Suku Bardulia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Iberia pada abad ke-III SM, suku Bardulia berada di wilayah utara, dekat dengan Pirenia, di daerah "campuran" Kelt-Aquitania.

Suku Bardulia adalah suku pra-Romawi [1] yang menetap di utara Iberia, di lokasi yang sekarang menjadi wilayah timur komunitas otonom País Vasco dan Navarra barat, di utara Spanyol. Wilayah bersejarah mereka sesuai dengan wilayah berbahasa Basque saat ini, namun diperdebatkan apakah suku Bardulia sebenarnya adalah suku Aquitani, terkait dengan Vasconi,[2] atau jika mereka Kelt, terkait dengan suku-suku seperti Cantabri dan Keltiberia[3] dan yang kemudian mengalami Basquisasi.[4]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Etnonim mereka Bardulia terhubung dengan daerah yang disebut dalam dokumen awal Abad Pertengahan sebagai Bardulia, yang diidentifikasi sebagai tempat lahir Kastila Tua. Julio Caro Baroja, seorang antropolog dan ahli bahasa Spanyol menyatakan pada karya-karyanya bahwa istilah Bardulia tidak memiliki asal Basque.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bardulia disebutkan untuk pertama kalinya selama zaman Romawi oleh Strabo, yang menyebut mereka Bardyetai, dan menempatkan mereka di pantai Basque, antara Cantabri dan Vasconi; mereka juga disebutkan oleh ahli geografi Klaudius Ptolemaeus, yang menempatkannya kira-kira di Gipuzkoa saat ini, dan oleh sejarawan Romawi, terutama Plinius Tua dalam Naturalis Historianya,[6] di mana ia menyatakan bahwa Amanum Portus (nama Romawi: Flaviobriga), sekarang Castro Urdiales, adalah kota Bardulia. Ahli geografi Romawi Pomponius Mela juga menempatkan mereka di pantai, sebelah barat Vasconi dan sebelah timur Caristii. Kurangnya kesepakatan tentang posisi pasti mereka mungkin disebabkan oleh pergerakan suku-suku di Iberia utara selama peristiwa seperti Pertempuran Cantabria. Sensus eprtama penduduk Bardulia berlangsung di bawah perintah Augustus.[7]

Menurut Plinius Tua,[8][9] kota utama suku Bardulia adalah Tullonium,[8] yang berada di lembah sungai Zadorra (nama modern), di jalan utama Romawi dari Virovesca, ibu kota Autrigoni, ke Pompaelo (Pamplona atau Iruña) di wilayah Vaskoni. Menurut beberapa penulis zaman klasik seperti Klaudius Ptolemaeus, Plinius Tua dan Pomponius Mela[9] kota-kota Bardulia lainnya adalah Alba dan Gebala (sekarang Gebara), di pedalaman; sementara Tritium Tuboricum, sedikit di sebelah barat sungai Deba (Deva, Deua atau Deba = Dewi), Menosca dan Morogi atau Morosgi, berada di pantai Atlantik (di pantai selatan teluk Biscay).

Pada 114 SM, Gaius Marius memiliki pengawal pribadi yang terdiri dari suku Bardulia, yang disebut budak Barduaioí di Roma. Pada 44, dan menurut Pomponius Mela, suku Bardulia mendiami wilayah dekat Pirenia dan membentuk masyarakat yang bersatu. Kekalahan Cantabri melawan Augustus tidak berpengaruh pada suku Bardulia, karena mereka tidak bergabung dalam perang. Suku Bardulia bertugas dalam cohort di provinsi Britannia: Suku Bardulia disebutkan dalam sebuah prasasti di altar Romawi di Rochester, (Roman Bremenium) dan di Milecastle 19 bersama tembok Hadrianus sebuah prasasti altar yang dibuat oleh anggota cohort pertama Bardulia, pasukan kavaleri, adalah salah satu dari sedikit dedikasi kepada Matres, atau dewi ibu, yang ditemukan di Inggris Romawi. Cohort pertama Bardulia juga disebutkan dalam prasasti di tembok Antoninus, Longovicium di Durham, Bremenium dan Corstopitum di Northumberland dan di Dere Street, Cappuck, di perbatasan Skotlandia.[10]

