Don't Don

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Don't Don
Version A cover, feat. Kang-in
Album studio oleh Super Junior
Dirilis 20 September 2007
(lihat sejarah perilisan)
Direkam 2006–2007
Genre Pop, R&B, alternative rock, ethereal wave, dance
Durasi 54:14
Bahasa Korean
Label SM Entertainment, Avex Asia
Produser Lee Soo-man
Kronologi Super Junior
SuperJunior05 (Twins)
(2005)
Don't Don
(2007)
Sorry, Sorry
(2009)
Singel dari album Don't Don
  1. Don't Don
    Dirilis: 20 September 2007
  2. Marry U
    Dirilis: 5 November 2007
Video musik
Don't Don di YouTube
Marry U di YouTube

Don't Don (Korean: 돈 돈!) adalah album studio kedua oleh boy band Korea Selatan, Super Junior. Dirilis oleh SM Entertainment pada 20 September 2007 di Korea Selatan. Berbeda dari album sebelumnya, album ini lebih fokus kepada berbagai perbedaan melodi pop, terutama pada orang-orang bahwa pendekatan heavy airy beat, R&B modern dan retro dance pop,[1] dengan hampir semua lagu di album yang berisi string bagian. Pada minggu pertama perilisan terjual sebanyak 60.000 eksemplar[2] dan 164.058 eksemplar yang terjual sampai akhir December, dan disertifikasi sebagai album kedua paling banyak terjual pada 2007, dengan yang pertama oleh album studio keempat SG Wannabe, "The Sentimental Chord."[3]

Dua versi repackage berbeda, satu dengan tiga track baru dan sebuah track remix, dan lainnya dengan satu track remix dan sebuah DVD, yang diirlis pada 5 November 2007 dan 9 November 2007 masing-masing di Korea Selatan.[4][5] Versi digital disc dari album dirilis pada 27 November 2007.

Pre-rilis dan Rekaman[sunting | sunting sumber]

Ketika promosi untuk singel hits Super Junior sebelmunya, "U" selesai, SM Entertainment mengumumkan bahwa kelompok mulai proses untuk album studio kedua, dengan yang diharapkan rilis November 2006. Namun, karena kecelakaan mobil Heechul pada tanggal 10 Agustus 2006, tentang jadwal rekaman album harus ditunda. Lainnya kecelakaan mobil ditimpakan kepada empat anggota lainnya pada tanggal 19 April 2007, juga mempengaruhi jadwal album. Kyuhyun, yang paling terluka dari empat lainnya, tidak keluar dari rumah sakit sampai 5 Juli 2007.

Selama fan-meet di Shanghai pada 26 Agustus 2007, Han Geng mengumumkan bahwa jadwal rekaman untuk album akhirnya aktif dan album akan dirilis pada September,[6] diikuti pengumuman dari Shindong bahwa ia akan melakukan hiatus pendek dari aktivitas pekerjaan di album, dan pengumuman resmi dari penampilan ulang dari Kyuhyun di artikel berita.[7] Pada 5 September 2007, Kang-in mengungkapkan potongan rambut barunya di radio publik, menyebabkan antisipasi intens dalam media untuk comeback kelompok dengan album kedua.[8] Konsep album baru mereka menjadi topik panas pada debat oleh netizen sebagai informasi lebih lanjut dari konsep baru terurai. Beberapa hari kemudian, SM Entertainment merilis gambar promosi album pertama, yang berisi siluet dari tiga belas anggota. Citra misterius meningkat diskusi untuk konsep album baru diantisipasi, tetapi konsep baru tidak sepenuhnya terungkap sampai tanggal rilis album. Namun, bocoran gambar-gambar baru kelompok itu ringan muncul di seluruh web seminggu sebelum tanggal rilis resmi.

