Liga Nasional Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Conference National)
Liga Nasional Inggris
Negara Inggris
 Wales
Dibentuk1979 (sebagai Alliance Premier League)
2004 (Utara dan Selatan)
Jumlah tim24 (Liga Nasional)
22 (Liga Nasional Utara)
22 (Liga Nasional Selatan)
Tingkat pada piramida5
Step 1 (Sistem Liga Nasional)
Promosi keLiga Dua
Degradasi keLiga Nasional Utara
Liga Conference Wilayah Selatan
Piala domestikPiala FA
Trofi FA
Piala Liga Conference
Juara bertahan ligaBarrow
(2023–24)
Televisi penyiarPremier Sports
Sky Sports
Situs webNational League
Liga Nasional Inggris 2023–24

Liga Nasional (Inggris: National League) (dinamai Liga Nasional Vanarama untuk alasan sponsor) adalah liga sepak bola asosiasi di Inggris yang terdiri dari tiga divisi, Liga Nasional, Liga Nasional Utara, dan Liga Nasional Selatan. Itu disebut "Liga Utama Aliansi" dari 1979 hingga 1986. Antara 1986 dan 2015, liga itu dikenal sebagai "Liga Konferensi Sepak Bola".[1]

Sebagian besar klub Liga Nasional sepenuhnya profesional, sedangkan sebagian besar klub Liga Nasional Utara dan Liga Nasional Selatan semi profesional. Beberapa klub profesional sebelumnya berada di Liga Sepak Bola Inggris (EFL), berbeda dengan klub yang selalu berada di non-Liga. Liga Nasional adalah yang terendah dari lima divisi sepak bola nasional di Inggris, di bawah Liga Utama dan tiga divisi EFL, dan merupakan tingkat teratas dari Sistem Liga Nasional sepak bola non-Liga. Liga Nasional Utara dan Liga Nasional Selatan membentuk divisi keenam sepak bola Inggris. Liga Nasional hanya terdiri dari satu divisi sampai tahun 2004, tetapi diperluas sebagai bagian dari restrukturisasi ekstensif Sistem Liga Nasional yang dimulai dengan musim 2004-05.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Liga Nasional berdiri di puncak Sistem Liga Nasional (NLS), sebuah struktur komprehensif yang menghubungkan lebih dari 50 liga berbeda di bawah naungan The Football Association (FA). Liga Nasional berada di Step 1 dari NLS, dan Liga Nasional Utara dan Liga Nasional Selatan membentuk Step 2. Di atas Liga Nasional adalah 92 klub yang bersama-sama membentuk level tertinggi sepak bola Inggris, Liga Utama Inggris dan Liga Sepak bola Inggris; di bawah Liga Nasional adalah Step 3 dan liga-liga yang lebih rendah dari NLS.

Liga Nasional memiliki 24 klub dan divisi Utara dan Selatan masing-masing memiliki 22 klub. Setiap klub memainkan klub lain di divisinya dua kali selama satu musim, sekali di kandang dan sekali tandang. Klub mendapatkan tiga poin untuk menang, satu untuk seri, dan tidak ada untuk kekalahan.

Pada akhir setiap musim, dua klub dipromosikan dari Liga Nasional ke Liga Dua dan dua tim dari Liga Dua akan diturunkan ke Liga Nasional untuk menggantikan mereka. Dua tempat promosi diberikan kepada juara Liga Nasional dan pemenang Final Promosi Liga Nasional dari semifinal kandang dan tandang antara klub-klub yang menempati posisi kedua hingga ketujuh dalam klasemen.

Di ujung lain tabel, empat klub terbawah di Liga Nasional terdegradasi ke Liga Nasional Utara atau Liga Nasional Selatan. Keputusan mengenai divisi mana klub yang terdegradasi itu bergabung dibuat oleh Komite NLS FA, tetapi sebagian besar ditentukan oleh geografi. Empat tim yang terdegradasi digantikan oleh empat tim promosi, dua dari Liga Nasional Utara dan dua dari Liga Nasional Selatan. Untuk masing-masing dari dua liga ini, ini adalah juara dan pemenang Final Promosi masing-masing antara klub tempat kedua hingga ketujuh di divisi tersebut.

Di dasar Liga Nasional Utara dan Liga Nasional Selatan, tiga klub dari masing-masing divisi terdegradasi dan enam klub ini dibagi di antara liga Step 3 dari NLS, Liga Utama Utara, Liga Selatan, dan Liga Isthmian. Masing-masing liga Step 3 ini mempromosikan juara masing-masing dan pemenang playoff tempat kedua hingga kelima. Komite NLS menentukan liga Step 3 yang diikuti klub-klub yang terdegradasi, dan apakah klub yang dipromosikan bergabung dengan Liga Nasional Utara atau Liga Nasional Selatan.

