium
響け! ユーフォニアム
(Hibike! Yūfoniamu)
GenreDrama, potongan kehidupan
Seri novel
PengarangAyano Takeda
IlustratorNikki Asada
PenerbitTakarajimasha
Penerbit
Inggris
ImprintTakarajimasha Bunko
Terbit5 Desember 201322 Juni 2019
Volume12
Manga
PengarangAyano Takeda
IlustratorHami
PenerbitTakarajimasha
MajalahKono Manga ga Sugoi! Web
Terbit28 November 201430 Oktober 2015
Volume3
Seri anime
SutradaraTatsuya Ishihara
SkenarioJukki Hanada
MusikAkito Matsuda
StudioKyoto Animation
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, Sun TV, KBS, TV Aichi, BS11, AT-X
Tayang 8 April 2015 1 Juli 2015
Episode13 + OVA
Film anime
Sound! Euphonium: The Movie - Welcome to the Kitauji High School Concert Band
SutradaraTatsuya Ishihara
SkenarioJukki Hanada
MusikAkito Matsuda
StudioKyoto Animation
Pelisensi
Rilis23 April 2016
Durasi104 menit
Seri anime
Hibike! Euphonium 2
SutradaraTatsuya Ishihara
SkenarioJukki Hanada
MusikAkito Matsuda
StudioKyoto Animation
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, tvk, TV Aichi, ABC, BS11, KBS, AT-X
Tayang 6 Oktober 2016 28 Desember 2016
Episode13
Film anime
Sound! Euphonium: Todoketai Melody
Sutradara
  • Tatsuya Ishihara
  • Taichi Ogawa
SkenarioJukki Hanada
MusikAkito Matsuda
StudioKyoto Animation
Rilis30 September 2017
Film anime
Liz and the Blue Bird
SutradaraNaoko Yamada
SkenarioReiko Yoshida
Musik
StudioKyoto Animation
Pelisensi
Rilis21 April 2018
Durasi90 menit
Film anime
Sound! Euphonium The Movie - Our Promise: A Brand New Day
SutradaraTatsuya Ishihara
SkenarioJukki Hanada
MusikAkito Matsuda
StudioKyoto Animation
Pelisensi
Rilis19 April 2019
Durasi101 menit
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Hibike! Euphonium (響け! ユーフォニアム, Hibike! Yūfoniamu) adalah sebuah seri novel Jepang yang dituis oleh Ayano Takeda. Cerita ini mengambil tempat di Uji, Kyoto dan berfokus pada Klub Musik SMA Kitauji, yang penampilannya semakin membaik setelah ditunjuknya guru penasehat yang baru.[1] Sebuah manga adaptasi yang digambar oleh Hami mendapat serialisasi di situs web Kono Manga ga Sugoi! Web. Kyoto Animation memproduksi dua musim seri anime televisi adaptasi pada tahun 2015 dan 2016. Sebuah film layar lebar berjudul Liz and the Blue Bird tayang perdana pada April 2018, berfokus pada dua karakter dari Hibike! Euphonium. Adaptasi film lainnya berjudul Sound! Euphonium The Movie - Our Promise: A Brand New Day tayang perdana pada April 2019 di Jepang. Sebuah proyek anime baru telah diumumkan yang berfokus pada Kumiko yang menginjak kelas tiga SMA.

Plot[sunting | sunting sumber]

Klub Band Konser SMA Kitauji pernah berpartisipasi dalam turnamen nasional dan merupakan sekolah kaliber kejuaraan, tetapi setelah penasihat klub diganti, mereka bahkan tidak dapat berpartisipasi dalam turnamen kualifikasi. Namun, berkat instruksi ketat guru penasihat baru, penampilan mereka terus meningkat. Ketika mereka bertengkar tentang siapa yang bermain solo, beberapa siswa memilih untuk fokus belajar dan berhenti dari kegiatan klub. Akhirnya, hari kompetisi yang dinantikan telah tiba, dan klub ini memenangkan turnamen kualifikasi.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Kumiko Oumae (黄前 久美子, Ōmae Kumiko)
Pengisi suara: Tomoyo Kurosawa[2][3]
Kumiko, seorang siswi SMA kelas I, merupakan karakter utama dari Hibike! Euphonium. Dia berbicara dengan bahasa Jepang pada umumnya, meskipun ia tumbuh di daerah Kansai. Dia mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain sering bimbang dalam mengambil keputusan. Dia tidak menyukai kepribadiannya karena dia tidak bisa membuat keinginannya diketahui orang lain atau tidak memiliki keberanian untuk mencampuri urusan sosial. Dia adalah seorang pemain eufonium. Dia tinggal di dekat Kuil Byodoin bersama kakak dan orang tuanya.
Reina Kousaka (高坂 麗奈, Kōsaka Reina)
Pengisi suara: Chika Anzai[4][2]
Reina adalah seroang pemain terompet berambut hitam dan panjang. Dia adalah anggota klub band konserdi SMP yang sama dengan Kumiko. Dia adalah seorang pemain terompet yang berdedikasi. Meskipun dia memiliki kepribadian yang sopan, dia tidak dipandang dengan baik oleh orang lain karena memiliki ekspresi yang suram. Dia sangat menyayangi terompetnya, yang diberikan oleh orang tuanya ketika dia masih menjadi siswa SMP.
Asuka Tanaka (田中 あすか, Tanaka Asuka)
Pengisi suara: Minako Kotobuki[4]
Asuka adalah siswi kelas III dan wakil ketua dari klub band konser. Dia memainkan alat musik eufonium dan memimpin bagian bass. Saat klub ini mengikuti ajang marching band, dia berperan menjadi komandan lapangan. Dia berparas menarik dan memiliki kepribadian ceria. Namun di musim kedua, terungkap bahwa hal tersebut ia lakukan untuk menyembunyikan perasaannya yang sebenarnya dari teman-teman sekelasnya.
Noboru Taki (滝 昇, Taki Noboru)
Pengisi suara: Takahiro Sakurai[4][5]
Taki adalah guru musik baru di SMA Kitauji dan berperan sebagai penasihat klub band konser. Dia juga bertanggung jawab atas Kelas 5-2. Dia sopan dan memiliki kepribadian yang metodis. Dia menekankan kemandirian pada murid-muridnya, dan untuk tujuan ini dia mendorong mereka untuk mencapai tujuan mereka menuju kompetisi nasional.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

