Hyōka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hyouka)
Hyōka
Sampul novel Hyōka
氷菓
(Hyōka)
GenreMisteri
Penggalan kehidupan[1]
Novel
PengarangHonobu Yonezawa
PenerbitKadokawa Shoten
ImprintKadokawa Sneaker Bunko
DemografiPria
Terbit31 Oktober 2001
Manga
PengarangTaskohna
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahMonthly Shōnen Ace
DemografiShōnen
Terbit26 Januari 2012 – sekarang
Volume15
Seri anime
SutradaraYasuhiro Takemoto
ProduserAtsushi Itō
Hideaki Hatta
SkenarioShoji Gatoh
MusikKōhei Tanaka
StudioKyoto Animation
PelisensiFunimation
Saluran
asli
CTC, TV Saitama, TVQ, tvk, KBS Kyoto, Sun TV, GBS, Tokyo MX, MTV, BS11
Saluran bahasa Inggris
Tayang 22 April 2012 16 September 2012
Episode22 + OVA
Live action film
 Portal anime dan manga

Hyōka (Jepang: 氷菓), diterjemahkan sebagai "es krim", adalah novel misteri Jepang tahun 2001 yang ditulis oleh Honobu Yonezawa. Novel ini merupakan judul volume pertama dari seri Klub Sastra Klasik. Lima volume lanjutan telah dipublikasikan mulai tahun 2002 hingga 2016. Sebuah adaptasi manga yang dibuat oleh Taskohna memulai serialisasi di majalah Monthly Shōnen Ace edisi Januari 2012. Sebuah adaptasi anime dengan 22 episode diproduksi oleh Kyoto Animation dan disutradarai oleh Yasuhiro Takemoto yang tayang mulai tanggal 22 April hingga 16 September 2012. Sebuah film, Hyouka: Forbidden Secrets, disutradarai oleh Mari Asato, dibintangi oleh Kento Yamazaki dan Alice Hirose serta dirilis pada tanggal 3 November 2017.[2][3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Atas permintaan kakaknya, Hōtarō Oreki bergabung dengan klub sastra klasik (古典部, Koten-bu) di SMA Kamiyama untuk mencegah penutupan klub tersebut, bersama dengan anggota lainnya yaitu Eru Chitanda, Satoshi Fukube dan Mayaka Ibara. Mereka berempat mulai memecahkan berbagai misteri, baik untuk membantu klub mereka maupun atas permintaan Eru. Cerita ini mengambil latar di kota Kamiyama, sebuah kota fiktif di Prefektur Gifu yang didasarkan pada kampung halaman penulis, Takayama, yang juga berlokasi di Prefektur Gifu. SMA Kamiyama yang fiktif didasarkan pada kehidupan nyata di SMA Hida.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Hōtarō Oreki (折木 奉太郎, Oreki Hōtarō)
Pengisi suara: Yūichi Nakamura
Pemeran film: Kento Yamazaki[4]
Tokoh utama seri ini. Ia adalah seorang siswa SMA tahun pertama yang pragmatis dan hanya bergabung dengan klub sastra klasik atas permintaan kakaknya, Tomoe Oreki, agar klub tersebut terhindar dari pembubaran. Ia menyatakan bahwa dirinya tidak suka menghabiskan energi, tetapi jika diberikan sebuah kasus misteri, ia akan menyelesaikannya dengan logika deduksi secara brilian. Bagi dirinya, Eru adalah "seseorang yang tidak bisa diabaikannya", memperlihatkan bahwa dirinya mungkin memiliki perasaan terhadap Eru.
Eru Chitanda (千反田 える, Chitanda Eru)
Pengisi suara: Satomi Satō
Pemeran film: Alice Hirose[4]
Seorang siswa SMA tahun pertama yang memiliki rasa ingin tahu yang besar sekaligus anggota klub sastra klasik. Meskipun ia memiliki nilai yang bagus, ia sering bergantung pada kemampuan penalaran Hōtarō. Ia merupakan gadis penuh semangat yang berpengalaman dalam tradisi dan etika di kota tempat ia tinggal karena memiliki garis keturunan keluarga petani yang kaya raya. Jika ia dihadapkan dengan sebuah kasus misteri, ia tidak akan dapat berhenti memikirkannya hingga misteri tersebut terselesaikan. Ia memiliki kekaguman terhadap Hōtarō, sering memujinya karena bakatnya dalam menyelesaikan banyak kasus misteri. Ia terlihat memiliki perasaan terhadap Hōtarō.
