Don't Don (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"돈 돈! (Don't Don)"
Singel oleh Super Junior
dari album Don't Don
Dirilis20 September 2007
FormatRadio single
Direkam2007
GenrePop, dance-rock, ethereal wave, eksperimental
Panjang4:11
LabelSM Entertainment
PenciptaYoo Young Jin, Groovie K
ProduserLee Soo Man
Kronologi singel Super Junior
"Full of Happiness"
(2007)
"Don't Don"
(2007)
"Marry U"
(2007)
  1. alih templat:audio sample
Video musik
"Don't Don" di YouTube

"돈 돈! (Don't Don)", diterjemahkan menjadi "Money, Money! (Don't Don)", adalah lagu R&B/rock (secara spesifik SMP) yang ditulis oleh Yoo Young Jin dan Groovie K untuk boyband Korea Selatan, Super Junior, yang dirilis dalam album kedua mereka, Don't Don pada 20 September 2007. Pada 21 September 2007, kelompok membuat penampilan pertama mereka di KBS Music Bank, menampilkan "Don't Don". Lagu debut di banyak chart musik Korea Selatan dan sukses menjadi bagian top 20 untuk beberapa minggu.

Sejarah lagu[sunting | sunting sumber]

"Don't Don" adalah track pertama dalam Don't Don, sebuah lagu dengan kombinasi musik dari rock, heavy beat, R&B, rap, dan dance-pop. Lagu debut sebagai bagian dari top 20 di banyak chaty musik Korea Selatan pada minggu kedua Oktober.[1] Disusun, diaransemen dan ditulis oleh Yoo Young Jin, lagu termasuk ke jenis SMP (SM Music Performance), dengan komposisi dari gitar heavy riff, perkusi, sebuah biola solo elektronik, dan unsur-unsur musik lain yang mencampur lagu menjadi pertunjukan musik besar. Lagu ini memiliki berbagai string rap dan juga kinerja biola solo, yang dilakukan oleh trainee SM Entertainment asal Kanada-Cina, Henry Lau, yang kini menjadi anggota Super Junior-M.

"Don't Don," dibaca don don dalam bahasa Korea, merupakan kata dari "don," (Korean: ), yang berarti uang, dan "donda," (Korean: 돈다), yang berarti "jadi gila". Dalam upaya untuk mempromosikan dunia menjadi tempat yang bersalah dan murah hati untuk hidup, lirik mengirimkan pesan tentang bagaimana uang, kemunafikan, dan perubahan masyarakat telah membuat dunia menjadi tempat yang gila dan serakah untuk hidup. Lirik mendesak pendengar untuk mengubah dunia menjadi tempat di mana kepolosan anak-anak dapat dilestarikan.[2]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Koreografi tarian untuk lagu, merupakan koreografi oleh anggota Super Junior. Perubahan dalam gaya tari yang lebih dewasa, yang meliputi gerakan pelvic thrust yang pertama kali diperkenalkan pada singel terakhir mereka, " U " , robotic dancing, smooth transition, dan tambahan eksklusif segmen tari tunggal yang menyajikan perubahan dramatis Super Junior dalam gambar. Dalam video musik , anggota Super Junior menari dalam lingkungan perang - seperti dengan api ledakan dan udara panas di sekitar mereka. Para anggota terlihat melarikan diri dari truk dan juga melompati celah-celah besar seakan melarikan diri dari bahaya. Video musik keluar dengan dua versi, versi kedua dengan tembakan ekstra Henry Lau, seorang seniman fitur, dan matahari besar tergantung di langit gelap di dekat akhir video musik. Tema penawaran video dengan kekacauan dan kebingungan, mirip dengan bagaimana lirik lagu mengungkapkan bahwa uang telah membuat dunia gila dan menjadi munafik. Tema video mengontrol habitat berbahaya yang mengirimkan pesan gelap dan peringatan kepada para penonton, yang tidak ada yang mirip dengan video musik sebelumnya Super Junior di mana tema utama lagu ini tidak dinyatakan sebagai jelas.[3] Henry Lau memainkan biola selama break dance dari video musik. Sepanjang sebagian besar video, hanya dua belas anggota terlihat menari untuk sebagian besar koreografi. Kyuhyun, karena cedera kecelakaan mobilnya, muncul hanya selama bagian solonya.

