Asal usul Basque

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Asal usul etnis Basque dan bahasa Basque adalah topik yang kontroversial dan walaupun beberapa hipotesis telah diajukan, hipotesis-hipotesis tersebut masih belum konklusif atau belum sepenuhnya dibuktikan. Perlu dicatat bahwa bahasa Basque yang berkembang dari bahasa Proto-Basque merupakan satu-satunya bahasa Pra-Indo-eropa yang masih ada di Eropa. Maka etnis Basque diduga merupakan sisa penduduk pra-Indo-Eropa di Eropa. Namun, asumsi ini telah dikritik karena penelitian genetik dan linguistik sudah semakin canggih, walaupun asal usul mereka masih belum jelas.

Hipotesis-hipotesis utama mengenai asal usul Basque adalah:

  • Asal usul asli, yang menyatakan bahwa bahasa Basque berkembang di antara Semenanjung Iberia utara dan Perancis selatan, tanpa ada kemungkinan penemuan kekerabatan antara bahasa Basque dengan bahasa modern lain.[1]
  • Basque-Iberisme, yang memperkirakan kekerabatan dengan bahasa Iberia.
  • Asal usul Kaukasian, yang didasarkan pada bukti linguistik yang mirip dengan Basque-Iberisme, menyatakan bahwa bahasa Basque dan bahasa-bahasa Kaukasus memiliki tipologi linguistik yang tidak ada dalam bahasa Indo-Eropa.
  • Asal usul Afro-Asiatik, yang sudah ditolak, menekankan bahwa bahasa Basque berhubungan jauh dengan bahasa Berber atau bahkan bahasa Fenisia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Historia del clima en la tierra, Author; Javier Uriarte, editorial, Servicio central e publicaciones el gobierno Vasco, 2003