AFC Wimbledon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
AFC Wimbledon
AFC Wimbledon.svg
Nama lengkap AFC Wimbledon
Julukan The Dons, The Wombles
Didirikan 2002
Stadion Kingsmeadow,
Kingston upon Thames
London
(Kapasitas: 4,850 (2,025 tempat duduk))
Ketua Erik Samuelson
Manajer Neal Ardley
Liga Liga Dua Inggris
2012–13 ke-20, Liga Dua Inggris
Situs web Situs web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Kostum ketiga
Soccerball current event.svg Musim ini

AFC Wimbledon adalah klub sepak bola profesional asal Inggris yang berbasis di Kingston upon Thames, London. Klub saat ini bermain di Liga Dua Inggris, yang merupakan tingkat keempat dalam sistem liga sepak bola di Inggris. Mereka bermain di Kingsmeadow, di Kingston upon Thames, London, sebuah stadion yang juga dipakai oleh klub sepak bola lain, Kingstonian F.C.

Klub ini didirikan pada tahun 2002 sebagai akibat dari keputusan memindahkan Wimbledon F.C. ke Milton Keynes di Buckinghamshire oleh The Football Association. Wimbledon FC kemudian berganti nama menjadi Milton Keynes Dons F.C. pada tahun 2004. Para pendukung Wimbledon yang sangat menentang perpindahan ini bergerak dan bereaksi dengan mendirikan klub mereka sendiri, AFC Wimbledon. Mayoritas pendukung Wimbledon FC, merasa bahwa perubahan menjadi Milton Keynes Don tidak lagi mewakili warisan dan tradisi klub asli Wimbledon FC, dan dengan demikian menarik dukungan mereka.[1]

Ketika AFC Wimbledon dibentuk, mereka berafiliasi dengan FA London dan FA Surrey, dan masuk Divisi Utama Liga County Gabungan, yang merupakan tingkat kesembilan dalam sistem liga sepak bola Inggris. Dengan sangat singkat, klub berhasil melesat dengan sukses. Mereka dipromosikan lima kali dalam sembilan musim dan naik dari tingkat kesembilan ke tingkat keempat (Liga Dua Inggris).

AFC Wimbledon saat ini memegang catatan rekor tak terkalahkan terpanjang dalam pertandingan liga sepak bola Inggris, setelah bermain 78 pertandingan liga berturut-turut tanpa kekalahan antara Februari 2003 hingga Desember 2004.[2] AFC Wimbledon menjadi klub pertama yang dibentuk pada abad ke-21 yang berhasil masuk ke The Football League.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "AFC Wimbledon Website, Honours". AFC Wimbledon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Desember 2007. Diakses tanggal 31 Mei 2013. 
  2. ^ "AFC Wimbledon set English record". BBC. 13 November 2004. Diakses tanggal 31 Mei 2013. 
  3. ^ "The REAL Wimbledon are promoted to the Football League". Soccernews.com. 12 Juli 2012. Diakses tanggal 31 Mei 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]