Resepsi[sunting | sunting sumber]

"Don't Don" debutnya di posisi lemah di sebagian besar chart online. Ia memenangkan #1 pertama, SBS Popular Songs Mutizen Song pada 21 Oktober 2007, satu bulan setelah rilis.[4] "Don't Don" memenangkan tempat #1 kembali pada 1 November 2007 di Mnet M! Countdown, menjadi lagu ditempat pertama dengan singel baru V.O.S., "Everyday."[5] Meskipun penjualan yang sukses dari Don't Don tercermin dari keterkenalannya dari singel pertama, "Don't Don" tidak memenangkan banyak prestasi sebagai singel kelompok sebelumnya, "U."

Personel[sunting | sunting sumber]

  • Leeteukvokal (rap, chorus, latar belakang)
  • Heechul – vokal (rap, chorus, latar belakang)
  • Han Geng – vokal (utama, chorus, latar belakang)
  • Yesung – vokal (utama, chorus, latar belakang)
  • Kang-In – vokal (utama, chorus, latar belakang)
  • Shindong – vokal (rap, chorus, latar belakang)
  • Sungmin – vokal (utama, chorus, latar belakang)
  • Eunhyuk – vokal (rap, chorus, latar belakang)
  • Donghae – vokal (utama, chorus, latar belakang)
  • Siwon – vokal (utama, chorus, latar belakang)
  • Ryeowook – vokal (utama, chorus, latar belakang)
  • Kibum – vokal (rap, chorus, latar belakang)
  • Kyuhyun – vokal (utama, chorus, latar belakang)
  • Henry Lau – biola
  • Yoo Young Jin – vokal (latar belakang)

Konroversi[sunting | sunting sumber]

Fitur dengan Henry Lau, trainee asal Kanada-Cina SM Entertainment yang bermain biola elektronik saat segmen biola solo pada lagu, membuat kontroversi dengan basis penggemar dari Super Junior.[6] Banyak penggemar dari Super Junior awalnya mendukung Henry setelah melihat penampilan langsung pre-debut sambil menari dengan biola di penampilan comeback Super Junior pada tanggal 21 September 2007, tetapi setelah SM Entertainment mengumumkan Henry sebagai bagian dari Super junior-M, subkelompok baru Super Junior, penggemar menjadi marah dengan label untuk menambahkan anggota keempat belas di Super Junior.[7] Beberapa fans mulai menjelekkan Henry dan berencana untuk memboikot produk SM Entertainment. Para fans bahkan berteriak "Tiga belas!" selama pertunjukan solo Henry saat tampil bersama Super Junior. Namun, SM Entertainment melangkah dan mengatakan bahwa Henry tidak akan mempengaruhi Super Junior, dan hanya akan memiliki kegiatan dengan subkelompok.

Batuk Darah Heechul[sunting | sunting sumber]

Kim Heechul mengingat ketika mempromosikan “Don’t Don”, “Ketika kami merekam lagu ‘Don’t Don’, aku diberikan bagian untuk meneriakkan ‘Super Junior’. Aku dipuji karena melakukannya dengan baik oleh komposer lagu setelah menyelesaikan bagian untuk pertama kalinya. Aku penuh semangat setelah itu dan setiap kali ketika sudah waktunya bagi kita untuk menampilkan lagu ini, aku akan berteriak sangat keras. Tapi setelah beberapa pertunjukan, darah mulai muncul. Aku akan batuk keluar darah setelah setiap penampilan ‘Don’t Don’.”

Chart penampilan[sunting | sunting sumber]

"Don't Don" debut di berbagai chart musik Korea Selatan pada minggu kedua Oktober. Debut pada #7.

Chart (2007) Posisi
puncak
Chart Korea[8] 1
M.NET M!Countdown Chart[9] 1
Popular Songs Take 7 Charts[10] 1

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Korea) ChartKorea.net. [1] Retrieved October 14, 2007.
  2. ^ (Korea) Mydaily.co.kr. Super Junior releases album on September 20, comeback after one year four months September 14, 2007. Retrieved September 14, 2007.
  3. ^ (Korea) [2] Retrieved October 14, 2007.
  4. ^ (Tionghoa) Sina.com. Super Junior wins Mutizen Song after one month of release October 21, 2007. Retrieved October 21, 2007.
  5. ^ (Korea) Newsen.com. SuJu, V.O.S tear together November 1, 2007. Retrieved November 2, 2007.
  6. ^ (Tionghoa) Sina.com. Super Junior makes dance stage comeback with Chinese newbie September 21, 2007. Retrieved October 14, 2007.
  7. ^ (Tionghoa) Sina.com. Super Junior-China forms next year, Hankyung and Henry core members October 3, 2007. Retrieved October 14, 2007.
  8. ^ (Korea) [3] Retrieved October 16, 2007.
  9. ^ (Korea) [4] Retrieved October 14, 2007.
  10. ^ (Korea) [5] Retrieved October 21, 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]