Pada tanggal 13 September 2007, label mengumumkan tanggal resmi untuk merilis album. Ringtone demonstratif dari track di album ini dirilis secara online pada tanggal 19 September 2007. Album resmi dirilis pada 20 September 2007.[9] Pre-order untuk album dimulai di Korea Selatan pada 14 September 2007.[10]

"돈 돈! (Don't Don)", juga judul dari album, digunakan sebagai singel pertama. Diterjemahkan menjadi "Money, Money! (Don't Don)", judul adalah pun, menggunakan kata "don," (Korean: ), yang berarti uang, dan "donda" (Korean: 돈다), yang berarti gila. "Don't Don" diperkenalkan sebagai genre SMP (SM Music Performance), genre diciptakan oleh perusahaan, yang terdiri dari campuran kuat R&B, rock, rap, dan hip hop. Gaya musik "Don't Don" memiliki kombinasi berat gitar riff, irama drum cepat, gitar listrik, sebuah biola solo, dan alat musik lainnya yang membuat satu musikal langka. Dalam upaya untuk mempromosikan dunia menjadi tempat yang lebih bersalah dan murah hati untuk hidup, lirik mengirimkan pesan tentang bagaimana uang, kemunafikan, dan perubahan masyarakat telah membuat dunia menjadi tempat yang hancur dan serakah.[11] "Marry U" digunakan sebagai singel kedua. Berbeda dari singel pertama, "Marry U" adalah balada R&B dengan tempo medium, menghidupkan kembali citra klasik yang merupakan kontras gambar gelap mereka dari singel pertama mereka. Sisa album terdiri dari balada lembut, tali bagian fokus, retro R&B, dan gaya lagu dance 1980-an yang trendy,[12] gaya yang benar-benar berbeda dari album pertama mereka, yang sebagian besar terdiri dari musik R&B modern dance pop. Namun, tren bubblegum pop masih tetap dalam album, seperti lagu kedua, "Sapphire Blue."

Beberapa anggota berkontribusi dalam album. Yesung, Ryeowook, Kyuhyun aktif sebagai vokal latar belakang sedangkan Eunhyuk, satu dari rapper utama kelompok, was in charge of most of the rap lyrics in the album. Leeteuk, Sungmin, Eunhyuk, dan Donghae juga menulis lirik untuk lagu dance/pop, "I am," yang diaransemen oleh Yoon Jongshin.[9] Musisi terkenal seperti Yoon Jongshin, Kim Johan, Kim Youngho, Hwang Sungjae, Kim Changhyun, dan lain-lain juga berpartisipasi dalam produksi album.

Versi Repackage[sunting | sunting sumber]

Dua versi repackage dari album dirilis satu bulan setelah perilisan album. Versi kedua album, versi repackage CD, dirilis pada 5 November 2007 dengan empat track baru: "Marry U" (New Ver.), "A Man In Love", "The girl is mine", dan "A Man In Love" (Remix). Juga lagu "Marry U", dimasukkan dalam album asli, versi repackage CD membawa versi baru dari singel, yang menjadi singel kedua album. Versi remix dari "A Man In Love" menjadi semi singel promo untuk album repackaged dan merupakan salah satu lagu penampilan kelompok. Versi album ketiga, versi repackage CD+DVD, dirilis pada tanggal 9 November 2007. Meskipun tidak ada lagu baru ditambahkan ke CD seperti versi kedua, DVD ekstra ditambahkan ke album yang berisi video musik dan klip behind-the-scene di balik produksi album.

Kemasan album dan Citra[sunting | sunting sumber]

Kemasan album dan citra Don't Don lebih gelap daripada album pertama mereka. Don't Don datang ke toko dengan tiga belas cover yang berbeda, masing-masing sampul menampilkan anggota yang berbeda. Semua tiga belas sampul anggota disertakan dalam paket CD, dan cover dapat diubah kapan saja. Kesan pertama dari album yang kritis tetapi diterima dengan baik, seperti Super Junior berubah menjadi gambar edgier banyak dibandingkan dari gambar mereka sebelumnya di "U". Para anggota memakai rambut dikelantang dan memiliki gaya rambut mencengangkan, yang pengaruh dari kombinasi mode punk dan mode hip-hop.[13] Beberapa anggota juga dicantumkan besar tato temporer pada kulit mereka, yang mengelilingi lengan, punggung, dan perut.

Dengan rilis versi kedua album, grup dengan cepat berubah ke gambar klasik untuk melengkapi singel kedua, "Marry U". Gaya rambut yang sedikit dimodifikasi dan warna rambut mereka yang gelap. Versi ketiga album dihidupkan kembali kelompok dengan gambar boy band modern dan modis.

