Running Man

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Running Man
RunningMan.jpg
Genre
Pembuat
  • Jo Hyo-jin
  • Kim Joo-hyung
  • Im Hyung-taek
Sutradara
  • Jung Chul-min
Pemeran
Mantan anggota:
Gary
Lizzy
Song Joong-ki
NegaraKorea Selatan
BahasaKorea
Jumlah episode(daftar episode)
Produksi
Produser
  • Jung Chul-min
  • Lee Hwan-jin
  • Kim Han-jin
LokasiKorea Selatan, Thailand, Tiongkok, Hong Kong, Macau, Vietnam, Australia, Jerman, Prancis, Taiwan, Uni Emirat Arab, Indonesia, Jepang, Mongolia, Rusia, Selandia Baru
KameraPengaturan multi-kamera
Durasi80–95 menit per episode
Rumah produksiUrban Works Media
DistributorSBS
Rilis
Jaringan penyiarSBS
Format visualHDTV 1080i
Format audio
Tanggal rilis11 Juli 2010 –
Sekarang
Kronologi
Diawali olehFamily Outing 2
Acara terkaitGood Sunday
Hurry Up, Brother
Pranala luar
Situs web

Running Man (bahasa Korea: 런닝맨) adalah sebuah acara varietas dari Korea Selatan. Pertama kali ditayangkan tanggal 11 Juli 2010 di SBS.[1]. Pembawa acara sekaligus pemainnya adalah Yoo Jae-suk.[2] Acara ini menampilkan beberapa permainan yang dilakukan pertim, dapat 2 tim, 3 tim maupun 4 tim. Kadang seseorang berbuat curang untuk dapat memenangkan permainan, namun Production Team (PD) sering menyatakan bahwa pelanggaran itu tidak sah. Di antara pemain ini, terdapat juga VJ, yang selalu mendamping pemain dalam jalannya permainan.

Acara ini menjadi populer di sejumlah negara Asia lain di luar Korea, dan telah mendapatkan popularitas secara daring di kalangan penggemar Hallyu, yang telah dialih bahasakan ke dalam beberapa bahasa oleh pemirsa internasional, seperti Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Prancis, Italia, Thailand, Vietnam, Mandarin, Malaysia, Indonesia, Burma, Arab, Rusia dan Turki.[3][4]

Acara ini berhasil masuk dalam daftar 20 Acara TV Terpopuler pada tahun 2016 versi Business Insider.[5]

Sejak April 2017, Running Man ditayangkan sebagai bagian pertama Good Sunday pada pukul 4:50 sore KST dan berkompetisi dengan program The Return of Superman dari KBS2 dan King of Mask Singer dari MBC.[6] Running Man sebelumnya tayang pada pukul 6:25 malam KST pada hari Minggu, sebagai bagian kedua Good Sunday, yang ditayangkan setelah Flower Crew, berkompetisi dengan 1 Night 2 Days dari KBS2 dan Secretly Greatly dari MBC.

Format[sunting | sunting sumber]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Sejak episode 48, anggota dan bintang tamu mengambil bagian dalam serangkaian misi untuk menjadi pemenang di akhir lomba. Format acara tersebut bergerak menjauh dari format "misi perlombaan + misi lain" ke satu pertandingan panjang yang ketat dengan misi saat balapan.

Sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Format Sebelumnya

Episode 1[sunting | sunting sumber]

MC dan tamu yang terkunci dalam suatu tempat (mal, museum, dsb) selama jam tutup dan diminta untuk pergi sebelum jam buka. Dalam episode pertama, mereka dibagi menjadi dua tim dan berlari untuk menemukan kode tersembunyi dalam tempat tersebut yang diperlukan untuk membuka pintu utama.[7] Dengan total 5 nomor, setelah satu ditemukan, permainan ini dimainkan untuk menentukan tim mana yang akan mulai pertama dalam perlombaan berikutnya, dan tim yang kalah menerima hukuman sementara tim lainnya diberi mulai lebih awal. Setelah semua angka yang ditemukan oleh salah satu tim, mereka mendekati pintu utama dan memasukkan kode yang mereka yakini benar. Tim yang benar telah diizinkan meninggalkan tempat tersebut sedangkan tim yang kalah diminta untuk menyelesaikan hukuman di dalamnya.[8]

Episode 2-5[sunting | sunting sumber]

Dari episode kedua hingga episode kelima, kedua tim bersaing untuk menemukan celengan babi emas diisi dengan uang yang tersembunyi di dalam suatu tempat, dan berpartisipasi dalam permainan dalam upaya untuk memenangkan lebih banyak uang. Pada akhir setiap episode, tim dengan uang paling banyak dinyatakan sebagai pemenang dan diizinkan meninggalkan tengara sedangkan tim yang kalah menerima hukuman. Uang yang dikumpulkan oleh tim disumbangkan untuk menghormati tim pemenang itu. Pemirsa dapat memilih di homepage resmi Running Man pada siapa yang mereka percaya akan menjadi tim pemenang, dan penampil beruntung yang menebak dengan benar diizinkan untuk memilikinya/namanya termasuk dalam donasi.[9]

Episode 6-10[sunting | sunting sumber]

Dari episode 6 sampai 10, sebuah format permainan yang konsisten digunakan di mana kedua tim bersaing untuk mendapatkan Running Man Balls yang paling banyak (disingkat menjadi Running Balls di episode berikutnya). Running Balls diberikan kepada tim yang menemukan bola, dan juga diberikan kepada individu yang memenangkan permainan, yang menerima Running Ball sesuai warna tim mereka (biru atau merah).[10] Setiap permainan dan ras yang disebut sebagai pertandingan, dan adalah sebagai berikut:

  • Misi 1: menampilkan permainan yang berkaitan dengan tengara (tempat mereka bertanding). Sebelumnya, Photo Zone Game dimainkan di setiap tengara.
  • Misi 2: adalah misi perlombaan.
  • Misi 3: adalah Waktu Senggang untuk Secangkir Teh. Misi ini dihentikan setelah episode sepuluh karena kontroversi.[11]
  • Misi 4: adalah Morning Team Sports. Misi ini ditayangkan secara penuh hanya di episode enam, dan menyoroti hanya ditunjukkan di episode tujuh karena kendala waktu.

Pada akhir setiap episode, Running Man Balls dikumpulkan sepanjang malam ditempatkan menjadi mesin lotere, dan warna bola pertama dikeluarkan menentukan tim pemenang untuk malam tersebut. Tim yang kalah diminta untuk perjalanan pulang menggunakan transportasi umum saat melakukan hukuman yang memalukan.

Episode 11-25[sunting | sunting sumber]

Pada episode kesebelas, anggota dan tamu Running man tidak lagi dibagi menjadi dua tim utama kecuali selama misi perlombaan, dengan tim yang lebih kecil atau individu game-play yang digunakan selama misi lainnya. Setiap orang secara individual memperoleh Running Ball di seluruh misi dan bola dipilih selama segmen mesin lotere mewakili individu yang adalah pemenang malam ini. Format misi juga berubah:

  • Misi 1 adalah Challenge 1 vs. X.
  • Misi 2 adalah Find the Thief. Dari episode 15 ini diubah menjadi permainan yang berbeda terkait dengan tengara.
  • Misi 3 adalah misi perlombaan, Bells Hide and Seek.

Pada episode kedelapan belas, hanya mereka yang tidak mendapatkan Running Balls sama sekali secara otomatis dihukum.

Episode 26-43[sunting | sunting sumber]

Dimulai dengan episode dua puluh enam, misi perlombaan, Bells Hide and Seek, diganti menjadi misi Find the Guests. MC dan tamu terkunci di dalam tengara dan diminta untuk mendapatkan Running Balls untuk mendapat kesempatan lolos dari hukuman. Melalui serangkaian misi, para anggota Running Man yang membagi menjadi beberapa tim dan/atau secara individu memperoleh Running Balls. Format untuk misi di episode 26-43 adalah:

  • Misi 1 adalah misi perlombaan, Find the Guests. Dari episode 39-41, hal ini adalah Catch the Running Man.
  • Misi 2 menampilkan permainan yang berkaitan dengan tengara.
  • Misi 3 adalah tantangan One Chance, yang dimainkan di episode 27 hingga 31.

Jika ada banyak anggota tanpa Running Balls, mereka secara otomatis dihukum dan undian tidak dilakukan. Selain itu, jika anggota berhasil dalam misi One Chance, mereka semua dibebaskan dari hukuman, terlepas dari berapa banyak Running Balls yang dimiliki masing-masing.

Episode 44-47[sunting | sunting sumber]

Dari episode 44-47, staf tengara memilih yang mereka percayai akan menjadi pemenang dari game dan menjadi anggota pendukung/tim. Tim yang diputuskan sebagai pemenang misi perlombaan, akan menerima Running Ball pertama, dan kedua tim kemudian bersaing untuk mengumpulkan lebih banyak Running Balls di seluruh misi yang tersebar selama dua hari (dua episode). Format untuk misi adalah sebagai berikut:

  • Misi 1 adalah misi perlombaan, Find the Guests.
  • Misi 2 menampilkan misi yang terkait dengan staf tengara.
  • Misi 3 adalah misi perlombaan yang kedua.
  • Misi 4 menampilkan misi yang terkait dengan tengara.

Tim dengan Running Balls terbanyak dinyatakan sebagai pemenang dan pendukung tim yang menang kan menerima bonus dari bos mereka.

