Gunungmujil, Kuwarasan, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gunungmujil
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKebumen
KecamatanKuwarasan
Kodepos54366
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Gunungmujil adalah desa di kecamatan Kuwarasan, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia.

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dukuh Gunungmujil Lor
  2. Dukuh Gunungmujil Kidul
  3. Dukuh Kanoman

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Mayoritas mata pencaharian penduduk di desa Gunungmujil adalah petani. Desa Gunungmujil sendiri dikelilingi oleh persawahan padi yang cukup luas, membuat penduduk sangat bergantung dengan hasil dari persawahan. Sawah-sawah di desa Gunungmujil dapat panen sebanyak tiga kali dalam setahun, yaitu dua kali panen padi dan satu kali panen palawija. Palawija yang biasa ditanam saat musim kemarau adalah kacang hijau, karna lebih menguntungkan dan mudah perawatannya dibanding tanaman lain, namun ada sedikit sawah yang menanam kedelai saat musim kemarau.

Di tahun 2016 banyak tanaman palawija yang gagal panen, karna musim yang tidak menentu. Curah hujan yang tinggi membuat tanaman kedelai dan kacang hijau banyak yang mati terendam air terus menerus. Selain bertani, penduduk desa Gunungmujil juga ada yang bekerja di pabrik, berwirausaha, pekerja bangunan, buruh, pedagang, dan pekerjaan-pekerjaan lain. Kebanyakan anak-anak yang baru lulus sekolah pergi merantau ke kota untuk bekerja. Sehingga ketika musim mudik lebaran, jumlah orang-orang di desa begitu sangat ramai, berbeda dengan hari-hari berikutnya.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalan utama desa di Desa Gunungmujil membentang dari utara dan selatan. Diperbatasan utara terdapat Jalan Lingkar Selatan Gombong yang membujur dari barat ke timur dan sebelah barat terdapat Jalan Raya Gombong-Karangbolong berarah utara ke selatan.