Piala FA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Piala FA
Fa cup.svg
Didirikan1871; 147 tahun lalu (1871)
Wilayah Inggris
 Wales
Jumlah tim736 (2018–2019)
Kualifikasi untukLiga Eropa UEFA
Domestic cup(s)FA Community Shield
Juara bertahanManchester City (gelar ke-6)
Tim tersuksesArsenal (13 gelar)
Televisi penyiarBendera Inggris BBC Sport
Bendera Inggris BT Sport
WebsiteSitus resmi
Piala FA 2019–2020

The Football Association Challenge Cup, umumnya dikenal sebagai Piala FA, adalah kompetisi sepak bola sistem gugur tahunan di Inggris dan merupakan kompetisi sepak bola tertua di dunia.[1] Kompetisi ini dinamakan dan dijalankan langsung oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang mengacu kepada klub-klub sepak bola pria yang ada di Inggris, sedangkan untuk wanita juga diadakan tetapi dengan nama yang berbeda. Saat ini Piala FA mendapat dukungan sponsor dari Fly Emirates.

Piala FA pertama kali diselenggarakan pada musim 1871-72. Turnamen ini terbuka untuk semua tim yang berlaga di Liga Primer, Football League, Football Conference dan klub-klub Step 3-5 serta beberapa klub Step 6 terpilih dari Sistem Liga Nasional.[2]

Kompetisi pertama[sunting | sunting sumber]

Ketika pertama kali digelar pada musim 1871-1872, kompetisi ini hanya diikuti oleh 17 klub.

Wanderers, klub yang didirikan oleh orang-orang sekolah negeri dan diperkuat pemain-pemain universitas, menjadi juara untuk pertama kalinya. Di final, mereka mengalahkan Kennington Oval, 1-0. Pada pertandingan yang disaksikan sekitar 2.000 orang itu, gol kemenangan Wanderers dicetak Morton Betts.

Kualifikasi untuk kompetisi berikutnya[sunting | sunting sumber]

Sepak bola Eropa[sunting | sunting sumber]

Pemenang Piala FA lolos ke Liga Eropa UEFA musim berikutnya (sebelumnya bernama Piala UEFA; dari peluncurannya pada tahun 1960 hingga 1998, mereka memasuki Piala Winners UEFA yang sekarang sudah tidak berlaku sebagai gantinya). Tempat Eropa ini berlaku bahkan jika tim terdegradasi atau tidak berada dipapan atas Inggris. Di masa lalu, jika tim pemenang Piala FA juga lolos ke Liga Champions musim berikutnya atau Liga Eropa melalui kinerja liga atau Eropa mereka, maka finalis Piala FA yang kalah diberikan tempat berlabuh dikompetisi Eropa dari pemenang Piala Liga dan pemenang Piala Liga akan diberi tempat berlabuh sebagai gantinya (di era Piala Winners, tim yang lolos ke Piala UEFA melalui kompetisi lain akan dipromosikan ke Piala Winners sebagai gantinya). Pemenang Piala FA memasuki Liga Eropa dibabak penyisihan grup. Finalis yang kalah, jika mereka belum lolos ke Eropa melalui liga, mulai lebih awal, pada babak play-off atau babak kualifikasi ketiga.[3] Dari musim Liga Eropa UEFA 2015–2016, UEFA tidak mengizinkan peringkat kedua lolos ke Liga Eropa melalui kompetisi.[4] Jika pemenang — dan sampai 2015, peringkat kedua — telah lolos ke Eropa melalui posisi liga mereka (dengan pengecualian Piala UEFA hingga 1998), tempat Piala FA kemudian diberikan kepada tim tempat tertinggi di liga. yang belum memenuhi syarat.

FA Comunnity Shield[sunting | sunting sumber]

Pemenang Piala FA juga lolos ke pertandingan tunggal FA Comunnity Shield musim berikutnya, pembuka musim tradisional dimainkan melawan juara Liga Premier musim sebelumnya (atau peringkat kedua Liga Utama jika pemenang Piala FA juga memenangkan liga – ganda).