Seri khusus[sunting | sunting sumber]

Sepanjang sejarah Running Man, seri khusus telah berkembang dengan episode seperti cerita dan film. Banyak dari seri ini telah dipuji karena sensasi dan kegembiraannya, serta dianggap sebagai beberapa episode dengan kualitas yang lebih tinggi dari Running Man.[12]

Seri khusus

Yu-mes Bond[sunting | sunting sumber]

  • Episode 38, 91, 140, 318-319, 336

Seri Yu-Mes Bond terkenal dengan Protagonisnya, Yu Jae-suk sebagai Yu-mes Bond, yang dikenal menggunakan pistol air untuk mengeliminasi musuhnya untuk menyelesaikan misi. Seri ini dilengkapi Yu Jae-suk terhadap anggota Running Man lainnya, yang tidak tahu bahwa Yu Jae-suk adalah lawan mereka. Dalam episode 38, Selama misi Find the Guests, sebenarnya tidak ada bintang tamu dan Yu Jae-suk diberi misi untuk diam-diam Mengeleminasi anggota lain dengan menyemprotkan tag nama mereka dengan pistol air. Ini adalah pertama kalinya Yu-mes Bond muncul sebagai karakter. setahun kemudian, Yu-mes bond kembali hadir untuk ulang tahun pertamanya di episode 91, di mana sekali lagi ia menentang para anggota. Semua anggota yang ditangkap karena berbagai kejahatan yang mereka lakukan. Yu Jae-suk diberi kesempatan pengampunan, dimana dia harus kembali memenjarakan seluruh anggota yang melarikan diri dengan menyemprotkan tag nama mereka sebelum mereka melarikan diri dari gedung. Jika dia berhasil kembali memenjarakan anggota lain, dia akan bebas meninggalkan penjara sementara anggota lainnya harus masuk penjara dengan waktu ygang di tentukan. Episode 140 menandai ulang tahun kedua dari Yu-mes bond,dimana ia dijebak untuk menyebarkan "virus Kemarahan" dan menginfeksi sesama anggota. Dia harus menemukan orang yang menirunya dan mengeliminasi mereka untuk mengambil kembali vaksin Tertawa tersebut. Pada akhir episode ini, kata-kata "Yu-mes bond Tidak Pernah mati" muncul, mengisyaratkan pada episode masa yang akan datang kembali dalam bentuk seri. Seri khusus ini banyak menerima pujian karena seperti film bukan seperti acara varietas.[13][14]

Pertandingan Best of the Best[sunting | sunting sumber]

  • Episode 42, 74, 130, 196, 257, 285, 336

Seri khusus Best of the Best berlangsung sesekali sebagai Kesempatan untuk menentukan siapa yang terbaik di Running man. Best of the Best pertama terjadi di episode 42 diawali dengan misi pertama terus dilanjutkan dengan misi mengeliminasi anggota lainnya, dengan anggota yang selamat terakhir berhak memiliki gelar The Best Running Man. Best of the Best yang kedua terjadi di episode 74 dengan kekuatan khusus. Setiap anggota diberikan Tenaga Super, dan dapat digunakan untuk membantu upaya mereka untuk mengeliminasi anggota lain. Dua kali berturut-turut, Gary menang menjadi The Best Running Man.[15] Best of the Best yang ketiga berlangsung di episode 130 dengan cerita khusus, di mana setengah dari perlombaan berlangsung pada tahun 1938 dan kemudian pada tahun 2013. Para anggota bereinkarnasi kembali dalam proses harus menemukan siapa anggota Running man yang masih hidup terakhir pada tahun 1938, dan mereka yang telah bereinkarnasi pada tahun 2013, harus memecahkan misteri dan memenangkan perlombaan. Ha-ha menjadi Best of the Best yang ketiga di Running Man.[16] Best of The Best keempat dimenangkan Jae-suk, pada saat itu para anggota diberi misi untuk menemukan ahli dan mereka harus melakukan apapun yang diperintahkan ahli tersebut untuk mendapatkan item kekuatan super. Sebelum minggu tersebut, terdapat Minggu Perjalanan Waktu, dimana para anggota mengulang misi Best of The Best kedua, namun kali ini dimenangkan Ji-hyo, meski bukan Best of The Best resmi yang keempat.

Best of The Best yang kelima pada episode 285, dimana staf sudah mengumpulkan semua data misi yang dimenangkan anggota tiap tahun, kemudian para anggota diuji dalam berbagai bidang, mulai dari kecekatan, kepekaan, dan sebagainya, kemudian di misi akhir adalah Merobek Label Nama Berstandar dimana setiap anggota memiliki label nama yang berbeda sesuai kemampuan mereka selama 6 tahun terakhir, dan Haha adalah pemenang misi ini.

Best of The Best keenam merupakan bagian dari Member's Week Special dimana Gary datang sebagai bintang tamu. Para anggota diberi kekuatan super gabungan yang luar biasa, mulai dari kekuatan super Best of The Best yang kedua, digabungkan dengan kekuatan super pada episode The Avengers (episode 150), episode Yoo-mes Bond, episode Sherlock Holmes, juga minggu Superhero pada episode 256. Namun para anggota harus melakukan misi-misi kecil terlebih dahulu untuk meningkatkan level kekuatan mereka. Untuk pertama kalinya, Kwang-soo memenangkan pertandingan Best of The Best.

Running Man Hunter[sunting | sunting sumber]

  • Episode 52, 53, 69, 118

Serial Running Man Hunter berasal dari episode 52, di mana Choi Min-soo tampil sebagai bintang tamu dan mengeliminasi semua anggota. Dia kemudian dikhianati oleh Yoo Jae-suk di episode 53. Saat perlombaan berlangsung, Yoo Jae-suk setuju untuk bekerjasama dengan Choi Min-soo untuk menempelkan nametag pertama kali pada tim yang lain sebelum berbalik ke masing-masing. Namun, Yoo Jae-suk dengan cepat menempatkan nametag Choi Min-soo di punggungnya, mengeliminasinya dari perlombaan.

Secret of Nine Swords[sunting | sunting sumber]

  • Episode 133, 134, 136

Cerita ini merupakan bagian dari Asia Race yang berlokasi di Makau dan Vietnam.

Asian Dream Cup[sunting | sunting sumber]

  • Episode 95-97, 153, 154, 199, 200, 283

Anggota Running Man pertama kali berpartisipasi dalam 2012 Asian Dream Cup yang diadakan di Thailand. Kim Jong-kook dan Gary terpilih setelah menyelesaikan misi dari Park Ji-sung. Sejak saat itu, Park Ji-sung telah mengundang para anggota untuk berpartisipasi dalam acara Asian Dream Cup selanjutnya. Pertandingan tahun 2013 diadakan di Tiongkok dan tahun 2014 di Indonesia. Di Tiongkok, Yoo Jae-suk, Ha-ha, Kim Jong-kook, dan Lee Kwang-soo dipilih untuk bermain. Di Indonesia, semua anggota bermain kecuali Song Ji-hyo. Setiap tahun, para anggota akan berpartisipasi dalam misi pelatihan dengan Park Ji-sung untuk mempersiapkan Asian Dream Cup sebelum pertandingan sebenarnya. Setelah absen setahun, seri sepak bola kembali pada 2016, kali ini di Asian Smile Cup 2016, acara amal di mana Park Ji-sung diundang. Kali ini, semua anggota bermain di permainan. Banyak dari episode ini telah menampilkan bintang sepak bola masa lalu dan masa kini.

Tru-Gary Show[sunting | sunting sumber]

  • Episode 60, 265

Tru-Gary Show dimulai pada episode 60, di mana Gary diberi tugas sebagai seorang mata-mata (spy) dan diberi tugas untuk mengeliminasi anggota yang lain. Tanpa sepengetahuan dia, seluruh tindakan dan rencananya diawasi oleh seluruh anggota, mengetahui bahwa Gary adalah mata-mata. Para anggota kemudian ditugaskan untuk menipu Gary sampai akhir rekaman. Kamera tersembunyi itu sukses dan anggota diberikan penghargaan dengan hadiah, jauh lebih besar dari Gary.

Serial ini kembali 4 tahun kemudian, sekarang diset di pulau. Dalam episode ini, anggota dan tamu terjebak di sebuah pulau dan harus menemukan serta menyelesaikan tag nama mereka untuk melarikan diri. Gary putus asa pada saat itu, karena dia harus hadir hari berikutnya untuk menyelesaikan rekaman album barunya. Hal ini pada akhirnya mendorong produsen permainan untuk membangkitkan Tru-Gary Show, di mana para anggota dan tamu harus melarikan diri pulau, meninggalkan Gary sendirian di pulau itu. Misi itu akhirnya sukses, dengan Gary benar-benar ditipu. Pada akhir episode, terungkap bahwa Gary diizinkan untuk pulang dengan sisa anggota.

Member's Week Special[sunting | sunting sumber]

  • Episode 333 - 337, 339 - 340

Serial ini merupakan bagian dari proyek Running Man 2017 yang memungkinkan anggota untuk memilih tema untuk setiap minggu di mana mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan.

Minggu pertama adalah Ji-hyo's Week dan dia memutuskan untuk pergi pada MT perjalanan, tapi dengan sentuhan oleh PD, perjalanan ditetapkan selama cuaca dingin beku.

Minggu kedua adalah Jong-kook, dan dia memutuskan untuk meninggalkan temanya pada PD, sehingga mereka memutuskan untuk "Marry Jong-kook Off" (Menikahi Jong-kook), di mana ia melakukan kencan buta.

Yang ketiga adalah Suk-jin dan ia merencanakan sebuah penjara khusus untuk para anggota. Pada akhirnya, misi ini adalah untuk melarikan diri dari penjara dan menghadiri pembaharuan sumpah setia Suk-jin dengan istrinya.

Keempat adalah Gary, dan ia adalah tuan rumah untuk seri Best of the Best Match keenam; tetapi sebagai sebagai sentuhan, para anggota tidak diberitahu yang memiliki minggu tersebut dan fakta bahwa Gary diundang sebagai tuan rumah untuk member's week minggu tersebut.

Minggu kelima adalah Haha dan dia diberi misi untuk selalu memilih dari salah satu pilihan, mengingat dia memiliki kesulitan untuk membuat keputusan dan memilih, namun pada akhirnya, dia diberi kejutan dari para anggota lainnya sebagi ucapan selamat atas kelahiran anak keduanya.

Minggu keenam adalah Jae-suk, dia mengundang 6 tamu lain termasuk teman dekatnya untuk beradu melawan tim Running Man, Jae-suk pada saat itu tidak mengikuti misi dan hanya sebagai pembawa acara, minggu ini dimenangkan oleh tim Running Man.

Minggu anggota yang terakhir adalah Kwang-soo, dia mengadakan Perjalanan Keliling Kota Tengah Malam, dimana para anggota lain harus menyarankan tempat tempat yang buka di tengah malam hingga subuh, kemudian pada akhirnya Kwang-soo memilih tempat yang terbaik. Sementara, pilihan tempat yang paling buruk, anggota tersebut akan disiram air dingin pada pagi hari, dan anggota itu adalah Jae-suk.