Seperti halnya Caristii, dibahas apakah suku Bardulia adalah suku Aquitani atau Kelt, ada hubungannya dengan Cantabri dan Keltiberia. Nama tempat mereka (toponimi) jelas berasal dari Indo-Eropa (mungkin bahasa Proto-Kelt), sebagai Uxama (berasal dari Upsama, yang berarti "tertinggi"), Deobriga (berasal dari Deiuo-Briga, yang berarti "bukit suci"), Tullonium (berasal dari Tullo, yang berarti "lembah"), antara lain. Nama sungai (Hidronim) seperti Deva, Deua atau Deba (Dewi) juga berasal dari etimologi Indo-Eropa. Seperti halnya suku Caristii, tidak ada satu pun toponim yang terkait dengan bahasa Aquitania-Basque yang ditemukan, lebih lanjut membuktikan teori asal Kelt mereka dan kemungkinan Basquisasi Akhir.[2][3][4] Tetapi untuk beberapa pengecualian (Deba, Zegama, Arakama) nama-nama tempat masa kini menunjukkan kelaziman yang jelas dari unsur linguistik Basque (kadang-kadang dicampur dengan akar leksikal Latin dan Romawi).

Referensi terakhir suku Bardulia muncul pada kronik dari Hydatius, di mana ia menceritakan kehancuran yang diderita suku Herul ketika mereka menyerang pada 400 pantai Cantabria dan lagi pada 456 setelah menyerang Bardulia.

Ad sedes propias redeuntes, Cantabriarum et Vardaliarum loca maritima crudelissime deproedatio sunt.

— Fontes Hispaniae Antiquae, IX, p. 74

Kemudian pada abad berikutnya, Sachsen yang didirikan di muara Bordeaux juga diketahui menyerang di sepanjang pantai.

Beberapa orang menganggap bahwa Bardulia mengalami Basquisasi sebagai akibat dari kemajuan terus-menerus dari Vasconi di wilayah mereka. Mereka tidak disebutkan lagi pada Abad Pertengahan Awal dan tempat mereka muncul sebagai pendahulu provinsi Gipuzkoa. Beberapa penulis[11] menyimpulkan, mengikuti dokumen klasik, adanya beberapa afinitas etnik, kolaborasi, atau persatuan politik antara Caristii, Autrigoni dan Bardulia, suku-suku yang kemudian semuanya akan dikelompokkan dengan nama Bardulia, ini akan menjelaskan semua peristiwa selanjutnya di wilayah ini, misalnya, mengapa Caristii dan Bardulia pernah dipindahkan dari wilayah asli mereka oleh Vasconi pada Abad Pertengahan Awal, Caristii dan Autrigoni kehilangan nama mereka dan dikelompokkan bersama dengan Bardulia atas wilayah Autrigoni yang berlindung di daerah pesisir mereka di belakang pegunungan dari penghancuran militer Islam dari kekuatan baru Al-andalus di Ebro, yang dibuat setelah satu abad pemukiman kembali ke dataran Meseta sebagai pawai perbatasan atau daerah Kerajaan Asturias pada tahun-tahun pertengahan abad ke-VIII, yang asli disebut Kastila. Persatuan, apapun penyebabnya, antara Bardulia, Caristii dan Autrigoni di wilayah yang unik nantinya akan menciptakan kotamadya Bardulia, yang disebut-sebut sebagai bagian dari Mahkota Kastila.

Lambang provinsi Basque di Gipuzkoa bertuliskan "Fidelissima Bardulia, Nunquam Superata",[12] yang berarti "Bardulia yang setia, tidak pernah ditaklukkan".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John James Van Nostrand Jr, The reorganization of Spain by Augustus" University of California Publications in History 4, 1916:122ff
  2. ^ a b Localización de algunas ciudades várdulas citadas por Mela y Ptolomeo Ildefonso Gurruchaga[pranala nonaktif permanen]
  3. ^ a b "El puerto romano de Irun Mercedes Urteaga" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2014-04-07. Diakses tanggal 2021-09-28. 
  4. ^ a b "Ethnic map of the Iberian Peninsula after the Second Punic War". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-05. Diakses tanggal 2021-09-28. 
  5. ^ Caro Baroja, Julio. Los pueblos de España, 1976.
  6. ^ "In Cluniensem conventum Varduli ducunt populos xiiii" (Pliny iii.26); "A Pyranaeo per oceanum Vasconum saltus, Olarso, Vardulorum oppida..." iv.110..
  7. ^ CIL vi, 1463, noted by Van Nostrand 1916:123.
  8. ^ a b Book III, 26, 27, Book IV, 110
  9. ^ a b http://aunamendi.eusko-ikaskuntza.eus/es/foto/mu-36529/
  10. ^ "BREMENIVM Roman Fort & Marching Camps". Roman Britain Organisation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 April 2012. Diakses tanggal 11 March 2012. 
  11. ^ http://www.euskomedia.org/PDFAnlt/congresos/07217221.pdf[pranala nonaktif permanen]
  12. ^ Juntas Generales de Gipuzkoa - Escudo y bandera