Satoshi Fukube (福部 里志, Fukube Satoshi)
Pengisi suara: Daisuke Sakaguchi
Pemeran film: Amane Okayama
Seorang siswa SMA tahun pertama sekaligus sahabat Hōtarō yang juga bergabung dengan klub sastra klasik. Ia bangga dengan kemampuan mengingatnya yang impresif, menyebut dirinya sebagai "database". Meskipun ia selalu mendorong Hōtarō untuk lebih terlibat dalam kehidupan SMA, terungkap bahwa dirinya iri terhadap kemampuan penalaran yang dimiliki Hōtarō. Ia memanggil Mayaka Ibara dengan nama depannya, yang memperlihatkan kedekatan mereka. Satoshi mengungkapkan bahwa dirinya memiliki perasaan terhadap Mayaka, tetapi tidak ingin "terobsesi" kepadanya. Ia mulai berhubungan dengan Mayaka pada musim semi tahun kedua mereka.
Mayaka Ibara (伊原 摩耶花, Ibara Mayaka)
Pengisi suara: Ai Kayano
Pemeran film: Fujiko Kojima
Seorang siswa SMA tahun pertama dan anggota keempat klub sastra klasik. Ia dan anggota laki-laki klub itu bersekolah di SMP yang sama. Ia memiliki hubungan yang tidak terlalu baik dengan Hōtarō walaupun hubungan mereka semakin baik setelah berteman dengan Eru. Mayaka memiliki kegemaran dalam menggambar manga dan ia juga merupakan anggota klub manga di sekolahnya. Mayaka sejak lama telah memiliki perasaan kepada Satoshi. Ia memanggil Satoshi sebagai Fuku-chan.

Siswa kelas 2-F[sunting | sunting sumber]

Fuyumi Irisu (入須 冬実, Irisu Fuyumi)
Pengisi suara: Yukana
Teman Eru. Seorang gadis cantik yang dikenal dengan nama panggilannya Jotei (女帝, "permaisuri"). Ia ahli dalam memanipulasi orang lain, tetapi ia iri pada Eru karena kenaifannya. Ia memimpin anggota kelasnya dalam membuat film independen untuk Festival Kan'ya.
Kurako Eba (江波 倉子, Eba Kurako)
Pengisi suara: Aoi Yūki
Sahabat dekat Hongō. Ia tampak pemalu dan pendiam, lalu ia menggambarkan Hongō sebagai "rajin, hati-hati, memiliki rasa tanggung jawab yang kuat, sangat baik dan mudah tergerak".
Jun'ya Nakajō (中城 順哉, Nakajō Jun'ya)
Pengisi suara: Takayuki Kondō
Asisten sutradara dalam film independen kelas 2-F. Ia adalah salah satu dari tiga detektif yang terlibat dalam memecahkan misteri naskah Hongō yang belum selesai.
Tomohiro Haba (羽場 智博, Haba Tomohiro)
Pengisi suara: Atsushi Abe
Penata produksi dalam film independen kelas 2-F. Ia adalah salah satu dari tiga detektif yang terlibat dalam memecahkan misteri naskah Hongō yang belum selesai.
Misaki Sawakiguchi (沢木口 美崎, Sawakiguchi Misaki)
Pengisi suara: Mariya Ise
Manajer publisitas dalam film independen kelas 2-F. Ia adalah salah satu dari tiga detektif yang terlibat dalam memecahkan misteri naskah Hongō yang belum selesai.
Takeo Kaitō (海藤 武雄, Kaitō Takeo)
Pengisi suara: Katsuyuki Konishi
Jirō Sugimura (杉村 二郎, Sugimura Jirō)
Pengisi suara: Miyu Irino
Midori Yamanishi (山西 みどり, Yamanishi Midori)
Pengisi suara: Ami Koshimizu
Mamiko Senoue (瀬之上 真美子, Senoue Mamiko)
Pengisi suara: Ryō Hirohashi
Takeo Katsuta (勝田 竹男, Katsuta Takeo)
Pengisi suara: Yūki Tai
Yuri Kōnosu (鴻巣 友里, Kōnosu Yuri)
Pengisi suara: Minori Chihara

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Tomoe Oreki (折木 供恵, Oreki Tomoe)
Pengisi suara: Satsuki Yukino
Kakak perempuan Hōtarō yang pemberani dan kembali dari berkeliling dunia. Mantan anggota klub sastra klasik yang menyarankan Hōtarō bergabung dengan klub itu. Ia selalu menggoda adiknya karena begitu tertutup. Ia memiliki kekuatan deduktif besar yang mungkin sama atau bahkan lebih besar dari adiknya, seperti yang ditunjukkan ketika ia menyimpulkan niat Fuyumi Irisu di balik insiden film independen.
Yōko Itoigawa (糸魚川 養子, Itoigawa Yōko)
Pengisi suara: Mami Koyama
Pustakawan sekolah yang berusia 49 tahun (61 tahun di anime) dan menjadi ketua klub sastra klasik setahun setelah insiden terkait Jun Sekitani.
