Super Girl (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Super Girl"
Singel oleh Super Junior-M
dari album Super Girl
Dirilis 14 September 2009 (2009-9-14)
Format Promotional single
Direkam SM Studios di Seoul, Korea Selatan
Genre House, synthpop, electro, dance-pop, electropop
Label SM Entertainment
Pencipta Young Jin Yoo
Produser Soo-Man Lee (Eksekutif), Young Jin Yoo
Kronologi singel Super Junior-M
"Me"
(2008)
"Super Girl"
(2009)
"Blue Tomorrow"
(2009)

"Super Girl" adalah lagu oleh boy band Mandopop, Super Junior-M dari album mini mereka, Super Girl. Ditulis oleh Young Jin Yoo, singel keluar sebagai singel promosi album mini pertama. Lagu ini dirilis pada tanggal 14 September 2009, bersama dengan rilis yang sesuai dengan video musik.[1] Lagu ini merupakan salah satu singel Super Junior-M yang sukses di mata kritikus karena mendapatkan sejumlah penghargaan pada berbagai festival musik.

Track "Super Girl" terdaftar di nomor 29 pada Hit Fm Annual Top 100 Singles Chart Hit Fm Taiwan untuk 2009.[2]

Musik dan lirik[sunting | sunting sumber]

Ditulis oleh Young Jin Yoo, "Super Girl" direkam di SM Studios di Seoul, Korea Selatan.[3] Lagu ini memiliki elektro-synth alur cepat, dengan synthesizer yang cepat dan melodi techno. Komposisi "Super Girl" membawa sama seperti beberapa karya Yoo sebelumnya, seperti Super Junior "Sorry, Sorry" dan kemudian, SHINee "Ring Ding Dong".

Cukup kebalikan dari lirik "Sorry, Sorry", "Super Girl" berhubungan dengan melepaskan hubungan buta. Ditulis oleh Aibi, lirik berada dalam sudut pandang seorang pria, yang ingin memiliki super girl, melupakan mereka yang telah menyakitinya. Ia ingin menyadari kualitas positif sendiri, dan bahwa ia akan selalu menghargainya sebagai super girl-nya. Di bait kedua lagu, lirik menggambarkan laki-laki lain mengejar super girl lagi, dan lirik mengatakan padanya bahwa ia harus menghindarinya dan tidak percaya padanya, hanya untuk menyakiti seluruh lagi.

Video musik[sunting | sunting sumber]

Video musik untuk "Super Girl" diarahkan oleh Cho Soo-Hyun dan difilmkan di sebuah studio di Yangsu-ri, Gyeonggi-do, Korea Selatan pada Agustus 2009.[1] Pada 11 September, sebuah video teaser 32 detik dirilis di sepanjang Asia,[4] dan video musik penuh dirilis pada 14 September di saluran resmi YouTube Super Junior, portal berita Sohu Cina, halaman utama Avex Taiwan Taiwan dan situs GMM Thailand.[5]

Video musik "Super Girl", termasuk urutan diselingi dari koreografer tarian dengan Super Junior-M dan menceritakan seorang kutu buku (diperankan oleh Han Geng) yang secara tidak sengaja menabrak sebuah rumah pesta. Disambut oleh DJ dan lain-lain, Han Geng mulai mengambil gambar secara acak dari orang-orang di pesta dengan ponselnya. Ia datang pada seorang gadis cantik (Jessica dari Girls' Generation), dan mulai mengambil foto dirinya. Kesal, Jessica mendorongnya pergi dengan pandangan jijik. Ditolak dan terluka, Han Geng pergi. Ingin menarik perhatian Jessica sekali lagi, ia berubah menjadi anak pesta dengan pakaian yang cocok dan percaya diri berjalan kembali ke pesta, mengejutkan Jessica dengan penampilan barunya, dan membuatnya berdansa dengan Jessica.

Personel[sunting | sunting sumber]

  • Vokal utama – Super Junior-M
  • Vokal latar belakang – Super Junior-M
  • Produser – Soo-Man Lee
  • Produser vokal – Young Jin Yoo
  • Penulis – Young Jin Yoo
  • Penulis lirik – Aibi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "SJ-M new MV releases today, Han Geng leads party role". Sohu (dalam bahasa chinese). 2009-09-14. Diakses tanggal 2009-09-14. 
  2. ^ "Hit Fm Annual Top 100 Singles Chart- 2009 (#1 to 50)" HITO Radio. Retrieved 2012-04-26 (Tionghoa)
  3. ^ "Super Junior-M releases mini-album today" Asiae. 23 September 2009. Retrieved 2012-04-17
  4. ^ "Super Junior-M releases teaser video for mini-album" Asise. 11 September 2009. Retrieved 2012-04-16
  5. ^ "Super Junior-M releases new music video today" Asiae. 14 September 2009. Retrieved 2009-09-17