Global Race[sunting | sunting sumber]

  • Episode 346-354

Episode ini merupakan proyek Running Man untuk memperingati anggota baru dan pergantian staf produksi. Ini melibatkan pembuatan film program di lokasi luar negeri dengan hukuman berupa kunjungan ke tempat-tempat wisata berbahaya di seluruh dunia. Hukuman diberikan kepada anggota yang telah mengumpulkan tiga 'Tourist Card', yang diberikan saat mereka kalah dalam misi.

  • Global Race pertama terjadi di Osaka, Taipei dan Jeju-do. Anggota dipisahkan menjadi tiga kelompok dengan masing-masing kelompok pergi ke tempat yang berbeda. Tim Osaka diberi misi untuk menemukan pemandian milik seseorang bernama Suzuki, Tim Taipei perlu makan lima masakan lokal yang berbeda, dan Tim Jeju harus bergabung dengan sekelompok penyelam perempuan untuk menangkap gurita.
  • Global Race kedua terjadi di Ulaanbaatar, Mongolia dan Vladivostok, Rusia. Anggota dipisahkan menjadi dua kelompok dengan masing-masing kelompok pergi ke tempat yang berbeda. Tim Mongolia diberi misi untuk menemukan keturunan Genghis Khan dan 4 liter susu domba dan Tim Rusia harus menangkap kepiting raja dan sepuluh jenis ikan yang berbeda.
  • Global Race terakhir berlangsung di Jepang. Yoo Jae-suk, Ji Suk-jin, Lee Kwang-soo, Jeon So-min dan Yang Se-chan mengunjungi taman hiburan Fuji-Q Highland untuk menyelesaikan misi di atraksi "Super Scary Labyrinth of Fear"-nya. Sementara itu, Haha, Kim Jong-kook dan Song Ji-hyo mengunjungi Yokohama di mana pengeluaran mereka mempengaruhi misi anggota lainnya.

1% People's Recommendation[sunting | sunting sumber]

  • Episode 355-TBA

Episode ini merupakan proyek Running Man dimana staf produksi akan menerima rekomendasi unik untuk tempat-tempat wisata yang dibuat oleh kaum minoritas. Hanya dua anggota 'Running Man' yang dipilih untuk menyelesaikan proyek tersebut, yang ditandai oleh akumulasi ketiga I-Go Stickers.

  • Hasil:

Half and Half Tour[sunting | sunting sumber]

  • Episode 365-369

Merupakan proyek Running Man di mana para anggota bersaing dengan staf produksi, di mana anggota Running Man meminta program tersebut untuk mengunjungi tempat-tempat liburan untuk misi kegembiraan sementara staf produksi ingin mengirim mereka mengunjungi tempat-tempat khusus untuk misi berbahaya. Setiap episode akan memiliki kedua belah pihak bersaing di mana pemenang diperbolehkan memasukkan rekomendasinya ke dalam roda pemintal dengan nama anggota yang dilampirkan untuk menyelesaikan misi. Keputusan akhir akan dilakukan setelah 4 lokasi diputuskan.

  • Hasil:
* Yoo Jae-suk dipilih untuk mengunjungi Nevis Swing di Queenstown, Selandia Baru untuk misi berbahaya.
* Jeon So-min dipilih untuk mengunjungi Bora Bora, Polinesia Prancis untuk misi yang menyenangkan.
* Yoo Jae-suk dipilih untuk mengunjungi Roma, Italia untuk sebuah misi yang menyenangkan.
* Lee Kwang-soo dipilih untuk mengunjungi Darwin, Australia untuk misi berbahaya.
* Hukuman terakhir diberikan kepada Lee Kwang-soo dan satu anggota lainnya di mana mereka akan mengunjungi Crocosaurus Cove's Cage of Death di Darwin, Australia.
* Di episode 372, Lee Kwang-soo memilih Yoo Jae-suk sebagai rekannya untuk mengunjungi Crocosaurus Cove's Cage of Death.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Nama Nama Panggilan Durasi Karakter
Yoo Jae-suk Yoo Jae-suk in September 2013 02.jpg Yoo-ruce Willis (유르스 윌리스)
Yoo-hyuk (유혁)
Yoo-mes Bond (유임스 본드)
Grasshopper (메뚜기)
Cicadanem (매미넴)
Ddakji King (딱지왕)
Dog-nosed Yoo-hyuk (개코유역)
Yoda (요다)
Grasshopper King (뚜기왕)
Janny (재니)
Ladle (국자)
Love Expert (연애고수)
Kwang-soo's Love Coach (광수의 연애코치)
Small Yoo Jae Suk (작은 유재석)
Yoomerang (유메랑)
Troublemaker (사고뭉치)
Goblin (고블린)
Episode 1 – sekarang Pembawa acara utama, Yoo Jae-suk dikenal sebagai Yoo-ruce Willis (유르스 윌리스) selama misi perlombaan mana dia pandai melarikan diri. Nama ini adalah parodi dari Bruce Willis di Die Hard. Dia juga dikenal sebagai Yoo Hyuk (유혁), bertindak sebagai seorang mahasiswa populer yang dapat menari dengan baik. Di The Usual Suspects of Running Man (episode 38), Dia dikenal sebagai Yoo-mes Bond (유임스 본드), mana ia harus menyamarkan sebagai tamu dan menghilangkan semua anggota dalam Find the Guests. Meskipun awalnya seorang pemain lemah dalam misi perlombaan, ia menjadi salah satu pemain kuat di kemudian hari.
Ha-ha HaHa, Running Man Bros US Tour 2014 press conference, Dallas, December 14.jpg Haroro (하로로)
Roro (로로)
Mad/Crazy Haroro (미친 하로로)
Penguin (펭귄)
Playboy (난봉꾼)
Kid/Little Brat (꼬마)
Little Hunter (꼬마사냥꾼)
Schemer (모사꾼)
Ha-Rad Pitt (하래드 피트)
Octopus (주꾸미)
Spaghetti (스파게티)
Speed (스피드)
King of Nonsense (넌센스의 왕)
Se-chan's Hero (세찬의 헤로)
Ha Pills
(하알약)
Episode 1 – sekarang Ha-ha biasanya diambil oleh anggota lain. Ia dikenal sebagai Ha-roro (하로로) karena penampilannya serupa dengan Pororo the Little Penguin. Selama misi perlombaan, ia disebut sebagai Ha-rad Pitt (하래드 피트), yang merupakan parodi dari Brad Pitt. Dia juga memiliki kecenderungan untuk merasa seolah-olah ia adalah pemimpin utama dalam sebuah film yang dibuat oleh imajinasinya. Ketika sesuatu tidak berjalan jalan, dia bulu mata keluar secara verbal, menyebabkan tawa besar di antara para pemain. Dia juga pemain playboy, seperti yang selalu mengaku cintanya untuk tamu perempuan.
Ji Suk-jin Ji Suk Jin at Malaysia for Running Man Fan Meeting Asian Tour 2014.jpg Big Nose (왕코)
Impala (임팔라)
Race Starter (레이스 스타터)
Yoo Jae Suk's Sunflower (유재석 의 해바라기)
Black Hole (블랙 홀)
Celebrity Paparazzi (연예인파파라치)
Suk-ja (석자)
Jae-suk Parody (재수 패러디)
Ji-dolph (지돌프)
Power (파워)
Third-wheel (세번째 바퀴)
Ji Suk-jin Game (지석진 게임) (a.k.a Nonsense Quiz [동문서답 퀴즈])
Sinsa-dong Mudfish (신사동이어)
Awkward Ji (지석바리)
Episode 1 – sekarang Anggota tertua dari pertunjukan dan salah satu teman dekat Yu Jae-suk, mengenal satu sama lain selama lebih dari 20 tahun. Dia terbukti cemburu dari hubungan baik antara Yu Jae-suk dan Kim Jong-kook. Selama misi perlombaan, ia ditampilkan sebagai salah satu anggota terlemah dan adalah yang paling mudah dan paling sering dieliminasi pertama dari pemain, sehingga mudah bagi anggota lain, akan menyatakan bahwa perlombaan telah resmi dimulai setelah eliminasinya.
Kim Jong-kook Kim Jong Kook at Malaysia for Running Man Fan Meeting Asian Tour 2014.jpg Sparta-kook (스파르타국)
Commander (능력자)
Kookie (꾹이)
Tiger (호랑이)
Coach Kook (꾹코치)
Mr. Capable (능력 씨)
Father-in-law (시아버지)
Kook-minator (꾹네이터)
Jong-sook (종숙)
Lackey's Boss (래키의 보스)
Gang Boss (갱 보스)
Anyang Hothead (안양성급한 사람)
Jong-kook's Zero Game (종국 제로 게임)
Episode 1 – sekarang Orang terkuat di acara ini, ia dikenal sebagai Sparta-kook (스파르타국스) dan Commander (능력자) untuk keahliannya dalam menangkap orang lain selama misi perlombaan, penampilan mendadak dan menunjukkan kekuatan biasanya disertai dengan ucapan "Sparta!" diambil dari film 300. Taktik cerdasnya sering berhasil untuk menghilangkan anggota lain dan sebagai hasilnya, ia dikenal karena memiliki kedua otak dan otot. Dia kerap kali juga ditampilkan untuk bertindak lucu dan memamerkan "aegyo" nya. Hanya kelemahan nyatanya adalah wanita dan ia sering diejek karena memiliki hubungan khusus terhadap Yoon Eun-hye.
Lee Kwang-soo Lee Kwang-Soo at Malaysia for Running Man Fan Meeting Asian Tour 2014 - 2.jpg Framer Kwang-soo (모함광수)
Dance Machine (댄싱 머신)
Giraffe (기린)
Giraffe's Tricks (꼼수 기린)
Kwangvatar (광바타)
Betrayer Kwang-soo (배신광수)
Icon of Betrayal (배신의 아이콘)
Icon of Bad Luck (불운의 아이콘)
Prince of Asia (아시안 프린스)
God of Variety (예능신)
KwangToad (광두꺼비)
Kwang-ja (광자)
Lee Sa-rang (이사랑)
Man who Easily Falls in Love (쉽게 사랑에 빠지는 남자/쉽사빠)
10-Slot Kwang-soo (십광수)
20-Slot Kwang-soo (이십광수)
Kawaii (카와이)
Jong-kook's Veteran Lackey (종국 베테랑 래키)
Henchmen (성급한)
Abandoned (버림받은)
Episode 1 – sekarang Anggota termuda dan tertinggi dari para pemain dan awalnya diperkenalkan bersama Gary dan Song Joong-ki sebagai salah satu "variety rookies" karena kurangnya pengalaman di berbagai pertunjukan sebelum Running Man. Selama episode sebelumnya ia dikenal untuk membingkai sesama anggota dengan rumor memalukan dan sering tidak masuk akal. Ia sering diejek oleh sisa pemain, terutama Kim Jong-kook, karena sifat pemalu nya serta penampilan mirip dengan spesies Na'vi di Avatar. Dia adalah salah satu pemain paling lemah dalam perlombaan dan salah satu yang pertama dieliminasi selama misi lomba. Namun, ia telah berkembang menjadi mudah mengkhianati sesama anggota tanpa keprihatinan.
Song Ji-hyo Song Ji Hyo (3).jpg Blank Ji (멍지)
Ace (에이스)
Bad/Gangster Ji-hyo (불량지효)
Monday Girlfriend (월요여친)
Song Ji-yok (송지욕)
Beardy Ji-hyo (수염지효)
Gold Ji-hyo (금지효)
Goddess of Luck (행운의 여신)
Goddess of Sleep (잠의 여신)
Finger Lady (손가락 숙녀)
Queen of Extreme Sports (익스트림 스포츠의 여왕)
Big Mama of Variety Show (버라이어티 쇼의 빅 마마)
Wonder Blank Ji (원더 멍지)
5 Second's Talk Master (5 초 토크 마스터)
Song Kwan-tae (송관태)
Witch (마녀)
Episode 2 – 5 (bintang tamu)
Episode 7 – sekarang (regular)
Satu-satunya anggota wanita dalam acara, Song Ji-hyo dikenal sebagai Song Ji-yok (송지욕), dimana "yok" berarti "bersumpah", karena "kata-kata buruk"nya terhadap beberapa anggota seperti Lee Kwang-soo dan Ha-ha. Dia juga dikenal sebagai Mong Ji-hyo (멍지효), dimana "mong" berarti "bingung (blank)", karena ekspresi wajah yang membuat dia tampak bingung. Sepanjang seri, ia telah terlibat dalam Loveline utama dari pertunjukan bersama Gary. Serta, dia disebut sebagai Ace (에이스) karena kemampuannya dalam penangkapan serta kecerdasan yang sebanding dengan Yoo Jae-suk dan Kim Jong-kook .
Yang Se-chan 한국닌텐도 슈퍼 마리오 캠페인 이벤트 현장 (양세찬).jpg Strawberry Yang (양딸기)
The New King of Misfortunes (불운의 새로운 왕)
Number 8 (여덟 번째)
The Emerging Unlucky Guy (신흥꽝손)
Butler (집사)
Cunning (쌥쌥이)
Jong-kook's Junior Lackey (종국 주니어 래키)
My New Henchmen (내 새로운 초벌구아)
Commander's Favorite (사령관의 즐겨 찾기)
Yang No Name (양무명)
Episode 321, 323 (bintang tamu)
Episode 346 – sekarang (regular)
Salah satu anggota termuda dari acara, yang awalnya muncul sebagai tamu untuk beberapa episode. Dia secara resmi ditambahkan ke pemeran utama sejak episode 346. Sejak menjadi anggota, dia dengan cepat menjadi anggota kelompok sial bersama Yoo Jae-suk, Ji Suk-jin dan Lee Kwang-soo. Dia juga disebut sebagai #8 (yang ke-8), dalam hal penampilan. Warna resminya abu-abu.
Jeon So-min (TV10) 하석진의 그녀 전소민 화보 촬영 현장 6s.jpg Female Kwang-soo (여자 광수)
Female Traitor (여성 반역자)
Missing Person (누락 된 사람)
Wandering Girl (떠돌아 다니는 여자)
Crazy Lady (돌+아이)
Frog (개구리)
Parrot (앵무새)
Magnet Lady (인간 자석)
Investigator (수사관)
Love Prosecutor So-min (연애검찰 돌소민)
Clumsy Jeon (전어리)
Psycho (정신병자)
Pervert (나쁜 길로 이끌다)
So-min's Show (소민의 쇼)
Episode 224, 343 (bintang tamu)
Episode 346 – sekarang (regular)
Salah satu anggota termuda dari acara, yang awalnya muncul sebagai tamu untuk beberapa episode. Dia secara resmi ditambahkan ke pemeran utama sejak episode 346. Dia sering disebut sebagai versi wanita Lee Kwang-soo karena sikapnya untuk berbalik dari timnya dan mengkhianati mereka, dan dia sering dipasangkan sebagai pasangan Lee Kwang-soo oleh anggota lainnya. Warna resminya berwarna biru tua.

