Sepak bola di Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wembley, stadion nasional Inggris

Di Inggris sepak bola adalah olah raga nasional yang banyak digemari. Peraturan-peraturan modern pertama permainannya dibuat pada tahun 1863, dan berpengaruh besar pada perkembangan aturan permainan saat ini. Dengan lebih dari 40.000 klub sepak bola, menjadikan Inggris sebagai negara terbanyak yang mempunyai klub yang berpartisipasi.

Inggris dianggap sebagai tempat kelahiran sepak bola. Anggapan ini berdasarkan sejarah yang ada dari Inggris dengan adanya klub sepak bola tertua di dunia (Sheffield FC), Badan Nasional pengatur sepak bola tertua di dunia (The Football Association), tim nasional pertama, kompetisi sistem gugur nasional tertua (Piala FA) dan liga nasional tertua (The Football League). Saat ini Liga domestik Inggris, Liga Primer, adalah salah satu liga olahraga paling populer dan terkaya di dunia[1], dan merupakan rumah bagi beberapa klub terkenal di dunia sepak bola.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Permainan sepak bola modern secara global pertama kali dikodifikasi pada tahun 1863 di London[2]. Latar belakangnya adalah untuk menyatukan permainan sepak bola di sekolah umum dan universitas di Inggris.

Sepak bola dimainkan di Inggris sejak abad pertengahan. Bukti tertulis pertama dari pertandingan sepak bola ditemukan sekitar tahun 1170, ketika William Fitzstephen menulis tentang kunjungannya ke London, "Setelah makan malam semua pemuda kota keluar ke ladang untuk permainan bola yang sangat populer." Permainan menendang bola digambarkan di Inggris dari 1280[3].

Pada tahun 1314, Raja Inggris Edward II, menceritakan tentang olahraga sepak bola dan penggunaan bola[4]. Pada abad ke-16 referensi mengenai tim yang terorganisir dan mempunyai tujuan tertentu muncul. Ada bukti untuk wasit, permainan tim sepak bola yang dimainkan di sekolah bahasa Inggris setidaknya sejak 1581[4].

Aturan Cambridge adalah aturan pertama yang dibuat di Universitas Cambridge pada tahun 1848, secara khusus berpengaruh dalam pengembangan aturan sepak bola berikutnya. Selama tahun 1850-an, banyak klub yang tidak berhubungan dengan sekolah atau universitas terbentuk di seluruh dunia, yang memainkan berbagai bentuk sepak bola. Beberapa muncul dengan aturan permainan mereka sendiri yang berbeda dari aturan yang ada, terutama Sheffield Football Club (klub tertua di dunia), yang dibentuk oleh mantan siswa sekolah umum pada tahun 1857[5], dan mempengaruhi pembentukan Sheffield & Hallamshire Football Association pada tahun 1867.

Royal Engineers AFC (1872) : salah satu tim pertama yang memainkan sepak bola modern seperti sekarang

Pada tahun 1863 sudah berlangsung terhadap pembentukan Asosiasi Sepakbola (FA) dan pertemuan pertama kali diadakan pada 26 Oktober 1863 bertempat di Freemason Tavern di Great Queen Street, London[2].

Pada masa itu, belum ada peraturan permainan sepak bola yang standar, sehingga setiap tim mempunyai aturan sendiri-sendiri. Sheffield bermain dengan aturan sendiri sampai tahun 1870-an dan FA menyerap beberapa aturan yang ada. Sebuah pertandingan antara Sheffield F.C. dan Hallam F.C. pada tanggal 29 Desember 1862 adalah salah satu pertandingan pertama yang disiarkan melalui surat kabar[4].

Pada tanggal 8 Maret 1873, tim nasional Inggris menang 4-2 atas Skotlandia di The Oval dan merupakan kemenangan pertama kalinya di ajang sepak bola internasional[6]. Pada akhir abad ke-19 keadaan didominasi oleh tumbuhnya perpecahan antara tim amatir dan profesional, dan membagi klub menjadi utara-selatan. Klub Utara yang antusias untuk mengadopsi profesionalisme sebagai pekerjaan tidak mau untuk bermain secara amatir, sedangkan klub Selatan masih fanatik dengan kultur amatirnya. Akhirnya, pada tahun 1885 FA mengesahkan profesionalisme.

