Sidang Komando Tinggi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengadilan Komando Tinggi
Walter Warlimont di meja terdakwa Pengadilan Komando Tinggi di Nürnberg
PengadilanNürnberg
Nama lengkap perkaraAmerika Serikat vs. Wilhelm von Leeb, et al
Dakwaan28 November 1947
Diputuskan28 Oktober 1948, Nürnberg

Pengadilan Komando Tinggi (secara resmi, Amerika Serikat vs. Wilhelm von Leeb, et al.), awalnya juga dikenal sebagai Kasus No. 12 (Pengadilan 13 Jenderal),[1] dan kemudian sebagai Kasus No. 72 (pengadilan komando tinggi Jerman: Pengadilan Wilhelm von Leeb dan tiga belas orang lainnya),[2] adalah persidangan terakhir dari dua belas persidangan kejahatan perang yang dilakukan otoritas Amerika Serikat di zona pendudukan Jerman di Nürnberg setelah berakhirnya Perang Dunia II.[3] Kedua belas persidangan ini semuanya diadakan di hadapan pengadilan militer AS, bukan di hadapan Pengadilan Militer Internasional, namun berlangsung di ruangan yang sama di Istana Kehakiman. Dua belas persidangan AS tersebut secara kolektif dikenal sebagai "pengadilan Nürnberg lanjutan" atau, lebih formalnya, sebagai "Pengadilan Penjahat Perang di hadapan Pengadilan Militer Nürnberg".

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Pengadilan Tinggi Komando

Para terdakwa dalam pengadilan ini adalah jenderal-jenderal tinggi dari Wehrmacht Jerman (termasuk dua field marshal Angkatan Darat, satu field marshal Angkatan Udara, dan satu general admiral), beberapa di antaranya adalah anggota dari Komando Tinggi pasukan militer Jerman Nazi. Mereka dituduh telah berpartisipasi dalam atau merencanakan atau memfasilitasi pelaksanaan berbagai kejahatan perang dan kekejaman yang dilakukan di negara-negara yang diduduki oleh pasukan Jerman selama perang.

Para hakim dalam kasus ini, yang diputuskan oleh Pengadilan Militer V-A, adalah John C. Young dari Amerika Serikat (hakim presiden), Winfield B. Hale, dan Justin W. Harding. Kepala Penuntut bagi Pihak Penggugat adalah Telford Taylor. Dakwaan diajukan pada tanggal 28 November 1947; persidangan berlangsung mulai dari 30 Desember tahun tersebut hingga 28 Oktober 1948.

Dakwaan[sunting | sunting sumber]

Para terdakwa dihadapkan pada empat dakwaan melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan:

  1. Kejahatan terhadap perdamaian dengan melakukan perang agresif terhadap negara-negara lain dan melanggar perjanjian internasional.
  2. Kejahatan perang dengan bertanggung jawab atas pembunuhan, perlakuan buruk, dan kejahatan lain terhadap tawanan perang dan pihak berkepentingan lawan.
  3. Kejahatan terhadap kemanusiaan dengan berpartisipasi atau memerintahkan pembunuhan, penyiksaan, deportasi, pengambilan sandera, dll. terhadap warga sipil di negara yang diduduki militer.
  4. Berpartisipasi dan mengorganisir penyusunan dan pelaksanaan rencana umum dan persekongkolan untuk melakukan kejahatan-kejahatan yang disebutkan di atas.

Semua terdakwa didakwa atas semua tuduhan dan menyatakan "tidak bersalah." Tuduhan 4 dalam dakwaan, yakni tuduhan persekongkolan, segera dicabut oleh pengadilan karena telah dicakup oleh tuduhan-tuduhan lainnya. Mengenai tuduhan 1, pengadilan memutuskan bahwa seluruh terdakwa tidak bersalah dan menyatakan bahwa mereka bukanlah pembuat kebijakan dan bahwa mempersiapkan perang dan berperang dalam perang 'atas perintah' bukan merupakan tindak pidana berdasarkan hukum internasional yang berlaku pada saat itu.

Terdakwa dan Putusan[sunting | sunting sumber]

Dari 14 terdakwa yang didakwa, Otto Schniewind dan Hugo Sperrle dibebaskan dari semua tuduhan. Johannes Blaskowitz melakukan bunuh diri selama persidangan, dan 11 terdakwa lainnya menerima hukuman penjara mulai dari tiga tahun hingga penjara seumur hidup. Semua hukuman termasuk waktu yang telah dihabiskan dalam tahanan sejak tanggal 7 April 1945. Tabel di bawah ini menunjukkan, sehubungan dengan setiap dakwaan, apakah terdakwa tersebut didakwa tetapi tidak dinyatakan bersalah (I) atau didakwa dan dinyatakan bersalah (G) dan diurutkan berdasarkan terdakwa, dakwaan, dan hasilnya.