Jun Sekitani (関谷 純, Sekitani Jun)
Pemeran film: Kanata Hongō
Pahlawan tragis tanpa tanda jasa dari masa lalu SMA Kamiyama. Ia adalah paman Eru Chitanda, yang hilang saat keluar negeri dan dianggap meninggal. Dipaksa menjadi kambing hitam atas demonstrasi sekolah, ia menanggung beban penuh dan dikeluarkan. Ia adalah ketua klub sastra klasik dan penulis antologi "Hyōka". Judulnya berarti "makanan beku" dalam bahasa Jepang, tetapi sebenarnya mengacu pada kata-kata bahasa Inggris "ice cream" (es krim) dari permainan kata-kata yang sebenarnya: "I scream" (Aku berteriak), sehingga berisi ungkapan kesedihan dalam hati Jun. Ia dianggap hilang di India dan kemudian dinyatakan meninggal secara hukum oleh pihak berwenang karena hilang selama bertahun-tahun.
Masashi Togaito (遠垣内 将司, Tōgaito Masashi)
Pengisi suara: Ryōtarō Okiayu
Seorang siswa SMA tahun ketiga di SMA Kamiyama dan ketua klub mading. Ia adalah keturunan keluarga Tōgaito, yang dianggap atas kontribusi mereka di bidang pendidikan.
Omichi (尾道)
Pengisi suara: Takumi Yamazaki
Guru matematika kelas A. Satoshi menggambarkannya sebagai seorang yang "ketat tetapi hanya karena ia ketat pada dirinya sendiri".
Koreyuki Tani (谷 惟之, Tani Koreyuki)
Pengisi suara: Yoshihisa Kawahara
Seorang siswa SMA tahun pertama yang menjadi saingan Satoshi.
Shōko Yuasa (湯浅 尚子, Yuasa Shōko)
Pengisi suara: Naomi Shindō
Ketua klub manga.
Ayako Kōchi (河内 亜也子, Kōchi Ayako)
Pengisi suara: Masumi Asano
Anggota klub manga dan teman Shōko.
Haruna Anjō (安城 春菜, Anjō Haruna)
Teman Ayako dan penulis A Corpse by Evening.
Kaho Jūmonji (十文字 かほ, Jūmonji Kaho)
Pengisi suara: Saori Hayami
Teman Eru dan teman sekelas Satoshi. Keluarganya menjalankan Kuil Arekusu di mana ia adalah gadis kuil. Ia juga satu-satunya anggota yang tersisa dari klub ramalan sekolah.
Jirō Tanabe (田名辺 治朗, Tanabe Jirō)
Pengisi suara: Jun Fukuyama
Seorang siswa tahun kedua di SMA Kamiyama dan panitia eksekutif Festival Kan'ya. Ia adala seniman latar belakang A Corpse by Evening.
Muneyoshi Kugayama (陸山 宗芳, Kugayama Muneyoshi)
Pengisi suara: Toshiyuki Morikawa
Seorang siswa tahun kedua di SMA Kamiyama dan ketua OSIS. Ia adalah ilustrator berbakat dan seniman A Corpse by Evening.
Rie Zenna (善名 梨絵, Zenna Rie)
Pengisi suara: Aki Toyosaki
Kerabat Mayaka dan kakak Kayo. Ia memiliki kebiasaan menulis nama pada barang-barangnya miliknya, tidak membiarkan adiknya menggunakan barang-barangnya.
Kayo Zenna (善名 嘉代, Zenna Kayo)
Pengisi suara: Yui Ogura
Adik Rie yang lebih pendiam dan lemah lembut dari kakaknya. Tidak seperti Rie, ia tidak menulis namanya di barang-barangnya.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

Hyōka adalah novel pertama dari seri Klub Sastra Klasik (古典部, Koten-bu) yang ditulis oleh Honobu Yonezawa dan diterbitkan oleh Kadokawa Shoten pada tanggal 31 Oktober 2001. Enam novel telah diterbitkan dalam seri ini. Novel ketujuh telah dikonfirmasi oleh penulis di Twitter.[5] Cerita pendek diterbitkan di majalah Yasei Jidai milik Kadokawa Shoten. Setiap novel memiliki terjemahan bahasa Inggris, yang sebagian besar merujuk pada novel detektif lainnya. Sebuah buku berjudul Honobu Yonezawa and the Classic Literature Club (米澤穂信と古典部, Yonezawa Honobu to Koten-bu), yang menampilkan wawancara dengan Honobu Yonezawa dan orang-orang yang terlibat dalam seri tersebut, sebuah cerita pendek baru dan materi referensi lainnya dirilis pada tanggal 13 Oktober 2017.[6]

No.JudulTanggal rilis ISBN
1Hyōka: You can't escape / The niece of time
Hyōka (氷菓)
31 Oktober 2001[7]ISBN 978-4-04-427101-5
2Fools' Staff Roll: Why didn't she ask Eba?
Gusha no Endorōru (愚者のエンドロール)
31 Juli 2002[8]ISBN 978-4-04-427102-2
3Kudryavka's Order: Welcome to Kanya Festa!