Direktur Aston Villa William McGregor mengadakan pertemuan dengan wakil-wakil dari klub terkemuka Inggris, dan pertemuan ini menjadi awal dari pembentukan The Football League pada tahun 1888. Preston North End adalah juara di musim perdana 1888-89, dan juga klub pertama yang meraih gelar ganda yaitu juara liga dan juara Piala FA. Kemudian disusul oleh Aston Villa mengulangi prestasi tersebut di musim 1896-97.

Sistem liga[sunting | sunting sumber]

Liga profesional pertama kali dibentuk pada tahun 1888 oleh Direktur Aston Villa yaitu William McGregor. Sejak didirikan, kemudian banyak liga lainnya didirikan di Inggris. Selama bertahun-tahun telah terjadi peningkatan upaya untuk menghubungkan semua liga untuk menjadi sebuah kesatuan dengan bentuk struktur piramida dan memungkinkan adanya promosi dan degradasi antara tingkat yang berbeda. Motivasi utama untuk usaha ini adalah untuk menjaga kemungkinan bahwa setiap klub di Inggris mungkin berkeinginan suatu hari naik ke bagian yang paling atas, tidak peduli apa status mereka.

Dalam penelitian yang dibuat oleh FIFA pada tahun 2006 ada sekitar 40.000 klub terdaftar di FA, sehingga Inggris adalah negara yang memiliki klub sepak bola paling banyak dibanding negara lain di dunia[7]. Di urutan kedua adalah Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) yang memiliki 29.000 klub terdaftar[8][9].

Liga Primer[sunting | sunting sumber]

Liga Primer atau bisa disebut juga dengan Liga Utama Inggris, dibentuk mulai musim 1992-93 sebagai akibat dari ketidakpuasan klub-klub terkemuka Inggris saat itu yang sebelumnya bermain dengan The Football League. Tetapi hubungan dengan kompetisi Football League tetap dipertahankan, dan setiap akhir musim tiga klub terbawah yang terdegradasi dari Liga Primer diganti dengan tiga klub teratas dari Championship.

Liga Primer bersifat sebagai divisi tunggal dan diikuti oleh 20 klub dalam setiap musim. Setiap klub di Liga Primer dalam setiap musim tertentu memiliki satu per duapuluh bagian di liga, yang berarti bahwa mereka semua adalah pemilik dengan hak dan tanggung jawab yang sama.

The Football League[sunting | sunting sumber]

Sebelum terbentuk Liga Primer pada tahun 1992, Football League adalah kompetisi liga sepak bola tingkat teratas di Inggris, dan tercatat sebagai kompetisi liga nasional tertua di Inggris dan di dunia. Sebelum menjadi kompetisi tingkat kedua di Inggris, Football League sudah beroperasi hingga menjadi 4 divisi, yang dibagi menjadi Divisi 1, Divisi 2, Divisi 3 dan Divisi 4.

Saat ini Football League diikuti oleh 72 klub yang berjalan dengan 3 divisi yaitu Championship, League One dan League Two dan setiap divisi diikuti oleh 24 klub. Sistem promosi dan degradasi juga diberlakukan di antara 3 divisi tersebut.

Football Conference[sunting | sunting sumber]

Di bawah Football League ada yang dikenal sebagai "sepak bola non-Liga". Istilah ini dapat membingungkan, karena mengacu pada klub-klub di luar Football League, meskipun mereka masih bermain di kompetisi liga yang terorganisir. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa tingkat diatas telah dikonsolidasikan ke dalam Sistem Liga Nasional, yang dioperasikan oleh FA[10].

Dilevel ini dikenal dengan nama Football Conference[11]. Sebagian besar klub di level ini adalah profesional dan sebagian sisanya adalah semi-profesional.

Ada promosi otomatis dan degradasi antara Football League Two dan Conference National. Di level ini juga dikenal sebagai sistem piramida, karena jumlah liga di tiap tingkat, semakin kebawah semakin meningkatkan, dengan masing-masing liga yang mencakup wilayah geografis yang lebih kecil[11].

Liga Amatir[sunting | sunting sumber]

Meskipun FA sudah tidak mengenal definisi formal "amatir" di awal tahun 1970, sebagian besar klub masih efektif bermain sebagai amatir, tanpa imbalan keuangan dan liga amatir bukan bagian dari Sistem Liga Nasional.

