Cardiff

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
City and County of Cardiff
Dinas a Sir Caerdydd
Clockwise from top: Cardiff Bay, the Senedd, Cardiff University and the Millennium Stadium
Clockwise from top: Cardiff Bay, the Senedd, Cardiff University and the Millennium Stadium
Bendera City and County of Cardiff
Motto: 
"Y ddraig goch ddyry cychwyn"
("The red dragon will lead the way")
City and County of Cardiff and (inset) within Wales
City and County of Cardiff
and (inset) within Wales
Sovereign stateBritania Raya Britania Raya
Constituent countryWales Wales
RegionSouth Wales
Ceremonial countySouth Glamorgan
Local governmentCardiff Council
City status1905
Pemerintahan
 • Cardiff Council Leader Heather Joyce
 • Welsh Assembly
 • UK Parliament
 • European ParliamentWales
Luas
 • Kota140,3 km2 (542 sq mi)
 • Luas perkotaan
75,72 km2 (2,924 sq mi)
Populasi
 (2011 census (urban area figures from 2001))
 • Kota346.100
 • Kepadatan0,25/km2 (0,64/sq mi)
 • Perkotaan
*
292.150
 • Kepadatan perkotaan0,039/km2 (0,100/sq mi)
 • Metropolitan
861.400 (Larger Urban Zone)
DemonimCardiffian
Zona waktuUTC0 (GMT)
 • Musim panas (DST)UTC+1 (BST)
Post codes
Kode area telepon029
Vehicle area codesCA, CB, CC, CD, CE, CF, CG, CH, CJ, CK, CL, CM, CN, CO
Police ForceSouth Wales Police
Fire ServiceSouth Wales Fire and Rescue Service
Ambulans ServiceWelsh Ambulans Service
Situs webhttp://www.cardiff.gov.uk/

Cardiff (/ˈkɑːrdɪf/ simak; bahasa Wales: Caerdydd pengucapan bahasa Wales: [kairˈdiːð, kaˑɨrˈdɨːð]) adalah ibu kota negara bagian Wales, Britania Raya semenjak tahun 1955. Kota ini memiliki penduduk sebesar 305.340 jiwa pada tahun 2001. Pada 2011, Cardiff menduduki peringkat keenam di dunia dalam tujuan wisata alternatif National Geographic.[1]

Sejak 1980-an, Cardiff telah memperihatkan perkembangan yang signifikan. Area tepi laut baru di Cardiff Bay berisi gedung Senedd, rumah bagi Majelis Welsh dan kompleks seni Wales Millennium Center. Perkembangan saat ini termasuk kelanjutan dari pembangunan kembali Teluk Cardiff dan daerah pusat kota dengan proyek-proyek seperti Cardiff International Sports Village, desa drama BBC dan area bisnis di pusat kota.[2]

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Cardiff memiliki sejarah linguistik kotak-kotak dengan Welsh, Inggris, Latin, Norse, dan Norman Perancis lebih dominan pada waktu yang berbeda. Bahasa Welsh adalah bahasa mayoritas di Cardiff dari abad ke-13 hingga pertumbuhan eksplosif kota pada era Victoria.[3] Bahasa Welsh dikelompokkan di sekitar sekelompok kecil kapel dan gereja, yang paling terkenal adalah Tabernacl di pusat kota, salah satu dari empat gereja Inggris yang dipilih untuk mengadakan layanan resmi untuk memperingati milenium baru.

Pemandangan kota[sunting | sunting sumber]

Heath, Birchgrove, Gabalfa, Mynachdy, Llandaff North, Llandaff, Llanishen, Radyr, Whitchurch & Tongwynlais, Rhiwbina, Thornhill, Lisvane, dan Cyncoed terletak di busur dari barat laut ke timur laut di pusat kota ini.

Pusat belanja[sunting | sunting sumber]

Mayoritas pusat belanja di Cardiff berada di pusat kota di sekitar Queen Street dan St. Mary Street, dengan taman ritel pinggiran kota besar yang terletak di Cardiff Bay, Culverhouse Cross, Leckwith, Newport Road dan Pontprennau, bersama dengan pasar di pusat kota dan Splott.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Cardiff adalah rumah bagi empat institusi utama pendidikan tinggi: Universitas Cardiff, Universitas Metropolitan Cardiff, Universitas South Wales dan Royal Welsh College of Music & Drama.

Universitas Cardiff didirikan oleh Royal Charter pada tahun 1883 sebagai University College of South Wales dan Monmouthshire,[4] adalah anggota Grup Russell dari universitas terkemuka yang mengedepankan penelitian, memiliki sebagian besar kampusnya di Cathays dan pusat kota. Cardiff Metropolitan University (sebelumnya UWIC) memiliki kampus di daerah Llandaff, Cyncoed dan pusat kota, dan merupakan bagian dari konfederasi Universitas Wales. Royal Welsh College of Music & Drama adalah konservatori yang didirikan pada tahun 1949 dan berbasis di kastil Cardiff. Kampus Cardiff University of South Wales, Atrium, adalah rumah bagi Sekolah Industri Kreatif & Budaya Cardiff dan terletak di pusat kota.

Tempat wisata[sunting | sunting sumber]

Cardiff Castle

Cardiff memiliki banyak bangunan terkenal seperti Stadion Principality, Pierhead Building Museum National Welsh, dan Senedd, rumah dari Majelis Nasional untuk Wales. Cardiff juga terkenal dengan Kastil Cardiff, St David's Hall, Katedral Llandaff dan Wales Millennium Centre. Kastil Cardiff adalah objek wisata utama di kota dan terletak di jantung pusat kota. Museum Sejarah Nasional di St. Fagans di Cardiff adalah sebuah museum terbuka besar yang menampung puluhan bangunan dari seluruh sejarah Wales yang telah dipindahkan ke situs di Cardiff.

Castell Coch

Tempat wisata utama lainnya adalah situs regenerasi Teluk Cardiff yang mencakup Wales Millennium Center dan Senedd yang rbaru dibuka, banyak situs budaya dan situs menarik lainnya termasuk Teluk Cardiff Barrage dan Pertukaran Batubara yang terkenal. Teater Baru didirikan pada tahun 1906 dan diperbarui kembali pada tahun 1980-an. Sampai pembukaan Wales Millennium Center pada tahun 2004, itu adalah tempat utama di Wales untuk jelajah teater dan perusahaan tari. Tempat-tempat lain yang populer untuk konser dan acara olahraga termasuk Arena Motorpoint, St David's Hall dan Stadion Principality. Cardiff Story, sebuah museum yang mendokumentasikan sejarah kota, telah dibuka untuk umum sejak musim semi 2011.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "'Gem' Cardiff in world's top 10" (dalam bahasa Inggris). 2011-06-22. Diakses tanggal 2019-02-25. 
  2. ^ "City business park 'needs skills'" (dalam bahasa Inggris). 2011-03-30. Diakses tanggal 2019-02-25. 
  3. ^ Jenkins, Geraint H. (1997). The Welsh Language before the Industrial Revolution. Cardiff.
  4. ^ "Milestones". web.archive.org. 2007-09-26. Archived from the original on 2007-09-26. Diakses tanggal 2019-02-25.