Kudoryafuka no Junban (クドリャフカの順番)
30 Juni 2005[9]ISBN 978-4-04-427103-9
4Dolls in the Distance: Little birds can remember
Tōmawari Suru Hina (遠まわりする雛)
3 Oktober 2007[10]ISBN 978-4-04-873811-8
5Estimated Distance Between the Two: It walks by past
Futari no Kyori no Gaisan (ふたりの距離の概算)
25 Juni 2010[11]ISBN 978-4-04-874075-3
6Even Though I'm Told I Now Have Wings: Last seen bearing
Imasara Tsubasa to Iwaretemo (いまさら翼といわれても)
30 November 2016[12]ISBN 978-4-04-104761-3

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga dengan judul Hyōka diilustrasikan oleh Taskohna dan memulai serialisasi mulai edisi Januari 2012 di majalah Monthly Shōnen Ace milik Kadokawa Shoten. Volume tankōbon pertama diterbitkan pada tanggal 24 April 2012.[13] Dua belas volume pertama manga mengadaptasi empat novel pertama, sama dengan seri anime. Sebuah seri manga sekuel dimulai pada edisi Agustus 2019 di majalah Monthly Shōnen Ace.[14]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
01 24 April 2012[13]ISBN 978-4-04-120270-8
02 23 Agustus 2012[15]ISBN 978-4-04-120271-5
03 24 Januari 2013[16]ISBN 978-4-04-120272-2
04 21 Juni 2013[17]ISBN 978-4-04-120740-6
05 24 September 2013[18]ISBN 978-4-04-120882-3
06 26 April 2014[19]ISBN 978-4-04-121096-3
07 26 Juli 2014[20]ISBN 978-4-04-101749-4
08 26 Januari 2015[21]ISBN 978-4-04-101750-0
09 26 Agustus 2015[22]ISBN 978-4-04-103588-7
10 26 Juli 2016[23]ISBN 978-4-04-103589-4
11 26 Oktober 2017[24]ISBN 978-4-04-103590-0
12 25 Mei 2019[25]ISBN 978-4-04-103591-7
13 25 November 2020[26]ISBN 978-4-04-109730-4
14 25 Maret 2022[27]ISBN 978-4-04-112386-7
15 25 Juli 2023[28]ISBN 978-4-04-114116-8

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah anime yang mengadaptasi empat novel pertamanya. Diproduksi oleh Kyoto Animation dan disutradarai oleh Yasuhiro Takemoto, dengan Shoji Gatoh menangani komposisi seri, Futoshi Nishiya mendesain karakter dan Kohei Tanaka menyusun musik. Seri ini ditayangkan di Jepang mulai tanggal 22 April hingga tanggal 16 September 2012.[29][30] Sebuah episode OVA disiarkan secara daring pada tanggal 8 Juli 2012, lalu dirilis dalam bentuk Blu-ray Disc bersama volume ketiga manga pada tanggal 12 Januari 2013.[31][32] Episode pertama tayang perdana pada tanggal 14 April dalam sebuah acara khusus di Kadowaka Cinema, Shinjuku. Seri ini memiliki empat lagu tema: dua lagu tema pembuka dan dua lagu tema penutup. Lagu tema pembuka pertama yang digunakan untuk 11 episode pertama adalah "Yasashisa no Riyū" (優しさの理由, Reason of Kindness) oleh ChouCho, sedangkan lagu tema pembuka kedua yang digunakan mulai episode 12 adalah "Mikansei Stride" (未完成ストライド, Unfinished Stride) oleh Saori Kodama. Lagu tema penutup pertama yang digunakan untuk 11 episode pertama adalah "Madoromi no Yakusoku" (まどろみの約束, Promise of Slumber), sedangkan lagu tema penutup kedua yang digunakan mulai episode 12 adalah "Kimi ni Matsuwaru Mystery" (君にまつわるミステリー, Mystery Surrounding You). Dua lagu tema penutup tersebut dinyanyikan oleh Satomi Satō dan Ai Kayano. Funimation mendapatkan lisensi seri ini dan dirilis di Amerika Utara pada tanggal 4 Juli 2017 dengan dubbing bahasa Inggris.[33] Anime Limited merilis seri ini di Britania Raya pada tahun 2017 hingga tahun 2018.[34]

No.Judul [35][a]SutradaraPenulis skenarioTanggal tayang asli
1"The Return of the Time-Honored Classic Lit Club"
Transkripsi: "Dentō Aru Koten-bu no Saisei" (伝統ある古典部の再生)
Yasuhiro TakemotoShoji Gatoh22 April 2012 (2012-04-22)
Atas permintaan kakaknya, Hōtarō Oreki bergabung dengan klub sastra klasik. Saat memasuki ruangan klub, ia melihat Eru Chitanda ada di sana. Mereka pun saling heran dan berhadap-hadapan untuk sesaat. Setelahnya, mereka pun berkenalan dan tak lama kemudian ada kejadian janggal. Ternyata Eru sebenarnya sedang dikunci dan jika tidak ada Hōtarō, maka Eru tetap terkunci di ruangan klub. Misteri ini pun membuat Eru penasaran!