Mantan Pemain[sunting | sunting sumber]

Nama Nama Panggilan Durasi Karakter
Lizzy Lizzy 15-08-02.jpg Busan Girl (부산 소녀)
Cowardly Girl (겁 많은 소녀)
19 Years Old Girl (19 살 소녀)
Vitamin (비타민)
Episode 13 – 14 (bintang tamu)
Episode 18 – 26 (regular)
Awalnya muncul sebagai tamu di episode 13 dan 14, namun kemudian bergabung menjadi tokoh utama di episode 18. Lizzy dikenal untuk terlihat lucu dan "aegyo". Dia juga terbukti memiliki aksen negara ketika berbicara Korea sejak dia dari Busan di mana mereka memiliki sedikit aksen. Pada episode 26, dia meninggalkan acara ini karena kesibukannya di After School.[17]
Song Joong-ki Song Joong-ki 2.jpg Flower Joong-ki (꽃중기)
Brain Joong-ki (브레인 중기)
Active Young Man (적극청년)
Detective Joong-ki (형사 중기)
Episode 1 – 41 (regular)
Episode 66 (bintang tamu)
Episode 71 (cameo)
Episode 97 (cameo)
Tampil sebagai salah satu "variety rookies" bersama Gary dan Kwang-soo, Song Joong-ki dikenal karena ketampanannya serta kepintarannya. Ia dikenal karena mampu mencari tahu teka-teki dan menyusun strategi selama misi ras. Ia juga terbukti sangat optimis dan sering terlihat mencoba hal baru tetapi akhirnya gagal. Pada episode 41, dia meninggalkan acara ini untuk fokus pada karier aktingnya.[18] Dia muncul kembali di episode 66 sebagai tamu, yang membuat para anggota terkejut. Dia juga menjadi cameo di episode 71 sebagai Sejong Joong-ki sebagai bagian dari promosi Deep Rooted Treenya serta di episode 97 sebagai anggota tim sepak bola untuk Asian Dream Cup 2012.
Gary Kang Gary.jpg Peaceful Gary (평온개리)
Straight-Going Gary (직진개리)
Tycoon (태풍)
Monday Boyfriend (월요남친)
Mr. Gary (개리 쒸)
Wild Gary (야생개리)
Sudden Commander (뜬금 능력자)
Random Mr. Capable (임의 씨 가능)
Squid (오징어)
Episode 1 – Episode 324 (regular)
Episode 325, 336 (bintang tamu spesial)
Tampil sebagai salah satu "variety rookies" bersama Lee Kwang-soo, dia sering mudah tertipu oleh orang lain. Sepanjang seri, ia telah terlibat dalam Loveline utama dari acara bersama Song Ji-hyo. Meskipun terkadang sering tak mengerti, ia ditampilkan cukup kuat selama misi lomba bahkan berhasil memenangkan kedua misi lomba khusus untuk menemukan Running Man Terbaik dan memenangkan perjalanan ke Eropa. Pada 31 Oktober 2016, Gary meninggalkan Running Man agar dapat fokus pada karier musiknya.

Linimasa[sunting | sunting sumber]