Di tingkat amatir liga diatur oleh Amateur Football Alliance (AFA) yang langsung berafiliasi ke FA[12]. AFA adalah asosiasi sepak bola yang terdapat di berbagai County di Inggris, yang didasarkan pada sekitar batas-batas daerah bersejarah, dan juga badan pengatur sepak bola lokal di Inggris. Mereka juga mengatur semua aspek Liga Sepak bola Minggu.

Tidak semua di asosiasi sepak bola dibentuk berdasarkan county. Angkatan bersenjata Inggris juga memiliki setidaknya satu asosiasi, misalnya seperti Asosiasi Sepak Bola Angkatan Darat yang mengelola sepak bola dalam Angkatan Darat Inggris[13].

Aliansi Sepakbola Amatir (AFA) adalah kompetisi terbesar amatir yang terorganisir, dan menjadi sangat kuat di daerah London. AFA juga dianggap sebagai perwakilan FA di daerah (county) dan menjadi pengatur liga daerah (county), seperti misalnya 'Liga Arthur yang berisi dua pemenang Piala FA, yaitu Old Etonians dan Old Carthusians.

Liga Sepak Bola Minggu di Inggris dianggap sebagai tingkat terendah dalam tingkat sepak bola amatir, yang juga kadang-kadang disebut sebagai Liga Pub karena jumlah rumah publik yang digunakan sebuah tim pada saat pertandingan hari Minggu. Setiap asosiasi sepak bola county mengatur semua aspek Liga Sepak Bola Minggu.

Liga Tim Cadangan[sunting | sunting sumber]

Tingkat teratas dari liga profesional tim cadangan adalah Liga Primer Tim Cadangan (bahasa Inggris: Premier Reserve League), yang dibentuk pada tahun 1999. Liga Primer Tim Cadangan ini kemudian dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu utara dan selatan dengan masing-masing peserta sebanyak 10 tim.

Tidak ada promosi dan degradasi di liga tim cadangan. Ketika sebuah tim utama terdegradasi dari Liga Primer, maka tim cadangan akan menarik diri mereka dari liga primer tim cadangan dan digantikan oleh tim cadangan yang tim utamanya promosi ke Liga Primer.

Di bawah liga tim cadangan profesional, banyak klub juga mengoperasikan tim cadangan, yang bermain di liga Cadangan terpisah, seperti Liga Lancashire. Beberapa liga yang lebih rendah, seperti Liga Sepak Bola County Barat-Utara mengatur liga tim cadangan mereka sendiri.

Liga Akademi[sunting | sunting sumber]

Banyak klub memiliki tim akademi sebagai pembinaan pemain mudanya. Pada tahun 1997 dibentuk Liga Primer Tim Akademi (bahasa Inggris: Premier Academy League) yang bisa diikuti oleh semua klub baik dari Liga Primer maupun Football League yang memiliki akademi pemain muda. Liga saat ini diikuti oleh 40 klub, dibagi menjadi empat kelompok masing-masing dengan sepuluh tim. Para pemenang dari setiap kelompok di akhir musim akan bertanding di babak play-off untuk menentukan juara liga.

Liga pemuda tingkat kedua adalah Aliansi Liga Sepak Bola Pemuda (bahasa Inggris: Football League Youth Alliance), yang juga didirikan pada tahun 1997. Sat ini liga ini memiliki 58 klub, dibagi menjadi empat liga konferensi regional, dan juga mengoperasikan Piala Aliansi Pemuda tahunan.

Kompetisi Piala[sunting | sunting sumber]

Piala FA tahun 1896

Ada beberapa piala kompetisi untuk klub-klub di berbagai tingkat piramida sepak bola di Inggris. Dua kompetisi piala utama adalah Piala FA dan Piala Liga, dan pemenang dari 2 kompetisi ini berhak mengikuti Liga Eropa UEFA.