HIbike! Euphonium adalah novel yang ditulis oleh Ayano Takeda, dan menampilkan sampul yang digambar oleh Nikki Asada. Takarajimasha menerbitkan novel ini pada 5 Desember 2013. Dua novel sekuel dirilis pada 5 Maret 4 April 2015. Sebagai tambahan, sebuah kumpulan cerita pendek dirilis pada 25 Mai 2015. Pada 2016, sebuah novel spin-off dirilis dalam dua volume pada 4 Agustus dan 6 September. Novel spin-off lainnya dirilis pada 6 Oktober 2016. Dua bagian novel sekuel dirilis pada Agustus dan Oktober 2017; cerita ini mengambil latar saat tahun kedua Kumiko dan tahun ketiga Mizore.[6] Dua volume novel yang berfokus pada tahun ketiga Kumikodirilis pada April dan Mei 2019.[7]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah seri anime televisi adaptasi dari volume pertama novel, disutradarai oleh Tatsuya Ishihara, dengan naskah oleh Jukki Hanada, dan diproduksi oleh Kyoto Animation, tayang di Jepang pada 8 April hingga 1 Juli 2015.[8] Lagu tema pembukanya adalah "Dream Solister" oleh True, dan lagu tema penutupnya adalah "Tutti!" (トゥッティ!) oleh Tomoyo Kurosawa, Ayaka Asai, Moe Toyota, and Chika Anzai. Lagu tema penutup untuk episode 8 adalah versi duet terompet dan eufonium dari "Ai o Mitsuketa Basho" (愛を見つけた場所, "Tempat Dimana Kita Menemukan Cinta") dan lagu tema penutup episode 13 adalah versi orkestra dari "Dream Solister".

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada April 2018, dilaporkan bahwa novel ini telah terjual 1.4 juta cetak di Jepang.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 宇治舞台に吹奏楽部の青春描く 同大生で作家の武田さん (dalam bahasa Japanese). Kyoto Shimbun. January 16, 2014. Diakses tanggal April 10, 2015. 
  2. ^ a b "ELEVEN ARTS Announces English Cast for 'Sound! Euphonium: The Movie'". Animation Magazine. June 27, 2019. Diakses tanggal June 27, 2019. 
  3. ^ Mills, Kayli (June 26, 2019). "Welcome to today's secondary reality. I'll be your guide, Kavlii". @KayliMills. Twitter. Diakses tanggal July 4, 2019. 
  4. ^ a b c "Eleven Arts Reveals Liz and the Blue Bird Anime Film's English Dub Cast". Anime News Network. Diakses tanggal November 8, 2018. 
  5. ^ Daymond, Robbie (July 8, 2019). "DESTINED to voice this handsomeshaggyhairedconductingtoughbutfairbanddad, Taki". @robbiedaymond. Twitter. Diakses tanggal July 17, 2019. 
  6. ^ "Sound! Euphonium Novels Get Sequel About Kumiko's 2nd Year". Anime News Network. June 5, 2017. Diakses tanggal June 5, 2017. 
  7. ^ "Sound! Euphonium Series Gets 2 New Novels About Kumiko's 3rd Year". Anime News Network. December 7, 2018. Diakses tanggal April 28, 2019. 
  8. ^ "響け♪ ユーフォニアム Sound! Euhonium" (dalam bahasa Japanese). Agency for Cultural Affairs. Diakses tanggal July 6, 2016. 
  9. ^ "Ayano Takeda's "Sound! Euphonium" Novel Series Has 1.4 Million Copies in Print". Crunchyroll. April 20, 2018. Diakses tanggal June 8, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]