Sun Shangxiang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sun Shan Xiang)
Infobox orangSun Shangxiang

Biografi
Kelahiran192 (Kalender Masehi Gregorius) (1831/1832 tahun)
Phú Xuân
Floruit209–211
Keluarga
Pasangan nikahLiu Bei
Orang tuaSun Jian Lady Wu
SaudaraSun Yi, Sun Kuang, Sun Quan, Sun Ce dan Sun Lang

Sun Shang Xiang (Hanzi: 孫尚香) juga dikenal sebagai Sun Ren (孫仁) atau Nyonya Sun (孫夫人) adalah anak perempuan dari Sun Jian, pada Zaman Tiga Negara. Ia adalah putri tunggal dari 5 bersaudara. Nyonya Sun sejak kecil menyukai seni bela diri.

Pada peperangan tebing merah. Sun Shang Xiang memasuki wilayah Cao Cao seorang diri menjadi mata-mata untuk mengawasi strategi dan semua wilayah Cao Cao. Dia berhasil membuat peta semua wilayah Cao Cao yang langsung di berikan kepada Zhuge Liang dan Zhou Yu untuk mengatur strategi. Dan Sun Shang Xiang juga ikut serta dalam peperangan tebing merah.

Ia dinikahkan oleh kakaknya, Sun Quan kepada Liu Bei dengan alasan mempererat hubungan antara Shu dan Wu. Namun, dalam satu kesempatan, Zhou Yu ingin memanfaatkan pernikahan ini untuk melaksanakan siasatnya untuk membunuh Liu Bei. Liu Bei berhasil mengetahui rencana ini dan melarikan diri bersama Nyonya Sun ke Shu.

Ia juga menghadapi dilema ketika perang Yi Ling terjadi karena dia melihat disatu sisi ada saudara(Sun Quan) dan juga suaminya(Liu Bei). Kemudian ia mati 1 hari setelah kematian Liu Bei, suaminya.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Referensi Modern[sunting | sunting sumber]

Karakter Sun Shangxiang dalam game 'Dynasty Warriors 6 buatan Koei.