Klub yang terdegradasi dari divisi nasional tidak selalu seimbang secara geografis. Jadi, jika dianggap perlu, Komite NLS dapat memerintahkan satu atau lebih klub dari kabupaten utara yang berbatasan dengan selatan dan sebaliknya atau dari Wales Selatan di tingkat keenam untuk berpindah divisi (untuk bergerak "secara horizontal" antar liga , begitulah) untuk menjaga keseimbangan numerik antara Utara dan Selatan.

Karena kendala keuangan pada level sepak bola ini, beberapa klub berhasil lolos dari degradasi meski finis di posisi degradasi, karena kemalangan yang lain. Agar promosi dapat dilanjutkan, baik dari Liga Nasional ke EFL, di dalam Liga Nasional, atau di antara berbagai liga NLS, persyaratan tertentu terkait keuangan dan fasilitas harus dipenuhi. Kegagalan untuk memenuhi persyaratan liga yang bersangkutan mencegah klub yang memenuhi syarat untuk dipromosikan.

Liga Nasional Utara dan Selatan masing-masing akan bertambah menjadi 24 tim pada musim 2021-22. Ekspansi dijadwalkan pada awalnya untuk 2020-21 Edkins, Matt (17 April 2019). "EXCLUSIVE: FA outline second phase of Non-League restructuring". The Non-League Football Paper (Wawancara). </ref> hingga penerapannya ditunda.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Liga Nasional dibentuk pada tahun 1979 dari tim-tim terkemuka di Liga Utama Utara dan Liga Selatan dan pada awalnya dikenal sebagai Liga Sepak Bola Utama Aliansi dan kemudian Konferensi Sepak Bola. Dukungan untuk liga semacam itu datang dari Alan Hardaker, yang telah lama mengabdi Sekretaris Liga Sepakbola. Dia menyarankan penggabungan dua liga terkuat di Inggris, Northern Premier League dan Southern League akan mengurangi jumlah kandidat yang mendaftar untuk bergabung dengan Football League di bawah pemilihan ulang kemudian digunakan. Ia juga berpikir itu akan memungkinkan kandidat non-liga terkuat untuk muncul. Pada tahun 1977 Liga Utama Utara dan Liga Selatan setuju untuk hanya mengajukan satu kandidat masing-masing untuk pemilihan ke Liga dan ini terbukti berhasil dengan Wimbledon dan Wigan Athletic mendapatkan pemilihan untuk Liga pada tahun 1977 dan 1978.[3] It was then agreed that a new league would be set up comprising 13 Southern League teams and 7 sides from the Northern Premier.[3]

Anggota pendiri adalah:

Beberapa tim Premier Utara yang mungkin ambil bagian dalam kompetisi baru tidak melakukannya. Goole Town, Lancaster, dan Mossley tidak berlaku untuk masuk ke Aliansi. Matlock Town F.C. dan Runcorn tidak diterima, karena alasan mereka tidak memenuhi kriteria yang disyaratkan untuk liga baru. Southport, yang telah dikeluarkan dari Football League pada tahun 1978, diterima sebagai anggota liga baru, tetapi akhirnya memilih untuk tidak bergabung karena kekhawatiran tentang biaya perjalanan.[4]

Barrow dan Northwich sebelumnya menjadi anggota EFL. Barrow gagal dalam pemilihan ulang di 1972, sementara Northwich mengundurkan diri dari liga pada 1984. Barnet, Boston, Maidstone, Scarborough dan Yeovil juga telah mencicipi sepak bola EFL sejak pembentukan Liga Nasional, tetapi sekarang kembali ke Liga Nasional atau liga dibawahnya (Scarborough dan Maidstone sekarang dalam inkarnasi baru).

Dari 20 anggota pendiri, yang terakhir meninggalkan tingkat kelima adalah Northwich. Mereka terdegradasi pada tahun 2005, setahun setelah kematian Telford. Barnet adalah satu-satunya anggota pendiri yang tetap berada di lima tingkat teratas terus menerus sejak 1979.

Kota Bangor telah dipindahkan ke sistem liga sepak bola Welsh, sementara AP Leamington, Maidstone, Nuneaton, Scarborough, dan Telford kemudian runtuh dan dibentuk kembali di liga-liga Inggris yang lebih rendah. Gravesend & Northfleet mengubah namanya menjadi Ebbsfleet United pada tahun 2007.

