A Better Tomorrow 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A Better Tomorrow 3: Love & Death in Saigon
Berkas:ABetterTomorrow3.jpg
SutradaraTsui Hark
ProduserTsui Hark
John Woo
Ditulis olehYiu Ming Leung
Foo Ho Tai
Tsui Hark (novel)
PemeranChow Yun-Fat
Penata musikLowell Lo
SinematograferWing-Hung Wong
PenyuntingMarco Mak
Tsui Hark
David Wu
DistributorGolden Princess
Tanggal rilis
Hong Kong 20 Oktober 1989
Durasi145 menit
NegaraHong Kong Hong Kong
BahasaInggris
Vietnam
Kantonis
PrekuelA Better Tomorrow 2

A Better Tomorrow 3: Love & Death in Saigon (Hanzi: 英雄本色3-夕陽之歌; Pinyin: Yīngxióng běnsè sān – xīyáng zhī gē; Yale (Bahasa Kanton): Jing1 hung4 bun2 sik1 saam – zik6 joeng4 zi1 go1) adalah sebuah film aksi-kriminal-thriller tahun 1989. Film ini adalah prekuel longgar berbasis ke A Better Tomorrow karya John Woo, meski sudah dibebaskan setelah A Better Tomorrow 2.

Film ini disutradarai oleh Tsui Hark, produser di belakang dua film pertama dalam serial ini. John Woo menulis skenario untuk pembayaran angsuran ketiga, tetapi dia tidak pernah harus langsung itu karena telah memiliki perbedaan artistik dengan Tsui Hark selama syuting di film kedua. Sebaliknya, skenario asli kemudian akan menjadi Bullet in the Head. Dua film memiliki banyak persamaan, terutama, baik yang ditetapkan dalam Perang Vietnam.

Film ini dibintangi Chow Yun Fat, yang memerankan perannya Mark Gor dari film pertama, Tony Leung Ka Fai dan Anita Mui. Mengatur selama Perang Vietnam, film ini membentuk cerita bagaimana Mark menjadi karakter dia dalam film asli. Bagian kedua dari judul Love & Death in Saigon (夕陽之歌 / Lagu Matahari Terbenam dalam bahasa Tionghoa) juga merupakan judul lagu untuk film ini, dinyanyikan oleh Anita Mui, yang juga wanita terkemuka di angsuran ketiga.

A Better Tomorrow 3 meraup HK$18.476.116 di box office Hong Kong.

Plot[sunting | sunting sumber]

Mark pergi ke Saigon tahun 1974 dan kait dengan sepupunya Mun (Tony Leung Ka-Fai). Bersama, ia dan Tony bertemu dengan gangster keras-sebagai-paku Anita Mui, yang mengambil bersinar dengan dua anak laki-laki. Ia mengajarkan Mark bergerak senjatanya dan mulai jatuh untuknya, dan dia pemberitahuan itu tetapi mengetahui dengan baik sepupunya juga suka padanya, memutuskan untuk tidak membalas perasaannya agar tidak patah hati sepupunya. Sementara itu, Mun mendapatkan gagasan bahwa Anita naksir dia. Cinta segitiga ini membuat sebagian besar drama yang baik selama dua pertiga dari film sebelum kegelapan dunia mereka jatuh di atas mereka. Tampaknya kekasih terakhir Anita adalah seorang bos geng, sehingga dia tidak mengambil ramah dengan ide Mark mencintai mantan api. Lebih buruk lagi, VC mengambil Saigon, sehingga bukan waktu terbaik untuk nongkrong di Vietnam.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]