Piala[sunting | sunting sumber]

Desain asli[sunting | sunting sumber]

Piala asli 1871[sunting | sunting sumber]

Trofi pertama, 'idola timah kecil', dibuat oleh Martin, Hall & Co dengan biaya £20[5] Itu dicuri dari jendela toko sepatu Birmingham milik William Shillcock saat dipegang oleh Aston Villa pada 11 September 1895 dan tidak pernah terlihat lagi. Meskipun mendapat hadiah £10 untuk informasi, kejahatan itu tidak pernah diselesaikan. Seperti yang terjadi saat itu dalam perawatan mereka, FA mendenda Villa £25 untuk membayar pengganti.

Lebih dari 60 tahun kemudian, 80 tahun penjahat karir Henry (Harry) James Burge mengaku telah melakukan pencurian, mengaku disebuah surat kabar, dengan cerita yang diterbitkan di koran Sunday Pictorial pada 23 Februari 1958. Dia mengaku telah melakukan perampokan dengan dua pria lain, meskipun ketika perbedaan dengan laporan kontemporer disurat kabar Birmingham Post (kejahatan yang ditulis polisi sebelum laporan) dalam akunnya tentang cara masuk dan barang-barang lainnya yang dicuri, para detektif memutuskan tidak ada kemungkinan realistis untuk sebuah hukuman dan kasus itu ditutup. Burge mengklaim piala itu telah dilebur untuk membuat koin tiruan half-crown, yang cocok dengan kecerdasan yang diketahui saat itu, dimana perak yang dicuri digunakan untuk menempa koin yang kemudian dicuci melalui toko-toko taruhan di arena balap lokal, meskipun Burge tidak memiliki sejarah pemalsuan masa lalu dalam catatan 42 vonis sebelumnya dimana dia menghabiskan 42 tahun di penjara. Dia telah dipenjara lebih lanjut pada tahun 1957 selama tujuh tahun karena pencurian mobil. Dirilis pada tahun 1961, ia meninggal pada tahun 1964.[6]

Replika 1895[sunting | sunting sumber]

Trofi Piala FA kedua, digunakan sekitar tahun 1896 dan 1910.

Setelah dianggap usang dan dilakukannya desain ulang, replika 1895 disajikan pada tahun 1910 kepada presiden FA Lord Kinnaird yang sudah lama menjabat.[7] Kinnaird meninggal pada tahun 1923, dan keluarganya menyimpannya dikediaman mereka, tidak terlihat, sampai membuatnya dilelang pada tahun 2005.[8] Itu dijual di rumah lelang Christie's pada 19 Mei 2005 seharga £420.000 (£478.400 termasuk biaya lelang dan pajak).[7] Harga jual menetapkan rekor dunia baru untuk sepotong memorabilia sepak bola, melampaui £254.000 yang dibayarkan untuk Piala Dunia Jules Rimet Trophy pada tahun 1997.[9] Penawar yang berhasil adalah David Gold, ketua bersama Birmingham City saat itu; mengklaim FA dan pemerintah tidak melakukan apa-apa proaktif untuk memastikan piala tetap di negara itu, Gold menyatakan pembeliannya dimotivasi oleh keinginan untuk menyimpannya untuk negara.[9] Oleh karena itu, Emas mempersembahkan piala itu ke National Football Museum di Preston pada tanggal 20 April 2006, dimana ia segera dipajang didepan umum.[8] Kemudian pindah dengan museum ke lokasi barunya di Manchester.[7] Pada November 2012, itu secara seremonial dihadiahkan kepada Royal Engineers, setelah mereka mengalahkan Wanderers 7-1 dalam ulangan amal final Piala FA pertama.

