Karangbolong, Buayan, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Karangbolong
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Kebumen
Kecamatan Buayan
Pemerintahan
 • Kepala desa Sobirin
Kodepos 54474
Luas 279.280 ha
Kepadatan -

Karangbolong adalah sebuah desa di kecamatan Buayan, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Karangbolong merupakan desa paling selatan di Kecamatan Buayan. Selain itu Desa Karangbolong juga satu-satnya desa pesisir di Kecamatan Buayan. Jarak Desa Karangbolong dengan pusat kecamatan sekira 9 Km berkendara ke utara. Sedangkan dari pusat Kabupaten Kebumen, desa ini berjarak 31 Km melalui Petanahan.

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dukuh Gedog
  2. Dukuh Karangbolong (Kaum)
  3. Dukuh Keboranda
  4. Dukuh Manggis

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Karangbolong merupakan desa pesisir di Kabupaten Kebumen yang berada di Kawasan Karst Gombong Selatan sehingga meski berada di pesisir, topogarafi wilayah Desa Karangbolong berupa perbukitan dan sedikit merupakan dataran rendah. Desa Karangbolong berada diketinggian wilayah dari 0-240 meter di atas permukaan air laut. Jika dilihat dari ketinggian, Desa Karangbolong mendiami sebuah cekungan yang dikelilingi perbukitan dengan sejumlah puncaknya seperti Bukit Padureksa (240 m), Bukit Keboranda (200 m), Bukit Kudi (210 m), Bukit Hud (140 m) dan Bukit Karangkuda (140 m). Sedangkan ditengahnya mengalir Sungai Manggis yang bermuara di Pantai Karangbolong. Sungai Manggis berhulu di Bukit Padureksa dan hanya mempunyai satu anak sungai yaitu Sungai Kaum yang berhulu dari Bukit Keboranda. Selain Sungai MAnggis, dibatas dengan Kecamatan Puring terdapat Sungai Telomoyo. Wilayah pantai di Desa Karangbolong berupa tebing karang dengan kontur sangat curam. Sebagian kecil pantai landai berada di Pantai Karangbolong di antara muara Sungai Manggis dan Sungai Telomoyo.

Potensi[sunting | sunting sumber]

Pantai Karang Bolong

1. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong adalah salah satu objek wisata pantai yang berada di Desa Karangbolong. Pantai ini berkontur landai, berpasir yang cukup luas, yang dibatasi oleh perbukitan batuan sedimen klastik yang berasal dari gunung api. Di pantai inilah terdapat banyak sarang burung lawet yang dikelola pemerintah setempat sebagai pendapatan asli daerah.[1]. Pasir berwarna kelabu yang berukuran halus-kasar bersumber dari batuan tersebut. Pantai Karangbolong mempunyai potensi membentuk arus balik yang kuat, sehingga merupakan kawasan yang berbahaya untuk berenang. Di kawasan pantai ini juga terdapat Gua Karangbolong, yang terletak di sisi timur. Sebuah lorong yang cukup panjang terbentuk pada lapisan breksi lahar yang terkekarkan. Gua Karangbolong berukuran panjang 30 meter, lebar 10 meter dan tinggi sekitar 5 meter.

2. Wisata Alam Bukit Hud

Wisata Alam Bukit Hud adalah salah satu objek wisata pantai yang berada di Desa Karangbolong. Objek wisata ini menarik untuk dikunjungi yang menyuguhkan pemandangan alam nan eksotis. Tempat ini menjadi lokasi ideal untuk menikmati keindahan sunrise atau matahari terbit di Kabupaten Kebumen. Lokasi yang berada tepat di atas objek wisata Pantai Karangbolong ini mulai banyak dikunjungi wisatawan. Wisatawan rela mendaki area pegunungan hanya untuk sekadar menikmati hamparan laut selatan dari ketinggian. Tempat ini pun menjadi lokasi yang sangat strategis untuk berfoto-foto.
Tak hanya menikmati keindahan Samudra Indonesia, isata Alam Bukit Hud juga menyuguhkan pemandangan Pantai Suwuk dari ketinggian beserta hamparan sawah, di sisi utara Pantai Suwuk dan alur Daerah Aliran Sungai (DAS) Telomoyo. Disisi utara perkampungan dan hamparan pegunungan yang masuk wilayah Kawasan Karst Gombong Selatan. Dua gunung kembar, Sindoro dan Sumbing juga tampak sangat jelas terlihat disisi timur laut. Tak hanya Puncak Hud, di kawasan tersebut juga menyuguhkan objek wisata lain seperti Pantai Karang Pamuran, Goa Asli lokasi pengunduhan sarangburung, hingga petilasan pertapaan Bung Karno[2].

3. Gula Kristal

Desa Karangbolong merupakan satu dari banyaknya [[desa] penghasil gula kristal di Kabupaten Kebumen. Gula kristal yang diproduksi oleh perajin di Desa Karangbolong mencapai 4,5 kuintal setiap minggunya. Pembuatan gula kristal itu seperti halnya gula merah yang berbahan baku nira kelapa. Hanya saja, untuk membuat butiran-butiran seperti halnya gula merah yang berbahan baku nira kelapa. Hanya saja, untuk membuat butiran seperti kristal itu perlu waktu lama dengan cara diremuk menggunakan batok kelapa.

Referensi[sunting | sunting sumber]