Tamako Market

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tamako Market
Tamako Market promotional image 1.jpg
Gambar promosional
たまこまーけっと
(Tamako Māketto)
Genre Komedi, Slice of life
Seri anime televisi
Sutradara Naoko Yamada
Penulis Reiko Yoshida
Penggubah Tomoko Kataoka
Studio Kyoto Animation
Pelisensi
Sentai Filmworks
Jaringan Tokyo MX, SUN, KBS, TVA, BS11, Animax
Jaringan bahasa Inggris
Tayang perdana 10 Januari 201328 Maret 2013
Episode 12
Novel ringan
Pengarang Mutsuki Ichinose
Ilustrator Yukiko Horiguchi
Penerbit Kyoto Animation
Tanggal terbit 8 April 2013
Film anime
Tamako Love Story
Sutradara Naoko Yamada
Penulis Reiko Yoshida
Penggubah Tomoko Kataoka
Studio Kyoto Animation
Rilis 26 April 2014
Durasi 84 menit
Portal Anime dan Manga

Tamako Market (たまこまーけっと Tamako Māketto?) adalah serial anime televisi Jepang yang diproduksi oleh Kyoto Animation dan direksi oleh Naoko Yamada. Serial televisi ini tayang di Jepang sejak 10 Januari hingga 28 Maret 2013. Sebuah film sekuel dari serial ini berjudul Tamako Love Story tayang perdana pada bulan April 2014.

Plot[sunting | sunting sumber]

Tamako Kitashirakawa adalah anak tertua dari keluarga yang menjalankan toko mochi Tama-ya yang terletak Distrik Perbelanjaan Usagiyama. Suatu hari, Tamako bertemu dengan seekor burung aneh bernama Dera Mochimazzi yang datang dari tempat yang jauh untuk mencari pengantin untuk pangeran di negaranya. Setelah menjadi gemuk karena memakan mochi terlalu banyak, Dera menjadi penumpang di rumah Tamako. Serial ini mengikuti kehidupan sehari-hari Tamako bersama teman-temanya, keluarga, tetangga, dan burung aneh ini.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Tamako Kitashirakawa (北白川 たまこ Kitashirakawa Tamako?)
Suara oleh: Aya Suzaki
Tokoh utama dari serial ini. Tamako merupakan siswi kelas 1 SMA dari keluarga pemilik toko mochi bernama Tama-ya. Dia menikmati kehidupan sekolah dan klub baton bersama teman-temanya, Kanna dan Midori. Ia membantu keluarganya menjalankan toko dan menemukan jenis mochi baru. Ulang tahunnya terletak pada 31 Desember dan sering terlupakan karena jadwal yang sibuk pada hari tersebut. Tamako memiliki masalah dalam berbicara di hadapan umu dan tidak bisa berenang. Ia tidak mengetahui bahwa selama ini Mochizō menyukai dirinya. Dalam film, ia menyatakan perasaanya sebelum Mochizō berangkat ke Tokyo untuk melanjutkan studi di universitas. Perasaan ini dibalas oleh Tamako.
Mochizō Ōji (大路 もち蔵 Ōji Mochizō?)
Suara oleh: Atsushi Tamaru
Mochizō adalah teman masa kecil Tamako yang juga berasal dari keluarga pemilik toko mochi bernama Ōji-ya atau Ricecake Oh!Zee, yang terletak di seberang Tama-ya. Walaupun hubungan ayah mereka tidak baik karena persaingan bisnis, ia dan Tamako merupakan teman baik. Ia jatuh cinta pada Tamako. Namanya berasal karena dirinya lahir pada Hari Mochi (10 Oktober). Dalam film, ia menyatakan perasaanya sebelum Mochizō berangkat ke Tokyo untuk melanjutkan studi di universitas. Perasaan ini dibalas oleh Tamako.
Dera Mochimazzi (デラ・モチマッヅィ Dera Mochimazzi?)
Suara oleh: Takumi Yamazaki
Dera adalah seekor burung yang dapat berbicara bahasa Jepang, dengan nada sedikit memerintah, yang tinggal di rumah Tamako itu. Dia adalah pelayan untuk istana kerajaan dari sebuah pulau tropis dan memiliki misi untuk menemukan pengantin bagi pangeran nya. Namun, setelah menyukai mochi, ia menjadi gemuk dan tidak dapat terbang dengan baik lagi. Dia sering hanya dipanggil sebagai "Dera-chan" oleh Tamako. Dera menyatakan bahwa ia lebih berpengalaman dalam hal cinta, terkadang memberikan nasihat kepada Mochizō dan Midori. Ia percaya bahwa siapapun yang bersin ke arahnya sedang jatuh cinta dengan dirinya. Tubuhnya berisi sistem komunikasi yang digunakan oleh pangeran untuk berkomunikasi dengan dia, meskipun hanya bekerja ketika Dera tidak sadar. Dalam keadaan tidak sadar, ia juga dapat terhubung ke perangkat video dan digunakan seperti proyektor. Ia kembali ke negara asalnya dalam film untuk membantu keluarga Mochimazzi membuat mochi.
Midori Tokiwa (常盤 みどり Tokiwa Midori?)
Suara oleh: Yūki Kaneko
Midori adalah teman sekelas sekaligus teman masa kecil Tamako, juga menjabat sebagai ketua Klub Baton. Kakeknya memiliki sebuah toko mainan bernama Tokiwa-do.
Kanna Makino (牧野 かんな Makino Kanna?)
Suara oleh: Juri Nagatsuma
Kanna adalah teman sekolah Tamako dan Midori, dan juga anggota Klub Baton. Ia merupakan anak dari seorang tukang kayu yang bekerja di distrik perbelenjaan tempat Tamako tinggal.
Shiori Asagiri (朝霧 史織 Asagiri Shiori?)
Suara oleh: Yurie Yamashita
Shiori adalah salah satu teman sekelas Tamako dan juga anggota Klub Badminton. Ia merupakan gadis yang berpengetahuan luas dengan kepribadian yang serius dan tenang. Ia awalnya terlihat sebagai orang yang tidak ramah, walaupun sebenarnya ia sangat pemalu. Akhirnya ia menjadi teman baik Tamako.