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Hubungan Anggota Detail
Eternal Rivals (영원한 숙적)
Running Man's Two Pillars of Power (런닝맨 권력 양대산맥)
Yoo Jae-suk,
Kim Jong-kook
Keduanya sering berdebat, bercanda dan berkelahi satu sama lain saat mereka bertemu. Biasanya Kim Jong-kook memenangkan pertarungan. Mereka telah dikenal sebagai saingan sejak episode 1, dan dianggap sebagai dua pemain terkuat dalam seri ini.
Commander and Ace (능력자&에이스)[19]
SpartAce [Couple] (스파타에이스 [커플])[19]
Kim Jong-kook,
Song Ji-hyo
Keduanya dianggap sebagai salah satu tim terkuat dalam Running Man sejak mereka pertama kali bekerja sama dari episode 21.
Candy Alliance (사탕동맹)
Yoo-Mong (유멍)
Yoo Jae-suk,
Song Ji-hyo
Di episode 42, Song Ji-hyo memberi Yoo Jae-suk sebuah permen untuk bersekutu dengannya. Pada akhirnya, Song Ji-hyo mengkhianati Yoo Jae-suk dengan merobek tag namanya.
New Dumb and Dumber (신형 덤앤더머)
Easy Brothers (이지 브라더스)
Feel, Touch, Cross! (필촉 크로스)[20]
Ji Suk-jin,
Lee Kwang-soo
Hubungan New Dumb and Dumber pertama kali digambarkan di episode 65, ketika mereka menjadi duo kikuk, bertindak mirip dengan pasangan Dumb and Dumber dari Family Outing Mereka dinamai kembali dengan Easy Brothers ketika mereka ditunjuk mata-mata untuk Episode 68, dan petunjuk ditawarkan kepada anggota lain yang mengancam untuk mengungkapkan identitas mereka. Petunjuk itu "Easy (Mudah)", sebuah romanisasi dari kombinasi nama keluarga mereka 이 (Lee/Ea) dan 지 (Ji/Sy). Setiap kali mereka berpasangan, mereka juga dikenal untuk melakukan penghiburan "Feel, Touch, Cross!" sebelum setiap misi.[21]
The Strongest And The Weakest (최강과 최약)
The Awkward Partners (어색한 파트너)
Kim Jong-kook,
Ji Suk-jin
Selama Running Man Hunting pertama (episode 52), Kim Jong-kook dan Ji Suk-jin adalah anggota pertama yang dieliminasi melalui pelemparan dadu dalam misi Race to Kyungjoo. Karena ini adalah pertama kalinya anggota terkuat dan terlemah bersama, suasana hati setelah eliminasi itu canggung. Yoo Jae-suk adalah orang pertama yang menentukan kombinasi seri terbaru.
Serengeti (세렝게티)
Animal Kingdom (동물의 왕국)
Kook-Easy Brothers (국이지 브라더스)
Kim Jong-kook,
Lee Kwang-soo,
Ji Suk-jin
Kelompok ini memiliki seperangkat julukan hewan. Kim Jong-kook adalah harimau, Ji Suk-jin adalah Impala, dan Lee Kwang-soo adalah jerapahnya. Ketika mereka dikelompokkan, mereka selalu memiliki atmosfer serengeti seperti yang dikatakan Kim Jong-kook di episode 87.
Betrayal Masters (배신 마스터) Haha,
Lee Kwang-soo
Dalam serial ini, keduanya dikenal karena mengkhianati anggota lainnya. Di episode 99, mereka telah menerima misi mata-mata untuk mengusir raja mereka masing-masing namun gagal dalam misi tersebut.
Yoo-Lee (유이)
Yoo-Lee, I miss you! (유이 보고 싶다)
Lee-Yoo (이유)[22]
Dumb and Dumber (덤앤더머)
"The Unlucky Duo" (꽝손 듀오)
Yoo Jae-suk,
Lee Kwang-soo
Ini terbentuk ketika Yu Jae-suk dan Lee Kwang-soo yang dipasangkan sebagai tim dalam Episode 90. Menggabungkan kedua nama keluarga mereka bersama-sama 유 (Yu), 이 (Lee). Sepanjang Episode 90, Yu Jae-suk dan Lee Kwang-su sering melakukan "Yulee" silang. Sering di mana, Lee Kwang-soo akan menyatakan bahwa kedengarannya seperti nama Uee After School. Mereka mengatakan bahwa mereka merindukannya. YuLee juga bisa diubah menjadi LeeYu Saat IU datang menjadi Bintang Tamu di Running Man.
Jail Regulars Trio (감옥 단골 3인방)[22]
Lee-Yoo-Ji Brothers (이유지 브라더스)
The Unlucky Trio (꽝손 트리오)
The Unlucky Brothers (꽝손 브라더스)
Lee Kwang-soo,
Yoo Jae-suk,
Ji Suk-jin
Trio ini sering dihilangkan di awal waktu saat Bells Hide and Seek, dan saling bertemu di penjara. Sementara Lee-Yu-Ji adalah suatu bentuk evolusi dari Easy Brothers, diciptakan saat Ji Suk-jin mulai cemburu ketika Lee Kwang-su menjadi dekat dengan Yu Jae-suk, dan menyebut diri mereka Lee-Yu di episode 81. Menanyakan apakah Lee Kwang-su adalah dengan Easy atau yang baru Lee-Yu, Yu Jae-suk menjawab "itu adalah alasannya" ("alasannya" adalah "Lee-Yu-Ji" dalam hangul), dan Ji Suk-jin enggan bergabung dengan mereka untuk menjadi Lee-Yu-Ji, yang merupakan nama keluarga mereka yang disatukan.
Suk-Brothers (석브라더스)
Two-Suks (투석스)
Yoo-Ji (유지)
Yoo Jae-suk,
Ji Suk-jin
Dua MC telah berteman dekat selama lebih dari 20 tahun dan bahwa mereka berdua memiliki "Suk" dalam nama mereka. Namun, Ji Suk-jin selalu cemburu pada hubungan yang baik Jae-suk memiliki dengan Kim Jong-kook. Dalam episode 27, Ji Suk-jin itu disebut sebagai "bunga matahari" Yu Jae-suk (selalu menghadap ke arah dia) dan secara resmi dinamai sebagai tersebut dalam Episode 40.
My Big Brother and My Little Brother (우리 형, 내 동생)[23] Kim Jong-kook,
Ha-ha
Jong-kook dan Haha sering berada di tim yang sama dan mereka memiliki hubungan dekat sebagai kakak/adik selama acara tersebut.
Ha-Suk (하석) Yoo Jae-suk,
Ha-ha
Loveline baru ini dibentuk setelah pengumuman bahwa pemeran Ji-hyo berkencan dengan CEO perusahaannya. Ji Suk-jin berkomentar bahwa Loveline baru dibutuhkan dalam pertunjukan. Setelahnya, Ha-ha berkomentar bahwa dia mempersiapkan Loveline dan Yu Jae-Suk bilang dia mau menjadi pasangan Haha dan segera bercanda menjawab, mengatakan bahwa ia tidak bisa tidur karena dia telah berpikir tentang Ha-ha terlalu banyak.
Commander Jong Kook and Disciple Soo (능력자종국 과 그의조수)
Kook-Soo (국수)
Tiger and Giraffe (호랑이와 기린)[24]
Kim Jong-kook,
Lee Kwang-soo
Ini dibentuk dalam Episode 82 dimana Lee Kwang-soo dan Kim Jong-kook dipasangkan ke dalam tim. Jadi nama mereka dikombinasikan untuk membentuk "Kooksu" yang merupakan pelesetan karena juga berarti "Mie" di Korea. Juga, karena Kim Jong-kook menyerupai harimau dan Lee Kwang-su menyerupai jerapah, hubungan mereka juga dikenal sebagai Tiger and Giraffe (Harimau dan Jerapah). Hal ini terjadi lagi di Episode 84 dimana Lee Kwang-soo dan Kim Jong-kook dipilih oleh tim lawan untuk berpasangan bersama-sama dengan borgol kertas, meninggalkan mereka berdua terjebak satu sama lain untuk sisa episode. Keduanya menunjukkan hubungan seperti Tom and Jerry-esque relationship.[25]
Betrayers Club (배신자 클럽)[26] Ha-ha,
Ji Suk-jin,
Lee Kwang-soo
Dibentuk dalam episode 135 dan 142 ketika mereka bertiga bergabung dalam satu tim. Karena mereka sering mengkhianati anggota Running Man yang lain, tim mereka dinamakan "Traitor Club" atau "Klub Pengkhianat".
Kwang-Mong Siblings (광멍남매) Lee Kwang-soo,
Song Ji-hyo
Keduanya sering terlihat bermain-main satu sama lain. Meski mereka sering bertengkar, mereka saling menjaga satu sama lain seperti saudara kandung. Mereka juga menunjukkan hubungan seperti Tom and Jerry, mirip dengan hubungan Lee Kwang-soo dengan Kim Jong-kook.
Betrayers Couple (배신자 부부) Lee Kwang-soo,
Jeon So-min
Sejak penampilan pertamanya di program ini, Jeon So-min telah menunjukkan kepribadian yang sama dengan Lee Kwang-soo. Selain itu, mereka memiliki chemistry yang hebat dan mudah mengkhianati anggota lainnya dan satu sama lain, bahkan saat bermitra bersama.
Kook-Min (국민) Kim Jong-kook,
Jeon So-min
Seperti yang disebutkan namanya, Kook dari Kim Jong-Kook dan Min dari Jeon So-min. Keduanya dipasangkan untuk pertama kalinya dalam misi rahasia episode 349 yang berjudul Kook-Min's Pick dalam kaitannya dengan Global Race Project. Selama misi, segera setelah PD mengumumkan bahwa mereka gagal, pasangan tersebut perlu saling bersembunyi dan memanggil nama anggota yang akan mendapatkan Whale Badge dalam satu menit. Namun, jika anggota lain melihat misi rahasia tersebut, dia akan dibebaskan dari hukuman, dan jika lebih dari tiga anggota memperhatikannya, keduanya akan mendapatkannya. Pada akhirnya, mereka ditangkap oleh Yoo Jae-suk dan Haha. Selain itu mereka dilahirkan dibulan yg sama dan satu-satunya pasangan dibulan yang sama
Blank-Dumb Sisters (멍돌 자매) Song Ji-hyo,
Jeon So-min
Ini terbentuk di Episode 351 saat Yoo Jae-Suk memanggil mereka 'Blank-Dumb Sister' dan mengatakan bahwa 'Blank' berlaku untuk Song Ji-hyo karena dia dikenal sebagai Blank alias Mong dalam bahasa Korea dan 'Dumb' berlaku untuk Jeon So-min karena dia menipu dan 'bodoh'.
Kim Jong-kook and The Three Lackeys (김종국과 삼 개의 협박) Kim Jong-kook,
Haha,
Lee Kwang-soo,
Yang Se-chan
Aliansi ini dibentuk setelah Yoo Jae-suk menciptakannya, karena anggota yang disebutkan berada dalam satu tim. Kim Jong-kook adalah pemimpin dan tiga anggota lainnya harus melayani Jong-kook sehingga dia tidak akan memilih salah satu dari tiga antek untuk pergi ke tempat yang berbahaya. Keempat anggotanya juga sering memiliki koneksi khusus, dimana anggota lain dari acara tersebut tidak dapat mengerti. Ini adalah kelahiran kembali hubungan Kim Jong Kook dengan Gary dan Haha di mana mereka dikenal sebagai Kim Jong Kook and the Two Kids (김종국과 아이 둘) atau Kim Jong Kook and the Three Kids (김종국과 세 자녀) bersama Lizzy.
Unlucky Ones (똥덩어리)
The Ugly Tribe (오징어족)
Unlucky Avengers (운이없는 복수 자)
Yoo Jae-suk,
Ji Suk-jin,
Lee Kwang-soo,
Jeon So-min,
Yang Se-chan
Ini terbentuk di Episode 353 saat kelima anggota nasib buruk tersebut dikonfirmasi untuk memasuki "Super Scary Labyrinth of Fear".
Moths (불나방) Yoo Jae-suk,
Haha,
Ji Suk-jin,
Lee Kwang-soo,
Jeon So-min,
Yang Se-chan
Dalam Episode 356, para anggota harus memilih jalan keluar untuk mendapatkan sejumlah uang tertentu untuk misi tersebut. Dalam episode itu, Yang Se-chan memprediksi bahwa Yoo Jae-suk, Lee Kwang-soo dan Jeon So-min akan pergi menuju pintu keluar delapan yang memiliki jumlah uang tertinggi. Alasannya adalah karena mereka "ngengat (Moths) yang tertarik pada nyala api". Tentunya cukup, Yoo Jae-suk dan Jeon So-min pergi ke pintu keluar delapan bersama Haha, Ji Suk-jin dan Yang Se-chan. Mereka membagi 5 uangnya dan masing-masing mendapat 20 dolar (karena yang tertinggi adalah 100 dolar). Meskipun Lee Kwang-soo pergi ke jalan keluar yang berbeda, ia masih diidentifikasi sebagai satu anggota grup ini karena perilaku mengkhianatinya.