Desain saat ini[sunting | sunting sumber]

Piala asli 1911[sunting | sunting sumber]

Trofi yang dirancang ulang yang pertama kali digunakan pada tahun 1911 lebih besar dengan tinggi 61,5 cm (24,2 inci), dan dirancang dan diproduksi oleh Fattorini's of Bradford, yang secara kebetulan dimenangkan oleh Bradford City dalam final pertamanya.[10][7]

Pada episode 27 Maret 2016 dari program televisi BBC Antiques Roadshow, trofi ini dihargai £1 juta oleh pakar Alastair Dickenson, meskipun ia menyarankan bahwa, karena desain yang menampilkan penggambaran anggur dan tanaman merambat, mungkin tidak diproduksi secara khusus untuk FA, tetapi sebagai gantinya merupakan desain off-the-shelf yang awalnya dimaksudkan untuk menjadi pendingin anggur atau sampanye.[7]

Replika yang lebih kecil, namun identik, juga dibuat oleh Fattorini, trofi Piala FA Wales Utara, dan diperebutkan setiap tahun oleh anggota Asosiasi regional tersebut.[11]

Replika 1992[sunting | sunting sumber]

Desain trofi Piala FA saat ini (foto trofi replika tahun 1992)

Replika 1992 dibuat oleh Toye, Kenning dan Spencer.[12] Salinan piala ini juga diproduksi, jika terjadi sesuatu pada piala primer.[13]

Replika 2014[sunting | sunting sumber]

Replika 2014 dibuat oleh Thomas Lyte, buatan tangan dalam perak 925 sterling selama 250 jam. Peningkatan berat piala untuk daya tahan yang lebih tinggi telah membuatnya menjadi 6,3 kilogram (14 lb).[10]

Stadion Wembley[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1923, final Piala FA digelar di Stadion Wembley. Stadion ini merupakan gagasan Duke of York, yang kelak menjadi Raja George VI. Stadion yang kemudian menjadi simbol sepak bola Inggris itu dibangun dengan total biaya 750.000 poundsterling.

Adalah Bolton Wanderers dan West Ham United, dua tim yang beruntung tampil untuk pertama kalinya di final di Wembley. Final ini kemudian tercatat dalam sejarah karena dihadiri sekitar 200.000 penonton, yang membeludak hingga ke pinggir lapangan.

Tahun 2001-2006, Stadion Wembley direnovasi sehingga final Piala FA dipindah ke Stadion Millennium, Cardiff. Sejak tahun 2007, Piala FA mulai diselenggarakan kembali ke Stadion Wembley yang sudah selesai direnovasi dan ditandai dengan dipakainya Stadion Wembley dalam partai final yang mempertemukan Chelsea dengan Manchester United.

Jika jumlah penonton di final Wembley 1923 dianggap yang terbesar, jumlah penonton tersedikit dicatat klub Aldershot Town pada tahun 1986. Kala itu, di putaran ketiga, pertandingan melawan Oxford United hanya dihadiri oleh 2.034 orang. Namun, Aldershot Town yang datang dari Divisi Keempat sukses mengalahkan Oxford United yang berasal dari Divisi Pertama dengan skor 3-0.

Rekor dan Final[sunting | sunting sumber]

Sepanjang sejarahnya, rekor gol terbanyak yang dicetak dalam satu pertandingan masih dipegang oleh Nottingham Forest. Rekor ini dicatat Forest pada musim 1890-1891 saat mengalahkan Clapton, 14-0.

Sementara itu, rekor rata-rata pemain tertua yang tampil di final dipegang oleh Arsenal. "The Gunners" menurunkan pemain yang rata-rata berusia 31 tahun pada starting eleven-nya, ketika mengalahkan Liverpool di final tahun 1950.

Sejauh ini, Arsenal menjadi klub yang paling banyak menjadi jawara dengan koleksi 13 gelar. Arsenal juga menjadi klub yang paling sering tampil di final Piala FA dengan sebanyak 20 kali.

Sejak final tahun 1872, ada 12 klub yang sukses tampil di partai puncak, tetapi tak pernah bisa memboyong piala ke markasnya. Mereka adalah Bristol City, Birmingham City, Leicester City, Luton Town, Fulham, Queens Park Rangers, Brighton & Hove Albion, Watford, Crystal Palace, Middlesbrough, dan Millwall. Bahkan, Leicester City mencatat empat kali tampil di final (tahun 1949, 1961, 1963, dan 1969), dan selalu pulang dengan tangan hampa.

