Universitas San Pedro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas San Pedro
MotoUpon the rock, I build a good University. (English)
Moto dalam bahasa Indonesia
Di atas batu itu, saya membangun Universitas yang bagus.
JenisPerguruan Tinggi
Didirikan2016-sekarang (sebagai Universitas San Pedro)
KetuaPdt. Jonson Dethan
RektorRomo Dr. Bertolomeus Bolong, OCD, M.Si,
Staf akademik
50+ (2020)
Jumlah mahasiswa400+ (2021)
Alamat, , ,
Koordinat: 6°21′44″S 106°49′36″E / 6.362281°S 106.826674°E / -6.362281; 106.826674
BahasaBlingual (English & Bahasa Indonesia)
WarnaKuning   Merah   Biru  
Nama julukanUNISAP
Situs webwww.unisap.ac.id

Universitas San Pedro : (Bahasa Inggris: San Pedro University), disingkat sebagai UNISAP, adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. UNISAP secara resmi beroperasi pada tahun 2016 berdasarkan SK Kemenristekdikti 115/KPT/1/2016. UNISAP terdiri dari tiga Fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Teknik Makan dan Perencanaan, dan 10 Program Studi (Prodi) dibawah Fakultas tersebut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanggal 20 Desember 2014, Yayasan Servas Mario (Servas Mario Foundation) kembali membuat perencanaan untuk mendirikan Universitas San Pedro berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Servas Mario nomor 20/SK/SMF/PUSP/XII/2014. Tanggal 22 Desember 2014, Yayasan Servas Mario membentuk Tim Penyusun Dokumen Pendirian Universitas San Pedro (UNISAP). Selanjutnya pada tanggal 5 Januari 2015, Tim Penyusun Dokumen Universitas San Pedro mulai mengerjakan dokumen pendirian Universitas San Pedro (UNISAP) yang meliputi: Studi Kelayakan Pendirian, Statuta, Kajian Kelayakan Pendirian, Prospek Pendirian, Rencana Strategis Pendirian, Sistem Penjamin Mutu, Rencana Induk Pengembangan, dan Studi Kelayakan Pendirian Kesepuluh Program Studi.

Berdirinya Universitas San Pedro ini diinspirasi oleh berdirinya Nusa Cendana International Plus School (NCIPS) dan Saint Peter’s School di bawah manajemen Yayasan Servas Mario (Servas Mario Foundation) pada tahun 2006 dan 2008 di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Inspirasi pendirian Universitas San Pedro semakin tampak ketika melihat hasil gemilang Ujian Nasional yang diraih para siswa SMP dan SMA NCIPS dan St. Peter sejak tahun 2010/2011 hingga tahun 2013/2014 di mana para siswa SMP dan SMA NCIPS dan St. Peter selalu memperoleh kualifikasi nilai Ujian Nasional “A” dan prestasi kelulusan 100%. Selain itu semua unit pendidikan di bawah manajemen Yayasan Servas Mario juga memperoleh hasil Akreditasi “A”.Singkatnya bahwa NCIPS dan St. Peter’s School hadir sebagai ikonsekolah di NTT yang menerapkan “learning revolution” yaitu pembelajaran dilaksanakan dalam dua bahasa / bilingual yakni bahasa Inggris dan Indonesia, dan dilengkapi dengan sistem multimudia dan e-learning.


Pendirian Universitas San Pedro (UNISAP) sebagai Bilingual Medium University mendapat dukungan dari berbagai kalangan entah itu pemerintah maupun masyarakat Nusa Tenggara Timur.Hal ini ditandai dengan banyak respon positif ketika Universitas San Pedro mendapatkan Izin Operasional dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Nomor 115/KPT/I/2016 tanggal 10 Maret 2016. Respon positif ini juga berlanjut ketika Universitas San Pedro mulai melakukan penerimaan mahasiswa baru sejak bulan Maret 2016 yang lalu. Pengiriman para calon mahasiswa untuk didaftarkan sebagai mahasiswa dan kuliah di Universitas San Pedro terus mengalami peningkatan hingga bulan Juli 2016. Dan pada saat ini proses pembangunan gedung Universitas San Pedro dan unit pendidikan lainnya sedang diupayakanoleh Yayasan Servas Mario di atas tanah seluas 10.800 m2 di Kelurahan Bello Kota Kupang yang rencananya pada beberapa tahun ke depan, gedung kampus tersebut sudah bisa digunakan beserta seluruh infrastrukturnya.

Atribut Identitas[sunting | sunting sumber]

[sunting | sunting sumber]

Lambang / Logo Universitas San Pedro terdiri atas unsur-unsur berikut:

  1. Bentuk perisai, dengan garis datar di bagian atas dan garis tegak lurus kebawah, siku-siku dari ujung garis datar kiri dan kanan, masing-masing sekitar tiga perempat garis datar diteruskan dengan garis seperempat lingkaran, yang bertemu pada titik tengah paling bawah, melambangkan Perlindungan sekaligus keberanian dan ketangguhan menekuni dan mengembangkan IPTEK.
  2. Dalam perisai, terdapat gambar wajah tokoh Santo Petrus, Rasul Yesus yang pertama, sebagai pelindung Universitas San Pedro.
  3. Gambar wajah Santo Petrus memandang jauh ke depan melambangkan visi dan misi Universitas San Pedro, dan sinar di keliling kepalaSanto Petrus dengan latar kuningmelambangkan kebijaksanaan yang cemerlang dalam menekuni dan mengembangkan IPTEK demi membebaskan manusia dari kegelapan kepada hidup yang cerah.
  4. Di atas perisai, tertulis nama UNIVERSITAS SAN PEDRO dengan huruf putih pada latar berwarna merah dan biru laut, melambangkan medan tugas Universitas untuk memberikan pelayanan kepada manusia terutama para mahasiswa sebagai tulang punggung bangsa dan calon-calon pemimpin masa depan.

Fakultas & Program Studi (Prodi)[sunting | sunting sumber]

Saat ini, UNISAPzI memiliki sepuluh Program Studi (Prodi) dibawah tiga Fakultas. Setiap fakultas dipimpim oleh satu dekan, dan dibantu oleh satu wakil dekan, dan setiap Program Studi memiliki satu Kaprodi.


Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Fakultas Teknik dan Perencanaan

Pranala luar/Informasi Kontak[sunting | sunting sumber]