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial anime televisi Tamako Market diproduksi oleh Kyoto Animation dan tayang di Tokyo MX antara 10 Januari dan 28 Maret 2013. Serial ini didireksi oleh Naoko Yamada dan penulisan naskah cerita oleh Reiko Yoshida.[1] Bonus episode pendek dilampirkan dalam volume Blu-ray Disc dan DVD, yang dimulai dirilis sejak 20 Maret 2013.[2] Lagu tema pembuka dan penutup, secara berurutan yaitu "Dramatic Market Ride" (ドラマチックマーケットライド?) dan "Neguse" (ねぐせ?), yang keduanya dinyanyikan oleh Aya Suzaki, pengisi suara Tamako Kitashirakawa.[3] Anime dilisensikan di Amerika Utara oleh Sentai Filmworks.[4]

Sebuah film sekuel, berjudul Tamako Love Story (たまこラブストーリー?), tayang perdana di Jepang pada 26 April 2014.[5] Lagu tema pembukanya adalah "Koi no Uta" (恋の歌?) oleh Mamedai Kitashirakawa (Keiji Fujiwara). Lagu tema penutupnya adalah versi lain dari "Koi no Uta" yang dinyanyikan oleh Aya Suzaki.

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Sebuah novel ringan berjudul Tamako Market, ditulis oleh Mutsuki Ichinose dengan ilustrasi oleh Yukiko Horiguchi, diterbitkan oleh Kyoto Animation pada 8 April 2013.[6]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Carl Kimlinger dari Anime News Network memberikan nilai keseluruhan B, memberikan pujian untuk suasana ringan dan perasaan menyenangkan sementara mengkritik karakter yang kurang mendalam.[7] Pada 11 Mei 2014, film ini telah mendapatkan 124.894.754 yen di Jepang.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kyoto Animation's K-ON! Team Makes TV Anime Tamako Market". Anime News Network. 28 November 2012. Diakses tanggal 28 November 2012. 
  2. ^ "1st Tamako Market BD/DVD to Include Bonus Anime". Anime News Network. 9 Januari 2013. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  3. ^ "Aya Suzaki Leads KyoAni's Tamako Market Cast, Sings Themes". Anime News Network. 1 Desember 2012. Diakses tanggal 2 Januari 2013. 
  4. ^ "Sentai Filmworks Adds Kyoto Animation's Tamako Market". Anime News Network. 7 Januari 2013. Diakses tanggal 7 Januari 2013. 
  5. ^ "Tamako Market's New Anime Is a Film Opening in April". Anime News Network. 18 Desember 2013. Diakses tanggal 18 Desember 2013. 
  6. ^ 「たまこまーけっと」ノベライズ 発売中! (dalam bahasa Japanese). Kyoto Animation. Diakses tanggal 8 April 2013.  Unknown parameter |trans_title= ignored (help)
  7. ^ Kimlinger, Carl (4 Juni 2013). "Tamako Market Episodes 1-12 Streaming". Anime News Network. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  8. ^ "Japan Box Office May 10–11, 2014". Box Office Mojo. Diakses tanggal 15 Mei 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]