  • Piala FA adalah kompetisi piala nasional tertua dan paling dihormati. Kompetisi ini terbuka untuk sekitar 600 klub di tingkat 1-11 dari piramida sepak bola Inggris, pertama kali diadakan pada tahun 1872.
  • Piala Liga adalah kompetisi piala utama kedua di Inggris, dan diperebutkan oleh 92 klub dari Liga Primer dan Football League.
  • FA Community Shield merupakan pertandingan tunggal yang dimainkan setiap bulan Agustus antara juara Piala FA dan juara Liga Primer.
  • Trofi Liga adalah sebuah kompetisi piala untuk klub di Football League One dan Football League Two.
  • Trofi FA adalah piala untuk klub yang bermain di tingkat 5-8 dari piramida sepak bola Inggris (tingkat 1-4 dari Sistem Liga Nasional), yaitu dua belas divisi dari Football Conference, Football Liga Selatan, Liga Isthmian dan Northern Premier League[14].
  • FA Vase adalah piala untuk klub di tingkat 9-10 dari piramida sepak bola Inggris (tingkat 5-6 dari Sistem Liga Nasional)[14].
  • Piala Liga Conference adalah untuk klub di tingkat 5-6 yakni tiga divisi Football Conference yang dibentuk pada tahun 1979.
  • Piala FA Sunday merupakan kompetisi sistem gugur nasional untuk semua tim liga Minggu, yang sudah berlangsung dari tahun 1965. Final tahun 2008 diadakan di Stadion Anfield.
  • Piala AFA Senior adalah kompetisi sepak bola amatir yang diselenggarakan oleh Aliansi Sepakbola Amatir.

Selain itu juga terdapat beberapa kompetisi piala yang saat ini sudah tidak diadakan lagi yaitu:

  • Piala FA Amatir (1893–1974)
  • Sheriff of London Charity Shield (1898–1907, 1931–1934 dan 1965–1966)
  • Piala Anglo-Italian (1970–1973, 1976–1986 dan 1992–1996)
  • Piala Watney (1970–1973)
  • Piala Texaco Cup (1971–1975)
  • Piala Anglo-Scottish (1975–1981)
  • Piala Super Inggris (1985)
  • Piala Full Members (1985–1992)

Kualifikasi Kompetisi Eropa[sunting | sunting sumber]

Klub-klub yang mencapai peringkat terbaik di Liga Primer, Piala FA atau Piala Liga dapat memenuhi syarat untuk bersaing di berbagai kompetisi Eropa yang diadakan oleh UEFA pada musim berikutnya. Jumlah klub Inggris yang bermain di Eropa dalam satu musim dapat berkisar antara 7-9, tergantung pada skenario kualifikasi. Saat ini, Inggris diberikan tempat-tempat di kompetisi Eropa sebagai berikut :

Kompetisi Kualifikasi Catatan
Liga Champions UEFA Posisi ke-1 di Liga Primer
Posisi ke-2 di Liga Primer
Posisi ke-3 di Liga Primer
Babak play-off Liga Champions UEFA untuk Non-Juara Posisi ke-4 di Liga Primer Jika juara bertahan tidak lolos ke Liga Champions, mereka akan mengambil tempat ini dan klub posisi ke-4 akan mengikuti Liga Eropa UEFA Unggulan akan disesuaikan, sebagai pemegang gelar masuk pada babak penyisihan grup.
Liga Eropa UEFA Setiap klub Inggris yang menang Liga Eropa UEFA dan belum lolos kualifikasi untuk kompetisi Eropa Pada peraturan Liga Eropa UEFA (Peraturan 1,06)[15], calon klub ke Liga Eropa UEFA tidak akan mengorbankan calon klub lain yang berhak dari federasi nasional.
Babak play-off Liga Eropa UEFA Posisi ke-5 di Liga Primer Jika klub urutan kelima telah lolos ke Eropa melalui Piala FA, maka klub tertinggi berikutnya akan mendapatkan tempat ini
Juara Piala FA Jika juara Piala FA sudah lolos ke Liga Champions, (sesuai dengan Peraturan 1,04)[15], maka runner-up Piala FA berhak atas tempat ini; jika mereka juga sudah lolos ke Liga Champions UEFA, urutan klub tertinggi berikutnya yang menyelesaikan liga belum memenuhi syarat untuk kompetisi Eropa. Dalam kedua kasus ini, jika klub baru menyelesaikan liga dengan posisi lebih rendah dari klub yang mulai di babak sebelumnya, maka klub akan menukar babak awal mereka.
Kualifikasi babak ke-3 Liga Eropa UEFA Juara Piala Liga Jika juara Piala Liga sudah lolos ke Eropa dengan menyelesaikan Liga Primer dengan posisi lebih tinggi, maka klub tertinggi berikutnya mendapat tempat ini
Kualifikasi babak ke-1 Liga Eropa UEFA Klub Liga Primer dengan yang peringkat UEFA Fair Play terbaik yang belum memenuhi syarat untuk Eropa, tetapi hanya bisa jika Inggris memiliki salah satu dari tiga posisi teratas dan memiliki skor fair play di atas 8.