Masa lalu[sunting | sunting sumber]

Hubungan Anggota Detail
Monday Couple (월요커플)
Business Couple (비즈니스 커플)
Gary,
Song Ji-hyo
Loveline utama acara, mereka menunjukkan minat pada satu sama lain pada hari Senin, yang digunakan untuk menjadi hari perekaman pertunjukan[19] (kemudian di acara itu direkam pada hari Senin dan Selasa, yang menyebabkan lelucon tentang pasangan tidak berlaku pada hari Selasa)
Love Triangle (삼각 관계)[27] Gary,
Song Ji-hyo,
Haha
Pada awal sejarah Running Man, ada sebuah cinta segitiga antara dengan Monday Couple dan Haha. Hubungan ini telah ditunjukkan pada episode sebelumnya seperti pada episode 20 dan 43 ketika bagaimana Haha dan Gary bersaing dengan Song Ji-hyo. Meski tidak seperti Gary yang setia, Haha dikenal sebagai sosok playboy. Selama Song Ji-hyo Week (episode 333), Haha bahkan bercanda meminta maaf karena menikahi istrinya Byul dan mengatakan bahwa dia bisa memenangkan cintanya.
Father and the Monday Couple (아버지와 월요커플)
Monday Couple and the Third-Wheel (월요커플과 제 3의 바퀴)[28]
Gary,
Song Ji-hyo,
Ji Suk-jin
Pertama kali Ji Suk-jin dan Monday Couple bersama dalam satu tim, Yoo Jae-suk menyadari bahwa seolah-olah Monday Couple sedang berkencan dengan ayah/pendamping/orang ketiga. Bahkan Ji Suk-jin sendiri mengakui komentar tersebut karena ia merasa keduanya berkencan saat melakukan misi (episode 206).
Song-Song Couple (송송커플)[19]
Song-Song Siblings (송송남매)[29]
Song Joong-ki,
Song Ji-hyo
Loveline populer lainnya, pertama kali menarik perhatian dari episode 15 saat Song Joong-ki mencium pipi Song Ji-hyo. Mereka kemudian berkembang menjadi hubungan saudara kandung sebagai Song-Song Siblings.
Kim Jong-kook and the Two Kids (김종국과 아이 둘)[30]
Kim Jong-kook and the Three Kids (김종국과 세 자녀)
Kim Jong-kook,
Gary,
Haha,
Lizzy
Sebuah twist dari nama mantan band Korea Seo Taiji and Boys (서태지와 아이들). Dalam episode sebelumnya, Gary dan Haha sering ditemukan dalam tim yang sama, dan biasanya berada di bawah kendali Kim Jong-kook yang mendominasi. Dengan demikian, mereka sering ditampilkan takut terhadap Kim Jong-kook. Lizzy kemudian bergabung dengan tim ini di episode 20 untuk membentuk "Kim Jong-kook dan the Three Kids".
Same-Aged Friends (동갑내기) Lee Kwang-soo,
Song Joong-ki
Lee Kwang-su mengaku sebagai teman dekat dengan Song Joong-ki karena usia yang sama mereka (26), tetapi Song Joong-ki sering menyangkal persahabatan dekat mereka, meninggalkan Kwang-soo yang tampil tertekan. Song Joong-ki akhirnya mengakui hubungan mereka dalam sambutannya meninggalkan selama pembuatan film episode terakhirnya.
Ga-Ha Combination (가하 조합)
Two Kids (아이둘)
Real Rivals (레알라이벌)
Squid and Octopus (오징어와 주꾸미)
Haha,
Gary
Haha dan Gary sering terlihat bersamaan dan juga pernah menang bersamaan Dengan Jong-kook maupun tanpa Jong-kook. Haha dan Gary juga pernah dijuluki Lol Lol Saat se-tim dengan Lee-Da Hee

Daftar episode dan bintang tamu[sunting | sunting sumber]

Banyak para bintang tamu berpartisipasi dalam Running Man. Berikut ini adalah daftar bintang tamu dan jumlah episode mereka berpartisipasi di acara itu.

Sehubungan dengan tamu yang beralih menjadi anggota (Song Ji-hyo dan Lizzy), hanya kali mereka ditunjuk sebagai tamu yang dihitung.

Catatan: Gunakan Ctrl+F untuk memudahkan pencarian

Survival Race[sunting | sunting sumber]

  • Survival Race 1 (episode 42): Gary pada tanggal 6 Mei 2011 di SBS Tanhyeon-dong Production Center
  • Survival Race 2 (episode 74): Gary pada tanggal 25 Desember 2011 di KINTEX
  • Survival Race 3 (episode 93): Kim Jong-kook pada tanggal 6 Mei 2012 di Seoul Land
  • Survival Race 4 (episode 130): Ha-ha pada tanggal 27 Januari 2013 di New Seoul City Hall

Popularitas internasional[sunting | sunting sumber]

Kim Jong-kook (tengah) dan Haha (kanan) di Dallas tahun 2014, pada konser Running Man Brothers

Penyiaran internasional[sunting | sunting sumber]

Anggota Running Man di Malaysia

Pada bulan November 2011, hak siar acara Running Man dijual kepada sembilan negara di Asia, diantaranya Taiwan, Thailand, Tiongkok, Malaysia, Hong Kong, Jepang, Singapura, Kamboja, dan Indonesia membuktikan Running Man sebagai sebuah program Hallyu terkenal di Asia.[31]

Pada bulan Januari 2013, SBS mengumumkan Running Man in Asia sebagai salah satu proyek besar pada tahun 2013. Produser Jo Hyo-jin, menyatakan bahwa program tersebut akan tur dua negara di Asia pada paruh pertama tahun 2013. Program ini sebelumnya telah melakukan perjalanan ke Thailand, China, dan Hong Kong untuk syuting. Jo Hyo-jin juga menyebutkan minat yang diajukan oleh stasiun televisi Singapura dalam pembelian format Running Man,[32] yang menegaskan kepopuleran Running Man di Asia.[33]

Di Indonesia, Running Man dapat disaksikan melalui saluran SET One dan KTV pada televisi berlangganan, serta dapat disaksikan juga di saluran RTV mulai 6 September 2014 setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 12.30 WIB. Pada saluran Lejel Homeshopping (K-Drama), Running Man juga dapat disaksikan secara gratis tanpa berlangganan melalui satelit Palapa D pada 113° Timur di frekuensi 3818 V 27500 (untuk DVBS2) dan 4080 H 28125 (untuk DVBS) tiap Sabtu & Minggu pukul 16.00 dan 23.00.

Episode internasional[sunting | sunting sumber]

Seiring dengan berkembangnya popularitas Running Man, Running Man pernah mengunjungi negara-negara berikut.

Negara/Teritori Kota Episode Bintang Tamu
 Thailand Bangkok 50 Kim Min-jung, Nichkhun Horvejkul
390 – 3928 Shorry J (Mighty Mouth), Yoo Byung-jae
Pattaya 51 Kim Min-jung, Nichkhun Horvejkul
Nonthaburi 971 Park Ji-sung, Jong Tae-se
 Tiongkok Tiongkok Daratan Beijing 61 – 622 Kim Joo-hyuk, Kang Jiyoung, Lee Yeon-hee
Shanghai 154 Koo Ja-cheol, Park Ji-sung, Patrice Evra, Sulli (f(x))
283 – 284 Jong Tae-se, Ji So-yun, Park Ji-sung
 Hong Kong Hong Kong 72 – 73 Jung Yong Hwa, Lee Min-jung
399 – 4009 Kang Han-na
 Makau Macau[34] 1333 Han Hye-jin, Lee Dong-wook
 Republik Tiongkok Kabupaten Hsinchu 212 Lee Sung-jae, Song Eun-yi, Skull, Kim Tae-woo (g.o.d), Im Seul-ong (2AM), Ji Chang-wook, Ailee
Taipei 347 – 3485 Jang Do-yeon
 Vietnam Hanoi[34] 134 Han Hye-jin, Lee Dong-wook
Hoa Lu[34] 136 Han Hye-jin, Lee Dong-wook
 Australia Gold Coast[35][36] 188 Rain, Kim Woo-bin
Melbourne 189
Ballarat 191
Darwin 378 – 379 Tidak ada7
 Indonesia Bogor[37] 2004 Park Ji-sung, Cha Bum-geun
Yogyakarta 369 – 370 Tidak ada
 Uni Emirat Arab Dubai 289 – 290 Lee Da-hae, Jung Il-woo
 Mongolia Ulaanbaatar 351 – 3526 Tidak ada
 Rusia Vladivostok 351 – 3526 Tidak ada
 Jepang Osaka 347 – 3485 Jang Do-yeon
Tokyo 353 – 355 Jung Hye-sung
Okinawa 390 – 3928 Heo Kyung-hwan
Pulau Tsushima 390 – 3928 Lee Sang-yeob
 Selandia Baru Queenstown 378 – 379 Tidak ada7
 Britania Raya London 406 – 408 Lee Da-hee, Lee Sang-yeob10
  Swiss Bern 406 – 408 Hong Jin-young, Kang Han-na10

