Sawangan, Kuwarasan, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Purwodadi
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKebumen
KecamatanKuwarasan
Kodepos
54366
Kode Kemendagri33.05.16.2022 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Sawangan adalah desa di kecamatan Kuwarasan, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Sawangan berjarak 8 Km berkendara dari pusat kecamatan dan 16 Km dari pusat kabupaten. Sedangakan hanya berjarak 4 Km dari Gombong. Desa Sawangan terdiri dari 4 Pedukuhan yang terbagi menjadi 6 RW. Desa Sawangan merupakan desa paling utara dan timur dari kecamatan Kuwarasan yang berbatasan langsung serta diapit oleh Kecamatan Gombong dan Kecamatan Adimulyo.

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dukuh Kedawung
  2. Dukuh Sawangan Kulon
  3. Dukuh Sawangan Wetan
  4. Dukuh Sigong

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduk Desa Sawangan bermata pencaharian sebagai petani, sebagian kecil lainnya adalah PNS, pedagang, dan lainnya bergerak di sektor jasa. Penduduk Desa Sawangan ditandai dengan tingginya jumlah penduduk usia tua yang sudah tidak produktif. Sedangkan penduduk usia produktif sebagian besar meninggalkan desa atau merantau untuk mencari penghidupan di kota besar, terutama ibu kota Jakarta. Hanya sebagian kecil yang tetap tinggal di desa. Hal inipun berpengaruh terhadap pertumbuhan penduduk yang tergolong lambat.

Potensi[sunting | sunting sumber]

Ketersediaan Sawah yang cukup luas (sekitar 210 hektare, atau 2/3 dari luas wilayah desa) menjadi kehidupan petani di Desa Sawangan cukup sejahtera. adapun komoditas untamanya adalah padi dengan hasil produksi rata - rata 7 ton gabah basah per ha. Komoditas lain adalah kelapa dan pisang. Para petani di sebelah selatan, dukuh Sigong, lebih kreatif dalam artian pemanfaatan lahan sawah. Mereka membudidayakan sayur - mayur dengan sistem modern. Selain bertani, mereka juga memproduksi bata merah, dan berbagai industri kecil makanan, seperti lanthing, sale pisang, dsb.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Sawangan berada dibagian paling utara wilayah Kecamatan Kuwarasan. Seluruh wilayah Desa Sawangan merupakan dataran rendah dengan ketinggian rata rata 21 meter di atas permukaan air laut. Wilayahnya digunakan untuk permukiman dan lahan persawahan. Disebelah timur wilayah Desa Sawangan dilintasi Sungai Kemit dari utara ke selatan. Sungai Kemit di wilayah DesaSawangan pada mulanya merupakan sungai berpasir. Namun saat ini pasir sudah tidak ada lagi karena penambangan yang berlebihan. Bahkan kedalaman kali kemit yang semua berkisar 5 meter, sekarang bisa mencapai 10 - 12 meter. Sungai Kemit juga merupakan sungai dengan debit air yang sangat besar pada musim hujan, dan hanya menyisakan sedikit genangan air di musim kemarau. Pada saat hujan.

Sekolah[sunting | sunting sumber]

Terdapat tiga SD di Desa Sawangan yaitu SDN 1 Sawangan, SDN 2 Sawangan dan SDN 3 Sawangan, tetapi karen lambatnya pertumbuhan penduduk Desa Sawangan berakibat anak usia sekolah jumlahnya menjadi sangat sedikit. Akhirnya SDN 2 ditutup karena tidak ada siswa yang memadai. Sementara kondisi siswa SDN 1 dan SDN 3 pun jumlahnya hanya belasan per kelasnya. Hal ini ironis karena sumber daya manusia dari Desa Sawangan cukup bagus terbukti banyak yang sukses di kota. Masyarakat Desa Sawaangan sangat menilai tinggi sekolah, sehingga banyak yang sekolah sampai tingkat sarjana. Namun mereka memilih kota besar sebagai tempat penghidupannya, dan Desa Sawangan dibiarkan stagnan bersama semakin berkurangnya penduduk produktif.