2"The Prestigious Classic Lit Club's Activities"
Transkripsi: "Meiyo Aru Koten-bu no Katsudō" (名誉ある古典部の活動)
Hiroko UtsumiShoji Gatoh29 April 2012 (2012-04-29)
Mayaka Ibara, siswa penjaga perpustakaan, membantu Hōtarō, Eru dan sahabat Hōtarō, Satoshi Fukube, yang berusaha memecahkan misteri yakni buku apakah yang dipinjam beberapa minggu terakhir selama berturut-turut oleh siswa. Seraya mereka mengungkap misteri itu, Eru semakin yakin Hōtarō adalah orang yang tepat untuk menjawab permasalahannya dan ia mengajak Hōtarō ke kafe.
3"The Circumstances of the Classic Lit Club's Scion"
Transkripsi: "Jijō Aru Koten-bu no Matsuei" (事情ある古典部の末裔)
Taichi IshidateKatsuhiko Muramoto6 Mei 2012 (2012-05-06)
Di kafe, Eru mengungkapkan apa yang dipendamnya selama ini. Ternyata, alasannya bergabung dengan klub sastra klasik karena ingin tahu mengapa ia mendadak menangis saat mendiang pamannya bercerita tentang klub sastra klasik. Hōtarō pun kebingungan menanggapi permintaan itu. Setelah itu, ketika mereka sedang mencari buku antologi puisi sebagai petunjuk mengenai jawaban yang dicari oleh Eru, ada misteri tentang klub karya mading yang mencurigakan!
4"The Classic Lit Club's Glorious Days of Yore"
Transkripsi: "Eikō Aru Koten-bu no Sekijitsu" (栄光ある古典部の昔日)
Eisaku KawanamiMiyuki Egami13 Mei 2012 (2012-05-13)
Antologi puisi telah ditemukan dan sekarang saatnya menyusun teori atas hasil penemuan itu. Eru mengajak semua anggota klub sastra klasik berkumpul di rumahnya untuk menjelaslkan teori yang telah mereka dapat untuk mengungkap apa yang terjadi pada klub sastra klasik 45 tahun yang lalu.
5"The Truth About the Historic Classic Lit Club"
Transkripsi: "Rekishi Aru Koten-bu no Shinjitsu" (歴史ある古典部の真実)
Yoshiji KigamiShoji Gatoh20 Mei 2012 (2012-05-20)
Meskipun misteri tentang klub sastra klasik 45 tahun yang lalu telah terkuak, masih ada yang mengganjal bagi mereka berempat, terutama Hōtarō. Oleh karena itu, mereka pun sepakat untuk bertanya pada satu orang setelah mereka selidiki sebelumnya dan mereka yakin orang itu pasti akan tahu tentang kejadian yang sebenarnya.
6"Committing a Cardinal Sin"
Transkripsi: "Taizai o Okasu" (大罪を犯す)
Kazuya SakamotoMaiko Nishioka27 Mei 2012 (2012-05-27)
Setelah terungkapnya misteri klub sastra klasik dan alasan kenapa antologi puisi klub mereka bernama Hyōka, kegiatan klub sastra klasik pun kembali seperti biasa dan mempersiapkan antologi rutin untuk festival budaya. Tetapi, tak lama kemudian ada misteri yang terjadi di sekitar mereka. Yakni, mengapa tiba-tiba Eru yang biasanya tidak pernah marah, menjadi marah, terlebih kepada seorang guru.
7"Upon Seeing the True Nature"
Transkripsi: "Shōtai Mitari" (正体見たり)
Hiroko UtsumiSugihiko Ashida3 Juni 2012 (2012-06-03)
Setelah memecahkan berbagai macam misteri, kali ini semua anggota klub sastra klasik diajak pergi tamasya bersama Eru! Setelah disepakati, mereka pun menginap di penginapan milik kerabat Mayaka. Tanpa diduga, di sana ada misteri horor yakni sosok orang yang tergantung!
8"Let's Go to the Screening"
Transkripsi: "Shishakai ni Ikō!" (試写会に行こう!)
Noriyuki KitanoharaMaiko Nishioka10 Juni 2012 (2012-06-10)
Fuyumi Irisu dari kelas 2-F meminta bantuan kepada Eru untuk memberikan pendapat tentang film yang mereka buat. Ia mengajak Hōtarō, Satoshi dan Mayaka untuk menonton filmnya. Setelah selesai menonton film, mereka sadar jika filmnya belum selesai. Fuyumi meminta mereka menebak siapa pelakunya. Hōtarō asal menebaknya tanpa ada dasar yang jelas, karena ia merasa terbebani dengan permintaannya. Namun, rasa penasaran Eru serta permintaan dari anggota lainnya, Hōtarō akhirnya setuju membantu kelas 2-F untuk menemukan pelakunya.