^1:Kontestan Running Man hadir di pertandingan Asian Dream Cup 2012 bersama Park Ji-sung. Saat pertandingan, terdapat penampilan khusus dari Lee Chung-yong dan Song Joong-Ki. Jong Tae-Se ikut ambil bagian dalam misi eliminasi di Thailand sebelum pertandingan dan saat misi tersebut, Pemain Manchester United, Rio Ferdinand ikut hadir dan bertemu kontestan Running Man
^2:Song Ji-hyo tidak tampil di episode 61, ia digantikan oleh Kang Jiyoung, ia tampil di episode 62 untuk mencuri uang yang dimiliki tim Running Man pada episode sebelumnya, ia dibantu oleh Kim Jong-kook.
^3:Kim Jong-kook datang terlambat dikarenakan cedera kaki, ia hadir ketika setengah acara sudah berjalan.
^4:Anggota Running Man dan Park Ji-sung berada di Indonesia untuk berpartisipasi dalam Asian Dream Cup 2014. Pada hari berikutnya, mereka berjalan-jalan ke Taman Safari untuk menjalankan misi penalti untuk satu kesempatan akhir untuk menghindari hukuman yang lebih berat pada episode spesial ke-200.
^5:Yoo Jae-suk, Ji Suk-jin, dan Jeon So-min muncul di episode Osaka sementara Haha, Song Ji-hyo, dan Yang Se-chan hadir di episode Taipei.
^6:Yoo Jae-suk, Ji Suk-jin, Song Ji-hyo, dan Jeon So-min tampil di Mongolia sementara Kim Jong-kook, Haha, Lee Kwang-soo, dan Yang Se-chan tampil di Rusia.
^7:Yoo Jae-suk, Ji Suk-jin, Lee Kwang-soo, dan Jeon So-min tampil di Australia sementara Kim Jong-kook, Haha, Song Ji-hyo, dan Yang Se-chan tampil di Selandia Baru.
^8:Yoo Jae-suk, Ji Suk-jin, Jeon So-min dan Heo Kyung-hwan tampil di Okinawa, Haha, Song Ji-hyo, Lee Kwang-soo dan Lee Sang-yeob tampil di Pulau Tsushima sementara Kim Jong-kook, Yang se-chan, Shorry J dan Yoo Byung-jae tampil di Bangkok. Penampilan khusus Son Na-eun di Bangkok.
^9:Hanya Yoo Jae-suk, Jeon So-min, Yang Se-chan dan Kang Han-na yang muncul di bagian Hong Kong pada episode tersebut.
^10:Hanya Yoo Jae-suk, Ji Suk-jin, Lee Kwang-soo, Jeon So-min, Lee Da-hee dan Lee Sang-yeob yang muncul di bagian Britania Raya pada episode tersebut. Hanya Haha, Kim Jong-kook, Song Ji-hyo, Yang Se-chan, Hong Jin-young dan Kang Han-na yang muncul di bagian Swiss pada episode tersebut.

Tur[sunting | sunting sumber]

Popularitas Running Man di Asia memberi kesempatan bagi tim produksi untuk menyelenggarakan tur jumpa penggemar di Asia sejak 2013.

Race Start! Running Man Fan Meeting Asia Tour 2013
Tanggal Kota Negara Venue Pengunjung
13 Juli 2013 Hong Kong Tiongkok AsiaWorld–Expo Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Gary, Haha
21 September 2013 Beijing Beijing Exhibition Center
5 Oktober 2013 Shanghai Shanghai Indoor Stadium
19 Oktober 2013 Singapore Singapore Singapore Expo Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Gary, Haha, Song Ji-hyo
Race Start! Running Man Fan Meeting Asia Tour Season 2 2014
Tanggal Kota Negara Venue Pengunjung
27 September 2014 Bangkok Thailand Queen Sirikit National Convention Center Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Haha, Song Ji-hyo, Lee Kwang-soo
4 Oktober 2014 Hong Kong Tiongkok AsiaWorld–Expo
25 Oktober 2014 Jakarta Indonesia Istora Senayan
1 November 2014 Kuala Lumpur Malaysia Stadium Negara Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Haha, Song Ji-hyo
29 November 2014 Singapore Singapore The Star Performing Arts Centre Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Haha, Song Ji-hyo, Lee Kwang-soo
Race Start! Season 3 – Running Man Special Tour 2015
Tanggal Kota Negara Venue Pengunjung
3 Juli 2015 Hong Kong Tiongkok AsiaWorld–Expo **Semua anggota**
21 Agustus 2015 Shanghai Mercedes-Benz Arena
18 September 2015[38] Chongqing Chongqing International Expo Center Gary, Haha, Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Lee Kwang-soo, Song Ji-hyo
23 Oktober 2015[39] Beijing Capital Indoor Stadium **Semua anggota**
30 Oktober 2015[39] Shenzhen Shenzhen Bay Sports Center Gary, Haha, Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Lee Kwang-soo, Song Ji-hyo
20 November 2015[40] Nanjing Nanjing Olympic Sports Center Gymnasium
11 Desember 2015[40] Wuhan Wuhan Gymnasium Yoo Jae-suk, Haha, Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Lee Kwang-soo, Song Ji-hyo
Race Start! Season 4 – Running Man Fan Meeting 2017
Tanggal Kota Negara Venue Pengunjung
10 Februari 2017 Taipei Taiwan Taipei Nangang Exhibition Center Haha, Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Lee Kwang-soo, Song Ji-hyo, Gary (Tamu Spesial)
18 Februari 2017 Makau Makau Cotai Arena, The Venetian Macao Haha, Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Lee Kwang-soo, Song Ji-hyo,[41][4]
11 Maret 2017 Bangkok Thailand Thunder Dome, Muang Thong Thani
25 Maret 2017 Hong Kong Hong Kong AsiaWorld-Expo
22 April 2017 Selangor Malaysia The Mines International Exhibition And Convention Centre
2018: Running Man Live in Taipei

