Geoffrey Lawrence, 1st Baron Oaksey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Geoffrey Lawrence,
Lord Oaksey
Geoffrey Lawrence, difoto pada 1946
Lord of Appeal in Ordinary
Masa jabatan
1947–1957
Sebelum
Pengganti
Lord Denning
Informasi pribadi
Lahir
Geoffrey Lawrence

2 December 1880
London, Inggris, Britania Raya
Meninggal28 Agustus 1971(1971-08-28) (umur 90)
Oaksey, Wiltshire, Inggris, Britania Raya
KewarganegaraanBritania Raya
Alma materNew College, Oxford
PekerjaanBarrister, Hakim
ProfesiPengacara
Karier militer
Pihak Britania Raya
Dinas/cabang Angkatan Darat Britania Raya
SatuanRoyal Artillery
Pertempuran/perangPerang Dunia I
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Geoffrey Lawrence, 3rd Baron Trevethin, 1st Baron Oaksey, DSO, PC, DL, TD (2 Desember 1880 – 28 Agustus 1971) adalah seorang hakim dalam Persidangan Nürnberg dan Presiden Kelompok Yudisial[1][2][3].

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Keluarga Lawrence berasal dari Builth Wells, Radnorshire. Geoffrey Lawrence dilahirkan di London pada tanggal 2 Desember 1880. Geoffrey Lawrence adalah anak bungsu dari Lord Trevethin, yang merupakan Lord Ketua Mahkamah Agung Inggris periode 1921-1922. Lawrence kemudian disekolahkan di Haileybury (dimana Clement Atlee merupakan juniornya). Setelah lulus ia kemudian melanjutkan pendidikannya di New College, Oxford.

Karir Profesional[sunting | sunting sumber]

Lawrence kemudian menjadi Barrister oleh Inner Temple dan kemudian bergabung dengan kelompok Sir Robert Finlay. Kelompok ini mengkhususkan diri untuk terlibat dalam kasus banding yang ditujukan kepada mahkamah-mahkamah tinggi—Dewan Bangsawan untuk urusan dalam negeri dan Komite Yudisial Dewan Penasihat untuk banding yang berkaitan dengan Persemakmuran dan Daerah Koloni. Finlay mulai mengandalkan Lawrence, meskipun untuk kasus-kasus dari Kanada, Lawrence bertindak sebagai penasihat utama dengan Finlay sebagai junior.

Setelah berakhirnya Perang Dunia I, Lawrence kembali menjadi Barrister, Lawrence kembali melanjutkan kasus-kasus yang ditangani ke Dewan Penasihat. Ketertarikannya pada kuda, yang diwarisi dari ayahnya, menyebabkan pengangkatannya sebagai Pengacara Klub Joki dari tahun 1922. Segera setelah ia diangkat sebagai Pencatat Oxford, jabatan hakim paruh waktu.

Pada tahun 1927, Lawrence dijadikan sebagai KIng's Counsel dan ditunjuk menjadi Jaksa Agung Pangeran Wales (dikemudian hari dikenal sebagai Edward VIII. Dengan penunjukannya ini muncullah keanggotaan Dewan Kadipaten Cornwall. Lawrence menjabat dalam kapasitas dan kemampuannya hingga tahun 1932, ketika ia ditunjuk menjadi hakim di Divisi Bangku Raja dan diberikan gelar kebangsawanan berdasarkan peraturan.

Dua hari setelah peristiwa Kristallnacht pada tahun 1938, Lawrence memberikan bantuan kepada Cornelia Oberlander untuk kabur dari Jerman[4].

Sebagai seorang hakim, Lawrence cenderung menghindari sorotan media dengan tidak mengeluarkan penilaian sensasional atau pernyataan yang menarik perhatian pada dirinya sendiri. Ketika Lord Goddard terpilih sebagai Lord Law Lord, Lawrence menggantikannya sebagai Lord Justice of Appeal pada tahun 1944.

