John Woo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
John Woo
John Woo dalam Festival Film Cannes 2005
Nama Tionghoa吳宇森 (Tradisional)
Nama Tionghoa吴宇森 (Sederhana)
PinyinWú Yǔsēn (Mandarin)
JyutpingNg4 Jyu5 Sam1 (Kanton)
AsalHong Kong
PekerjaanSutradara, Produser, Penulis skenario, Penyunting
PasanganAnnie Woo
Penghargaan

John Woo Yu-Sen SBS (lahir 1 Mei 1946) adalah seorang sutradara, penulis, dan produser film Tiongkok. Ia terkenal di dunia internasional akan film-filmnya yang penuh gaya --- urut-urutan aksi yang terkoreografi seperti tari balet, cerita peperangan yang habis-habisan dan tidak ada pihak yang menang di dalamnya, serta penggunaan unsur gerak lambat.[1] Ia menyutradarai film-film Hong Kong terkenal seperti A Better Tomorrow, Hard Boiled, dan The Killer. Film-film berbahasa Inggris yang merupakan karyanya antara lain Hard Target, Broken Arrow, Face/Off, dan Mission: Impossible II.

Sebagai seorang anak kecil, Woo ingin menjadi pendeta Kristen. Namun ia lantas menemukan ketertarikan yang sangat dalam pada perfilman, dipengaruhi oleh film-film Eropa, aliran New Wave Prancis dan Jean-Pierre Melville. Woo mengaku bahwa dirinya adalah pemalu dan memiliki kesulitan untuk berbicara, tetapi kemudian menemukan pembuatan film sebagai sebuah jalan untuk mengeksplorasi perasaan dan pemikirannya serta menggunakan film sebagai sebuah bahasa. Tiga film favorit Woo adalah Lawrence of Arabia karya David Lean, Seven Samurai dari Akira Kurosawa, dan karya Jean-Pierre Melville, Le Samouraï.[1] Woo ditulis oleh Dave Kehr dalam tabloid The Observer tahun 2002 sebagai "sutradara pencipta film yang bisa menjadi paling berpengaruh saat ini".

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Woo terlahir bernama Wu Yu-Seng (Ng Yu-Sum dalam bahasa Kanton) di Guangzhou, Tiongkok, di tengah-tengah kekacauan Perang Saudara Tiongkok pada akhir Oktober 1946. Karena pembatasan usia sekolah, ibunya mengubah tanggal lahirnya menjadi 22 September 1948, sesuai dengan yang terlihat di paspornya saat ini. Keluarga Woo diburu selama masa pembersihan anti-borjuis di awal berkuasanya Mao Zedong setelah Revolusi Komunis di Tiongkok, sehingga melarikan diri ke Hong Kong saat ia berusia lima tahun.[2]:xv, 3

Woo menikahi Annie Woo Ngau Chun-lung pada 1976 dan memiliki tiga orang anak.[2] Ia tinggal di Amerika Serikat sejak 1993.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Pierce, Nev (2004). "Getting Direct With Directors: John Woo". BBC (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 17-05-2007. 
  2. ^ a b Woo, John (2005). Elder, Robert K., ed. John Woo: Interviews; Conversations with Filmmakers Series. University Press of Mississippi. ISBN 978-1-57806-776-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]