Sebagai tambahan, karena berlangsung dalam satu kompetisi Eropa, maka ada kemungkinan untuk memenuhi syarat yang lain:

  • Semua klub yang menang dari babak play-off Liga Champions maju ke Liga Champions UEFA
  • Semua klub yang kalah dari babak play-off Liga Champions maju ke Liga Eropa UEFA
  • Semua klub yang menang dari babak playoff Liga Eropa UEFA maju ke Liga Eropa UEFA
  • Setiap klub yang bermain di Liga Champions yang berada di peringkat ketiga di babak penyisihan grup masuk ke Liga Eropa UEFA pada babak 32.

Tim nasional[sunting | sunting sumber]

Tim nasional sepak bola Inggris merupakan perwakilan Inggris di sepak bola internasional. Tim nasional Inggris juga salah satu dari dua tim nasional sepak bola tertua di dunia, yang salah satunya lagi adalah Skotlandia. Inggris adalah salah satu dari delapan tim nasional yang telah memenangkan Piala Dunia dan menjadi juara dunia pada tahun 1966. Tim nasional Inggris selalu menempati peringkat 10 besar FIFA[16].

Selain itu ada juga sejumlah tim nasional lainnya dari tim U-16 hingga tim U-21, yang terakhir yang dianggap tim pelapis untuk tim nasional. Selain itu ada tim Inggris B yang sesekali memainkan pertandingan sebagai dukungan untuk tim nasional.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ David Anderson (14 Februari 2008). "English Premier League is the richest in the world". Mirror Football. Diakses 7 Agustus 2012. 
  2. ^ a b "History of the FA". Football Association (FA). Diarsipkan dari aslinya tanggal 7 April 2005. Diakses 7 Agustus 2012. 
  3. ^ Tyler, Martin; Soar, Phil (1987-09-21). Encyclopaedia of British Football. HarperCollinsWillow. ISBN 0-00-218290-4. 
  4. ^ a b c "History of Football". Spartacus Educational. Diakses 7 Agustus 2012. 
  5. ^ Harvey, Adrian (2005-05-17). Football, the First Hundred Years: The Untold Story of the People's Game. Routledge. hlm. 126. ISBN 0-415-35018-2. 
  6. ^ Jostein Nygård (16 Mei 2008). "England - International Results". RSSSF -- The Rec.Sport.Soccer Statistics Foundation. Diakses 7 Agustus 2012. 
  7. ^ "FIFA Big Count 2006: 270 million people active in football" (PDF). FIFA Communications Division. 2007-05-31. hlm. 12. Diakses 8 Agustus 2012. 
  8. ^ Mário de Andrade. "Brazil-Land of Soccer". portal 2014.org.br. Diakses 8 Agustus 2012. 
  9. ^ "arquivo de clubes brasileiros de futebol". arquivodeclubes.com. Diakses 8 Agustus 2012. 
  10. ^ "The FA National League System". TheFA.com. Diakses 8 Agustus 2012. 
  11. ^ a b "Football Conference History". footballconference.co.uk. Diakses 8 Agustus 2012. 
  12. ^ "Amateur Football Alliance-About us". amateurFA.com. Diakses 8 Agustus 2012. 
  13. ^ "ArmyFA history". ArmyFA.com. Diakses 8 Agustus 2012. 
  14. ^ a b "About The FA Vase". TheFA.com. Diakses 8 Agustus 2012. 
  15. ^ a b "Regulations of the UEFA Cup 2007/08" (PDF). UEFA. April 2007. Diakses 2008-10-17. 
  16. ^ "The FIFA World Ranking". Fifa.com. Diakses 8 Agustus 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]