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Daftar penghargaan dan nominasi (2010-sekarang)
Tahun Penghargaan Kategori Penerima dan Nominasi Hasil
2010 4th SBS Entertainment Awards[46] Variety New Star Award Song Joong-ki Menang
Gary Menang
Lee Kwang-soo Menang
Variety Special Award Song Ji-hyo Menang
Best TV Star Award Kim Jong-kook Menang
Netizen Most Popular Program Award Running Man Menang
2011 5th Mnet 20's Choice Awards Hot Variety Star Song Ji-hyo Nominasi
5th SBS Entertainment Awards[47] Newbie Award: Variety Category Lee Kwang-soo Menang
Broadcast Writer Award Park Hyun-sook Menang
Best Entertainer Award: Variety Category Haha Menang
Most Outstanding Program Award Running Man Menang
Outstanding Award: Variety Category Kim Jong-kook Menang
Song Ji-hyo Menang
Netizen’s Most Popular Award Nominasi
Yoo Jae-suk Nominasi
Grand Award (Daesang) Menang
2012 48th Baeksang Arts Awards Best Female Entertainer Song Ji-hyo Nominasi
3rd German Remarkable Korean Awards Best TV Show Running Man Menang
6th SBS Entertainment Awards[48] Outstanding Award: Variety Category Gary Menang
Ji Suk-jin Menang
Viewer's Most Popular Program Award Running Man Menang
Viewer's Most Popular Award Yoo Jae-suk Menang
Grand Award (Daesang) Menang
2013 49th Baeksang Arts Awards Best Female Entertainer Song Ji-hyo Nominasi
Best Male Entertainer Yoo Jae-suk Nominasi
Grand Award (Daesang) Menang
Best Variety Show Running Man Nominasi
DramaFever Awards Best Couple NOT Meant to Be! Gary & Song Ji-hyo Nominasi
Yahoo! Asia Buzz Awards Asia’s Most Charismatic Korean Host Kim Jong-kook Menang
NATE Awards Best Variety Show Running Man Menang
Best Couple Gary & Song Ji-hyo Menang
7th SBS Entertainment Awards[49] Friendship Award Lee Kwang-soo Menang
Best Couple Award Ji Suk-jin & Lee Kwang-soo Nominasi
Gary & Song Ji-hyo Nominasi
Viewer's Most Popular Award Anggota Running Man Menang
Most Outstanding Program Award Running Man Menang
Male Outstanding Award Haha Menang
Kim Jong-kook Menang
Female Most Outstanding Award Song Ji-hyo Menang
Grand Award (Daesang) Yoo Jae-suk Nominasi
2014 2nd DramaFever Awards Best Variety Show Running Man Menang
Best Kiss Gary & Song Ji-hyo Menang
Best Couple Not Meant To Be Nominasi
Best Bromance Kim Jong-kook & Lee Kwang-soo Nominasi
4th allkpop Awards Best Variety Show Running Man Menang
8th SBS Entertainment Awards[50] Viewer’s Choice Award Yoo Jae-suk Menang
Outstanding Award: Variety Shows Lee Kwang-soo Menang
Most Outstanding Award: Variety Shows Kim Jong-kook Menang
Viewer's Choice: Best Variety Show Running Man Menang
Grand Award (Daesang) Yoo Jae-suk Nominasi
2015 3rd DramaFever Awards Best Variety Show Running Man Menang
2014 Youku Night Awards Entertainment Spirit Award Running Man Menang
10th Soompi Awards Best Variety Show Running Man Menang
Best Couple Gary & Song Ji-hyo Menang
5th Allkpop Awards Best Variety Show Running Man Menang
51st Baeksang Arts Awards Best Entertainment Program Running Man Nominasi
9th SBS Entertainment Awards[51] Best Couple Award Gary & Song Ji-hyo Nominasi
Viewer's Choice: Best Variety Show Running Man Menang
Excellence Award - Variety Show Ji Suk-jin Menang
Top Excellence Award - Variety Show Gary Menang
Song Ji-hyo Menang
Viewer's Choice Most Popular Entertainer Award Yoo Jae-suk Menang
Grand Award (Daesang) Menang
2016 10th SBS Entertainment Awards[52] Top Excellence Award – Variety Show Lee Kwang-soo Menang
Haha Nominasi
Grand Award (Daesang) Yoo Jae-suk Nominasi
2017 11th SBS Entertainment Awards[53][54] Top Excellence Award in Variety Category Ji Suk-jin Menang
Excellence Award in Variety Category Nominasi
Haha Nominasi
Rookie Award in Variety Category Jeon So-min Menang
Global Star Award Running Man Menang
Best Couple Award Lee Kwang-soo & Jeon So-min Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Korea) "SBS '일요일이 좋다' 유재석 새 코너 '런닝맨' 출격". Yahoo! Korea News. 25 Juni 2010. Diakses tanggal 28 Juni 2010. 
  2. ^ 베일벗은 '런닝맨', 역시 유재석! 新버라이어티 탄생 예고 (dalam bahasa Korea). Osen. 11 Juli 2010. Diakses tanggal 1 Februari 2011. 
  3. ^ Cheung, Gloria (21 Agustus 2015). "China Fans Volunteer to Subtitle Content for Internet Auds — Pirated or Not" (dalam bahasa Inggris). Variety. Diakses tanggal 23 Januari 2017. 
  4. ^ a b Suzira, Erny (19 Januari 2017). ""Running Man" cast to go on their very last Asia tour" (dalam bahasa Inggris). thehive.asia. Diakses tanggal 23 Januari 2017. 
  5. ^ "Data reveals the 20 most popular TV shows of 2016" (dalam bahasa Inggris). Business Insider UK. 30 Desember 2016. Diakses tanggal 1 Januari 2016. 
  6. ^ "[단독] '판듀2', 이번엔 '1박2일'과 맞대결…'런닝맨' 편성변경" (dalam bahasa Korea). Osen. 3 Maret 2017. Diakses tanggal 3 Mei 2016. 
  7. ^ (Korea) "첫방 '런닝맨', 독특한 포맷은 '글쎄' 그래도…". Asia Economics. 11 Juli 2010. Diakses tanggal 1 Februari 2011. 
  8. ^ (Korea) "베일벗은 '런닝맨'의 기대 셋, 우려 셋". TV Report. 12 Juli 2010. Diakses tanggal 1 Februari 2011. 
  9. ^ (Korea) "런닝맨, 동전이 가득 든 '황금돼지저금통'을 찾아 떠난 멤버들". Arts News. 18 Juli 2010. Diakses tanggal 1 Februari 2011. 
  10. ^ (Korea) "'런닝맨', 게임+추격전 업그레이드…재미찾았다!". Osen. 22 Agustus 2010. Diakses tanggal 2 Februari 2011. 
  11. ^ (Korea) "'런닝맨' 뜨거운 쌍화차 언제까지 원샷? '여유 아닌 안쓰러움'". Newsen. 6 September 2010. Diakses tanggal 1 Februari 2011. 
  12. ^ (Korea) "'런닝맨', 예능을 넘어 영화 같은 긴장감이 '쫄깃'하다". Review Star. 5 November 2012. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  13. ^ (Korea) "'런닝맨-바이러스', 리얼버라이어티 속에 영화 있다". OSEN. 8 April 2013. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  14. ^ (Korea) "'런닝맨' 3년 묵은 유임스본드 유재석, 왜 신선할까". TV Daily. 8 April 2013. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  15. ^ (Korea) "'런닝맨', 스릴만점 초능력전..개리 2연속 '최강자'". Star News. 25 Desember 2012. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  16. ^ (Korea) "'런닝맨' 반전 아이디어+최강호흡, ★없이 '재미 꽉'". Newsen. 28 Januari 2013. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  17. ^ (Korea) "'애프터스쿨' 리지, 런닝맨 하차?…제작진 "장기 게스트로 출연했던 것"". My Star News. 7 Februari 2011. Diakses tanggal 10 Februari 2011. 
  18. ^ (Korea) "송중기 '런닝맨' 하차…5월 1일 마지막 방송". Sports Chosun. 27 April 2011. Diakses tanggal 27 April 2011. 
  19. ^ a b c d Grace Dambi (29 September 2013). "Reasons Why Gary and Song Ji Hyo Make the Best Monday Couple Ever". MWAVE. CJ E&M enewsWorld. Diakses tanggal 16 Februari 2014. 
  20. ^ 이지브라더스 결투 (dalam bahasa Bahasa Korea). SBS Running Man. 22 Juli 2012. 
  21. ^ '런닝맨' 덤앤더머의 역습, 지석진-이광수 반전드라마 썼다! (dalam bahasa Bahasa Korea). Joins. 2 April 2012. Diakses tanggal 16 Februari 2014. 
  22. ^ a b '런닝맨' 광수, 지석진 버리고 유재석과 '이유 브라더스' 결성…왜?. Review Star (dalam bahasa Bahasa Korea). Hankooki. 13 Februari 2012. Diakses tanggal 16 Februari 2014. 
  23. ^ '어머! 남사스럽게, 이 남자들 뭐야?'…영화·예능 브로맨스 열풍 (dalam bahasa Bahasa Korea). Sports Donga. 6 Januari 2012. Diakses tanggal 16 Februari 2014. 
  24. ^ 이광수 김종국 생일 인증샷, 호랑이와 기린의 '함박 웃음' (dalam bahasa Bahasa Korea). Seoul Broadcasting System. 25 April 2013. Diakses tanggal 16 Februari 2014. 
  25. ^ ‘톰과 제리’ 김종국-이광수, ‘런닝맨’ 재미 업시킨다 (dalam bahasa Bahasa Korea). Newsen. 7 Oktober 2013. Diakses tanggal 17 Februari 2014. 
  26. ^ 런닝맨 배신자클럽 #1 (dalam bahasa Bahasa Korea). SBS Running Man. 25 Mei 2013. Diakses tanggal 16 Februari 2012. 
  27. ^ "HaHa says he could have won over Song Ji Hyo's love | allkpop.com". allkpop. Diakses tanggal 17 Oktober 2017. 
  28. ^ "Running Man: Episode 206 » Dramabeans Korean drama recaps". Dramabeans (dalam bahasa Inggris). 1 Agustus 2014. Diakses tanggal 17 Oktober 2017. 
  29. ^ 송지효 졸업사진 "노는 언니 포스".. 송송남매 송중기 졸업사진은? "모태미남 인증" (dalam bahasa Bahasa Korea). 민중의소리. 14 Maret 2011. Diakses tanggal 16 Februari 2014. 
  30. ^ 런닝맨 촬영현장 화보 공개! (dalam bahasa Bahasa Korea). Seoul Broadcasting System. 2011. Diakses tanggal 16 Februari 2014. 
  31. ^ (Korea) "<런닝맨> 대만•태국•중국•일본 등 亞 9개국 수출... "한류 예능으로 우뚝"". SBS Entertainment News. 10 November 2011. Diakses tanggal 13 November 2011. 
  32. ^ (Korea) "'런닝맨' 조PD, 상반기 아시아 레이스 추진한다". OSEN. 3 Januari 2013. Diakses tanggal 13 Januari 2013. 
  33. ^ (Korea) ""런닝맨 해외인기 한류아이돌 능가" 제작진도 놀랐다". Newsen. 8 Februari 2013. Diakses tanggal 8 Februari 2013. 
  34. ^ a b c (Korea) "런닝맨 마카오 하노이 떠난다 "보안상 극비촬영"". Newsen. 30 Januari 2013. Diakses tanggal 30 Januari 2013. 
  35. ^ (Korea) "'런닝맨', 호주 간다..PD "새로운 그림 담을것"". Star News. 5 Februari 2014. Diakses tanggal 5 Februari 2014. 
  36. ^ "'Running Man' to Continue the Chase in Australia". MWAVE. 6 Februari 2014. Diakses tanggal 6 Februari 2014. 
  37. ^ (Korea) "'런닝맨', 박지성 활약 불구 아이돌팀에 풋살경기 패[종합]". OSEN. 8 June 2014. Diakses tanggal 8 June 2014. 
  38. ^ 윤효정 (10 September 2015). 유재석, '런닝맨' 충칭 팬미팅 불참 "다른 6인 모두 참여". Newsen (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 11 September 2015. 
  39. ^ a b 윤상근 (20 October 2015). '런닝맨' 쉴틈없는 팬미팅..23일 베이징서 완전체 뭉친다. Star News (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 24 October 2015. 
  40. ^ a b 이용욱 (21 November 2015). '런닝맨' 6인 멤버, 中 난징 팬미팅 성황리에 마쳐. MyDaily (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 21 November 2015. 
  41. ^ "'런닝맨', 2월 종영 앞두고 아시아투어…유재석 제외 5인 팬미팅]". Naver (dalam bahasa Korea). 16 Januari 2017. Diakses tanggal 18 Januari 2017. 
  42. ^ OSEN (6 Oktober 2018). "[★SHOT!] "RMF 팬들 위해" 김종국, 감기투혼 불사르는 '능력자'" (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 6 Oktober 2018. 
  43. ^ POP, 헤럴드 (6 Oktober 2018). "[포토]송지효 '내가 바로 런닝맨 에이스'" (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 6 Oktober 2018. 
  44. ^ "유재석-지석진 '런닝맨 대만 촬영 잘 다녀올게요~' (공항패션) [포토엔HD]" (dalam bahasa Korea). 6 Oktober 2018. Diakses tanggal 6 Oktober 2018. 
  45. ^ 헤럴드경제 (7 Oktober 2018). "'런닝맨' 대만 팬미팅…송지효 니하이 부츠" (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Oktober 2018. 
  46. ^ "강호동, SBS연예대상 대상..통산 5번째(종합)" (dalam bahasa Korea). Yahoo! Korea News. 30 Desember 2010. Diakses tanggal 31 Desember 2010. 
  47. ^ "2011 SBS 연예대상 '국민MC' 유재석 대상 <종합>" (dalam bahasa Korea). Poli News. 31 Desember 2011. Diakses tanggal 8 Januari 2012. 
  48. ^ "유재석, 2012 SBS '연예대상' 대상 수상…8년 연속 최고영예(종합)" (dalam bahasa Korea). OSEN. 30 Desember 2012. Diakses tanggal 30 Desember 2012. 
  49. ^ "'SBS 연예대상' 김병만 대상, 모두가 공감한 진정한 예능인들의 축제[종합]" (dalam bahasa Korea). TV Daily. 30 Desember 2013. Diakses tanggal 30 Desember 2013. 
  50. ^ "이경규, 2014 SBS연예대상 대상..무관 설움 떨쳤다 [종합]" (dalam bahasa Korea). OSEN. 31 Desember 2014. Diakses tanggal 10 Januari 2015. 
  51. ^ "Find out who takes the Daesang and more from '2015 SBS Entertainment Awards'!" (dalam bahasa Inggris). Allkpop. 30 Desember 2015. Diakses tanggal 30 Desember 2015. 
  52. ^ Jo Yoon-seon (26 Desember 2016). "[SBS 연예대상] 이광수, 최우수상 수상 "런닝맨 행복했다" 눈물". The Chosun Ilbo (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 28 Desember 2016. 
  53. ^ Park Seul-gi (31 Desember 2017). "[2017 SBS 연예대상] 대상 '미우새' 어머니들…'런닝맨' 4관왕(종합)". TenAsia (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 31 Desember 2017. 
  54. ^ Lee Ji-hyun (31 Desember 2017). "[2017 SBS 연예대상] '미우새' 母벤져스, 유재석-신동엽도 이겼다…대이변 '대상'[종합]". Sports Chosun (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 31 Desember 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]