Foto Nama Dakwaan Hukuman Catatan
1 2 3 4
Wilhelm von Leeb I I G I Masa tahanan Dulu Generalfeldmarschall. Pemimpin Grup Angkatan Darat Utara di Uni Soviet (Juni 1941 – Januari 1942). Dinyatakan bersalah atas penyiaran dekrit Barbarossa dan penggunaan kriminalnya oleh unit bawahan.[4] Dibebaskan setelah persidangan karena waktu tahanan yang telah dijalani.[4] Meninggal pada tahun 1956.
Hugo Sperrle I I I I Dibebaskan Dulu Generalfeldmarschall Luftwaffe. Memimpin Luftflotte 3 (Februari 1939 – Agustus 1944). Meninggal pada tahun 1953.
Georg von Küchler I G G I 20 tahun Dulu Generalfeldmarschall. Pemimpin Angkatan Darat ke-18 di Front Timur, dan kemudian Grup Angkatan Darat Utara. Meskipun saat itu belum terungkap pada saat persidangannya, dia telah terlibat langsung dalam pembunuhan orang-orang cacat mental. Pada Desember 1941, dengan persetujuan ekspres Küchler, SD menembak mati 240 pasien mental.[5] Hukumannya ditinjau ulang pada tahun 1951, diubah menjadi 12 tahun. Dibebaskan pada tahun 1953 atas dasar pembebasan berdasarkan waktu yang baik.[6] Meninggal pada tahun 1968.
Johannes Blaskowitz Dulu Generaloberst. Memimpin Grup Angkatan G dan Grup Angkatan H di Prancis dan Belanda (1944–1945). Bunuh diri selama persidangan pada tanggal 5 Februari 1948.[7]
Hermann Hoth I G G I 15 tahun Dulu Generaloberst. Memimpin Grup Panzer ke-3 selama Operasi Barbarossa pada tahun 1941, dan Angkatan Darat Panzer ke-4 selama serangan musim panas 1942 Wehrmacht.[8] Dalam mendukung Keputusan Komisar, mengeluarkan direktif pada November 1941 yang menginstruksikan komandan bawahannya untuk "segera dan tanpa ampun memusnahkan" "setiap tanda perlawanan aktif atau pasif (...) dari para pengagitator Yahudi-Bolshevik".[9] Hukumannya ditinjau ulang tanpa perubahan pada tahun 1951. Dibebaskan dengan jaminan pada tahun 1954; dibebaskan dari jaminan / hukuman dikurangi menjadi masa tahanan yang sudah dijalani pada tahun 1957.[10]
Georg-Hans Reinhardt I G G I 15 tahun Dulu Generaloberst. Pasukan di bawah komando Reinhardt melaksanakan Keputusan Komisar di Front Timur dan juga mendepor warga sipil ke kamp konsentrasi. Hukumannya ditinjau ulang pada tahun 1951, tanpa perubahan. Dibebaskan pada tahun 1952 atas dasar kasihan.[6] Meninggal pada tahun 1963.
Hans von Salmuth I G G I 20 tahun Dulu Generaloberst. Salmuth melaksanakan Keputusan Komisar, termasuk pembunuhan dan perlakuan buruk terhadap tawanan perang Soviet. Dia juga dinyatakan bersalah atas pembunuhan, deportasi, dan pengambilan sandera warga sipil. Hukumannya ditinjau ulang pada tahun 1951, diubah menjadi 12 tahun dan diberlakukan sejak Juni 1945. Dibebaskan pada bulan Juli 1953 atas dasar pembebasan berdasarkan waktu yang baik.[6] Meninggal pada tahun 1962.
Karl-Adolf Hollidt I G G I 5 tahun Dulu Generaloberst. Dibebaskan dengan jaminan pada bulan Desember 1949.[7] Meninggal pada tahun 1985.
Otto Schniewind I I I I Dibebaskan Dulu Generaladmiral. Fleet commander (Kriegsmarine) (Juni 1941 – Juli 1944). Meninggal pada tahun 1964.
Karl von Roques I G G I 20 tahun Dulu General der Infanterie. Sebagai komandan wilayah belakang Grup Angkatan Darat Selatan, Roques melaksanakan kebijakan pemusnahan terhadap partisan Soviet, dan warga sipil Slavia & Yahudi. Meninggal dalam tahanan pada tanggal 24 Desember 1949.
Hermann Reinecke I G G I Penjara seumur hidup Dulu General der Infanterie. Kepala Kantor Jenderal Kementerian Perang, bertanggung jawab atas pembuatan dan pelaksanaan kebijakan tahanan perang yang mengakibatkan kematian sekitar 3,3 juta tawanan perang Soviet.[11] Dibebaskan pada bulan Oktober 1954. Meninggal pada tahun 1973.
Walter Warlimont I G G I Penjara seumur hidup Dulu General der Artillerie dan Kepala Departemen Pertahanan Nasional di OKW. Bertanggung jawab atas dekret Barbarossa yang memungkinkan pembunuhan warga sipil dengan dalih melawan kegiatan partisan.[11] Hukumannya diubah menjadi 18 tahun pada tahun 1951. Dibebaskan pada bulan Juni 1954. Meninggal pada tahun 1976.
Otto Wöhler I G G I 8 tahun Dulu General der Infanterie. Dinyatakan bersalah atas pelaksanaan dekret Barbarossa, deportasi warga sipil untuk pekerjaan paksa, dan kerja sama dengan Einsatzgruppen.[12] Dibebaskan pada tahun 1951. Meninggal pada tahun 1987.
Rudolf Lehmann I G G I 7 tahun Dulu Generaloberstabsrichter. Hakim Jaksa Agung OKW dan bertanggung jawab atas dekret Barbarossa yang memungkinkan pembunuhan warga sipil dengan dalih melawan kegiatan partisan[11] Ia menyusun dekret Desember 1941 dekrit Night and Fog yang menghapuskan akses ke proses hukum bagi terdakwa. Pasukan Wehrmacht menerapkan perintah tersebut di Prancis, Belanda, Ukraina, dan negara-negara yang diduduki lainnya.[13] Terlibat dalam perumusan Dekrit Komando dan Dekrit Teror dan Sabotase.[12] Dibebaskan pada tahun 1950 berdasarkan pembebasan berdasarkan waktu yang baik. Meninggal pada tahun 1955.[6]