9"The Case of the Furuoka Deserted Village Murder"
Transkripsi: "Furuoka Haison Satsujin Jiken" (古丘廃村殺人事件)
Naoko YamadaShoji Gatoh17 Juni 2012 (2012-06-17)
Hōtarō dan anggota lainnya dipertemukan dengan detektif kelas 2-F untuk memberikan pendapat tentang teori mereka sekaligus mencari informasi. Detektif tersebut antara lain Jun'ya Nakajō dari bagian produksi film, Tomohiro Haba dari bagian peralatan dan Misaki Sawakiguchi dari bagian pemasaran. Setelah mendengarkan teori dari mereka masing-masing, semua teorinya ditolak karena tidak mungkin bisa terjadi. Saat pulang sekolah, Hōtarō bertemu dengan Fuyumi, yang mengundang Hōtarō untuk minum teh.
10"Blind Spot to All"
Transkripsi: "Ban'nin no Shikaku" (万人の死角)
Kazuya SakamotoShoji Gatoh24 Juni 2012 (2012-06-24)
Di kedai teh, Fuyumi berbincang dengan Hōtarō tentang teori tiga orang temannya. Fuyumi juga meminta tolong serta memotivasi Hōtarō agar mau menolongnya. Keesokan harinya, Hōtarō ke sekolah untuk memecahkan siapa pelakunya. Setelah memecahkan siapa pelakunya, Fuyumi menghampirinya di ruang alat geologi, lalu Hōtarō menjelaskan semuanya tentang siapa pelakunya.
11"Credit Roll of Fools"
Transkripsi: "Gusha no Endorōru" (愚者のエンドロール)
Eisaku KawanamiMaiko Nishioka1 Juli 2012 (2012-07-01)
Setelah Satoshi, Mayaka dan Eru memberitahu bahwa akhir filmnya tidak sesuai dengan keinginan Hongō, Hōtarō berusaha mencari tahu akhir cerita yang sebenarnya. Hōtarō pun menemui Fuyumi untuk mendapatkan kejelasannya tentang akhir cerita yang diinginkan Hongō.
11.5 (OVA)"What Should Be Had"
Transkripsi: "Motsu beki Mono wa" (持つべきものは)
Rika ŌtaYasuhiro Takemoto12 Januari 2013 (2013-01-12)
Kakak Hōtarō, Tomoe, baru saja pulang dari perjalanannya ke luar negeri. Di rumah, Tomoe melihat adiknya sepertinya memiliki waktu luang dan menyuruh Hōtarō bekerja paruh waktu sebagai penjaga kolam renang. Mau tidak mau, Hōtarō pun menyetujuinya dan tak lama kemudian, Satoshi menelepon Hōtarō. Satoshi terkejut mengetahui bahwa Hōtarō bekerja, tetapi Satoshi memberitahu bahwa ia akan berkunjung ke tempat kerja Hōtarō. Akhirnya, Hōtarō pun melakukan pekerjaannya, tetapi ia terkejut karena Satoshi datang bersama Mayaka dan Eru yang memakai pakaian renang!
12"Those Things Piled Up Endlessly"
Transkripsi: "Kagiri-naku Tsumareta Rei no Are" (限りなく積まれた例のあれ)
Taichi OgawaKatsuhiko Muramoto8 Juli 2012 (2012-07-08)
Festival budaya SMA Kamiyama akhirnya tiba. Keempat anggota klub sastra klasik pun harus mempersiapkan diri untuk melakukan yang terbaik. Namun, terjadi sebuah masalah di mana mereka salah memesan 200 jilid yang seharusnya hanya memesan 30 jilid untuk antologi mereka. Mereka berempat lalu membagi tugas untuk memecahkan masalah ini agar antologi Hyōka bisa laris terjual.
13"A Corpse By Evening"
Transkripsi: "Yūbe ni wa Mukuro ni" (夕べには骸に)
Noriyuki KitanoharaMiyuki Egami15 Juli 2012 (2012-07-15)
Selama Festival Kanya, Satoshi berpartisipasi di kontes kuis dengan tujuan mempromosikan klub sastra klasik agar antologi Hyōka bisa terjual. Bersaing dengan temannya, Koreyuki Tani dari klub "ilmu go", mereka sampai ke babak final. Koreyuki juga memberitahu bahwa beberapa perlengkapan dari klub "ilmu go" yakni biji telah dicuri. Sementara itu, klub ramalan juga kehilangan satu kartu "Uji Nasib" yang telah diganti dengan kartu bertuliskan "Jūmonji".