Liga Nasional memiliki satu divisi selama 25 tahun pertama keberadaannya, tetapi sejak musim 2004-05 telah terdiri dari tiga divisi. Divisi asli berganti nama menjadi Conference National (sekarang National League ) dan dua divisi regional baru satu tingkat di bawah diperkenalkan, Conference North dan Conference South (sekarang National League North dan Selatan). Klub-klub baru untuk membentuk kompetisi yang lebih besar ini diambil dari Liga Utama Utara, Liga Selatan, dan Liga Isthmian menurut pedoman yang dikembangkan oleh Komite NLS.

Dua tim telah memenangkan Liga Nasional tiga kali: Barnet (1991, 2005, 2015) dan Macclesfield Town (1995, 1997, 2018). Sebelum Barnet dan Macclesfield meraih gelar ketiga, lima klub lain juga menjadi juara dua kali: Altrincham (1980, 1981), Enfield (1983, 1986), Kidderminster Harriers (1994, 2000), Maidstone United, (1984, 1989), dan Stevenage Borough (1996, 2010). Kidderminster juga menempati posisi kedua pada tahun 1997 dan 2013. Lincoln City menjadi klub ketujuh yang memenangkan Liga Nasional dua kali (1988, 2017), tetapi setelah gelar ketiga Barnet. Hanya Barnet yang dipromosikan menjadi EFL pada ketiga kesempatan; Gelar pertama Maidstone datang sebelum era promosi otomatis, sementara Kidderminster Harrier, Macclesfield Town dan Stevenage Borough ditolak promosi karena alasan mereka tidak memenuhi standar yang disyaratkan pada saat kemenangan pertama mereka. Namun, ketiganya dipromosikan saat mereka merebut gelar kedua. Altrincham adalah satu-satunya tim dalam sejarah yang mempertahankan gelar, karena pada saat itu tidak ada promosi otomatis ke EFL.

Tidak ada mantan klub Liga Nasional yang mencapai Liga Utama, meskipun enam klub tersebut bersaing di tingkat teratas sepak bola sebelum Liga Utama, di Divisi Pertama Liga Sepak Bola: Carlisle United, Leyton Orient, Oxford United, Luton Town, Grimsby Town, dan Notts County. Lima tim pertama dari mereka telah kembali ke Liga, Luton dan Orient dengan memenangkan gelar, dan tiga lainnya dengan memenangkan final playoff. Selain itu, Luton dan Oxford adalah satu-satunya klub yang pernah memainkan pertandingan liga melawan satu sama lain di lima tingkatan teratas sepakbola Inggris. Bradford (Park Avenue) juga bermain di Divisi Pertama dalam inkarnasi sebelumnya, namun inkarnasi mereka saat ini hanya mencapai setinggi divisi Utara.

Tingkat Liga tertinggi yang dicapai klub yang dipromosikan dari Liga Nasional adalah tingkat kedua Kejuaraan EFL, yang (per Agustus 2020) telah dicapai oleh enam klub: Colchester United, Doncaster Rovers, Yeovil Town, Luton Town, Burton Albion dan Wycombe Wanderers. Colchester, Doncaster dan Luton adalah anggota EFL sebelum berkompetisi di Liga Nasional, sementara Yeovil, Burton dan Wycombe sama sekali baru di sepak bola Liga.

Daftar klub peserta[sunting | sunting sumber]

Mantan klub Liga Sepak Bola Inggris sekarang di Liga Nasional[sunting | sunting sumber]

Klub phoenix atau klub yang direformasi tidak termasuk kecuali mereka berkompetisi di Liga dengan hak mereka sendiri, dan dihitung secara terpisah dari klub aslinya. Tingkat tertinggi Liga Sepak Bola Inggris adalah kedudukan tingkat dalam EFL dan mungkin tidak sesuai dengan kedudukan keseluruhannya pada sistem saat ini.

Klub Tahun di EFL Jumlah musim Tingkat tertinggi berkompetisi di EFL
Aldershot Town 2008–2013 5 ke-4
Barnet 1991–2001; 2005–2013; 2015–2018 21 ke-3
Boston United 2002–2007 5 ke-4
Chesterfield 1921–2018 97 ke-2
Dagenham & Redbridge 2007–2016 9 ke-3
Hartlepool United 1921–2017 89 ke-3
Kidderminster Harriers 2000–2005 5 ke-4
Macclesfield Town 1997-2012; 2018-2020 17 ke-3
Notts County 1888–2019 119 ke-1
Southport 1921–1978 50 ke-3
Stockport County 1900–1904; 1905–2011 99 ke-2
Torquay United 1927–2007; 2009–2014 78 ke-3
Wrexham 1921–2008 80 ke-2
Yeovil Town 2003-2019 16 ke-2
York City 1929–2004; 2012–2016 72 ke-2

Klub Phoenix[sunting | sunting sumber]

Beberapa klub dibentuk sebagai klub phoenix setelah pembubaran tim EFL yang saat ini bersaing di Liga Nasional. Ini termasuk:

Klub phoenix lainnya termasuk AFC Telford United[8] dan Nuneaton Borough yang keduanya bermain di National League North.

