Bora Bora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bora Bora
BoraboraISS006-E-39815.PNG
Citra NASA dari Pulau Bora Bora dan lagunanya
Karta FP Societe isl.PNG
Geografi
Lokasi Samudera Pasifik
Koordinat 16°29′40″LU 151°44′11″BT / 16,49444°LS 151,73639°BB / -16.49444; -151.73639
Kepulauan Kepulauan Masyarakat
Luas 293 km2 (113 sq mi)
Ketinggian tertinggi 727 m (2.385 ft)
Puncak tertinggi Gunung Otemanu
Negara
Jajahan seberang laut Perancis Polinesia Perancis
Sub-Divisi Administratif Leeward
Komune Bora Bora
Kota terbesar Vaitape (pop. 4,927 penduduk)
Demografi
Populasi 8,880 (per sensus Agustus 2007)
Pemandangan Timur Laut Bora Bora dari Gunung Pahia

Bora Bora adalah sebuah pulau di gugus Leeward dari Kepulauan Masyarakat, Polinesia Perancis, sebuah jajahan seberang laut Perancis yang terletak di Samudera Pasifik. Pulau ini terletak sekitar 230 km (140 mi) barat laut dari Papeete. Pulau ini dikelilingi sebuah laguna dan deretan terumbu karang. Di tengah-tengah pulau terdapat bekas sebuah gunung berapi yang memiliki dua puncak, Gunung Pahia dan Gunung Otemanu, dengan titik tertinggi di 727 m (2,385 ft).

Bora Bora merupakan tujuan utama pariwisata internasional, yang terkenal akan resor aqua-centric yang mewah. Pemukiman utama, Vaitape, terletak di bagian barat pulau utama, berlawanan arah dengan jalur utama menuju laguna. Hasil produksi pulau ini kebanyakan terbatas pada apa yang dapat dimanfaatkan dari laut dan pohon kelapa, yang memiliki peran ekonomi bersejarah dalam menghasilkan kopra. Berdasarkan hasil sensus pada tahun 2008, populasi Bora Bora mencapai 8,880 jiwa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ratu Teriimaevarua III dan para selir kehormatan, c. 1899

Pulau ini telah dihuni oleh orang Polinesia sekitar abad ke 4[butuh rujukan]. Orang Eropa yang pertama kali mendatangi pulau ini adalah Jakob Roggeveen tahun 1722. James Cook melihat pulau ini dan mendarat pada tahun yang sama yakni tahun 1769 dengan menggunakan Tupaia sebagai navigator. Kemudian London Missionary Society tiba pada tahun 1820 dan mendirikan Gereja Protestan tahun 1890. Bora Bora dulunya merupakan sebuah independent kingdom sampai 1888 yang dipimpin terakhir kali oleh Ratu Teriimaevarua III yang dipaksa turun tahta oleh Koloni Prancis.

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Dalam Perang Dunia II Amerika Serikat memilih Bora Bora sebagai basis pasokan militer [Pasifik Pasifik Selatan | Pasifik Selatan], dan sebuah base gudang minyak, landasan terbang, pesawat amfibi, dan benteng pertahanan dibangun. Dikenal sebagai "Operation Bobcat", Amerika Serikat mempertahankan kekuatan pasokan sembilan kapal, 20.000 ton peralatan dan hampir 7.000 orang.

Tujuh senjata artileri dipasang di titik-titik strategis di sekitar pulau itu untuk melindunginya dari serangan militer. Namun, pulau tersebut tidak melihat adanya pertempuran saat kehadiran Amerika di Bora Bora tidak terbantahkan selama perang berlangsung. Pangkalan tersebut resmi ditutup pada tanggal 2 Juni 1946. Landasan Perang Dunia II tidak pernah mampu mengakomodasi pesawat terbang besar, namun tetap saja bandara internasional [[Polinesia) Polinesia) sampai Bandara Faa'a dibuka di sebelah Papeete, Tahiti, pada tahun 1960.[1]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Ekonomi Bora Bora saat ini lebih banyak digerakkan hanya oleh sektor pariwisata. Beberapa tahun belakangan ini, resor-resor mulai dibangun di beberapa motu (pulau kecil, bahasa Tahiti) yang mengelilingi laguna. Sekitar tiga puluh tahun yang lalu, Hotel Bora Bora membangun beberapa over-water bungalow pertama di Bora Bora, yang fondasinya menancap di dasar laguna. Saat ini, over-water bungalow sudah menjadi fitur standar dari kebanyakan resor di Bora Bora. Kualitas dari bungalow-bungalow tersebut amat beragam, mulai dari yang murah meriah, standar, hingga bungalow bertarif mahal yang menyajikan kemewahan.

Destinasi utama para wisatawan adalah resor-resor aqua-centric. Wisatawan juga bisa berkunjung ke beberapa tempat menarik di pulau ini seperti bekas meriam Perang Dunia II. Pintu masuk utama pulau ini adalah Bandar Udara Bora Bora di Motu Mute di sebelah utara, yang bisa dijangkau dari Papeete di Tahiti lewat penerbangan harian yang disediakan Air Tahiti.

Transportasi umum belum terdapat di pulau ini. Menyewa mobil dan sepeda pun menjadi salah satu cara transportasi yang direkomendasikan. Di pulau ini juga terdapat penyewaan perahu motor yang bisa digunakan untuk menjelajahi laguna.

Snorkeling dan selam scuba di dan sekitar laguna Bora Bora meruapakan kegiatan yang banyak dilakukan para wisatawan. Dengan adanya beberapa spesies hiu dan ikan pari yang mendiami sekeliling perairan ini, beberapa operator selam menawarkan paket selam bersama ikan pari dan memberi makan hiu.

Untuk menambah luas lahan dari pulau yang sudah ada di Bora Bora, motu buatan, Motu Marfo, telah dibangun di sebelah timur laut laguna milik St. Regis Resort.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Our History". Our History. Office of Post and Telecommunications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2013. Diakses tanggal 18 April 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]