14"Wild Fire"
Transkripsi: "Wairudo Faia" (ワイルド・ファイア)
Naoko YamadaKatsuhiko Muramoto22 Juli 2012 (2012-07-22)
Rencana Satoshi, Eru dan Mayaka untuk mengikuti kontes selanjutnya yaitu kontes memasak sebagai bagian dari rencana mereka untuk memperkenalkan klub sastra klasik. Sementara itu, masalah terus berlanjut, kali ini centong oval dari klub memasak pun menghilang.
15"The Jūmonji Affair"
Transkripsi: "Jūmonji Jiken" (十文字事件)
Hiroko UtsumiShoji Gatoh29 Juli 2012 (2012-07-29)
Klub sastra klasik menemukan cara terbaik untuk menjual salinan antologi Hyōka. Untuk melakukan rencana ini, Hōtarō harus menangkap pencuri misterius "Jūmonji" yang menjadi pelaku pencurian saat Festival Kanya.
16"The Final Target"
Transkripsi: "Saigo no Hyōteki" (最後の標的)
Kazuya SakamotoMaiko Nishioka5 Agustus 2012 (2012-08-05)
Dengan bermodal petunjuk yang satu per satu semakin jelas terungkap, Hōtarō semakin dekat untuk memecahkan identitas pencuri "Jūmonji" yang menjadi palaku pencurian di Festival Kanya. Dari yang semula ada kemungkinan 1.000 lebih terduga pelaku, mungkin menyusut pada hanya beberapa orang saja.
17"The Kudryavka Sequence"
Transkripsi: "Kudoryafuka no Junban" (クドリャフカの順番)
Taichi IshidateShoji Gatoh12 Agustus 2012 (2012-08-12)
Eru menyelesaikan siarannya di radio sekolah, tetapi ia merasa bimbang tentang apakah hal yang dilakukannya benar atau salah. Karena pembicaraan Eru di radio, ruang klub sastra klasik dipenuhi oleh banyak orang yang ingin mencegah "Jūmonji" dan di sisi lain, Hyōka pun laku terjual. Ketika mereka tampaknya sudah berhasil menjebak dan mengetahui sosok Jūmonji, tampaknya Jūmonji berhasil mengelabui mereka, tetapi ada sesuatu yang mencurigakan. Apakah orang di balik Jūmonji akan terungkap?
18"Is the Mountain Range Clear?"
Transkripsi: "Renpō wa Harete Iru ka" (連峰は晴れているか)
Noriyuki KitanoharaSugihiko Ashida19 Agustus 2012 (2012-08-19)
Hōtarō tiba-tiba tertarik dengan cerita guru SMP di masa lalunya dengan helikopter. Melihat Hōtarō yang penasaran, Eru pun mengikuti Hōtarō menuju perpustakaan umum untuk mencari jawabannya. Mereka pun menemukan bahwa guru tersebut adalah seorang pendaki gunung. Kira-kira, misteri apa yang akan terungkap?
19"Does Anyone Have Any Idea?"
Transkripsi: "Kokoroatari no Aru Mono wa" (心あたりのある者は)
Taichi OgawaMiyuki Egami26 Agustus 2012 (2012-08-26)
Hōtarō menantang Eru untuk membuat suatu misteri acak yang harus mereka pecahkan untuk membuktikan bahwa teori bisa membuktikan apapun, tetapi tidak selamanya teori milik Hōtarō benar. Lalu, pengumuman sekolah pun berbunyi. Pengumuman itu akan menjadi situasi misteri yang akan dipecahkan, apakah misterinya terjawab benar atau sebaliknya?
20"Mishap-py New Year"
Transkripsi: "Akimashite Omedetō" (あきましておめでとう)
Rika ŌtaMiyuki Egami2 September 2012 (2012-09-02)
Eru meminta Hōtarō untuk menemaninya ke kuil Arekusu untuk malam Tahun Baru. Ia juga memberitahu bahwa Satoshi dan Mayaka akan berada di sana dan ia berencana memamerkan kimononya. Di sana, Eru dan Hōtarō sukarela membantu mengambil sake dari gudang kuil, tetapi mereka keliru mencari di gudang dan tanpa disadari, mereka terkunci dari luar. Karena Eru mewakili ayahnya dan orang-orang biasa di kuil mengenalinya, Eru meminta agar Hōtarō tidak meminta bantuan, karena seseorang bisa saja berprasangka buruk atas situasi mereka. Bagaumana cara mereka keluar dari situasi ini?
21"The Case of the Homemade Chocolates"
Transkripsi: "Tezukuri Chokorēto Jiken" (手作りチョコレート事件)
Hiroko UtsumiMaiko Nishioka9 September 2012 (2012-09-09)
Saat hari Valentine di SMP tahun terakhir, upaya Mayaka untuk membuat Satoshi menerima perasaannya gagal karena Satoshi mengomentari kualitas cokelat yang dibuat oleh Mayaka. Tahun ini, Mayaka meminta bantuan Eru untuk membuat cokelat yang lebih baik dibanding sebelumnya. Kemudian, ketika cokelatnya sudah jadi, Mayaka pun meminta Eru untuk menaruh cokelat itu di ruangan klub karena ia tidak bisa memberikannya secara langsung. Namun, tanpa disadari, ketika Eru mengalihkan pandangan, cokelat itu tiba-tiba menghilang!