Penerimaan dan Promosi[sunting | sunting sumber]

Don't Don debut pada #1 di album chart K-pop MIAK K-pop, cepat menjual lebih dari album baru Lee Soo Young dan Wheesungyang dirilis dua minggu sebelum perilisan Don't Don. Album terjual 66.678 eksemplar dalam satu bulan pertama perilisan.[14] Setelah tiga bulan perilisan, 164.058 eksemplar terjual sampai akhir December, membuat album ini menjadi album paling banyak terjual kedua pada tahun 2007.[3]

Album juga mendapat kesuksesan dari luar negeri, album memuncak pada #1 di Five Music J-pop/K-pop Chart dan G-music J-pop Chart di Taiwan dengan minggu pertama perilisan.[15][16] Album juga debut pada #3 di G-music Combo Billboard Chart, mengalahkan boy band Taiwan, K One yang juga merilis album pada minggu yang sama.[17] Don't Don menjadi album Korea tertinggi pada chart Taiwan, mengalahkan boy band top Korean wave TVXQ dan Shinhwa yang memulai debutnya di peringkat yang lebih rendah.[18][19]

Penampilan pertama Super Junior untuk Don't Don pada 21 September 2007, menampilkan singek pertama "Don't Don" di KBS Music Bank. Ini adalah penampilan pertama mereka di mana kelompok menampilkan bersama sebagai tiga belas anggota setelah satu tahun penuh, membangkitkan perhatian.[20] Promosi untuk "Don't Don" berlangsung hampir tiga bulan dan selain Music Bank, Super Junior juga tampil dalam program musik lainnya, seperti di SBS Popular Songs dan Mnet M! Countdown. Tak lama setelah perilisan singel kedua, "Marry U", Super Junior menjadi co-host untuk program varietas baru SBS, Explorers of the Human Body bersama dengan Shin Dongyup. Program baru diakui pujian kritis dalam musim pertama, dan selalu mendapat peringkat teratas sebagai Program SBS yang paling dilihat setiap hari Minggu. Namun, musim pertama cepat berakhir dengan tiga belas episode pada bulan Februari 2008 karena jadwal sibuk Super Junior dengan tur konser pertama mereka, Super Show. Namun, SBS sedang dalam pembicaraan untuk membuat musim kedua.[21]

Daftar Track[sunting | sunting sumber]

CD[sunting | sunting sumber]

  1. "돈 돈! (Don't Don)" — 4:12
  2. "소원이 있나요 (Sapphire Blue)" — 3:24
  3. "You're my endless love (말하자면)" — 4:32
  4. "미워 (Hate U, Love U)" — 3:47
  5. "Disco Drive" — 4:07
  6. "Marry U" (New ver.) — 3:18
  7. "I am" — 3:30
  8. "사랑이 떠나다 (She's gone)" — 4:38
  9. "Missin' U" — 3:43
  10. "거울 (Mirror)" — 4:02
  11. "우리들의 사랑 (Our Love)" — 3:48
  12. "Midnight Fantasy" — 4:00
  13. "Thank you" — 3:35
  14. "아주 먼 옛날 (Song for you)" (Bonus track) — 3:40

DVD[sunting | sunting sumber]

  1. "Marry U" jacket sketch
  2. Prologue
  3. Relay Talk
  4. Member Personal Story! "Talk to Myself!"
  5. Epilogue
  6. "Don't Don" MV Making Film
  7. "Don't Don" MV
  8. "Marry U" MV Making Film

Personel[sunting | sunting sumber]

  • Vokal, vokal latar belakang - Super Junior: Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum dan Kyuhyun
  • Biola - Henry

Chart[sunting | sunting sumber]

Semua chart berasal dari penjualan offline saja.[22][23]

Negara Chart Posisi puncak
Korea Selatan MIAK Weekly album chart 1
MIAK Monthly album chart 1
MIAK Yearly album chart 2
Taiwan G-Music Combo Charts 3
G-Music J-pop/K-pop Charts 1
Five Music J-pop/K-pop Charts 1
Jepang Oricon Chart 15

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Negara Chart Album Penjualan
Korea Selatan MIAK Chart Don't Don + 210.000

Sejarah Perilisan[sunting | sunting sumber]

Disamping Korea Selatan, Don't Don juga dirilis ulan di negara lain dibawah label yang berbeda.

