Trofi FA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Trofi FA
TheFATrophy 659.jpg
Dibentuk 1969
Wilayah  Inggris
 Wales
Jumlah tim 266 (2011–12)
Juara bertahan York City
Klub tersukses Scarborough, Woking, Telford United
(3 masing-masing gelar)
Situs web Trofi FA
Soccerball current event.svg Trofi FA 2011–12

The Football Association Challenge Trophy umumnya dikenal sebagai Trofi FA adalah adalah kompetisi sepak bola sistem gugur tahunan di Inggris. Kompetisi ini dinamakan dan dijalankan langsung oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang diadakan terutama untuk klub-klub semi-profesional.

Turnamen ini mulai diadakan pada tahun 1969 untuk menampung klub-klub non-liga (di luar Football League) yang membayar pemain mereka dan karena itu tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Piala FA Amatir. Aturan kelayakan telah berubah dari waktu ke waktu, tetapi dari tahun 2008 dan seterusnya kompetisi bisa diikuti oleh klub yang bermain di Step 1-4 dari Sistem Liga Nasional, atau setara dengan Tingkat 5-8 dari sistem liga sepak bola Inggris secara keseluruhan. Sehingga turnamen ini mencakup Liga Conference, Liga Selatan, Liga Isthmian, dan Liga Utara.

Final kompetisi ini biasanya diadakan di Stadion Wembley. Rekor pemenang untuk Trofi FA terbanyak dipegang oleh tiga klub dengan masing-masing sebanyak 3 gelar yaitu oleh Woking dan 2 klub yang sudah bubar yaitu Scarborough and Telford United. Pemenang terakhir trofi ini adalah York City yang mengalahkan Newport County 2-0 di final pada tahun 2012.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]