Hallam F.C.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hallam F.C.
Nama lengkapHallam Football Club
JulukanThe Countrymen
Berdiri4 September 1860; 163 tahun lalu (1860-09-04)
StadionSandygate Road,
Crosspool, Sheffield
(Kapasitas: 1000 (250 tempat duduk))
KetuaDavid Slater
ManajerInggris Julian Watts
LigaNorthern Counties East Football League
Divisi Utama
2011–12Northern Counties East Football League
Divisi Utama, ke-14
Kostum kandang
Kostum tandang

Hallam Football Club adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris yang berbasis di Sheffield, South Yorkshire. Hallam saat ini bermain di Liga County Utara Timur Divisi Utama (Inggris: Northern Counties East Football League, Premier Division) yang merupakan tingkat ke-9 dalam sistem liga sepak bola Inggris.

Didirikan pada tahun 1860, mereka adalah klub sepak bola tertua kedua di dunia setelah Sheffield F.C. yang didirikan pada tahun 1857. Hallam masih bermain di lapangan asli mereka, Sandygate Road, yang secara resmi diakui oleh Guinness Book of Records sebagai "Lapangan sepak bola Terlama di Dunia".

Pada tahun 1860 berlangsung derby lokal Sheffield untuk pertama kalinya dan masih diperebutkan hingga saat ini. 'Aturan derby' ini dianggap sebagai kode aturan derby sepak bola tertua di dunia, dan mungkin salah satu tim olahraga derby tertua yang terorganisir, selain yang ditemukan dalam olahraga kriket.

Pada tahun 1867 klub membuat sejarah sepak bola ketika mereka memenangkan Piala Youdan, yang merupakan turnamen sepak bola terorganisir pertama di dunia yang pernah diselenggarakan. Pada saat itu mereka mengalahkan sesama klub Sheffield Norfolk di final yang dimainkan di Bramall Lane.[1] Hingga sekarang mereka masih memiliki piala bersejarah ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Murphy, Brendan (2007). From Sheffield with Love. SportBooks Limited. ISBN 978-1-899807-56-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]