Versi Wilayah Tanggal Format Label
A Korea Selatan 20 September 2007 CD, kaset SM Entertainment
Thailand Oktober 2007 CD GMM Grammy
Taiwan 19 Oktober 2007 Avex Taiwan[24]
Hong Kong 25 Oktober 2007 Avex Asia
Cina Maret 2008 Sky Music
Jepang Mei 2008 Rhythm Zone
B Korea Selatan 5 November 2007 SM Entertainment
Taiwan 7 Desember 2007 Avex Taiwan[25]
C Korea Selatan 9 November 2007 CD+DVD SM Entertainment
Taiwan 7 Desember 2007 Avex Taiwan[26]
Filipina 14 Mei 2010 Universal Records
4 Korea Selatan 27 November 2007 Digital download SM Entertainment
Japanese edition Jepang 25 Februari 2009 CD+DVD Rhythm Zone

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Tionghoa) Super Junior releases new album on the 20th September 17, 2007. Retrieved August 26, 2008.
  2. ^ (Korea) [1] September 28, 2007. Retrieved September 28, 2007.
  3. ^ a b (Korea) [2]. Retrieved January 14, 2008.
  4. ^ (Korea) Super Junior's Second Album repackaged October 31, 2007. Retrieved October 31, 2007.
  5. ^ (Tionghoa) SJ 2nd album repackaged; hug from SJ members if buy all three November 1, 2007. Retrieved November 5, 2007.
  6. ^ (Tionghoa) Han Geng performs with fire at fanmeeting, reveals September album release August 27, 2007. Retrieved September 15, 2007.
  7. ^ (Tionghoa) 奎贤,“想尽快痊愈”在个人主页上公开了近况 August 24, 2007. Retrieved September 15, 2007.
  8. ^ (Korea) ‘슈주’ 강인 ‘삭발 머리’ 사진 화제 September 6, 2007. Retrieved September 15, 2007.
  9. ^ a b (Korea) 슈퍼주니어 정규 2집 ‘돈 돈’ 9월 20일 발매 확정 September 14, 2007. Retrieved September 14, 2007.
  10. ^ (Korea) 슈퍼주니어, 1년 4개월 만에 2집 앨범 발표 September 13, 2007. Retrieved September 14, 2007.
  11. ^ (Korea) 슈퍼주니어, 9월 20일 1년 4개월만에 2집 발표 September 14, 2007. Retrieved September 14, 2007.
  12. ^ (Korea) 슈퍼주니어, 1년 4개월 만에 2집 앨범 발표 September 14, 2007. Retrieved September 14, 2007.
  13. ^ (Korea) Donga.com. SuJu's Kangin shaves head, arouses discussion September 6, 2007. Retrieved January 6, 2008.
  14. ^ (Korea) [3]. Retrieved October 13, 2007.
  15. ^ (Tionghoa) G-Music J-pop Chart. Retrieved October 25, 2007.
  16. ^ (Tionghoa) Five Music J-pop/K-pop Chart. Retrieved October 25, 2007.
  17. ^ (Tionghoa) G-Music Combo Billboard Chart. Retrieved October 25, 2007.
  18. ^ (Korea) 슈퍼주니어, ‘돈 돈!’ 대만 음반차트 석권 October 29, 2007. Retrieved October 29, 2007.
  19. ^ (Korea) 創下台灣五大店頭首週國際專輯榜冠軍的Super Junior最新專輯『第二擊』首版停產公告 November 2, 2007. Retrieved November 2, 2007.
  20. ^ "Super Junior's Kyuhyun, comeback after five months from car accident". Bestiz (dalam Korean). 2007-09-18. p. 1. Diakses tanggal 2007-09-18. [pranala nonaktif]
  21. ^ (Korea) Hankooki.com. Explorers of the Human Body Ends February 11, 2008. Retrieved March 26, 2008.
  22. ^ "Super Junior新专辑大热 席卷各排行榜冠军" Sina. 27 September 2007. Retrieved 27 September 2007 (Tionghoa)
  23. ^ "Weekly Kpop" Hanteo Chart. 27 September 2007. Retrieved 27 September 2007 (Korea)
  24. ^ "Don't Don Version A album info" Avex Taiwan. 19 October 2007. Retrieved 2012-03-20 (Tionghoa)
  25. ^ "Don't Don Version B album info" Avex Taiwan. 7 December 2007. Retrieved 2012-03-20 (Tionghoa)
  26. ^ "Don't Don Version C album info" Avex Taiwan. 7 December 2007. Retrieved 2012-03-20 (Tionghoa)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]