22"The Doll That Took the Long Way Around"
Transkripsi: "Tōmawari Suru Hina" (遠まわりする雛)
Yasuhiro Takemoto
Taichi Ishidate
Shoji Gatoh16 September 2012 (2012-09-16)
Eru meminta Hōtarō menjadi pembawa payung untuknya saat Festival Boneka Hina tahun ini. Saat di jalan, Hōtarō berhenti sejenak karena pembangunan jembatan tersebut akan dimulai. Ketika sudah sampai tempat berkumpul sebelum acara dimulai, Hōtarō memberitahukan pada orang-orang di sana, bahwa jembatan yang ada dalam rute sedang dibangun. Mendengar itu, para panitia bingung karena seharusnya pembangunan jembatan itu dihentikan sementara. Dengan adanya kesalahan komunikasi ini, mengakibatkan terjadinya perubahan rute festival.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Funimation.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paul Jensen (18 September 2017). "Shelf Life Hyouka Part 1". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Oktober 2017. Diakses tanggal 5 November 2017. 
  2. ^ "氷菓". Natalie. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Agustus 2017. Diakses tanggal 27 Agustus 2017. 
  3. ^ Tsushin, Kogyo (11 November 2017). "Box Office Charts 11/4 – 11/5: Thor: Ragnarok #1, IT #2, Last Recipe #3, Hyouka #12". Arama! Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 November 2017. Diakses tanggal 13 November 2017. 
  4. ^ a b "Live-Action Hyouka Mystery Film Casts Kento Yamazaki, Alice Hirose". Anime News Network. 22 November 2016. Diakses tanggal 6 November 2018. 
  5. ^ "米澤穂信 on Twitter: "I will write volume 7.… "". Diakses tanggal 24 September 2018. 
  6. ^ "米澤穂信と古典部" (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 1 Januari 2021. 
  7. ^ 氷菓 (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-27. Diakses tanggal 1 Oktober 2012. 
  8. ^ 愚者のエンドロール (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-27. Diakses tanggal 1 Oktober 2012. 
  9. ^ クドリャフカの順番 (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-20. Diakses tanggal 1 Oktober 2012. 
  10. ^ 遠まわりする雛 (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-20. Diakses tanggal 1 Oktober 2012. 
  11. ^ ふたりの距離の概算 (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-26. Diakses tanggal 1 Oktober 2012. 
  12. ^ いまさら翼といわれても (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 26 November 2020. 
  13. ^ a b 氷菓 (1) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-20. Diakses tanggal 1 Oktober 2012. 
  14. ^ "Hyōka Manga Listed as Ending in 12th Volume, New Series Launches". Anime News Network. 29 April 2019. Diakses tanggal 2 Agustus 2019. 
  15. ^ 氷菓 (2) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  16. ^ 氷菓 (3) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  17. ^ 氷菓 (4) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  18. ^ 氷菓 (5) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  19. ^ 氷菓 (6) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  20. ^ 氷菓 (7) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  21. ^ 氷菓 (8) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  22. ^ 氷菓 (9) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  23. ^ 氷菓 (10) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  24. ^ 氷菓 (11) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  25. ^ 氷菓 (12) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  26. ^ 氷菓 (13) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 27 November 2020. 
  27. ^ 氷菓 (14) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 15 August 2022. 
  28. ^ 氷菓 (15) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 3 September 2023. 
  29. ^ "Kyoto Animation's Hyoka Mystery TV Series Inspires Manga". Anime News Network. 22 Desember 2011. Diakses tanggal 21 Januari 2012. 
  30. ^ "Kyoto Animation Schedules Hyoka for April". Anime News Network. 19 Januari 2012. Diakses tanggal 21 Januari 2012. 
  31. ^ "Hyouka 'Episode 11.5' to Be Streamed Before BD Release". Anime News Network. 11 Mei 2012. Diakses tanggal 1 Oktober 2012. 
  32. ^ "Hyouka Teen Mystery Manga to Bundle Original Anime BD". Anime News Network. 24 Maret 2012. Diakses tanggal 15 April 2012. 
  33. ^ "Funimation Licenses Hyouka Anime". Anime News Network. 14 April 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 April 2017. Diakses tanggal 14 April 2017. 
  34. ^ "Anime Limited Series Announcements". Anime News Network. 28 Mei 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Juli 2017. Diakses tanggal 28 Mei 2017. 
  35. ^ ストーリー [Story] (dalam bahasa Jepang). Kyoto Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Agustus 2013. Diakses tanggal 17 September 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]