Karir di Militer[sunting | sunting sumber]

Pada 26 September 1914, Lawrence kemudian diikutkan dalam Pasuka Teritorial Artileri Lapangan Kerajaan dan diberikan pangkat Letnan Dua[5]. Ia kemudian diangkat menjadi Letnan untuk sementara waktu pada 20 November 1914[6]. Lawrence ditugaskan di Prancis bersama Pasukan Artileri Kerajaan, dan disebutkan dalam laporan ketentara sebanyak dua kali sebagai mayor, dan diberikan penghargaan Distinguished Service Order (DSO) pada tahun 1918[7]. Setelah perang ia terus menjadi anggota Tentara Teritorial hingga tahun 1937.

Persidangan Nürnberg[sunting | sunting sumber]

Lawrence (kiri) dan Francis Biddle (kanan) berbicara pada sesi pembukaan Pengadilan Nürnberg

Geoffrey Lawrence kemudian dipilih atas dasar sebagai hakim yang berpengalaman untuk ikut dalam kelompok Yudisial dalam Pengadilan Nürnberg, meskipun pemilihannya (seperti yang diperkirakan beberapa orang) muncul dari persahabatannya dengan Attlee yang saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri. Dia kemudian terpilih sebagai Hakim Ketua, lebih karena kurangnya musuh dibandingkan faktor lainnya. Perilakunya dalam persidangan dipuji oleh banyak pihak yang terlibat yang mengapresiasi upayanya memahami relevansi setiap bukti, dan kesediaannya untuk menghentikan nasihat yang bertele-tele.

Lawrence tidak mempertimbangkan sebuah pengecualian hukum tapi namun mendapat pujian karena memberikan keputusan yang sangat jelas (sebagian besar ditulis oleh Birkett) yang mengungkapkan makna moral dari kesimpulan Pengadilan. Setelah persidangan, Lawrence dianugerhai gelar kebangsawanan menjadi Baron Oaksey, dari Oaksey di County Wilts. Pada tanggal 13 Januari 1947 (dia juga mewarisi gelar Barony Trevethin dari saudaranya pada tanggal 25 Juni 1959 tetapi ia tetap dikenal sebagai Lord Oaksey).

Sebagai seorang figur hukum senior di Dewan Bangsawan, ia kemudian ditunjuk menjadi Lord of Appeal in Ordinary sejak tahun 1947 dan anggota Komite Yudisial Dewan Penasihat hingga ia pensiun pada tahun 1957.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah pensiun dari jabatan dan keanggotaannya, Lawrence menyibukkan dirinya di peternakannya[8]. Lawrence wafat pada tanggal 28 Agustus 1971 di Oaksey, Wiltshire, Inggris[9].

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Geoffrey Lawrence menikah dengan Marjorie Frances Alice pada tanggal 22 Desember 1921[10]. Alice sebelumnya bekerja di Layanan Teritorial Pembantu selama Perang Dunia II dan dianugerahi tanda kehormatan OBE. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, Alice diangkat menjadi hakim. Pasangan Lawrence dan Alice mempunyai sebuah rumah pedesaan di Oaksey, Wiltshire, dimana Lawrence mengembangbiakkan ternak sapi Guernsey untuk digunakan dalam kejuaraan. Lawrence dan Alice dikaruniai tiga anak perempuan dan satu anak laki-laki yang bernama John. John Lawrence dikemudian hari dikenal sebagai joki amatir dan jurnalis perlombaan kuda.

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :0
  2. ^ "Lord Trevethin And Oaksey". The Times. 30 August 1971. hlm. 8. 
  3. ^ "Lord Oaksey, Nuremberg trials judge". The Daily Telegraph. 30 August 1971. hlm. 4. 
  4. ^ Green, Penelope (9 June 2021). "Cornelia Oberlander, a Farsighted Landscape Architect, Dies at 99". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 June 2021. Diakses tanggal 28 June 2021. 
  5. ^ "No. 28973". The London Gazette. 13 November 1914. hlm. 9275. 
  6. ^ "No. 29038". The London Gazette. 12 January 1915. hlm. 391. 
  7. ^ "No. 30450". The London Gazette (Supplement). 28 December 1917. hlm. 23. 
  8. ^ "Lord Oaksey, Presiding Judge at Nuremberg Trials, Is Dead". The New York Times. London, England. 30 August 1971. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 June 2021. Diakses tanggal 28 June 2021. 
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :03
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :04