Marry U

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Marry U"
Singel oleh Super Junior
dari album Don't Don
Dirilis 20 September 2007 (CD)
7 November 2007 (Promosional)
Format Radio single
Direkam 2007
Genre Pop, R&B
Panjang 3:16
Label SM Entertainment
Pencipta Kwon Yun-jung, Lee Jae-myoung
Produser Lee Soo-man
Kronologi singel Super Junior
"Don't Don"
(2007)
"Marry U"
(2007)
"U/TWINS"
(JPN release)
(2008)
Daftar lagu Don't Don (Versi 2)
"You're my endless love"
(3)
"Marry U"
(4)
"A Man In Love"
(5)
Video musik
"Marry U" di YouTube

"Marry U" adalah lagu oleh boy band Korea Selatan, Super Junior. Lagu diproduksi oleh Lee Soo-man untuk album kedua Super Junior, Don't Don. Lagu adalah kombinasi dari R&B lembut, melodi balada pop sederhana, dan juga elemen dari jazz dan rap.[1]

Versi baru dari balada dengan vokal ekstra dari Han Geng dan Shindong dirilis dalam versi repackage dari Don't Don pada 5 November 2007, yang juga menjadai perilisan promosional dari singel. "Marry U" menetap di #1 selama tiga minggu di stasiun TV dan radio di Korea Selatan sejak dirilis pada November.[2]

Sejarah lagu[sunting | sunting sumber]

"Marry U" awalnya merupakan track ke-6 dari album, Don't Don, yang dirilis pada 20 September 2007. Namun, sebauh versi baru dari "Marry U" dirilis dalam versi repackage pertama dari album pada 5 November 2007. "Marry U" adalah balada R&B dengan rap lembut serta vokalisasi dan harmonisasi yang baik. Tema lagu melibatkan proposal manis dan pengakuan cinta, dengan mengulangi citra dari pengantin berjalan menuju bulan dan bintang. Liriknya mendukung cinta tahan lama dan menjelaskan bahwa meskipun semakin tua, cinta tidak akan pernah meninggalkan.

Satu-satunya perbedaan antara versi pertama dan kedua "Marry U" adalah perpindahan posisi solo. Dalam versi aslinya, Han Geng, Shindong, dan Kibum tidak memiliki solo. Namun, Han Geng dan Shindong pindah ke solo dalam versi kedua. Han Geng menyanyikan bagian Heechul sendirian dan Shindong rap untuk paruh kedua solo Eunhyuk. Solo Heechul dipindahkan ke paruh kedua solo pertama Eunhyuk.

Video musik[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan karya-karya sebelumnya dari kelompok, mayoritas dari video musik dilakukan dengan efek HD CG artwork, bukan pemandangan yang sebenarnya. Super Junior difilmkan mengenakan tuksedo putih, dikelilingi oleh layar hijau.

Video musik dimulai dengan Super Junior tidur di atas sebuah kota grafis, dengan rap Eunhyuk, yang kemudian diikuti oleh rap Heechul. Saat Heechul terus melakukan rap, video pindah ke kota, dengan taksi kuning taksi mengemudi di jalan-jalan. Seorang gadis, dimainkan oleh Girls 'Generation Yoona keluar taksi dan tiba di depan sebuah sirkus, lalu masuk. Saat gadis itu menyaksikan pertunjukan, kamera menutup ke wajah dan kepalanya terpisah, mengungkapkan seorang gadis duduk di tempat tidur di kamarnya.

Super Junior muncul antara interval setiap sekali dalam beberapa saat, bernyanyi dan rap untuk lagu tersebut. Seperti rap Donghae, kamera menunjukkan gadis tidur di mejanya. Video kemudian menunjukkan tetesan air tumbuh menjadi pohon es, memancarkan cahaya terang. Sepotong kain terentang melayang di atas pohon, dan balon udara panas, dengan telepon yang melekat pada mereka, menggantung di atas kain, dengan gadis itu menatapnya. Si gadis kembali ke taksi dan tiba di konser, menonton Super Junior menari lagu seperti dalam fantasi sekitarnya.

Sepanjang video, pemandangan yang digunakan menampilkan kisah seseorang yang mengadakan konser untuk mantan kekasih, mengaku cinta dan mereka berkomitmen satu sama lain. Tidak seperti singel promosi sebelumnya dari Super Junior, "Marry U" adalah balada dengan tempo medium, dan lagu tidak memerlukan tarian koreografi yang sulit seperti apa yang dibutuhkan singel kelompok sebelumnya. Pada paruh pertama dari video musik, Super Junior ditampilkan duduk di platform tinggi menyanyikan lagu, dengan gambar dari gadis itu dan juga pemandangan terdiri dari karya seni CG. Pada akhir video di mana gadis itu duduk menikmati kelompok menari, tarian kelompok seperti dalam sekitarnya, dengan koreografi lambat dan lembut. Adegan berakhir menunjukkan gadis itu tersenyum dan mengangguk, sebuah cincin berlian berkilauan di jarinya.

Penggunaan promosi dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

"Marry U" menjadi judul utama dalam konser mini pertama Super Junior, Super Junior Marry U Mini Concert. Konser mini memiliki dua shift, satu siang dan satu di malam hari. Konser ini diadakan di Seoul Shindolim Technomart pada tanggal 15 November 2007. Mengambil tema lamaran pernikahan, masing-masing dari tiga belas anggota mempersiapkan cincin untuk diberikan kepada fans tertentu yang beruntung, menyajikannya kepada mereka seperti bagaimana mereka akan mengusulkan untuk menjadi pacar mereka.[3] "Marry U" juga merupakan singel pertama dari Don't Don yang ditampilkan di luar negeri, Super Junior menampilkan lagu ini di 2007 Tencent Stars Magnificent Ceremony di Beijing, Tiongkok pada 17 November 2007. Tidak seperti penampilan sebelumnya dimana mereka menari dengan koreografi untuk "Marry U", Super Junior menampilkan lagu dengan duduk di meja bar.[4]

Meskipun kegiatan promosi yang luas dari singel, "Marry U" tidak memenuhi prestasi apapun seperti singel album pertama, "Don't Don,". "Marry U" bertemu jajaran debut mengesankan di chart online dan telah berada di chart musik selama berbulan-bulan, tetapi singel gagal menerima SBS Popular Songs Mutizen Song dan #1 lagu Mnet M! Countdown.

Prestasi tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Charts (2007) Posisi
Puncak
Chart Korea[5] 1
M.NET M!Countdown Chart 2
Popular Songs Take 7 Charts[6] 2

Rilis Jepang[sunting | sunting sumber]

"Marry U"
Singel oleh Super Junior
dari album Don't Don
Dirilis 26 November 2008
Format CD, DVD
Direkam 2006–2008
Genre Pop, R&B
Panjang 3:16
Label Avex Group, Rhythm Zone
Produser Lee Soo-man
Kronologi singel Super Junior
"U/TWINS"
(JPN release)
(2008)
"Marry U"
(JPN release)
(2008)
"Sorry, Sorry"
(2009)

"Marry U" adalah CD single tidak resmi ketiga dan singel spesial kedua yang dirilis di Jepang oleh Super Junior. Singel datang dengan dua jaket berbeda; jaket pertama terdiri dari CD dan sebuah DVD dari pembuatan album sedangkan jaket kedua terdiri dari hanya sebuah CD dengan photobook. Singel memuncak pada #9 di Oricon Daily Chart Jepang pada hari pertama perilisan.[7]

Single ini adalah single kompilasi dengan total empat lagu, semua judul lagu dari Super Junior, Super Junior-T, Super Junior-K.R.Y, dan Super Junior-Happy.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Marry U / SUPER JUNIOR
  2. ROKKUKO!!! / SUPER JUNIOR-T
  3. 歩みを止めて / SUPER JUNIOR-K.R.Y.
  4. 料理王(COOKING? COOKING!) / SUPER JUNIOR-Happy

DVD[sunting | sunting sumber]

  1. Marry U / SUPER JUNIOR
  2. ROKKUKO!!!/ SUPER JUNIOR-T
  3. 料理王(COOKING? COOKING! )/ SUPER JUNIOR-Happy

+MAKING VIDEO(初回盤のみ)

Posisi tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Chart (2008) Posisi
Debut
Posisi
Puncak
Oricon Daily Singles Chart 9 9
Oricon Weekly Singles Chart - -

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Korea) Super Junior Official Site Retrieved November 13, 2007.
  2. ^ (Korea) Freechal.com. 슈퍼주니어, '해외 수상-국내 선행' 몸 13개도 모자라! December 18, 2007. Retrieved December 18, 2007.
  3. ^ Hnce.com. Super Junior Mini Concert, proposes to fans December 16, 2007. Retrieved December 18, 2007.
  4. ^ Qq.com. SJ sings《Marry U》 Fans go crazy December 17, 2007. Retrieved December 18, 2007.
  5. ^ (Korea) [1] Retrieved December 18, 2007.
  6. ^ (Korea) [2] Retrieved December 18, 2007.
  7. ^ "Tickets for Super Junior's encore concert sells out in 14 minutes". Newsen (dalam Korean). 2008-11-26. Diakses tanggal 2008-11-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]