Akibat[sunting | sunting sumber]

Opini publik Jerman menentang persidangan tersebut. Banyak yang menyangkal fakta-fakta yang ditemukan oleh hakim AS, memuji pembelaan atas kepatuhan terhadap perintah atasan dan memuji kualitas keprajuritan para terdakwa. Yang paling aktif adalah Gereja Protestan dan Katolik.[14]

Setelah munculnya Republik Federal, Kanselir Jerman, Konrad Adenauer dan Bundestag mempertimbangkan pihak yang tergugat. Leverage Jerman meningkat seiring dengan meningkatnya urgensi mempersenjatai kembali Jerman. Di bawah tekanan yang kuat ini, pada tahun 1950, Komisaris Tinggi AS John McCloy membentuk panel peninjauan kembali yang diketuai oleh Hakim David Peck dari New York dan, berdasarkan rekomendasinya, mengurangi hukuman tiga dari enam terdakwa Komando Tinggi yang masih dipenjara. Setelah proses lebih lanjut oleh komisi campuran yang terdiri dari anggota Sekutu dan Jerman, terdakwa Komando Tinggi yang terakhir kembali ke negaranya pada tahun 1954.[15]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Web Genocide Documentation Centre, Case No. 12 Diarsipkan 2012-04-01 di Wayback Machine. (the 13 Generals' trial); euRathlon, UWE Bristol.
  2. ^ Web Genocide Documentation Centre, Case No. 72 Diarsipkan 2005-02-21 di Wayback Machine. (The German high command trial: Trial of Wilhelm von Leeb and thirteen others), UWE Bristol.
  3. ^ Ada juga "Kasus Komando Tinggi" dalam persidangan para penjahat perang besar di hadapan Pengadilan Militer Internasional. Dalam kasus itu, komando tertinggi angkatan bersenjata Jerman (OKWOberkommando Wehrmacht) dibebaskan dari tuduhan menjadi organisasi kriminal.[1]
  4. ^ a b Hebert 2010, hlm. 150.
  5. ^ Hebert 2010, hlm. 95.
  6. ^ a b c d Hebert 2010, hlm. 218.
  7. ^ a b Hebert 2010, hlm. 219.
  8. ^ Heiber 2004, hlm. 938.
  9. ^ Burleigh 1997, hlm. 69.
  10. ^ Hebert 2010, hlm. 216–217.
  11. ^ a b c Hebert 2010, hlm. 3.
  12. ^ a b Hebert 2010, hlm. 151.
  13. ^ Hebert 2010, hlm. 90.
  14. ^ Hebert 2010, hlm. 185–186.
  15. ^ See Detlev F. Vagts, Book Review, American Journal of International Law vol. 104 (2010), p. 548, at 549; reviewing Valerie Geneviève Hébert, Hitler's Generals on Trial: The Last War Crimes Tribunal at Nuremberg. Lawrence, KS: University Press of Kansas, 2010.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]