Bahasa Iberia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Iberia
Dituturkan di
WilayahSemenanjung Iberia di pesisir Laut Tengah
KepunahanAbad 1-2 M
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Kode bahasa
ISO 639-3xib
LINGUIST List
xib
Status konservasi
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
ICHEL Red Book: Extinct

Bahasa Iberia diklasifikasikan sebagai bahasa yang telah punah (EX) pada Atlas Bahasa-Bahasa di Dunia yang Terancam Kepunahan

Referensi: [1][2]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Iberia adalah bahasa yang dituturkan oleh kelompok yang menurut sumber-sumber Yunani dan Romawi tinggal di wilayah timur dan tenggara Semenanjung Iberia. Orang Iberia kuno merupakan peradaban yang kurang banyak diketahui yang diduga berasal dari abad ke-7 hingga ke-1 SM. Seperti bahasa-bahasa Paleohispanik lainnya (kecuali Basque), bahasa Iberia punah pada abad ke-1 hingga ke-2 M karena secara perlahan digantikan oleh bahasa Latin. Bahasa ini diduga merupakan bahasa yang terisolasi, tetapi informasi tentang bahasa ini masih belum banyak diketahui.

Kekerabatan dengan berbagai bahasa telah dispekulasikan, terutama dengan bahasa Basque, tetapi hal ini belum dibuktikan secara pasti.[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  2. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022. 
  3. ^ Trask, R.L. The History of Basque Routledge: 1997 ISBN 0-415-13116-2

Pranala luar[sunting | sunting sumber]