Trofi EFL

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Trofi Liga Inggris)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Trofi EFL
Papa John's EFL Trophy.png
Badan indukLiga Sepak Bola Inggris
Didirikan1984; 37 tahun lalu (1984), sebagai Piala Anggota Asosiasi
WilayahInggris
Wales
Jumlah tim64
Juara bertahanSunderland (gelar ke-1)
Tim tersuksesBristol City (3 gelar)
Trofi EFL 2021–2022

Trofi Liga Inggris (bahasa Inggris: Football League Trophy), biasa disebut sebagai Trofi Liga atau Trofi Johnstone's Paint (bahasa Inggris: Johnstone's Paint Trophy) sesuai dengan sponsor saat ini, adalah salah satu kompetisi sepak bola di Inggris. Sama seperti Piala Liga Inggris format kompetisi yang digunakan adalah sistem gugur. Kompetisi ini diikuti oleh 48 klub dari Liga Satu Inggris dan Liga Dua Inggris, dua divisi terbawah dalam empat divisi liga sepak bola profesional Inggris.

Kompetisi ini dimulai pada musim 1983-84 saat masih bernama Piala Associate Members, tetapi dari tahun 1992 telah bernama Trofi Liga, setelah klub-klub divisi lebih rendah menjadi anggota penuh dari The Football League. Kompetisi ini menggantikan kompetisi-singkat Football League Cup Grup, sebuah kompetisi yang hanya berlangsung di musim 1981-82 dan 1982-83 (meskipun membingungkan, pada tahun kedua itu juga disebut Trofi[1][2] Liga). Kompetisi ini telah bekerja sama dengan sponsor sejak berlangsungnya edisi kedua.

Seri pertama dilakukan di bulan Agustus, setelah itu kompetisi berjalan paralel antara kompetisi wilayah utara dan kompetisi wilayah selatan, setelah itu dua pemenang akan bertemu pada akhir Maret atau awal April di final yang biasanya berlangsung di stadion nasional Inggris, Wembley. Format dasar kompetisi utara-selatan telah ada sejak awal, meskipun rincian lainnya telah bervariasi selama bertahun-tahun, termasuk dalam beberapa tahun mengundang klub dari semi-profesional Conference National.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definisi Trofi". kamusbahasaindonesia.org. Diakses tanggal 28 Agustus 2012. 
  2. ^ "trofi". Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Diakses tanggal 28 Agustus 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]