Juara Liga Nasional sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Musim Juara Liga Nasional Pemenang Play-off Promosi
1979–80 Altrincham**
1980–81 Altrincham** (2)
1981–82 Runcorn**
1982–83 Enfield**
1983–84 Maidstone United**
1984–85 Wealdstone**
1985–86 Enfield** (2)
1986–87 Scarborough*
1987–88 Lincoln City*
1988–89 Maidstone United* (2)
1989–90 Darlington*
1990–91 Barnet*
1991–92 Colchester United*
1992–93 Wycombe Wanderers*
1993–94 Kidderminster Harriers**
1994–95 Macclesfield Town**
1995–96 Stevenage Borough**
1996–97 Macclesfield Town* (2)
1997–98 Halifax Town*
1998–99 Cheltenham Town*
1999–00 Kidderminster Harriers* (2)
2000–01 Rushden & Diamonds*
2001–02 Boston United*
2002–03 Yeovil Town* Doncaster Rovers* (Laporan Pertandingan)
2003–04 Chester City* Shrewsbury Town* (Laporan Pertandingan)
2004–05 Barnet* (2) Carlisle United* (Laporan Pertandingan)
2005–06 Accrington Stanley* Hereford United* (Laporan Pertandingan)
2006–07 Dagenham & Redbridge* Morecambe* (Laporan Pertandingan)
2007–08 Aldershot Town* Exeter City* (Laporan Pertandingan)
2008–09 Burton Albion* Torquay United* (Laporan Pertandingan)
2009–10 Stevenage Borough* (2) Oxford United* (Laporan Pertandingan)
2010–11 Crawley Town* AFC Wimbledon* (Laporan Pertandingan)
2011–12 Fleetwood Town* York City* (Laporan Pertandingan)
2012–13 Mansfield Town* Newport County* (Laporan Pertandingan)
2013–14 Luton Town* Cambridge United* (Laporan Pertandingan)
2014–15 Barnet* (3) Bristol Rovers* (Laporan Pertandingan)
2015–16 Cheltenham Town* (2) Grimsby Town* (Laporan Pertandingan)
2016–17 Lincoln City* (2) Forest Green Rovers* (Laporan Pertandingan)
2017–18 Macclesfield Town* (3) Tranmere Rovers* (Laporan Pertandingan)
2018–19 Leyton Orient* Salford City* (Laporan Pertandingan)
2019–20 Barrow* Harrogate Town* (Laporan Pertandingan)

*Dipromosikan ke EFL (Divisi Empat sampai 1992, Divisi Tiga dari 1992 sampai 2004 dan Liga Dua dari 2004)
** Tidak dipromosikan

Hasil pertandingan play-off[sunting | sunting sumber]

Musim Semi-final pertama (ke-2 vs ke-5) Semi-final kedua (ke-3 vs ke-4) Final
2011–12 Luton Town 2–0 Wrexham

Wrexham 2–1 Luton Town

York City 1–1 Mansfield Town

Mansfield Town 0–1 York City

Luton Town 1–2 York City
2010–11 Fleetwood Town 0–2 AFC Wimbledon

AFC Wimbledon 6–1 Fleetwood Town

Wrexham 0–3 Luton Town

Luton Town 2–1 Wrexham

AFC Wimbledon 0–0 Luton Town
AFC Wimbledon menang 4–3 dalam adu penalti
2009–10 Luton Town 0–1 York City

York City 1–0 Luton Town

Oxford United 2–0 Rushden & Diamonds

Rushden & Diamonds 1–1 Oxford United

Oxford United 3–1 York City
2008–09 Stevenage Borough 3–1 Cambridge United

Cambridge United 3–0 Stevenage Borough

Torquay United 2–0 Histon

Histon 1–0 Torquay United

Cambridge United 0–2 Torquay United
2007–08 Burton Albion 2–2 Cambridge United

Cambridge United 2–1 Burton Albion

Exeter City 1–2 Torquay United

Torquay United 1–4 Exeter City

Cambridge United 0–1 Exeter City
2006–07 Exeter City 0–1 Oxford United

Oxford United 1–2 Exeter City
Exeter menang 4–3 adu penalti

York City 0–0 Morecambe

Morecambe 2–1 York City

Morecambe 2–1 Exeter City
2005–06 Halifax Town 3–2 Grays Athletic

Grays Athletic 2–2 Halifax Town

Morecambe 1–1 Hereford United

Hereford United 3–2 Morecambe

Hereford United 3–2 Halifax Town
setelah tambahan waktu
2004–05 Aldershot Town 1–0 Carlisle United

