Tembok Hadrianus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tembok Hadrian

Tembok Hadrianus (bahasa Latin: Vallum Hadriani) adalah sebuah tembok pertahanan yang terbuat dari batu dan tanah, tembok ini dibangun di Zaman Kekaisaran Romawi, tembok ini melintasi Inggris Utara. Pembangunan tembok ini dimulai pada 122 A.D., saat pemerintahan Kaisar Hadrian, ini adalah tembok yang kedua yang membentang Britania Raya, tembok yang pertama membentang dari Sungai Clyde sampai Sungai Forth.

Tembok hadrian (latin: Vallum aelium) merupakan daya tarik wisata paling populer di inggris dan merupakan warisan peninggalan sejarah romawi di inggris yang dibangun pada 122 ad. Panjang tembok hadrian diperkirakan bisa mencapai 117 km (dari segedunum, wallsend, sungai tyne hingga ke pantai solway firth). Sedangkan lebar tembok hadrian ini mencapai 6 meter dan tinggi 3,5 meter.

Sejarah Berdirinya Tembok Hadrian's Romawi pertama kali menginvasi inggris pada tahun 55 sm di bawah julius caesar. Tapi setelah lebih dari satu abad, tepatnya tahun 70 m, romawi hanya bisa merebut inggris selatan. Romawi tidak bisa merebut inggris utara karena selalu dikalahkan oleh dua suku barbar di celtic .

Ratusan tahun tidak bisa menang atas suku barbar di inggris utara, membuat kaisar romawi yang baru: Hadrian caesar memerintahkan pembangunan tembok pertahanan besar yang akan mengkonsolidasikan pertahanan romawi di wilayah inggris sekaligus tembok tersebut sebagai simbol pemisah antara wilayah romawi dengan ‘barbar’

Banyak orang keliru dan mengira bahwa tembok yang sedemikian panjang dan megah ini dibangun oleh para budak romawi. Hal ini salah. Justru menariknya, tembok ini dibangun sendiri oleh para tentara romawi. Menurut kaisar, hal ini merupakan semacam terapi kerja bagi legion (pasukan) romawi supaya tetap sehat dan kuat dengan terus bekerja.