Salah satu final yang menarik adalah 3 gol pada masa injury time. Hal ini terjadi pada final tahun 1979 saat Arsenal mengalahkan Manchester United 3-2. Pada babak pertama Arsenal unggul 1-0, kemudian diperbesar menjadi 2-0 di pertengahan babak kedua. Namun dalam waktu 2 menit di penghujung babak kedua, Manchester United berhasil menyamai skor menjadi 2-2, sebelum gol dari Alan Sunderland semenit kemudian untuk membuat Arsenal menang.

Final tahun 2006, saat Liverpool menjungkalkan West Ham lewat adu penalti, dianggap sebagai salah satu final terbaik. Kala itu, Liverpool yang difavoritkan tertinggal lebih dulu sebelum pada masa injury time babak kedua Steven Gerrard menyamakan kedudukan. Namun "The Reds" kemudian bisa memaksakan skor imbang 3-3 dan akhirnya menang lewat adu penalti. Pertandingan ini juga menjadi final kedua yang berlangsung hingga babak adu penalti setelah final FA musim lalu, yang mempertemukan Arsenal dan Manchester United.

Ashley Cole menjadi pemain yang paling banyak mengangkat piala ini dengan 7 kali. Ia mendapatkannya bersama Arsenal pada 2002, 2003, dan 2005. Ia lalu membahkan lebih banyak lagi bersama Chelsea pada 2007, 2009, 2010, dan 2012.

Dan pemain yang tidak hanya paling sering tampil di final tetapi juga mencetak gol di final tersebut adalah Didier Drogba, legenda Chelsea dari Pantai Gading. Ia membuat rekor itu pada final 2007, 2009, 2010, dan 2012.

Pemenang dan finalis[sunting | sunting sumber]

Hasil menurut tim[sunting | sunting sumber]

Sejak didirikan, Piala FA telah dimenangkan oleh 43 tim yang berbeda. Tim yang ditampilkan dalam huruf miring tidak lagi ada. Selain itu, Queen's Park tidak lagi memenuhi syarat untuk memasuki Piala FA setelah keputusan Asosiasi Sepak Bola Skotlandia pada tahun 1887.[14]