Carlisle United 2–1 Aldershot Town
Carlisle menang 5–4 adu penalti

Stevenage Borough 1–1 Hereford United

Hereford United 0–1 Stevenage Borough

Carlisle United 1–0 Stevenage Borough
2003–04 Aldershot Town 1–1 Hereford United

Hereford United 0–0 Aldershot Town
Aldershot menang 4–2 adu penalti

Barnet 2–1 Shrewsbury Town

Shrewsbury Town 1–0 Barnet
Shrewsbury menang 5–3 adu penalti

Aldershot Town 1–1 Shrewsbury Town
Shrewsbury menang 3–0 adu penalti
2002–03 Dagenham & Redbridge 2–1 Morecambe

Morecambe 2–1 Dagenham & Redbridge
Dagenham menang 3–2 adu penalti

Doncaster Rovers 1–1 Chester City

Chester City 1–1 Doncaster Rovers
Doncaster menang 4–3 adu penalti

Doncaster Rovers 3–2 Dagenham & Redbridge
Doncaster menang berkat gol emas

Daftar Stadion[sunting | sunting sumber]

Berikut daftar stadion klub peserta musim 2012-13

Klub Nama stadion Kapasitas
Templat:Fb team Stockport County Edgeley Park 10,852
Templat:Fb team Cambridge United Abbey Stadium 10,847
Templat:Fb team Wrexham Racecourse Ground 10,500*
Templat:Fb team Luton Town Kenilworth Road 10,226
Templat:Fb team Lincoln City Sincil Bank 10,120
Templat:Fb team Mansfield Town Field Mill 10,000
Templat:Fb team Grimsby Town Blundell Park 9,546
Templat:Fb team Macclesfield Town Moss Rose 6,355
Templat:Fb team A.F.C. Telford United New Bucks Head 6,300
Templat:Fb team Kidderminster Aggborough 6,238
Templat:Fb team Woking Kingfield Stadium 6,036
Templat:Fb team Southport Haig Avenue 6,008
Templat:Fb team Newport County Rodney Parade[9] 5,511**
Templat:Fb team Forest Green Rovers The New Lawn 5,147
Templat:Fb team Hereford United Edgar Street 5,075
Templat:Fb team Ebbsfleet United Stonebridge Road 5,011
Templat:Fb team Nuneaton Town Liberty Way 4,314
Templat:Fb team Barrow Holker Street 4,256
Templat:Fb team Hyde Ewen Fields 4,250
Templat:Fb team Braintree Town Cressing Road 4,145
Templat:Fb team Dartford Princes Park 4,100
Templat:Fb team Tamworth The Lamb Ground 4,000
Templat:Fb team Alfreton Town North Street 3,600

* Dibatasi karena ekspansi stadion atau putusan FA..
** Kapasitas berkurang untuk pertandingan sepak bola dari kapasitas maksimum 11.600.


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Football Conference to be renamed as National League". BBC Sport. 6 April 2015. 
  2. ^ "Update on non-League, women's & grassroots football seasons". The Football Association. 26 March 2020. Diakses tanggal 27 March 2020. 
  3. ^ a b Robinson, Michael, ed. (2017). Non-League Football Tables 1889-2017. Cleethorpes: Soccer Books Ltd. hlm. 47. ISBN 978-1-86223-354-6. 
  4. ^ Robinson, Michael, ed. (2017). Non-League Football Tables 1889-2017. Cleethorpes: Soccer Books Ltd. hlm. 48. ISBN 978-1-86223-354-6. 
  5. ^ "Aldershot Town FC enter administration". www.footballeconomy.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 March 2016. Diakses tanggal 8 September 2013. 
  6. ^ "Chester City wound up in High Court". BBC Sport. 10 March 2010. Diakses tanggal 8 September 2013. 
  7. ^ "Leagues agreed for 2008–09 season" BBC Sport. Retrieved 31 May 2010.
  8. ^ Telford lose Conference spot BBC Sport, 27 May 2004
  9. ^ Rodney Parade reduced capacity

Pranala luar[sunting | sunting sumber]