Miracle (lagu Super Junior)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
"Miracle"
Singel oleh Super Junior 05
dari album Twins
Dirilis February 12, 2006 (KOR)
21 Maret 2006 (THA)
Format Radio single
Direkam 2005
Genre Bubblegum pop, dance
Panjang 3:22 (Single ver.)
2:56 (Album ver.)
Label SM Entertainment
Pencipta Yoon Hyosang
Produser Lee Soo-man
Kronologi singel Super Junior 05

"Show Me Your Love"
(2005)
"Miracle"
(2006)
"U"
(2006)
Daftar lagu Twins
"Miracle"
(1)
"Twins (Knock Out)"
(2)

Pratayang lagu ini
informasi berkas · bantuan

"Miracle" adalah lagu bubblegum pop, dance yang ditulis oleh Yoon Hyosang, dan diproduksi oleh Lee Soo-man untuk album pertama Super Junior 05, SuperJunior05 (TWINS). Lagu dipadukan oleh Lee Sunghoo dari SM Yellow Tail Studio dan awalnya diterbitkan oleh Orec Songs, dengan dukungan dari BMG Music Publishing Korea, judul awalnya adalah "Life Couldn't Get Better."

"Miracle" adalah singel promosi kedua Super Junior 05 untuk album setelah "TWINS (Knock Out)." Ini ditampilkan pertama kali pada 12 Februari 2006 dan SBS Popular Songs. Penampilan promosi untuk track dimulai dari 14 Februari 2006, kemudian diikuti perilisan singel video musik pada 24 Februari 2006. "Miracle" adalah singel penampilan ketiga Super Junior setelah "TWINS (Knock Out)" dan "Show Me Your Love." Ini juga merupakan lagu kedua yang dirilis oleh S.M. Entertainment dan menduduki peringkat atas chart musik luar negeri seperti Thailand dari Channel V, yang pertama adalah "Rising Sun" TVXQ. Aktivitas promosi untuk "Miracle" dilanjutkan pada Maret dan April sampai perilisan singel resmi pertama mereka, "U" pada Mei.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

"Miracle" merupakan perilisan pertama di album studio debut Super Junior 05, SuperJunior05 (TWINS) pada 5 Desember 2005. Namun, promosi resmi untuk singel ini tidak dimulai sampai 12 Februari 2006. Singel promosi lebih panjang dan sedikit berbeda dari aslinya. Singel promosi memiliki techno tambah yang terinspirasi sebelum klimaks dari lagu dengan penambahan dua solo tambahan dari Siwon dan Ryeowook. Menjadi lagu bubblegum pop khas, "Miracle" menjadi populer di kalangan anak-anak dan dewasa muda, sukses menduduki chart atas di Korea serta grafik luar negeri di Thailand. Lagu ini berisi khas lirik cahaya-hati mengenai cinta dan keajaiban.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

"Miracle" menduduki chart atas di bebebrapa chart singel di Korea Selatan sejak perilisan Februari 2006, mencapai hasil yang jauh lebih memuaskan daripada singel terakhir mereka, "TWINS (Knock Out)". Menduduki chart atas Airplay dan menetap #1 selama tiga minggu berturut-turut. Meskipun singel menerima hasil yang luar biasa, itu gagal memenangkan Mutizen Song untuk kelompok. Meskipun demikian, singel terus menerima keberhasilan dan memulai debutnya sebagai #1 di chart Thailand pada tanggal 21 Maret 2006. "Miracle" adalah lagu kedua yang diproduksi oleh SM Entertainment yang menduduki chart musik luar negeri di Thailand Channel V setelah "Rising Sun" TVXQ. Lagu tinggal sebagai #1 selama empat minggu berturut-turut.[1]

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Video musik dimulai dengan Super Junior 05 berkerumun bersama-sama, menangis dengan dialog acak. Mereka bergabung bersama, berteriak "Miracle" dan mulai menari bersama. Video kemudian pindah ke tarian mereka di studio, dengan beberapa bermain kuda para anggota, untuk berjalan melalui lautan penggemar, dan masuk ke sebuah bus perjalanan di mana mereka terus main-main. Video berakhir dengan Super Junior menampilkan lagu di atas panggung dengan lebih dari seribu penggemar menonton mereka.

Sebagian dari video musik difilmkan di studio, di mana mereka melakukan koreografi tarian mereka di bawah lampu studio berwarna-warni. Sebuah bagian dari video juga difilmkan di bus perjalanan dan di kota, di mana ia menunjukkan banyak penggemar Super Junior yang berteriak.

Serupa dengan lirik dan gaya musik lagu, koreografi tarian untuk video musik berisi gerakan ringan. Gerakan lengan dan kaki yang membentuk hati yang digunakan, menciptakan koreografi untuk menjadi hidup dan bahagia. Selama bagian tari, beberapa optimis melambai dan melakukan teknik penguncian juga digunakan, terutama dilakukan oleh kelompok empat pemimpin tari: Eunhyuk, Donghae, Shindong, dan Han Geng.

Personel Musikal[sunting | sunting sumber]

Versi Cover[sunting | sunting sumber]

Cover Mandarin dari "Miracle" ditampilkan oleh sub-unit Super Junior 05, Super Junior-M, yang dirilis dalam album debut Super Junior-M, Me. Break dance dalam lagu ini sedikit dipadukan dan vokal bass ditambahkan untuk melengkapi vokal utama dari lagu tersebut. Judul Cina diterjemahkan menjadi "You Are My Miracle."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Korea's idol group Super Junior makes debut performance in Thailand". Sina (dalam bahasa Chinese). 2006-03-09. Diakses tanggal 2007-08-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]