Hasil menurut tim
Klub Menang Final pertama
yang dimenangkan
Final terakhir
yang dimenangkan
Peringkat
kedua
Final terakhir
yang kalah
Total penampilan
difinal
Arsenal 13 1930 2017 7 2001 20
Manchester United 12 1909 2016 8 2018 20
Chelsea 8 1970 2018 5 2017 13
Tottenham Hotspur 8 1901 1991 1 1987 9
Liverpool 7 1965 2006 7 2012 14
Aston Villa 7 1887 1957 4 2015 11
Newcastle United 6 1910 1955 7 1999 13
Manchester City 6 1904 2019 5 2013 11
Blackburn Rovers 6 1884 1928 2 1960 8
Everton 5 1906 1995 8 2009 13
West Bromwich Albion 5 1888 1968 5 1935 10
Wanderers 5 1872 1878 0 5
Wolverhampton Wanderers 4 1893 1960 4 1939 8
Bolton Wanderers 4 1923 1958 3 1953 7
Sheffield United 4 1899 1925 2 1936 6
Sheffield Wednesday[A] 3 1896 1935 3 1993 6
West Ham United 3 1964 1980 2 2006 5
Preston North End 2 1889 1938 5 1964 7
Old Etonians 2 1879 1882 4 1883 6
Portsmouth 2 1939 2008 3 2010 5
Sunderland 2 1937 1973 2 1992 4
Nottingham Forest 2 1898 1959 1 1991 3
Bury 2 1900 1903 0 2
Huddersfield Town 1 1922 1922 4 1938 5
Oxford University 1 1874 1874 3 1880 4
Royal Engineers 1 1875 1875 3 1878 4
Derby County 1 1946 1946 3 1903 4
Leeds United 1 1972 1972 3 1973 4
Southampton 1 1976 1976 3 2003 4
Burnley 1 1914 1914 2 1962 3
Cardiff City 1 1927 1927 2 2008 3
Blackpool 1 1953 1953 2 1951 3
Clapham Rovers 1 1880 1880 1 1879 2
Notts County 1 1894 1894 1 1891 2
Barnsley 1 1912 1912 1 1910 2
Charlton Athletic 1 1947 1947 1 1946 2
Old Carthusians 1 1881 1881 0 1
Blackburn Olympic 1 1883 1883 0 1
Bradford City 1 1911 1911 0 1
Ipswich Town 1 1978 1978 0 1
Coventry City 1 1987 1987 0 1
Milton Keynes Dons[B] 1 1988 1988 0 1
Wigan Athletic 1 2013 2013 0 1
Leicester City 0 4 1969 4
Queen's Park 0 2 1885 2
Birmingham City 0 2 1956 2
Crystal Palace 0 2 2016 2
Watford 0 2 2019 2
Bristol City 0 1 1909 1
Luton Town 0 1 1959 1
Fulham 0 1 1975 1
Queens Park Rangers 0 1 1982 1
Brighton & Hove Albion 0 1 1983 1
Middlesbrough 0 1 1997 1
Millwall 0 1 2004 1
Stoke City 0 1 2011 1
Hull City 0 1 2014 1
  1. ^ Total Sheffield Wednesday mencakup dua kemenangan dan satu kekalahan dengan nama The Wednesday sebelumnya.
  2. ^ Wimbledon pindah pada tahun 2004 dari London selatan ke Milton Keynes berpindah klub sebagai Milton Keynes Dons, tetapi inkarnasi klub saat ini menganggap bahwa itu didirikan pada tahun 2004 dan tidak mengklaim sejarah atau penghargaan (termasuk kemenangan Piala FA) dari Wimbledon.[15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FA Cup on ESPN". espn.com.au. Diakses tanggal 30 Agustus 2012. 
  2. ^ "FA Competition Applications - Season 2012-13". TheFA.com. Diakses tanggal 30 Agustus 2012. 
  3. ^ "Who qualifies to play in Europe?". Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 September 2012. Diakses tanggal 24 January 2013.  Premier League, 3 May 2012
  4. ^ "UEFA Direct" (PDF). UEFA Magazine. Oktober 2013. Diakses tanggal 27 Oktober 2013. 
  5. ^ "The Trophies". The Football Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 June 2014. Diakses tanggal 30 September 2014. 
  6. ^ "Unsolved: Did this OAP really steal the famous FA Cup?". Birmingham Mail. Trinity Mirror Midlands. 13 Mei 2010. Diakses tanggal 4 Januari 2015. 
  7. ^ a b c d e "FA Cup given top Antiques Roadshow value of more than £1m". BBC News. Diakses tanggal 29 Maret 2016. 
  8. ^ a b "Oldest FA Cup presented to museum". BBC. 20 April 2006. Diakses tanggal 29 Maret 2016. 
  9. ^ a b "Birmingham City boss buys FA Cup". BBC News. 21 May 2005. Diakses tanggal 29 Maret 2016. 
  10. ^ a b "FA Cup reborn for 2014 final as new trophy is cast". BBC News. BBC News. Diakses tanggal 30 September 2014. 
  11. ^ Williams, H.R. "North Wales Coast Football League history". Welsh Soccer Archive. Diakses tanggal 4 Januari 2018. 
  12. ^ "Toye trophies page". Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Mei 2010. 
  13. ^ Godfrey, Mark. "The history of the FA Cup trophy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 April 2016. Diakses tanggal 29 March 2016. 
  14. ^ "Ask Albert – Number 5". BBC Sport. 19 Februari 2001. Diakses tanggal 26 April 2010. 
  15. ^ "Merton to be given Dons trophies". BBC Sport. 2 Augustus 2007. Diakses tanggal 17 Januari 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]