Gunungmujil, Kuwarasan, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gunungmujil
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKebumen
KecamatanKuwarasan
Kodepos
54366
Kode Kemendagri33.05.16.2018 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Gunungmujil adalah desa di kecamatan Kuwarasan, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia.

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dukuh Gunungmujil Lor
  2. Dukuh Kanoman
  3. Dukuh Gintungan

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Mayoritas mata pencaharian penduduk di desa Gunungmujil adalah petani. Desa Gunungmujil sendiri dikelilingi oleh persawahan padi yang cukup luas, membuat penduduk sangat bergantung dengan hasil dari persawahan. Sawah-sawah di desa Gunungmujil biasanya dapat panen sebanyak tiga kali dalam setahun, yaitu dua kali panen padi dan satu kali panen palawija. Palawija yang biasa ditanam saat musim kemarau adalah kacang hijau dan beberapa petani juga menanam kacang kedelai karna lebih menguntungkan dan mudah perawatannya dibanding tanaman lain, tetapi ada sedikit sawah yang menanam kedelai saat musim kemarau.

Pada tahun 2016 banyak tanaman palawija yang gagal panen, karna musim yang tidak menentu. Curah hujan yang tinggi membuat tanaman kedelai dan kacang hijau banyak yang mati terendam air terus menerus. Selain bertani, penduduk desa Gunungmujil juga ada yang bekerja di pabrik, berwirausaha, pekerja bangunan, buruh, pedagang, dan pekerjaan-pekerjaan lain. Kebanyakan anak-anak yang baru lulus sekolah pergi merantau ke kota untuk bekerja. Sehingga ketika musim mudik lebaran, jumlah orang-orang di desa begitu sangat ramai, berbeda dengan hari-hari berikutnya.

Terdapat tokoh masyarakat yang sangat sederhana bernama Taryanto Wijaya, yang merupakan sosok pemegang wangsit kemasyarakatan desa ini. Dengan tampilan sederhana ia setiap hari ke sawah, menyabit rumput,dan mengajar mengaji. Orangnya pendiam,banyak menolong tetapi tidak meminta upah,dan sangat luwes pergaulannya. Ia bisa tampak di desa saat dibutuhkan, dan tiba tiba menghilang entah kemana, hingga desa membutuhkannya lagi.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalan utama desa di Desa Gunungmujil membentang dari utara dan selatan. Diperbatasan utara terdapat Jalan Lingkar Selatan Gombong yang membujur dari barat ke timur, sebelah timur terdapat Jalan Raya Gombong-Puring berarah dari utara ke selatan, dan sebelah barat terdapat Jalan Raya Gombong-Karangbolong berarah utara ke selatan.

Desa ini juga bisa ditempuh dengan angkutan roda 2, 3 dan 4 dari banyak arah dan masuk ke Gunungmujil utara melalui jalan poros desa yang kini lokasinya sudah beraspal.



Posisinya yang paling utara dari Kecamatan Kuwarasan berbatasana langsung dengan desa paling selatan dari Kecamatan Gombong, menjadikan sepertiga masyarakat Gunungmujil bermata pencaharian sebagai pedagang, tukang kayu,tukang batu, buruh,tukang becak, tukang parkir, dan tenaga kesehatan di beberapa rumah sakit.Kaum muda terdidiknya banyak merantau ke kota besar.