Stasiun MRT Changi Airport

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
MRT Singapore Destination 3.png
 CG2 
Stasiun MRT Changi Airport
樟宜机场地铁站
சாங்கி விமானநிலையம்
Angkutan cepat
Changi Airport MRT.JPG
Gerbang stasiun MRT Changi Airport.
Alamat70 Airport Boulevard
Singapore 819661
Koordinat1°21′26.54″N 103°59′19.81″E / 1.3573722°N 103.9888361°E / 1.3573722; 103.9888361
Jalur
Jumlah peronPulau
Jumlah rel2
Antarmoda penghubungBus, Taksi, Pesawat
Bangunan
Jenis strukturBawah tanah
Tinggi peron3
Fasilitas difabelYes
Informasi lain
Kode stasiunCG2
Sejarah
Dibuka8 Februari 2002
Layanan
Stasiun sebelumnya   MRT Singapura   Stasiun berikutnya
Jalur Timur Barat
Changi
Terminus
Lokasi
Stasiun Changi Airport mempunyai pintu karcis di lantai yang sama dengan peron. Stasiun lainnya adalah Stasiun MRT Bishan menuju ke NS27 Marina Bay

Stasiun MRT Changi Airport (Kode CG2) mulai beroperasi sejak 8 Februari 2002 sebagai salah satu terminal stasiun MRT Singapura yang melayani Jalur Timur Barat, berlokasi di antara Terminal 2 dan Terminal 3 Bandar Udara Internasional Changi Singapura. Terdapat empat stasiun lainnya yang memiliki Pintu Karcis satu lantai dengan peron yaitu: Stasiun MRT Expo di gerbang lift, Stasiun MRT Downtown yang sedang dibangun, Stasiun Monorel Sentosa dari Sentosa Express yang dibuka pada 15 Januari 2007 dan Stasiun MRT Bishan Pintu E peron jurusan selatan.

Bandar Udara Internasional Changi ketika awal beroperasi tidak memiliki jalur kereta dan hanya tergantung transportasi menggunakan bis dan taxi melalui jalan sepanjang 20 kilometer menuju kota melalui East Coast Parkway. Dengan bis penumpang juga mencapai Stasiun MRT Bedok, Tampines dan Pasir Ris. Namun ketika Singapore Expo dibangun maka perencanaan jalur kereta menjadi memungkinkan.

Sejak stasiun dibuka, jumlah penumpang tidak terlalu padat karena jadwal bis tetap dipertahankan dan masih dipakai banyak penumpang dan pegawai bandara mengingat tidak semuanya memerlukan lewat ke jalur MRT Timur Barat. Banyak wisatawan juga lebih memilih menggunakan taxi atau transportasi pribadi mengingat layanan MRT kurang nyaman untuk pembawa bagasi yang banyak yang harus berpindah kereta di Stasiun MRT Tanah Merah serta bercampur dengan kepadatan komuter lainnya di jalur MRT. Penumpang yang memilih menggunakan MRT di antaranya para pegawai bandara atau penerbangan, wisatawan dengan anggaran terbatas dan wisatawan yang tidak diburu waktu. Beberapa penumpang di akhir pekan juga menggunakan kereta untuk berpindah dari Expo ke terminal bis.

Kode stsiun awalnya adalah EW29 namun sejak 1 November 2003 diubah menjadi CG2. Kode tersebut kini dipakai untuk Stasiun MRT Joo Koon yang kini menjadi stasiun paling timur dari Jalur Timur Barat.

Rencana[sunting | sunting sumber]

Pernah ada rencana jalur percabangan dari Jalur Timur Barat ini akan melewati sepanjang Airport Boulevard sampai ke Changi Point sebelum berbalik ke barat daya melalui pantai timur. Namun rencana ini akhirnya berubah.

Perencanaan akhir hanya membuat dua stasiun di Expo dan Changi Airport dengan membelokkan jalur melengkung ke antara Terminal 2 dan Terminal 3 bandara.

Jadwal kereta[sunting | sunting sumber]

Awalnya melayani perjalanan dari Boon Lay namun kemudian menjadi jadwal ulang alik ke Tanah Merah sejak 22 Juli 2003.

Layanan kereta dari stasiun ini ke pusat kota Singapura memerlukan banyak pemberhentian dan perpindahan kereta dengan perpindahan awal di stasiun MRT Tanah Merah. Biaya yang dikeluarkan untuk mencapai kota dari stasiun ini per penumpang sekitar 2 dolar Singapura atau 1.50 dolar AS. Pembayaran menggunakan sistem kartu karcis prabayar.

Tujuan Kereta Pertama Kereta Terakhir
Sen - Sab Minggu &
Hari Libur
Harian
Jalur Timur Barat
ke EW4 Tanah Merah 05.31 05.59 00.06

Denah stasiun[sunting | sunting sumber]

L2 Daerah Keberangkatan Pintu ke Terminal 2 dan 3, Changi Skytrain ke Terminal 1
L1 Daerah Kedatangan Pintu ke Terminal 2 dan 3
C
Gerbang
Gerbang Terminal Bus Changi Airport PTB 1, 2 dan 3, Bus ulang alik ke Budget Terminal, Jalur penghubung antara Terminal 2 dan 3, Keluar ke Terminal 3
P
Peron
Pintu Tiket, Mesin Tiket, Kontrol Stasiun, Konter Transitlink
Peron A Jalur Timur Barat menuju  EW4  Tanah Merah (←)
Peron pulau, pintu kereta di peron A terbuka di kiri, pintu kereta di peron B terbuka di kanan
Peron B Jalur Timur Barat menuju  EW4  Tanah Merah (←)

Pintu[sunting | sunting sumber]

Ketika stasiun dioperasikan pada 8 Februari 2002 hanya Pintu A yang tersedia. Sejak 12 November 2007 Terminal 3 Bandara Changi dibuka dan Pintu B juga dibuka.

Pintu A - ke Terminal 2
Pintu B - Ke Terminal 3

Galeri gambar[sunting | sunting sumber]